Festival Akbar di Tegal Sebagai Ajang Kreasi Bisnis Aplikasi Start-Up

TEGAL – Dalam rangka mengembangkan Tegal sebagai wilayah yang memiliki potensi di bidang industri. Maka Politeknik Harapan Bersama sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi yang terletak di Kota Tegal melalui salah satu program studinya, yakni Diploma Empat Teknik Informatika akan menggelar perhelatan akbar di bidang Informatika, dengan nama Informatics Vocational Festival (InVoFest) 2017, pada  26 – 28 Oktober 2017.

Kegiatan berskala nasional tersebut diselenggarakan atas dasar pemikiran Tegal sebagai kota industri yang juga berpotensi melahirkan industri-industri software aplikasi, salah satunya adalah industri aplikasi start-up dan bukan sekedar industri manufaktur saja.

InVofest 2017 ini adalah kegiatan yang kali kedua diselenggarakan di Politeknik Harapan Bersama  Tegal jawa Tengah, setelah sebelumnya sukses terselenggara di tahun 2016 dengan tema inkubasi teknologi, embrio awal bisnis start-up.

Adapun rangkaian kegiatan InvoFest kali ini terdiri dari : pameran aplikasi startup, kompetisi IT bagi mahasiswa (Mobile Development Competition, Database Programming) dan bagi siswa SMA/K sederajat (Web Design).

Selain itu ada juga workshop/kelas pararel dengan materi : Augmented Reality, Game Development, Web Service dan Data Security serta Seminar dengan tema : “Bisnis Aplikasi Start Up untuk membangun kreatifitas pemuda Indonesia”.

Ginanjar Wiro Sasmito selaku Ka. Prodi D4 Teknik Informatika mengatakan bahwa antusiasme pendaftar cukup tinggi baik yang mendaftar secara online maupun offline, rata-rata berasal dari kalangan mahasiswa yang berasal dari Jawa Tengah maupun dari luar Jawa Tengah, selain itu juga ada pendaftar dari kalangan pemerintahan, praktisi maupun pengusaha bidang IT dan masyarakat umum.

Ia menambahkan bahwa InvoFest kali ini, ia bersama tim panitia menghadirkan narasumber-narasumber yang pakar dibidangnya, yakni empat narasumber untuk workshop dari kalangan praktisi dan 2 narasumber seminar dari kalangan pemerintahan  dan dunia usaha.

Tegal adalah kota industri, namun kondisi industri yang bergerak di bidang IT perkembangannya masih sangat lamban.

“Oleh karenanya setelah tahun sebelumnya InVoFest digelar bertemakan inkubasi teknologi, maka untuk tahun ini langsung mengerucut pada bisnis aplikasi start-up  yang diharapkan dapat menggali potensi-potensi sumber daya yang ada di wilayah Tegal pada khususnya dan Indonesia pada umumnya agar bisa saling bersinergi, antara pengusaha, perguruan tinggi dan pemerintah, ” tambahnya.

(S.Mu’min/wartabahari.com)

 

Berita Lainnya

Taruna dan Perwira SMK Pelayaran Bahari Diwisuda
Berita 15 May, 2017

Taruna dan Perwira SMK Pelayaran Bahari Diwisuda

TEGAL-Sebanyak 90 siswa kelas XII Taruna SMK Pelayaran Bahari Angkatan XXI dan 18 Perwira Muda Ant/ATT IV Tahun 2017, Senin…

Sekitar 200 Anak Ramaikan Kado Pekan Ceria
Berita 06 Aug, 2017

Sekitar 200 Anak Ramaikan Kado Pekan Ceria

TEGAL- Memperingati Hari Anak dan HUT Kemerdekaan RI ke 72, Forum Anak Tegal Bahari (FANTRI) bekerjasama dengan Kampung Dongeng memberikan…

Walikota Ajak Anggota MBC Indonesia Menikmati Kuliner Kota Tegal
Berita 23 Jan, 2017

Walikota Ajak Anggota MBC Indonesia Menikmati Kuliner Kota Tegal

TEGAL- Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno mengajak para anggota Motor Besar Club Indonesia (MBCI) untuk menikmati berbagai kuliner…

Upacara HUT KORPRI ke – 45 dan HUT PGRI ke – 71
Berita 06 Dec, 2016

Upacara HUT KORPRI ke – 45 dan HUT PGRI ke – 71

Tegal – Dalam rangka memperingati HUT KORPRI ke-45 dan HUT PGRI ke 71 Tingkat Kota Tegal, diadakan upacara bendera di…

Pantau Hasil Pembangunan, Walikota Minta Warga Jaga Aset Serta Ketertiban
Berita 07 Aug, 2017

Pantau Hasil Pembangunan, Walikota Minta Warga Jaga Aset Serta Ketertiban

TEGAL- Dalam kegiatannya memonitor wajah kota menggunakan sepeda Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno menyempatkan diri meninjau hasil-hasil  pembangunan…

BPJS Kesehatan Cabang Tegal Targetkan Seluruh Masyarakat jadi Peserta pada 2019
Berita 22 Aug, 2017

BPJS Kesehatan Cabang Tegal Targetkan Seluruh Masyarakat jadi Peserta pada 2019

TEGAL- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tegal menargetkan seluruh masyarakat sudah tergabung Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu…

Most from this category