Mewujudkan Perpusda Sebagai The Living Library

TEGAL-Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tegal menyelenggarakan Dialog Interaktif dalam rangka memperingati Hari Pemberdayaan Perpustakaan dan Hari Buku Nasional, Jum’at, (17 Mei 2019). Kegiatan itu mengusung tema tema “Mr. Besar’s The Living Library”.

Acara yang dihadiri oleh 75-pemustaka aktif tersebut menampilkan enterpreaneur Seni Dekor Hantaran.  Santi Widowati dari Rumah Kreasi Indonesia (RKI) secara taktis mendemontrasikan betapa mudahnya mendekor boks dan barang-barang hantaran/sarahan menjadi elok. “Sangat simple, namun bernilai ekonomi tinggi,” ujar Santi.

Dialog interaktif dipandu Kabid Perpustakaan Wiluyo;. Wilu (Sapaan akrabnya) memaparkan betapa pentingnya mengubah imej dan pola pikir masyarakat, bahwa Perpusda Kota Tegal harus segera menjadi perpustakaan modern, yang tidak hanya berkutat pada persoalan pinjam-meminjam buku.

The Living Library berarti menjadikan perpustakaan sebagai inspirasi dan realitas kehidupan. Segala keilmuan yang bersumber dari buku koleksi perpustakaan, idelnya dapat diimplementasikan dalam kehidupan produktif keseharian. Untuk itu diperlukan pemustaka yang terorganisir dan termenej,” terang Wilu.

Dalam dialog interaktif yang dibarengi acara buka puasa bersama tersebut, terbentuk Komunitas Pemustaka Perpusda Mr. Besar Martokoesoemo. Pemilihan pengurus berlangsung demokratis.

Enam kandidat yang mencalonkan diri, terpilih sebagai Ketua, adalah B. Tohiroh. Ketua selanjutnya diberi kesempatan seminggu untuk menyusun kepengurusan lengkap.

Sementara itu, Kepala Dinas Arpus; Moh. Afin, berharap, komunitas pemustaka yang telah terbentuk dapat berkegiatan secara aktif, inovatif dan bukan komunitas “papan nama”.

“Silakan menjadikan perpusda sebagai markas kegiatan. Bentuk kantong-kantong pemustaka sesuai dengan minat dan bakat masyarakat dan kami siap untuk menampung dan bahkan memediasi keberlanjutannya,” pungkas Afin, mengakhiri keterangannya.

Berita Lainnya

Dedy Yon Jadi Kepala Daerah Terpopuler
Berita 19 Nov, 2020

Dedy Yon Jadi Kepala Daerah Terpopuler

TEGAL – Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M., menerima Penghargaan Radar Tegal Award 2020 kategori Kepala Daerah…

Pedang Sakti Siap Jadikan Toilet Dan Kolam Bersih Sehat
Berita 03 Sep, 2019

Pedang Sakti Siap Jadikan Toilet Dan Kolam Bersih Sehat

Tegal – Pedang Sakti siap jadikan Toilet dan Kolam bersih dan sehat di semua SD/MI baik negeri maupun swasta di…

Gelar Dragrace, Dedy Yon Harapkan Perekonomian Menggeliat.
Berita 15 Aug, 2020

Gelar Dragrace, Dedy Yon Harapkan Perekonomian Menggeliat.

TEGAL- Di era new normal ini, gelaran event Gadhuro Drag Bike 201 Meter Round 2 diharapkan mampu menggeliatkan perekonomian Kota…

Tim Verifikasi Calon Peserta Didik Baru di SMA 1 Tegal yang Menggunakan SKTM Rampung, Ini Hasilnya
Berita 09 Jul, 2018

Tim Verifikasi Calon Peserta Didik Baru di SMA 1 Tegal yang Menggunakan SKTM Rampung, Ini Hasilnya

TEGAL-Tim Verifikasi PPDB SMA Negeri 1 Tegal selah memverifikasi 26 calon peserta didik yang mendaftar dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak…

Laga Perdana Piala Soeratin U-17, Persegal Tahan Imbang Persekap
Berita 04 Aug, 2019

Laga Perdana Piala Soeratin U-17, Persegal Tahan Imbang Persekap

Laga Perdana Piala Soeratin U-17, Persegal Tahan Imbang Persekap Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST., MM beserta Kapolres Tegal Kota…

Lilik Yusuf Jabat Ketua FOBM Periode 2021-2025
Berita 13 Feb, 2022

Lilik Yusuf Jabat Ketua FOBM Periode 2021-2025

TEGAL - Setelah beberapa waktu tertunda karena pandemi covid-19, Lilik Yusuf Indrajaya resmi dilantik menjadi Ketua Umum Federasi Olah Raga…

Most from this category