Kendalikan Pembayaran Honorarium, Pemkot Tegal Luncurkan Aplikasi SIP-PHON

TEGAL – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal melalui Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Tegal meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pengendalian Pembayaran Honorarium ASN (SIP-PHON), Kamis (22/04/2021) di Kantor Bakeuda Kota Tegal.
Kepala Bidang Perbendaharaan Bakueda Kota Tegal Dra. Kuwat Daryani, menyebut SIP-PHON merupakan inovasi untuk mewujudkan sistem administrasi keuangan yang terintegrasi, transparan, mudah dan akuntabel pada Pemkot Tegal. Sebelum aplikasi tersebut diluncurkan, pengendalian pembayaran honorarium bagi ASN selama ini masih dilakukan secara manual. Inovasi tersebut, dikatakan Kuwat juga sebagai implementasi Peraturan Presiden No. 33 Tahun 2020 tentang Standar Harga Satuan Regional yang mengamanatkan efisiensi anggaran dan pembatasan honor yang diterima dalam satu bulan bagi tim pelaksana kegiatan dan sekretariat Tim pelaksana kegiatan.
“Jadi selama ini belum ada sistem pengelolaan honorarium ASN yang memudahkan petugas administrasi/verifikator dalam menatausahakan honor dan memudahkan penerima mengetahui kepastian honornya. Sebab, selama ini masih dilakukan secara manual,” ungkap Kuwat Daryani.

Dengan adanya aplikasi hasil inovasi tersebut, diharapkan Kuwat dapat bermanfaat bagi pengguna aplikasi. Misalnya Bakeuda dan OPD Pemerintah Kota Tegal, aplikasi yang digunakan dapat meningkatkan efisiensi anggaran.
“Aplikasi ini menjadi sarana pengendali pembayaran honorarium, mempermudah penatausahaan honorarium, mempercepat kerja petugas administrasi, meminimalisir kesalahan, mewujudkan sistem honor yang transparan dan akuntabel, memudahkan akses penatausahaan keuangan pada OPD dan ASN, serta memberikan kepastian penerimaan honor,” jelas Kuwat.
Sehingga diharapkan Kuwat, aplikasi mewujudkan sistem administrasi keuangan yang terintegrasi, transparan, mudah dan akuntabel pada Pemkot Tegal. Apalagi dengan inovasi SIP-PHON, disebutkan Kuwat, memberi nilai tambah bagi organisasi dan stakeholder karena dari output yang dihasilkan, honor ASN yang diberikan datanya lebih akurat dan tersaji secara real time. Sehingga diharapkan memudahkan petugas dalam pengelolaan pembayaran honorarium ASN, yang sebelumnya belum pernah dilaksanakan.
“Aplikasi ini juga dapat direplikasi mejadi alat yang efektif serta efisien dalam evaluasi bahan/tolak ukur, untuk merencanakan anggaran belanja daerah Kota Tegal,” jelas Kuwat.
Sebelum diluncurkan, aplikasi ini telah melalui proses yang panjang. Mulai dari rapat pembentukkan tim, Focus Group Discussion (FGD), penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP), dan uji coba aplikasi. Tak ketinggalan dukungan dari berbagai pihak seperti Sekretaris Daerah Kota Tegal Dr. Drs. Johardi, M.M., Kepala Bakueda Kota Tegal Drs. R. Supriyanta., dan para Kabid pada Bakueda.
Setelah diluncurkan nanti akan ada sosialisasi dan pelatihan kepada bendahara pengeluaran, bendahara pengeluaran pembantu dan PPK OPD. Disebutkan Kuwat, kedepan nantinya aplikasi ini akan terus dikembangkan dan dievaluasi dalam rangka penyempurnaan aplikasi agar menjadi lebih baik lagi. (*)

Berita Lainnya

19 PGOT Terjaring Razia Dinsos Kota Tegal
Berita 21 Aug, 2019

19 PGOT Terjaring Razia Dinsos Kota Tegal

Tegal - 19 PGOT (Pengemis Gelandangan dan Orang Terlantar) terjaring Razia Gabungan yang dilaksanakan Dinas Sosial bersama, Satpol PP dan…

Pengurus Cabang INTI Tegal Dilantik
Berita 07 Oct, 2018

Pengurus Cabang INTI Tegal Dilantik

Pengurus Cabang Perhimpunan Indonesia Tiong Hoa (INTI) Tegal Masa Bakti 2018-2022 dilantik, Minggu (7/10) di Convention Hall Hotel Bahari In…

UPS Tegal Adakan Workshop Menulis untuk Menumbuhkan Literasi Global
Berita 01 Jan, 2019

UPS Tegal Adakan Workshop Menulis untuk Menumbuhkan Literasi Global

TEGAL-UPT Kerja sama Dalam Negeri dan Luar Negeri (KDLN) UPS Tegal mengadakan workshop penulisan karya ilmiah di ruang Aula YPP…

Awal Ramadan, 67 Marbot dan Modin dari Tiga Kelurahan Terima Bantuan
Berita 28 Mar, 2023

Awal Ramadan, 67 Marbot dan Modin dari Tiga Kelurahan Terima Bantuan

TEGAL - Sebanyak 67 marbot dan modin dari tiga kelurahan di Kecamatan Margadana yakni Sumurpanggang, Kalinyamat Kulon, dan Pesurungan Lor…

Bentuk “Super Team” PDAM Kota Tegal Beri Pendidikan “Character Building” Bagi Ratusan Karyawanya.
Berita 20 Sep, 2019

Bentuk “Super Team” PDAM Kota Tegal Beri Pendidikan “Character Building” Bagi Ratusan Karyawanya.

Cirebon - Guna meningkatkan kinerja serta kekompokan tim, PDAM Kota Tegal menyelenggarakan pendidikan "Character Building" bagi ratusan karyawannya. Kegiatan yang…

Lesehan Nobar Film Titik Balik Bersama Wali Kota
Berita 28 Jan, 2019

Lesehan Nobar Film Titik Balik Bersama Wali Kota

TEGAL - Pemutaran film Titik Balik yang ke-6 diadakan di Rumah Dinas Wali Kota Tegal pada hari Minggu (27/01). Dihadiri…

Most from this category