Penanggulangan TBC Untuk Kota Tegal Bebas Tuberkulosis

Tegal – Upaya peningkatan akses terhadap layanan Tuberkulosis (TB) yang berkualitas dan sesuai standar membutuhkan jejaring layanan TB yang saling terintegrasi antar semua layanan di Kota Tegal . penerapan Public Private Mix (PPM) Tuberkulosis di fasilitas kesehatan (Puskesmas, Rumah Sakit, B/BKPM, DPM, Klinik, Apotek dan Laboratorium yang di koordinasikan oleh Pemerintah melalui Dinas Kesehatan adalah salah satu upaya perluasan layanan TB yang berkualitas sehingga akan menambah jumlah layanan TB yang sesuai standar nasional termasuk dalam system pencatatan dan pelaporannya.

Hal itu terungkap saat Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M memberikan sambutan di acara Coffe morning penguatan jejaring dan pengkajian “Public Private Mix (PPM) Tuberkulosis” Dinas Kesehatan Kota Tegal, Selasa (3/12/2019) di Lab Pramitha jalan Gajahmada, Kota Tegal.

Walikota juga menyampaikan bahwa pada saat ini masalah kesehatan utama di tanah air masih berupa tingginya insidensi, prevalensi dan kematian akibat penyakit baik menular maupun tidak menular. Kondisi ini menyebabkan terjadinya beban ganda penyakit (Triple Burden Diseases) yaitu masih tingginya penyakit menular, meningkatnya penyakit tidak menular dan munculnya penyakit penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

“Tuberculosis (TBC) menjadi masalah global, merupakan penyakit utama penyakit infeksi di Indonesia, penyakit TBC paru menyerang sebagian kelompok usia produktif yang merupakan sumber daya manusia penting dalam pembangunan bangsa, disamping itu penderita kebanyakan dari kelompok sosial ekonomi lemah yang perlu lebih diperhatikan dalam rangka pengentasan kemiskinan,” ucap Walikota.

Walikota juga mengharapkan dari fasilitas kesehatan, instansi terkait, organisasi profesi kesehatan, organisasi kemasyarakatan untuk berperan aktif dalam program penanggulangan TBC secara komprehensif, sesuai yang tertuang dalam panduan penerapan jejaring layanan Tuberkulosis.

“pada fasilitas kesehatan tingkat pertama swasta yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan termsuk Klini TNI/Polri, saya harapkan BPJS Kesehatan dapat mendorong dalam intensifikasi dan notifikasi penemuan TBC,” jelas Walikota.

Sementara itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr. Sri Primawati Indraswari, Sp.KK.,MM.,MH bahwa Penerapan “Distric Based Public Private Mix (DPPM) bertujuan agar semua fasilitas layanan kesehatan yang menangani TBC berpartisipasi dalam jejaring sehingga semua pasien TB dapat ditemukan dan di obati sesuai standard an tercatat dalam system informasi Program TBC nasional.

“Untuk peserta kegiatan ini terdiri dari OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Tegal, Direktur Rumah Sakit, Kantor Kementerian Agama, Kepala Bagian di lingkungan setda Kota Tegal, Lapas Kota Tegal, PKK Kota Tegal, BPJS Kesehatan, Organisasi Profesi Kesehatan, Organisasi kemasyarakatan dan dokter spesialis paru,” ucap Prima

Hadir mendampingi Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M, PJ Sekretaris Daerah Kota Tegal, Drs. Imam Badarudin, Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Tegal, Herlien Tedjo Oetami, SH.

Dalam kesempatan itu ditandatangani kesepakatan kerjasama Distrik – Based Public – Private Mix dalam penanggulangan TBC untuk Kota Tegal Bebas Tuberkulosis yang diawali oleh Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M, PJ Sekretaris Daerah Kota Tegal, Drs. Imam Badarudin dan di ikuti oleh peserta yang hadir.

Berita Lainnya

“Amangkurat Mas” Gebrak Balai Kota Tegal
Berita 21 Apr, 2018

“Amangkurat Mas” Gebrak Balai Kota Tegal

Pemerintah Kota Tegal dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkolaborasi dengan sanggar Kethoprak Taruna Abdi Budaya pentaskan kethoprak dengan lakon “Amangkurat…

Tim Penggerak PKK  Magelang dan Surakarta Studi Tiru ke Kota Tegal
Berita 24 Sep, 2019

Tim Penggerak PKK Magelang dan Surakarta Studi Tiru ke Kota Tegal

Tim Penggerak PKK Kota Magelang dan Kota Surakarta melaksanakan kunjungan Studi Tiru ke Tim Penggerak PKK Kota Tegal, Selasa (24/9).…

Besok, APK Paslon akan Ditertibkan
Berita 04 Mar, 2018

Besok, APK Paslon akan Ditertibkan

TEGAL-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tegal bersama KPU Kota Tegal, Satpol PP, Dinas Perhubungan, tim kampanye Pasangan Calon (Paslon) dan…

Berangkat Selamat, Pulang Dapat Gelar Haji Mabrur.
Berita 12 Jul, 2019

Berangkat Selamat, Pulang Dapat Gelar Haji Mabrur.

Tegal - Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M, secara resmi melepas sejumlah 296 jamaah calon haji Kota Tegal…

Balo-balo Kombinasi Akan Unjuk Gigi di Festival Desa Wisata
Berita 30 May, 2017

Balo-balo Kombinasi Akan Unjuk Gigi di Festival Desa Wisata

TEGAL – Latihan Balo-balo Kombinasi nampak terlihat di salah satu anggota kelompok Balo-balo Muarareja pada Selasa (30/5) malam. Seusai shalat…

Dies Natalies Politeknik Harapan Bersama Dihadiri Menristekdikti
Berita 06 May, 2018

Dies Natalies Politeknik Harapan Bersama Dihadiri Menristekdikti

TEGAL - Dies Natalis ke 16 tahun Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal yand diselenggarakan Sabtu (dihadiri oleh Prof. H. Mohammad…

Most from this category