Ratusan WNA Didata Jelang Libur Panjang

TEGAL – Menghadapi libur panjang yang akan jatuh sebentar lagi, WNA yang terdapat di 27 kelurahan  di Kota Tegal dilakukan pendataan. Data tersebut diperoleh dari laporan lurah yang ada disetiap kelurahan. Sehingga akan memudahkan pihak Kesbangpolimas untuk mengetahui jumlah WNA yang ada di Kota Tegal. Selasa (20/12).

“Pendataan ini dilakukan untuk mengetahui jumlah WNA yang ada di Kota Tegal, tetapi semua kelurahan belum semua melaporkan. Sehingga jumlah pasti WNA yang ada masih belum dipastikan,” kata Kasie Kesatuan dan Ketahanan Kesbangpolimas Riyono.

Dalam menghadapi libur panjang tersebut jumlah WNA yang masuk ke Kota Tegal perlu didata dan diketahui, apalagi aktivitas mereka. Supaya tidak sampai ada kejadian diluar kendali yang disebabkan oleh WNA. Pendatang asing perlu diawasi, takutnya mereka membawa misi tertentu yang tidak diketahui. Komunitas Intelenjen Daerah (Kominda) terutama lurah yang lebih mengetahui kondisi WNA di lingkunganya. Sehingga peran mereka sangat penting untuk membantu menagawasi dan melakukan pendataan.

“Sebenarnya pelaporan data tersebut dilakukan setiap bulan, tetapi karena mendekati akhir tahun sekalian untuk mengetahui jumlah WNA yang ada. Sekitar ratusan WNA sudah tinggal di Kota Tegal dikhawatirkan mereka membawa kerabatnya dari negara lain tetapi tidak diketahui pihak kelurahan,” ujar Kepala Kantor Kesbangpolimas dan juga sekretaris Kominda Kota Tegal Muhammad Afin.

 

Ratusan orang asing perlu dilakukan pendataan dan pengawasan, bagi mereka yang melakukan pelanggaran dokumen, maka akan langsung ditindak oleh Keimigrasian yang ada di Kabupaten Pemalang. Tindakan tersebut bisa dilakukan dengan melakukan deportasi ke negara mereka berasal. Selama ini belum ada penyimpangan orang asing yang tinggal di Kota Tegal. Karena Kota Tegal bukan merupakan kota wisata seperti Bali dan Yogyakarta. Sehingga pengawasan orang asing bisa lebih dimaksimalkan.

 

“Saat ini ada tiga kelurahan yang memilki jumlah WNA terbanyak yaitu Kelurahan Panggung, Pekauman dan Mangkukusuman. Sehingga aktivitas mereka perlu diawasi apalagi mendekati libur panjang,” tandasnya.

Berita Lainnya

Berbagai Produk UMKM Unggulan Kota Tegal di Pasarkan di Lombok
Berita 07 Dec, 2016

Berbagai Produk UMKM Unggulan Kota Tegal di Pasarkan di Lombok

Mataram  - Berbagai produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan Kota Tegal dipasarkan dalam Pameran Gebyar Wisata Perdagangan dan…

Pemilihan RT 16 di Kelurahan Panggung Seperti Pilkada
Berita 23 Nov, 2017

Pemilihan RT 16 di Kelurahan Panggung Seperti Pilkada

TEGAL - Pemilihan RT 16 RW 7 Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur berjalan dengan lancar. Dimana kegiatan tersebut berlangsung di…

Keberadaan PMI Kota Tegal Menjadi Bagian Penting Dalam Pemberdayaan Masyarakat.
Berita 02 Oct, 2018

Keberadaan PMI Kota Tegal Menjadi Bagian Penting Dalam Pemberdayaan Masyarakat.

Tegal – Bulan Dana PMI Tahun 2018 di Kota Tegal secara resmi dinyatakan dimulai oleh Wali Kota Tegal, Drs. H.M.…

PDAM Melayani Masyarakat
Berita 15 Jan, 2018

PDAM Melayani Masyarakat

Tegal – Puncak acara HUT PDAM Kota Tegal yang ke 42 di tutup dengan malam resepsi yang kali ini mengambil…

Teater Akar Galang Dana untuk Yatim Piatu
Berita 07 Jun, 2017

Teater Akar Galang Dana untuk Yatim Piatu

TEGAL – Sekelompok mahasiswa Universitas Pancaskti Tegal yang tergolong dalam unit kegiatan mahasiswa Teater Akar UPS Tegal mengadakan penggalangan dana…

Ghautsun dan Muslih Daftarkan Diri ke KPU Kota Tegal
Berita 10 Jan, 2018

Ghautsun dan Muslih Daftarkan Diri ke KPU Kota Tegal

TEGAL – Pasangan bakal calon Walikota Tegal dan bakal calon Wakil Walikota Tegal dari pasangan Independen yakni Ghautsun dan Muslih…

Most from this category