Tim Verifikasi Calon Peserta Didik Baru di SMA 1 Tegal yang Menggunakan SKTM Rampung, Ini Hasilnya

TEGAL-Tim Verifikasi PPDB SMA Negeri 1 Tegal selah memverifikasi 26 calon peserta didik yang mendaftar dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Ada dua langkah, dalam verifikasi tersebut, pertama dengan mendatangi sekolah asal. Apakah siswa tersebut memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau tercatat sebagai keluarha miskin.

Kedua, apabila tidak ada data di sekolah asal, maka tim verifikask akan mendatangi rumah calon peserta didik untuk memastikan benar-benar dari keluarga kurang mampu dan juga berkoordinasi dengan ketua RW dan lurah setempat.

Demikian disampaikan Kepala SMAN 1 Tegal, Masduki, saat ditemui di kantor SMAN 1 Tegal, Senin (9/7).

Masduki menyampaikan, hasil dati tim verifikasi menyatakan calon peserta didik yang mendaftar dilengkapi dengan SKTM telah valid. “Kami telah melakukan verifikasi, 26 calon peserta didik semuanya tergolong tidak mampu”, ujar Masduki.

Masduki, yang juga ketua MKKS SMA/SMK, mengungkapkan, di Kota Tegal terdapat 319 calon peserta didik yang melampirkan SKTM. untuk verifikasi semuanya belum selesai.

Dia juga menegaskan, apabila tim menemukan ketidakbenaran SKTM, maka calon paserta didik tersebut akan dibatalkan, walaupun sudah diterima.

Masduki berharap, untuk PPDB kedepan, selain menfasilitasi peserta yang miskin atau kurang mampu. Faktor, kompetisi melalui seleksi juga perlu diperhatikan.

Akan tetapi, menurut Masduki, program pemerintah tetap didukung. Sehingga kalau sudah diterima, peserta didik yang menggunakan SKTM dapat digratiskan atau biaya pendidikan dapat diringankan, yang penting dia sekolah untuk menggapai cita-cita.

“Kami setuju yang miskin difasilitasi, akan tetapi ada rasa keadilan. Jangan asal ada SKTM kemudian akan diterima”, pungkas Masduki.

Berita Lainnya

Orang Cerdas Dan Pintar Adalah Penyuka Budaya Literasi.
Berita 28 Dec, 2017

Orang Cerdas Dan Pintar Adalah Penyuka Budaya Literasi.

Tegal – Penyerahan atau hibah buku perpustakaan tahun anggaran 2017 kepada lembaga pemasyarakatan kelas II-B Kota Tegal beserta taman-taman bacaan…

Dapat Bantuan Perlu Dibuktikan Status Kepemilikan Lahan
Berita 19 Jul, 2017

Dapat Bantuan Perlu Dibuktikan Status Kepemilikan Lahan

TEGAL-Kabid Pendidikan Khusus Provinsi Jawa Tengah Dr. Padmaningrum menyampaikan terkait bantuan dari pusat kepada Sekolah Luar Biasa (SLB) salah satu…

Taman Budaya Tegal Menjadi Saksi Kedasyatan Lomba Musikalisasi Puisi
Berita 12 Aug, 2018

Taman Budaya Tegal Menjadi Saksi Kedasyatan Lomba Musikalisasi Puisi

TEGAL - Balai Bahasa Jawa Tengah menggelar lomba musikalisasi puisi tingkat Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMTA) tingkat Jawa Tengah. Kegitan…

80 Anak Ikuti Jambore FANTRI
Berita 29 Aug, 2017

80 Anak Ikuti Jambore FANTRI

TEGAL – Jambore Forum Anak Tegal Bahari (FANTRI) yang dilaksanakan pada tanggal 28-29 Agustus 2017 diikuti oleh 80 anak (SMP/SMA)…

Tegal Vespa Indonesia Santuni Dhuafa
Berita 27 Nov, 2017

Tegal Vespa Indonesia Santuni Dhuafa

TEGAL – Tegal Vespa Indonesia (TVI) dalam kegiatan “Bervespa ke Negeri Poci 3” pada hari Sabtu dan Minggu (25-26/11) di Pantai…

Kampanye Measles Rubella
Berita 23 Jul, 2017

Kampanye Measles Rubella

TEGAL-Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Cabang Kota Tegal memanfaatkan car free day di kawasan Alun-alun Kota Tegal untuk mengkampanyekan…

Most from this category