Tim Verifikasi Calon Peserta Didik Baru di SMA 1 Tegal yang Menggunakan SKTM Rampung, Ini Hasilnya

TEGAL-Tim Verifikasi PPDB SMA Negeri 1 Tegal selah memverifikasi 26 calon peserta didik yang mendaftar dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Ada dua langkah, dalam verifikasi tersebut, pertama dengan mendatangi sekolah asal. Apakah siswa tersebut memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau tercatat sebagai keluarha miskin.

Kedua, apabila tidak ada data di sekolah asal, maka tim verifikask akan mendatangi rumah calon peserta didik untuk memastikan benar-benar dari keluarga kurang mampu dan juga berkoordinasi dengan ketua RW dan lurah setempat.

Demikian disampaikan Kepala SMAN 1 Tegal, Masduki, saat ditemui di kantor SMAN 1 Tegal, Senin (9/7).

Masduki menyampaikan, hasil dati tim verifikasi menyatakan calon peserta didik yang mendaftar dilengkapi dengan SKTM telah valid. “Kami telah melakukan verifikasi, 26 calon peserta didik semuanya tergolong tidak mampu”, ujar Masduki.

Masduki, yang juga ketua MKKS SMA/SMK, mengungkapkan, di Kota Tegal terdapat 319 calon peserta didik yang melampirkan SKTM. untuk verifikasi semuanya belum selesai.

Dia juga menegaskan, apabila tim menemukan ketidakbenaran SKTM, maka calon paserta didik tersebut akan dibatalkan, walaupun sudah diterima.

Masduki berharap, untuk PPDB kedepan, selain menfasilitasi peserta yang miskin atau kurang mampu. Faktor, kompetisi melalui seleksi juga perlu diperhatikan.

Akan tetapi, menurut Masduki, program pemerintah tetap didukung. Sehingga kalau sudah diterima, peserta didik yang menggunakan SKTM dapat digratiskan atau biaya pendidikan dapat diringankan, yang penting dia sekolah untuk menggapai cita-cita.

“Kami setuju yang miskin difasilitasi, akan tetapi ada rasa keadilan. Jangan asal ada SKTM kemudian akan diterima”, pungkas Masduki.

Berita Lainnya

Pengawas TPS di Kota Tegal Dilantik, Ini Tugas-tugasnya
Berita 04 Jun, 2018

Pengawas TPS di Kota Tegal Dilantik, Ini Tugas-tugasnya

TEGAL-Panwaslu  Kota Tegal melantik Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) secara serentak di masing masing Kecamatan di Kota Tegal, Senin (4/6).…

Dorong Minat Baca, BI Corner Diresmikan
Berita 12 Oct, 2017

Dorong Minat Baca, BI Corner Diresmikan

TEGAL-Perpustakaan Daerah Mr. Besar Martoekoesoemo Kota Tegal bertambah fasilitas. Bank Indonesia (BI)  Kantor Perwakilan (KPw) Tegal menempatkan BI Corner di…

Pemkot Dorong Agar Nelayan Cantrang Bisa Melaut
Berita 23 Jan, 2018

Pemkot Dorong Agar Nelayan Cantrang Bisa Melaut

Menanggapi belum jelasnya izin kapal cantrang beroperasi, Pemerintah Kota Tegal akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah agar kapal cantrang…

Ada ‘Rawa Rontek’ di UPS Tegal
Berita 10 Dec, 2018

Ada ‘Rawa Rontek’ di UPS Tegal

Tegal - Terlihat mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, Senin ( 10/12) malam…

Perluas Akses Permodalan Perbankan, Bekraf Gelar Kelas Manajemen Keuangan
Berita 27 Jul, 2017

Perluas Akses Permodalan Perbankan, Bekraf Gelar Kelas Manajemen Keuangan

Manado -  Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyadari pelaku ekonomi kreatif (ekraf) membutuhkan akses permodalan untuk mengembangkan usaha kreatif mereka. Deputi…

Jelang Idul Adha, Takmir Masjid Bakal Dilatih Menyembelih Hewan Kurban
Berita 21 Aug, 2017

Jelang Idul Adha, Takmir Masjid Bakal Dilatih Menyembelih Hewan Kurban

TEGAL-Menjelang Hari Raya Idul Adha, takmir masjid di Kota Tegal bakal mendapat pelatihan cara menyembelih hewan kurban. Kegiatan ini digelar…

Most from this category