Ganjar dan Dedy Yon Hadir di Peringatan HLH Sedunia Tingkat Jateng, Ganjar Bicara Soal Ekonomi Sirkular

SLAWI – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyampaikan agar sampah-sampah tidak menimbulkan penyakit.

“Yang organik diselesaikan di rumah dan tidak keluar dari pekarangan, mereka diajari dengan komposter yang keluar anorganik yang dipilah dan bisa dijual,” ujar Gubernur saat Peringatan Hari Sampah Sedunia Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Taman Rakyat Slawi Kabupaten Tegal, Selasa (4/7).

Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono hadir bersama Kepala Daerah se-Provinsi Jawa Tengah, Forkopimda, Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemkot Tegal serta para perlajar.

Selain itu, Gubernur juga dalam kesempatannya berbincang dengan pelajar SD, SMP, SMA, SLB membahas terkait ekonomi sirkular dan pengolahan sampah di sekolah.

“Ada pelajar SD, SMP, SMA, SMK, SLB, edukasi kepada mereka bagaimana aksi menanam, aktivis sampah, mereka bersih-bersih mengedukasi mereka yang perhatian mengelola sampah, diajari mengelola sampah ada nilai tambah, ini menjadi tren biasanya anak muda mulai mengedukasi dalam merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Mengingatkan agar makin peduli,” ujar Gubernur.

Ganjar juga mengingatkan tentang cuaca saat ini agar menjaga ketahanan pangan.

“Saya ingatkan, awas yah akan terjadi kemarau yang panjang maka bagaimana menjaga ketahanan pangan kita,” tambah Ganjar.

Sementara itu, Bupati Tegal, Umi Azizah menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur beserta jajaran DLHK Provinsi Jawa Tengah yang telah memilih Kabupaten Tegal sebagai tempat penyelenggaran puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup tingkat Jawa Tengah tahun 2023.

“Tentunya menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi kami bisa menyambut kehadiran bapak, ibu di Taman Rakyat Slawi Ayu yang sebenarnya ini akan kami tata, kami rehab lantai serta utilitasnya tahun ini dan khusus panggungnya tahun depan layaknya “Taman Indonesia Kaya” di samping kantor Pak Gubernur,” ujar Umi.

Bupati Tegal juga menambahkan bahwa Hari Lingkungan Hidup memiliki makna penting dan bernilai strategis dalam mendukung suksesnya agenda pembangunan dan pencapaian visi Indonesia Maju di tengah ancaman perubahan iklim sebagai dampak dari pemanasan global.

“Mudah-mudahan melalui peringatan ini, gerakan bank sampah sebagai pelopor edukasi ke masyarakat, instrumen perubahan perilaku dan penumbuh kesadaran masyarakat untuk memilah sampah semakin gencar, semakin kuat, termasuk upaya kami yang saat ini sedang berupaya keras mewujudkan desa “Merdeka Sampah”,” tambah Umi Azizah.

Dalam kesempatannya Wali Kota Tegal mengucapkan selamat atas peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2023.

“Selamat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, mari kurangi penggunaan plastik dan mengelola sampah plastik,” ujar Dedy.(*)

Berita Lainnya

Walikota Tegal Hadiri Pembukaan Acara Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017 di Istana Wapres.
Berita 04 May, 2017

Walikota Tegal Hadiri Pembukaan Acara Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017 di Istana Wapres.

Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla kembali mengingatkan bahwa didalam Kota Cerdas atau Smart city sangat dibutuhkan kepemimpinan manusia. Dengan…

Niatkan Ibadah Maka Pahala Akan Mengalir.
Berita 06 Jan, 2018

Niatkan Ibadah Maka Pahala Akan Mengalir.

Tegal - Peringatan hari lahir ke 48 dan haul para pendiri MTs Assalafiyah Kota Tegal, 05 Januari 1970  -  05…

Dedy Yon : Pelantikan di Lapas Agar Pejabat Tahu Konsekuensinya Jika Korupsi.
Berita 30 Apr, 2019

Dedy Yon : Pelantikan di Lapas Agar Pejabat Tahu Konsekuensinya Jika Korupsi.

Tegal - Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE.MM melantik Drs. Imam Badarudin sebagai Pejabat  Sekretaris Daerah Kota Tegal  (Pj…

72 Siswa-siswi Pilihan Ikuti Pelatihan Paskibra
Berita 23 Jul, 2018

72 Siswa-siswi Pilihan Ikuti Pelatihan Paskibra

TEGAL- Sebanyak 72 orang siswa-siswi pilihan dari SMA/K/Sederajat se Kota Tegal resmi mengikuti Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Tegal.…

95 Warga Disabilitas dan Kurang Mampu Kota Tegal Terima KJS.
Berita 05 Oct, 2017

95 Warga Disabilitas dan Kurang Mampu Kota Tegal Terima KJS.

TEGAL- Sebanyak 95 warga Kota Tegal menerima Katu Jawa Tengah Sejahtera (KJS) dari Pemerintah Kota Tegal. Penyerahan KJS dilakukan secara…

Baznas Kucurkan Dana Ratusan Juta Bantu Pedagang Kecil dan Anak Yatim
Berita 28 Nov, 2017

Baznas Kucurkan Dana Ratusan Juta Bantu Pedagang Kecil dan Anak Yatim

TEGAL - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal menngucurkan bantuan senilai ratusan juta rupiah kepada sejumlah pedagang kecil dan…

Most from this category