Pemkot Mulai Tertibkan Kawasan Alun-alun Tegal

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Satuan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tegal mulai melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Alun-alun Tegal.

Terkait itu, sejumlah tim gabungan Satpol PP, TNI dan Polri mulai mensosialisasikan rencana penertiban kawasan itu dari aktivitas PKL, Selasa (14/8) sore.

Pada kawasan tersebut, juga sudah terpasang spanduk larangan untuk berdagang  sebab, kawasan Alun-alun memang tidak diperkenankan untuk berjualan.

Kasatpol PP Kota Tegal, Joko Sukur Baharudin saat dimintai keterangan mengatakan, pengosongan kawasan alun-alun merupakan agenda yang sudah lama dijadwalkan.

“Namun perlu waktu yang tepat untuk melaksanakannya sehingga tidak sampai terjadi tindakan yang represif. Kita akan lebih mengedepankan cara dialogis dan pendekatan secara humanis,” kata Joko, sebelum memulai sosialisasi.

Sesuai aturan yang ada, kata Joko, Alun-alun memang bukan lahan untuk berjualan. Apalagi, kini kondisi kesemrawutan Alun-alun Kota Tegal ditambah dengan munculnya wahana permainan.  “Selain itu, mereka yang selama ini berjualan di sana tidak dipungut retribusi. Jadi, kami menganggap ini merupakan momentum yang tepat,” imbuh Joko.

Joko menuturkan, untuk melakukan penertiban sudah melalui proses tahapan, seperti teruran, baik lisan maupun tertulis, pemberitahuan melalui surat edaran, sampai dengan pemasangan papan larangan untuk berdagang.

Joko menargetkan, kawasan Alun-alun Tegal bersih dari PKL selamanya sebab Alun-alun merupakan ikon Kota Tegal. “Bagaimana menjadi ikon kalau konsidinya semrawut bau dan tidak tertib”, tutur Joko. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Guru Honorer Bakal Dibiayai APBD Mulai Tahun Depan
Berita 10 Jul, 2017

Guru Honorer Bakal Dibiayai APBD Mulai Tahun Depan

TEGAL-Pemerintah menghapus alokasi dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk gaji guru honorer. Untuk menggantinya, Pemkot Tegal telah mengalokasikan anggaran bersumber…

Prajurit Lanal Tegal Jalani Pemeriksaan Kesehatan
Berita 14 Mar, 2018

Prajurit Lanal Tegal Jalani Pemeriksaan Kesehatan

TEGAL-Seluruh Prajurit dan PNS Markas Komando Pangkalan TNI AL (Mako Lanal) Tegal menjalani Pemeriksaan Kesehatan atau Urikes di Balai Kesehatan…

Tuntaskan Program 35.000 MW, PLN Gandeng Kejaksaan Agung
Berita 12 Apr, 2018

Tuntaskan Program 35.000 MW, PLN Gandeng Kejaksaan Agung

SEMARANG- PT PLN (Persero) dan Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung RI menandatangani kesepakatan bersama tentang Penanganan Masalah…

Peringati Hari Nusantara Pemkot Tegal Beri Asuransi kepada 520 Nelayan
Berita 12 Dec, 2016

Peringati Hari Nusantara Pemkot Tegal Beri Asuransi kepada 520 Nelayan

TEGAL- Dalam rangka memperingati Hari Nusantara yang jatuh pada tanggal 13 Desember lalu Pemerintah Kota Tegal memberikan asuransi kepada 520…

Haji Mabrur Dapat Terimplementasi Dalam Kehidupan Sehari-hari
Berita 02 Oct, 2017

Haji Mabrur Dapat Terimplementasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Tegal – Acara Tasyukuran Haji jamaah haji Kota Tegal yang tergabung dalam kloter 55 Embarkasi dan Debarkasi Solo digelar di…

Melalui Bonsai, Tingkatkan Ekonomi Kreatif
Berita 24 Jun, 2019

Melalui Bonsai, Tingkatkan Ekonomi Kreatif

Tegal – Pameran dan Kontes Bonsai Nasional yang digelar di GOR Wisanggeni Kota Tegal resmi di buka Wakil Wali Kota…

Most from this category