Penanggulangan TBC Untuk Kota Tegal Bebas Tuberkulosis

Tegal – Upaya peningkatan akses terhadap layanan Tuberkulosis (TB) yang berkualitas dan sesuai standar membutuhkan jejaring layanan TB yang saling terintegrasi antar semua layanan di Kota Tegal . penerapan Public Private Mix (PPM) Tuberkulosis di fasilitas kesehatan (Puskesmas, Rumah Sakit, B/BKPM, DPM, Klinik, Apotek dan Laboratorium yang di koordinasikan oleh Pemerintah melalui Dinas Kesehatan adalah salah satu upaya perluasan layanan TB yang berkualitas sehingga akan menambah jumlah layanan TB yang sesuai standar nasional termasuk dalam system pencatatan dan pelaporannya.

Hal itu terungkap saat Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M memberikan sambutan di acara Coffe morning penguatan jejaring dan pengkajian “Public Private Mix (PPM) Tuberkulosis” Dinas Kesehatan Kota Tegal, Selasa (3/12/2019) di Lab Pramitha jalan Gajahmada, Kota Tegal.

Walikota juga menyampaikan bahwa pada saat ini masalah kesehatan utama di tanah air masih berupa tingginya insidensi, prevalensi dan kematian akibat penyakit baik menular maupun tidak menular. Kondisi ini menyebabkan terjadinya beban ganda penyakit (Triple Burden Diseases) yaitu masih tingginya penyakit menular, meningkatnya penyakit tidak menular dan munculnya penyakit penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

“Tuberculosis (TBC) menjadi masalah global, merupakan penyakit utama penyakit infeksi di Indonesia, penyakit TBC paru menyerang sebagian kelompok usia produktif yang merupakan sumber daya manusia penting dalam pembangunan bangsa, disamping itu penderita kebanyakan dari kelompok sosial ekonomi lemah yang perlu lebih diperhatikan dalam rangka pengentasan kemiskinan,” ucap Walikota.

Walikota juga mengharapkan dari fasilitas kesehatan, instansi terkait, organisasi profesi kesehatan, organisasi kemasyarakatan untuk berperan aktif dalam program penanggulangan TBC secara komprehensif, sesuai yang tertuang dalam panduan penerapan jejaring layanan Tuberkulosis.

“pada fasilitas kesehatan tingkat pertama swasta yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan termsuk Klini TNI/Polri, saya harapkan BPJS Kesehatan dapat mendorong dalam intensifikasi dan notifikasi penemuan TBC,” jelas Walikota.

Sementara itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr. Sri Primawati Indraswari, Sp.KK.,MM.,MH bahwa Penerapan “Distric Based Public Private Mix (DPPM) bertujuan agar semua fasilitas layanan kesehatan yang menangani TBC berpartisipasi dalam jejaring sehingga semua pasien TB dapat ditemukan dan di obati sesuai standard an tercatat dalam system informasi Program TBC nasional.

“Untuk peserta kegiatan ini terdiri dari OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Tegal, Direktur Rumah Sakit, Kantor Kementerian Agama, Kepala Bagian di lingkungan setda Kota Tegal, Lapas Kota Tegal, PKK Kota Tegal, BPJS Kesehatan, Organisasi Profesi Kesehatan, Organisasi kemasyarakatan dan dokter spesialis paru,” ucap Prima

Hadir mendampingi Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M, PJ Sekretaris Daerah Kota Tegal, Drs. Imam Badarudin, Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Tegal, Herlien Tedjo Oetami, SH.

Dalam kesempatan itu ditandatangani kesepakatan kerjasama Distrik – Based Public – Private Mix dalam penanggulangan TBC untuk Kota Tegal Bebas Tuberkulosis yang diawali oleh Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M, PJ Sekretaris Daerah Kota Tegal, Drs. Imam Badarudin dan di ikuti oleh peserta yang hadir.

Berita Lainnya

SE Wali Kota Keluar, CGV Transmart Tegal Mulai Beroperasi
Berita 15 Feb, 2021

SE Wali Kota Keluar, CGV Transmart Tegal Mulai Beroperasi

TEGAL - CGV Transmart Tegal, salah satu bioskop di Kota Tegal mulai beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Beroperasinya…

Saluran Air di Kelurahan Debong Kulon, Jadi Target TMMD Tahap II TA 2022
Berita 26 Jul, 2022

Saluran Air di Kelurahan Debong Kulon, Jadi Target TMMD Tahap II TA 2022

TEGAL - Pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap II Tahun Anggaran 2022 Kota Tegal menargetkan sasaran fisik berupa…

Berita 03 Feb, 2018

Jadilah Generasi Yang Mampu Menyongsong Kompetisi Global

Tegal - Moment wisuda bagi mahasiswa yang diwisuda benar-benar saat yang sangat membanggakan sekaligus membahagiakan, setelah sekian lama merek menempuh…

Walikota Tegal raih penghargaan Indonesia Leaders Quality Award 2016
Berita 02 Dec, 2016

Walikota Tegal raih penghargaan Indonesia Leaders Quality Award 2016

TANGERANG- Satu lagi prestasi gemilang kembali diraih Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno dalam kiprahnya memimpin Kota Tegal. Kali…

Tidak Hanya Bagi Masker, Edukasi Juga Penting
Berita 20 Sep, 2020

Tidak Hanya Bagi Masker, Edukasi Juga Penting

TEGAL - Gebrak Masker di Kota Tegal kali ini dilaksanakan di Kecamatan Tegal Barat. Ada tiga lokasi utama dalam gebrak…

Butuh Kesadaran untuk Mensukseskan KB
Berita 28 Jul, 2017

Butuh Kesadaran untuk Mensukseskan KB

TEGAL - Salam KB....Dua anak cukup, bahagia sejahtera. Sapaan Walikota Tegal KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno pada saat sambutannya dalam…

Most from this category