Imbauan dan Pesan Wali Kota Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H

TEGAL – Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M., mengimbau kepada masyarakat Kota Tegal agar dalam pelaksanaan ibadah saat bulan Ramadhan 1442 Hijriyah tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

‘’Saya minta masyarakat untuk menggunakan masker bila di luar rumah. Lakukan physical distancing, cuci tangan dengan sabun yang disediakan di masjid dan musholah,’’ ujar Wali Kota dalam video ucapan menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah yang diupload di media sosial milik Pemerintah Kota Tegal.

Selain itu, Dedy Yon juga agar saat sahur dan buka puasa dilakukan di rumah, tidak perlu sahur “on the road” ataupun kegiatan buka bersama yang mengundang banyak orang. Hal tersebut sesuai Surat Edaran Kemenag No. 03 Tahun 2021. Sahur dan buka puasa bersama hanya boleh paling banyak 50% kapasitas ruangan dan hindari kerumunan.

Terkait kegiatan di masjid/mushola, Wali Kota menghimbau paling banyak 50% kapasitas masjid/musholla, menerapkan protokol kesehatan serta membawa sajadah dan mukena masing-masing. Kemudian pengajian/ceramah/tausiyah/kultum Ramadhan dan kuliah subuh paling lama dengan durasi 15 menit. Selanjutnya Pengurus dan Pengelola masjid/mushola menerapkan protokol dan melakukan disinfektan secara teratur.

Sementara vaksinasi Covid-19 dalam rangka ikhtiar agar tidak tertular virus Covid-19, dapat dilakukan di bulan Ramadhan sesuai fatwa MUI No. 13 Tahun 2021. Sedangkan kegiatan pengumpulan dan penyaluran zakat, infaq, dan shodaqoh (ZIS) memperhatikan protokol kesehatan dan menghindari kerumunan massa.

‘’ Mari jadikan ramadhan ini sebagai ajang instropeksi diri dan evaluasi sehingga kita semakin takwa dan tawadu, mohon ampun atas segala dosa sehingga kita menjadi fitrah nantinya atau menggapai derajat mutaqin,’’ ujar Wali Kota.

Bagi pelaku usaha, Dedy Yon berharap agar mengikuti aturan Pemerintah Kota Tegal, khusus bagi pelaku usaha kuliner untuk tidak membuka dagangan secara terang-terangan.

‘’Jangan ada penjualan petasan yang bisa menganggu kekhusyuan ibadah Tarawih. Bangun pengertian antar warga sehingga Kota Tegal yang sedang giat membangun tidak terganggu oleh kegiatan yang kontra produktif. Jadikan momentum bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah ini jadi perekat persatuan dan persatuan sesama warga,’’ pungkas Wali Kota.

Terakhir, sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M, dapat dilaksanakan di masjid atau lapangan terbuka dengan protokol kesehatan secara ketat. (*)

Berita Lainnya

Dinporapar Kota Tegal Adakan Lomba Band Pelajar
Berita 26 Aug, 2017

Dinporapar Kota Tegal Adakan Lomba Band Pelajar

TEGAL -  Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Tegal dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72 mengadakan , Sabtu (26/8/17)…

Pemkot Tegal Adakan Lomba Seni Kemasyarakatan
Berita 18 Apr, 2018

Pemkot Tegal Adakan Lomba Seni Kemasyarakatan

TEGAL – Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal mengadakan Lomba Seni Kemasyarakatan Tingkat Kota Tegal tahun…

Berita 24 Oct, 2021

Komite Teater DKT Gelar Festival Monolog Pelajar Jateng

TEGAL - Komite Teater Dewan Kesenian Kota Tegal (DKT) menggelar Festival Monolog Pelajar SMA/SMK/MA se-Jawa Tengah. Festival yang digelar tersebut…

Dyah R Sugiyanto Terpilih Menjadi Ketua Ipra Humas 2018-2021
Berita 08 Sep, 2018

Dyah R Sugiyanto Terpilih Menjadi Ketua Ipra Humas 2018-2021

Dr. Dyah Rachmawati Sugiyanto terpilih menjadi Ketua Ikatan Pranata Humas (IpraHumas) masa kepengurusan 2018-2021. Dyah terpilih setelah menyisikan empat calon…

Miss Tjitjih, Potret Semangat Berkesenian
Berita 26 Mar, 2017

Miss Tjitjih, Potret Semangat Berkesenian

TEGAL – Rangkaian Parade Teater Jakarata di Tegal menempatkan Teater Unloqic Jakarta Pusat pada pementasan dengan mebawa lakon Miss Tjitjih…

Ngabuburit SMAN 1 Tegal
Berita 09 Jun, 2017

Ngabuburit SMAN 1 Tegal

TEGAL-Banyak cara yang dilakukan untuk mengisi waktu jelang berbuka puasa atau dikenal dengan istilah ngabuburit. Ada yang sekedar menonton televisi,…

Most from this category