Tim Verifikasi Calon Peserta Didik Baru di SMA 1 Tegal yang Menggunakan SKTM Rampung, Ini Hasilnya

TEGAL-Tim Verifikasi PPDB SMA Negeri 1 Tegal selah memverifikasi 26 calon peserta didik yang mendaftar dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Ada dua langkah, dalam verifikasi tersebut, pertama dengan mendatangi sekolah asal. Apakah siswa tersebut memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau tercatat sebagai keluarha miskin.

Kedua, apabila tidak ada data di sekolah asal, maka tim verifikask akan mendatangi rumah calon peserta didik untuk memastikan benar-benar dari keluarga kurang mampu dan juga berkoordinasi dengan ketua RW dan lurah setempat.

Demikian disampaikan Kepala SMAN 1 Tegal, Masduki, saat ditemui di kantor SMAN 1 Tegal, Senin (9/7).

Masduki menyampaikan, hasil dati tim verifikasi menyatakan calon peserta didik yang mendaftar dilengkapi dengan SKTM telah valid. “Kami telah melakukan verifikasi, 26 calon peserta didik semuanya tergolong tidak mampu”, ujar Masduki.

Masduki, yang juga ketua MKKS SMA/SMK, mengungkapkan, di Kota Tegal terdapat 319 calon peserta didik yang melampirkan SKTM. untuk verifikasi semuanya belum selesai.

Dia juga menegaskan, apabila tim menemukan ketidakbenaran SKTM, maka calon paserta didik tersebut akan dibatalkan, walaupun sudah diterima.

Masduki berharap, untuk PPDB kedepan, selain menfasilitasi peserta yang miskin atau kurang mampu. Faktor, kompetisi melalui seleksi juga perlu diperhatikan.

Akan tetapi, menurut Masduki, program pemerintah tetap didukung. Sehingga kalau sudah diterima, peserta didik yang menggunakan SKTM dapat digratiskan atau biaya pendidikan dapat diringankan, yang penting dia sekolah untuk menggapai cita-cita.

“Kami setuju yang miskin difasilitasi, akan tetapi ada rasa keadilan. Jangan asal ada SKTM kemudian akan diterima”, pungkas Masduki.

Berita Lainnya

Pengurus IPSI Kota Tegal Resmi Dilantik
Berita 07 Sep, 2019

Pengurus IPSI Kota Tegal Resmi Dilantik

Tegal – Pelantikan Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Tegal periode 2019-2023 berlangsung di Pendopo Ki Gede Sebayu Kompleks…

Seniman Luar Daerah Akan Grudug Tegal
Berita 13 Mar, 2017

Seniman Luar Daerah Akan Grudug Tegal

TEGAL - Bulan Maret ini Kota Tegal akan diserbu para seniman luar daerah. Baik seni teater, sastra serta seni lainnya.…

Walikota Akan Resmikan Masjid Darussalam
Berita 12 Nov, 2018

Walikota Akan Resmikan Masjid Darussalam

TEGAL – Masjid Darussalam yang berlokasi di Jalan Tanjung No. 6 RT 03 RW 04 Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur…

Karpet baru untuk Masji Al Hikmah dan Musholla Al Istiqomah ( Langgar Dhuwur )
Berita 25 Jan, 2017

Karpet baru untuk Masji Al Hikmah dan Musholla Al Istiqomah ( Langgar Dhuwur )

Tegal – Perhatian Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno yang juga merupakan Ibunya masyarakat Kota Tegal tidak hanya terbatas…

DKT Resmikan Kampung Sinema Kejambon
Berita 15 Dec, 2018

DKT Resmikan Kampung Sinema Kejambon

TEGAL - Dewan Kesenian Kota Tegal (DKT) telah meresmikan Kelurahan Kejambon, Kecamatan Tegal Timur, Sabtu, (15/12) malam, menjadi kampung sinema.…

Peringatan Hari Buku Nasional, Perpus PHB Adakan PHB Award 2019
Berita 17 May, 2019

Peringatan Hari Buku Nasional, Perpus PHB Adakan PHB Award 2019

TEGAL - Hari Buku Nasional diperingati setiap tanggal 17 Mei. Menteri Pendidikan dari Kabinet Gotong Royong, Abdul Malik Fadjar resmi…

Most from this category