Wali Kota Dorong TPID Dapat Prestasi dalam TPID Award

CIREBON – Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono yang juga Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Tegal mendorong TPID Kota Tegal agar dapat berprestasi dalam ajang TPID Award.

Untuk itu, Wali Kota berharap agar TPID Kota Tegal mempersiapkan diri menghadapi ajang tersebut.

“Kita harus mempersiapkan diri menyongsong TPID Award. Diskusikan kunci-kuncinya. Apa saja kategorinya dan kiat-kiat agar Kota Tegal jadi juara, biar kita mendapat prestasi,” harap Wali Kota saat Capacity Building TPID Kota Tegal di Hotel Swissbell, Senin (26/06/2023) malam.

Wali Kota berharap kegiatan Capacity Building yang dilaksanakan dapat menjadi pendukung untuk mendapatkan TPID Award.

Disebutkan Wali Kota, Capacity Building ini adalah kegiatan internal TPID dengan jenis kegiatan workshop/studi banding/FGD dalam rangka mendukung upaya pengendalian inflasi yang disertai laporan pelaksanaan kegiatan.

“Saya menilai kegiatan ini sangat perlu sebab kegiatan ini biasanya diselenggarakan dalam bentuk workshop, studi banding atau focus group discussion. Kegiatan ini adalah bentuk inovasi Pemerintah Kota Tegal dalam mengendalikan inflasi, yang dapat menyebabkan terjadinya peningkatan kemiskinan karena ketidakberdayaan masyarakat dalam membeli sembilan bahan pokok (sembako),” tutur Wali Kota yang didamping Wakil Ketua TPID Kota Tegal yang juga Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Taufik Amrozi, dan Pj. Sekda Kota Tegal yang juga Ketua Pelaksana Harian TPID Kota Tegal, drg. Agus Dwi Sulistyantono. Hadir anggota Sekretaris I dan II serta anggota-anggota TPID Kota Tegal.

Dikatakan Wali Kota komoditi penyumbang inflasi pada bulan Mei 2023 adalah beras, telur ayam ras, daging ayam ras. Rokok kretek filter dan bawang merah. Sedangkan komoditi penahan inflasi bulan mei 2023 adalah cabai merah, angkutan antarkota, tarif kereta api, tempe dan cabai rawit.

“Melalui forum rapat koordinasi capacity building TPID ini, tentunya saya harap kita bersama-sama akan mendapatkan informasi dan menyusun tindak lanjut yang telah dilakukan pemerintah selama tahun 2023 ini, serta menetapkan satu program unggulan. Mari kita perkuat kerjasama, dan perkuat komitmen untuk memantau sekaligus menjamin ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan strategis, serta membenahi infrastruktur yang mendukung perdagangan dan logistik khususnya dalam penyesuaian kebijakan harga. Kita harapkan tentunya TPID Kota Tegal lebih baik lagi,” kata Wali Kota.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Taufik Amrozi menyebut tujuan diselengarakannya Capacity Building sesuai program kerja TPID sebagai upaya kilas balik dan melihat dan mengikuti perkembangan inflasi beberapa bulan terakhir.

“Beberapa bulan ini sebenarnya relatif terkendali. Namun dibandingkan relatif dengan daerah lain di beberapa bulan ini angkanya sudah di dalam range di atas Jawa Tengah dan nasional,” tutur Taufik Amrozi.

Terkait TPID Award, TPID Kota Tegal dikatakan Taufik Amrozi sudah mengawal namun diakuinya beberapa agak luput sehingga tidak dapat masuk ke nominasi. Meskipun demikian secara internal, Bank Indonesia mendapatkan berbagai prestasi dengan melampaui target.

Sementara Pj. Sekda Kota Tegal menyebut inovasi yang dapat dijadikan nilai tambah yakni pembentukan Forum Komunikasi Distributor di Kota Tegal.

Sedangkan Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Tegal, Kelik Haryono, yang juga Sekretaris I TPID Kota Tegal menyebut TPID Kota Tegal sudah menyusun program kerja dan mengevaluasi program
yang belum dilaksanakan.

Penyesuaian kebijakan harga yang dilakukan oleh Pemerintah pada beberapa kebutuhan pokok masyarakat akan memberi pengaruh besar pada pencapaian target inflasi yang diharapkan.

“Kunci sukses TPID yaitu pada strategi 4K, Keterjangkauan harga, Ketersediaan pasokan, Kelancaran distribusi dan Komunikasi efektif. Oleh karena itu, formula 4K ini yang setiap periodenya perlu kita rencanakan, kita upayakan dengan inovatif dan efisien. Termasuk operasi pasar untuk pengendalian dan stabilitas harga saat awal tahun dan Idul Fitri,” ungkap Kelik.(*)

Berita Lainnya

Job Fair dan Pameran Pendidikan Sedot Ribuan Pengunjung
Berita 18 Oct, 2017

Job Fair dan Pameran Pendidikan Sedot Ribuan Pengunjung

TEGAL –Job Fair dan Pameran Pendidikan mampu menyedot ribuan pencari kerja dan siswa sekolah dasar,  Rabu (18/10) pagi. Sedikitnya 37…

Wali Kota Apresiasi HUT Suara Merdeka ke 69 Tahun
Berita 24 Feb, 2019

Wali Kota Apresiasi HUT Suara Merdeka ke 69 Tahun

Tegal – Wali Kota H.M Nursoleh mengapresiasi terselenggranya peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Suara Merdeka yang ke 69 tahun. Kegiatan…

Walkot Ucapkan Selamat Datang Perantau
Berita 02 May, 2022

Walkot Ucapkan Selamat Datang Perantau

TEGAL - Wali Kota Tegal, H.lq Dedy Yon Supriyono, menyampaikan selamat datang kepada para perantau Kota Tegal, yang pada Idul…

Kapster dan Barber Harus Miliki Ilmu Menata Rambut
Berita 27 Mar, 2018

Kapster dan Barber Harus Miliki Ilmu Menata Rambut

TEGAL- Dunia tata rambut adalah pekerjaan yang memerlukan sensitifitas tinggi, memerlukan sentuhan seni, sekaligus rasa atau passion. Urusan rambut dewasa…

Dedy Yon Buka Kongres Luar Biasa ASKOT PSSI Tegal
Berita 13 Jun, 2022

Dedy Yon Buka Kongres Luar Biasa ASKOT PSSI Tegal

Tegal - Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono membuka Kongres Luar Biasa Asosiasi Kota (ASKOT) PSSI Tegal 2022 di…

Turah, Film Bahasa Tegal yang Akan Diputar di India
Berita 03 Feb, 2017

Turah, Film Bahasa Tegal yang Akan Diputar di India

TEGAL – ‘’Sedulur-sedulur kabeh sedelat maning nang kampung kiye bakale ana ruwed kedean’’. Sepenggal dialog diatas adalah kalimat terakhir yang…

Most from this category