PMI Kota Tegal Lepas Kontingen Jumbara

TEGAL-Sebanyak 60 personil Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal dilepas oleh Walikota Tegal yang diwakili Wakil Ketua I PMI Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono untuk mengikuti Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) PMR (Palang Merah Remaja) dan Temu Karya Relawan PMI Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Senin (17/7) di gedung Adipura Balai Kota Tegal.

Kepala Markas PMI Kota Tegal Joko Triatmojo menjelaskan bahwa kontingen tersebut akan mengikuti jumbara yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Regaloh, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati , Sabtu 22/07 sampai dengan Kamis 27/07.

“Jumbara merupakan suatu bentuk kegiatan pembinaan sebagai ajang pertemuan anggota PMR untuk saling berbagi, evaluasi, meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilandalam suasana gembina, bersahabat dan partisipatif sesuai siklum manajemen PMR”, papar Joko.

Wali Kota Tegal KMTT. Hj. Siti Masitha Soeparno dalam sambutan yang disampaikan Wakil Ketua I PMI Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono menyampaikan jumpa bhakti gembira atau akrab disebut jumbara adalah media bertemunya PMR tingkat kota/kabupaten.

“Tentu ada banyak manfaat yang akan didapat di sana. Karena dievent ini tidak hanya bertemu PMR antar kota, tetapi juga banyak pengetahuan dan pelatihan yang akan dilangsungkan. Sehingga kader-kader PMR akan lebih matang dalam melaksanakan tugas-tugasnya”, ungkap Wali Kota.

Kepada  kontingen Jumbara 2017, Wali Kota berpesan, peserta kontingen adalah orang-orang pilihan yang diberi kesempatan membaktikan diri untuk misi-misi kemanusiaan. “Gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Agar nilai manfaat menjadi tinggi, dan nilai kebaikan di mata Tuhan menjadi tinggi pula”, ungkap Wali Kota.

Bagi kontingen relawan PMI yang mengikuti temu karya, Wali Kota juga berpesan agar ikutilah seluruh rangkaian acara temu karya dengan baik. Karena di dalam temu karya pada umumnya akan dihasilkan berbagai konsensus, kesepakatan dan berbagai peraturan terkait operasionalisasi organisasi.

“Dan jika dalam temu karya ada agenda pemilihan ketua baru, maka pilihlah yang terbaik dari yang terbaik. Karena organisasi kemanusiaan harus dipimpin oleh yang terbaik dan tidak memiliki kepentingan apapun selain pengabdian kepada masyarakat”, pungkas Wali Kota.

Sementara itu, Kontingen PMI Kota Tegal tersebut terdiri dari PMR Mula (Setingkat SD), PMR Madya (Setingkat SMP), PMR Wira (Setingkat SMA), Pembina PMR, KSR, TSR (Tenaga Suka Rela), Pendonor Darah Sukarela (DDS), Tim Pendukung dan Pengurus PMI.

Kontingen tersebut akan mengikuti berbagai kegiatan meliputi travelling kepalangmerahan, cerdas tangkas, kreasi remaja, pemanfaatan limbah lingkungan, penyuluhan kebesihan dan kesehatan, kesiapsiagaan bencana, bakti sosial, outbond, duta PMR, jurnalistik dan life skills.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Catat, Ini Syarat dan Waktu Keberangkatan Mudik Gratis
Berita 02 Jun, 2017

Catat, Ini Syarat dan Waktu Keberangkatan Mudik Gratis

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Perhubungan Kota Tegal menyediakan fasilitas mudik gratis kepada warga Kota Tegal yang berada di Ibu…

“Benang Merah” dalam Penulisan Berita menjadi Ulasan Pelatihan Jurnalistik
Berita 23 Nov, 2018

“Benang Merah” dalam Penulisan Berita menjadi Ulasan Pelatihan Jurnalistik

TEGAL - Untuk meningkatkan pengetahuan anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBIna) tentang jurnalistik. Lukman Alfaris selaku…

Aparatur Sipil Negara (ASN) Diharapkan Terus Tumbuh Positif  Melalui Kreativitas Dan Inovasi Bagi Kemajuan Kota Tegal
Berita 17 Feb, 2017

Aparatur Sipil Negara (ASN) Diharapkan Terus Tumbuh Positif Melalui Kreativitas Dan Inovasi Bagi Kemajuan Kota Tegal

Tegal – Upacara Tujuhbbelasan kembali dilaksanakan Pemerintah Kota Tegal di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu, Jum’at ( 17/2/2016 ). Upacara…

17 Wali Kota Hadiri Welcome Dinner Komwil III APEKSI
Berita 18 Apr, 2018

17 Wali Kota Hadiri Welcome Dinner Komwil III APEKSI

17 Wali Kota menghadiri Welcome Dinner Koordinator Wilayah (Komwil) III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), di Aula Taman Pintar…

Walikota Tegal Serahkan 460 Sertifikat Milik Warga
Berita 15 Jul, 2020

Walikota Tegal Serahkan 460 Sertifikat Milik Warga

Tegal - Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE.MM menyerahkan 460 Sertifikat Hak Milik (SHM) tanah dari program Pendaftaran Tanah…

BNN Kota Tegal Tangkap Oknum PNS dan Pengedar Narkotika
Berita 03 Sep, 2018

BNN Kota Tegal Tangkap Oknum PNS dan Pengedar Narkotika

TEGAL-Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal berhasil menggagalkan upaya peredaran narkotika di Wilayah Kota Tegal. Kepala BNN Kota Tegal, AKBP…

Most from this category