Pariwisata, Antara Menekan Pandemi Covid 19 dan Meningkatkan Perekonomian

TEGAL – Tempat pariwisata saat ini disorot sebagai salah satu lokasi penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19). Untuk itu diperlukan upaya Pemerintah Daerah untuk bisa menekan penyebaran Covid-19 yang disinyalir melalui tempat-tempat pariwisata. Namun di sisi lain dengan kebijakan pemerintah daerah dengan menutup tempat-tempat pariwisata di daerahnya, berakibat terhadap pelaku ekonomi di bidang pariwisata.

Oleh karena itu, diperlukan jalan keluar dari Pemerintah Daerah untuk bisa menekan pandemi Covid-19, namun tetap menjaga tumbuhnya ekonomi dari pelaku usaha dibidang pariwisata.

Hal tersebut menjadi bahasan saat kunjungan kerja, Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah dengan Pemerintah Kota Tegal yang diterima langsung oleh Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, Rabu (9/6) di Pringgitan, Komplek Balai Kota Tegal.

Ketua Komisi B, DPRD Jawa Tengah, Sumanto menyampaikan bahwa Komisi B, DPRD Jawa Tengah memiliki bidang tugas mengurusi pariwisata, sehingga pihaknya ingin mengetahui apa dan bagaimana Pemerintah Kota Tegal dalam mengelola tempat pariwisata ditengah pandemi Covid-19 sekaligus menjaga kelangsungan ekonomi pengiat pariwisata.

“Kedatangan kami, Komisi B, DPRD Jawa Tengah, dimana Komisi B memiliki bidang tugas mengurusi pariwisata, sehingga kami ingin mengetahui apa dan bagaimana Pemerintah Kota Tegal dalam mengelola tempat pariwisata ditengah pandemi Covid-19 sekaligus menjaga kelangsungan ekonomi pengiat pariwisata,” ujar Sumanto.

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya menyampaikan bahwa disaat pandemi Covid-19 ini yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal adalah bagaimana bisa menekan menanggulangi pandemi Covid-19 bersama dengan mendorong peningkatan perekonomian di Kota Tegal.

Ia menyampaikan, Pemerintah Kota sudah berupaya melakukan beberapa hal terkait dengan pengelolaan tempat pariwisata, termasuk pembatasan waktu dan pembatasan jumlah pengunjung, namun demikian pihaknya menginginkan adanya keseragaman antara Pemerintah Kota Tegal dan Pemerintah Daerah sekitar, sebab menurutnya jika salah satu Pemerintah Daerah melakukan penutupan tempat wisata namun di daerah-daerah sekitarnya masih membuka tempat wisata, maka pengunjung hanya akan bergeser ke tempat wisata yang masih buka.

Dedy Yon berharap kedepan ada keseragaman bersama terkait pengelolaan tempat-tempat wisata, baik waktu buka-tutup dan pembatasan jumlah pengunjung bisa saling berkoordinasi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi B, DPRD Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa pihaknya akan mencatat masukan, dari Kepala-Kepala Daerah, terkait penanganan dan pengelolaan tempat wisata ditengah pandemi, sebab menurutnya Kepala-Kepala Daerah lebih mengetahui persoalan-persoalan yang dihadapi di lapangan.

Ia berharap ada jalan keluar terkait pengelolaan tempat wisata di tengah pandemi Covid-19.

“Insya Allah ada jalan keluar, jika Kepala daerah berkumpul dan berembug, karena yang mengetahui persoalan di daerah adalah kepala daerah,” jelas Sumanto.

Sumanto berharap kondisi akan segera membaik sehingga, dua pariwisata dan perekonomian di dalamnya bisa kembali pulih.(*)

Berita Lainnya

Kota Tegal Menuju The Real Smart City
Berita 09 Jan, 2020

Kota Tegal Menuju The Real Smart City

Jakarta-Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST, M.M, dan OPD terkait penuhi undangan Direktur NITS Telkom Group, Zulhelfi Abidin, Kamis (9/1/2020)…

Calon Panwacam Ikuti Fit and Propert Test
Berita 20 Sep, 2017

Calon Panwacam Ikuti Fit and Propert Test

TEGAL-Sebanyak 24 peserta calon Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam) mengikuti uji kelayakan dan kapatutan (fit and propert test), Rabu…

PLN Siap Sambut Era Kendaraan  Listrik, 875  SPLU Terpasang Disejumlah  Kota
Berita 28 Aug, 2017

PLN Siap Sambut Era Kendaraan Listrik, 875 SPLU Terpasang Disejumlah Kota

TEGAL - Perkembangan kendaraan listrik, baik sepeda, motor maupun mobil listrik, semakin diterima di Indonesia saat munculnya dukungan dari Pemerintah.…

Sukses Kelola Tenaga Kerja dan Perindustrian, Pemkot Tegal Sabet Penghargaan
Berita 27 Jul, 2018

Sukses Kelola Tenaga Kerja dan Perindustrian, Pemkot Tegal Sabet Penghargaan

Yogyakarta - Atas keberhasilan nya mengelola bidang Tenaga Kerja dan Perindustrian Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian…

Relawan BPBD Lakukan Monitoring Detiap Tiga Jam Sekali
Berita 12 Jan, 2018

Relawan BPBD Lakukan Monitoring Detiap Tiga Jam Sekali

TEGAL - Posko penanggulangan banjir dan rob yang merupakan posko 2 berada di Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Kamis (11/1).…

Teknologi Tepat Guna Tingkatkan Kesejahteraan.
Berita 17 Nov, 2017

Teknologi Tepat Guna Tingkatkan Kesejahteraan.

Tegal – Keikutsertaan warga melalui warung teknologi kelurahan (wartekel) adalah perwujudan partisipasi masyarakat dalam membangun Kota Tegal ucap Plt. Walikota…

Most from this category