Tim Verifikasi Calon Peserta Didik Baru di SMA 1 Tegal yang Menggunakan SKTM Rampung, Ini Hasilnya

TEGAL-Tim Verifikasi PPDB SMA Negeri 1 Tegal selah memverifikasi 26 calon peserta didik yang mendaftar dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Ada dua langkah, dalam verifikasi tersebut, pertama dengan mendatangi sekolah asal. Apakah siswa tersebut memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau tercatat sebagai keluarha miskin.

Kedua, apabila tidak ada data di sekolah asal, maka tim verifikask akan mendatangi rumah calon peserta didik untuk memastikan benar-benar dari keluarga kurang mampu dan juga berkoordinasi dengan ketua RW dan lurah setempat.

Demikian disampaikan Kepala SMAN 1 Tegal, Masduki, saat ditemui di kantor SMAN 1 Tegal, Senin (9/7).

Masduki menyampaikan, hasil dati tim verifikasi menyatakan calon peserta didik yang mendaftar dilengkapi dengan SKTM telah valid. “Kami telah melakukan verifikasi, 26 calon peserta didik semuanya tergolong tidak mampu”, ujar Masduki.

Masduki, yang juga ketua MKKS SMA/SMK, mengungkapkan, di Kota Tegal terdapat 319 calon peserta didik yang melampirkan SKTM. untuk verifikasi semuanya belum selesai.

Dia juga menegaskan, apabila tim menemukan ketidakbenaran SKTM, maka calon paserta didik tersebut akan dibatalkan, walaupun sudah diterima.

Masduki berharap, untuk PPDB kedepan, selain menfasilitasi peserta yang miskin atau kurang mampu. Faktor, kompetisi melalui seleksi juga perlu diperhatikan.

Akan tetapi, menurut Masduki, program pemerintah tetap didukung. Sehingga kalau sudah diterima, peserta didik yang menggunakan SKTM dapat digratiskan atau biaya pendidikan dapat diringankan, yang penting dia sekolah untuk menggapai cita-cita.

“Kami setuju yang miskin difasilitasi, akan tetapi ada rasa keadilan. Jangan asal ada SKTM kemudian akan diterima”, pungkas Masduki.

Berita Lainnya

Ribuan Peserta Ikuti Aksi Pungut Sampah
Berita 15 Sep, 2018

Ribuan Peserta Ikuti Aksi Pungut Sampah

Ribuan peserta yang berasal dari berbagai unsur baik PNS, TNI/Polri, Pramuka, Pelajar dan Komunitas-komunitas mengikuti aksi pungut sampah di Pantai…

Buku Tes CPNS Laku Keras
Berita 22 Sep, 2018

Buku Tes CPNS Laku Keras

Tegal - Menjelang Tes CPNS tahun 2018, calon pelamar CPNS disibukan dengan melengkapi berkas yang dibutuhkan. Bukan hanya berkas saja,…

Fasilitas Kesehatan di Puskesmas Akan di Seterakan Rumah Sakit
Berita 14 Jul, 2017

Fasilitas Kesehatan di Puskesmas Akan di Seterakan Rumah Sakit

TEGAL-Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno menegaskan bahwa kader kesehatan adalah pahlawan yang menyampaikan semua terkait tentang kesehatan. Sebagai…

Spasi! Wadah Kreatif Anak Muda Tegal
Berita 10 Jan, 2019

Spasi! Wadah Kreatif Anak Muda Tegal

Tegal – Wadah kreatif untuk menyalurkan hasil karya masyarakat Tegal dan sekitarnya kini dapat ditampung dalam sebuah wadah yakni Spasi…

Buku Biografi Kang Nur “olih olihe wong sabar” Resmi Diluncurkan.
Berita 07 Oct, 2018

Buku Biografi Kang Nur “olih olihe wong sabar” Resmi Diluncurkan.

Tegal- Kang Nur “Olih-Olihe Wong Sabar” adalah sebuah buku biografi yang di tulis oleh orang-orang dari komunitas sastrawan tegalan yang…

Walikota Serahkan Bantuan Peralatan Kerja untuk Mustahik
Berita 28 Nov, 2018

Walikota Serahkan Bantuan Peralatan Kerja untuk Mustahik

TEGAL – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal mengawali kegiatan pentasharufan Zakat Infaq dan Sadaqah (ZIS) dengan penyerahan bantuan…

Most from this category