Meriahkan Hardiknas, Pemkot Tegal Gelar Tegal Education Fair 2024

TEGAL – Pemerintah Kota Tegal (Pemkot) Tegal dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024, menggelar Tegal Education Fair 2024 di Jalan Pancasila Kota Tegal.

Acara yang digelar 2-3 Mei 2024 resmi dibuka secara langsung oleh Pj. Wali Kota Tegal, Dadang Somantri, Kamis (2/5/2024) siang usai Upacara Hardiknas di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu.

Dalam pembukaan acara tersebut hadir Sekretaris Daerah Kota Tegal dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal, instansi vertikal, para guru dan pelajar se-Kota Tegal.

Dalam sambutannya Pj. Wali Kota Tegal, Dadang Somantri menyampaikan ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 untuk seluruh pelajar, mahasiswa, dan guru serta dosen di seluruh penjuru Kota Tegal.

“Tak ketinggalan saya mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 untuk seluruh pelajar, mahasiswa, dan guru serta dosen di seluruh penjuru Kota Tegal,” ujar Pj. Wali Kota Tegal.

Menurutnya Kota Tegal adalah kota dinamis yang terus bergerak dalam segala hal. salah satunya pada bidang pendidikan yang selalu berinovasi untuk kemajuan pendidikan di Kota Tegal.
Sesuai dengan tema Hardiknas tahun 2024, “bergerak bersama, lanjutkan merdeka belajar”, saya menaruh harapan semoga pendidikan di Kota Tegal semakin maju dan berkualitas.

Pada hari ini kita berada di jalan Pancasila dalam rangka melaksanakan kegiatan Tegal Education Fair 2024. sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal dalam memeriahkan peringatan Hardiknas.
Kegiatan ini bukan hanya sebagai gelanggang menunjukkan karya-karya masing-masing sekolah yang ada di Kota Tegal, tetapi juga sebagai barometer dan wajah pendidikan di Kota Tegal. Karena selain acara pameran pendidikan, juga banyak lagi ajang kompetisi untuk siswa Taman Kanak-kanak sampai dengan tingkat Perguruan Tinggi yang diselenggarakan di Kota Tegal.
Ketua Panitia Tegal Education Fair 2024, sekaligus Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Ismail Fahmi menyampaikan peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 dilakukan melalui dua kegiatan.

Pertama adalah berupa Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman Pendopo Balai Kota Tegal dan Tegal Education Fair di jalan Pancasila.

Tegal Education Fair ini diikuti oleh 103 stand dari satuan pendidikan mulai dari jenjang Paud, PKBM, SD, SMP, SMA, SMK dan Perguruan Tinggi yang ada di wilayah Kota Tegal serta beberapa mitra pendidikan yang juga ikut berpartipasi dalam kegiatan ini.

Sebagai pendukung kegiatan dan dalam rangka ikut menggerakkan roda perekonomian masyarakat, Tegal Education Fair ini juga diikuti oleh 54 stand UMKM serta wahana permainan sebagai media hiburan bagi peserta didik.

Tidak hanya diisi dengan pameran pendidikan, Tegal Education Fair ini juga akan diisi dengan beberapa lomba / kegiatan yang dapat mengembangkan bakat dan minat siswa, yang berupa :
1. Lomba fashion show, yang diikuti oleh siswa PAUD dan SD;
2. Lomba broadcasting siswa SMK se-Provinsi Jawa Tengah dengan kerja sama MGMP Broadcasting:

3. lomba band antar siswa jenjang SMP dan SMA/SMK;
4. Lomba basket 3 on 3, kerja sama dengan Perbasi Kota Tegal dengan jumlah peserta 8 tim untuk putri SMA, 16 tim untuk putra sma, 14 tim untuk putra SMP, 18 tim putri SMP dan 13 tim untuk kategori umum;
5. Lomba video konten dengan tema cerita mengenai inflasi dan bijak belanja, yang terselenggara dengan kerja sama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal;
6. Serta tentunya lomba tampilan antar stand yang diharapkan akan memancing ide dan kreatifitas sekolah untuk dapat menampilkan stand yang paling menarik dalam pelaksanaan Tegal Education Fair.

Selain itu, sebagai wahana edukasi bagi peserta didik dan seluruh warga satuan belajar, akan dilaksanakan pula sosialisasi berupa :
– sosialisasi simpanan pelajar dan literasi keuangan;
– sosialisasi penggunaan QRIS melalui kegiatan tebus minyak goreng murah;
– sosialisasi cinta bangga penggunaan rupiah, yang kesemuanya terselenggara atas dukungan penuh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal.
Kegiatan sosialisasi juga akan dilakukan melalui pelaksanaan senam bersama yang diikuti oleh 1.075 anak PAUD yang berupa :
– Senam Sadar Lalu Lintas Anak Usia Dini (Salud)
– Senam Gemar Makan Ikan (Gemari)
– Senam Cinta Bangga Penggunaan Rupiah.

Melengkapi beberapa kegiatan yang telah
diagendakan, pada hari Kamis malam (2/5/2024) juga akan dilaksanakan Ngaji Budaya Bersama Lupit dan Slentheng oleh Ki Haryo Entus Susmono sebagai wahana edukasi religi bagi seluruh warga satuan pendidikan.

Kegiatan donor darah dengan dukungan PMI Kοta Tegal dan layanan Kependudukan dengan kerjasama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tegal juga tersedia dalam pelaksanaan Tegal Education Fair 2024 sehingga diharapkan akan semakin melengkapi semua kegiatan yang dilaksanakan di jalan Pancasila ini.

“Kami berharap Tegal Education Fair tahun 2024 menjadi tonggak dan katalisator dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Kota Tegal,” pungkas Ismail Fahmi.(*)

Berita Lainnya

Haji Mabrur Dapat Terimplementasi Dalam Kehidupan Sehari-hari
Berita 02 Oct, 2017

Haji Mabrur Dapat Terimplementasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Tegal – Acara Tasyukuran Haji jamaah haji Kota Tegal yang tergabung dalam kloter 55 Embarkasi dan Debarkasi Solo digelar di…

Komandan Pangkalan TNI-AL Tegal, Sholat Idul Adha di Mako Lanal
Berita 22 Aug, 2018

Komandan Pangkalan TNI-AL Tegal, Sholat Idul Adha di Mako Lanal

TEGAL-Komandan Pangkalan TNI-AL (LANAL) Tegal,Lantamal V, Letkol Laut (P) Agus Haryanto SE, M.Tr.Hanla beserta Keluarga, melaksanakan Sholat Idul Adha 1439…

Peringati HUT ke-52 KORPRI, Dewan Pengurus Korpri Nasional Ingatkan Kembali Netralitas
Berita 29 Nov, 2023

Peringati HUT ke-52 KORPRI, Dewan Pengurus Korpri Nasional Ingatkan Kembali Netralitas

TEGAL- Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yang memiliki peran penting dan strategis dalam membangun bangsa Indonesia merupakan salah satu wadah…

Dedy Yon Dampingi Ganjar Tinjau Penyekatan Terminal Tegal
Berita 09 May, 2021

Dedy Yon Dampingi Ganjar Tinjau Penyekatan Terminal Tegal

TEGAL-Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono mendampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat melakukan kunjungan ke Kota Tegal, Minggu…

Semarang dan Tegal Promosikan Batik Khas Daerah Lewat Fashion Show
Berita 27 Nov, 2023

Semarang dan Tegal Promosikan Batik Khas Daerah Lewat Fashion Show

SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang dan Kota Tegal sama-sama berupaya mempromosikan batik khasnya masing-masing melalui jalur fashion show. “Yang jelas…

Kembangkan Batik Tulis Kolaborasi
Berita 29 May, 2017

Kembangkan Batik Tulis Kolaborasi

TEGAL-Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Canting Mas sedang mengembangkan batik kolaborasi antara batik tulis khas Tegalan dengan batik Pekalongan. Tentu tidak…

Most from this category