Sosialisasi Fasilitas Kepabeanan untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

TEGAL-Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tegal (KPPBC Tegal) mengadakan sosialisasi fasilitas kepabeanan dengan mengusung tema Fasilitas Kepabeanan Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah, Selasa (20/3) di Kantor  KPPBC Tegal.

Sosialisasi ini sebagai pengenalan fasilitas kepabeanan kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha. Kegiatan ini mengundang perwakilan instansi pemerintah daerah, yakni Kab. Brebes, Kota Tegal, Kab. Tegal, Kab. Pemalang, Kota Pekalongan, Kab. Pekalongan dan Kab. Batang.

Fasilitas kepabeanan merupakan salah satu kebijakan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai perwujudan nyata dari tugas dan fungsinya yaitu Trade Facilitator dan Industrial Assistance.  Kebijakan ini dilaksanakan secara menyeluruh pada setiap unit kerja vertikal, termasuk di dalamnya adalah KPPBC Tegal.

Dalam sambutannya, Kepala KPPBC Tegal, Bambang Wikarsono menyampaikan bahwa , sampai saat ini terdapat 11 (Sebelas) perusahaan penerima fasilitas kepabeanan di wilayah kerja KPPBC Tegal, dari Kab. Brebes sampai dengan Kab. Batang.

“Sepuluh perusahaan merupakan penerima fasilitas kawasan berikat dan satu perusahaan penerima fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) IKM”, kata Bambang.

Melalui sosialisasi ini, kata Bambang, diharapkan Pemerintah Daerah dapat menyampaikan informasi tentang fasilitas kepabeanan ini kepada para pelaku industri di wilayah masing-masing, mengingat data dan akses komunikasi yang lebih mudah.

Selain itu, muncul harapan untuk sinergi, koordinasi dan kolaborasi lebih lanjut antara Bea Cukai dengan Pemda secara masif menyampaikan informasi kepada masyarakat industri, sehingga menarik minat berinvestasi dengan memanfaatkan fasilitas kepabeanan yang ada dan berdampak positif pada peningkatan perekonomian daerah.

Dalam sosialisasi ini, disampaikan juga tentang dampak ekonomi atas pemanfaatan fasilitas kepabeanan, antara lain peningkatan investasi, peningkatan pajak daerah, peningkatan jaringan usaha/industri dan penyerapan tenaga kerja.

Salah satu contoh adalah PT. Delta Dunia Textile di wilayah Kab. Pekalongan, yang baru ditetapkan sebagai penerima fasilitas kawasan berikat pada Januari 2018, saat ini telah menyerap tenaga kerja ± 2000 karyawan. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Keceriaan Para Pekerja Stasiun Besar Tegal Menerima Bingkisan Dari Walikota Tegal.
Berita 19 Jun, 2017

Keceriaan Para Pekerja Stasiun Besar Tegal Menerima Bingkisan Dari Walikota Tegal.

Tegal – Bulan suci Ramadan benar-benar membawa keberkahan bagi para pekerja di Stasiun Besar Tegal  ini mulai dari tenaga porter,…

Ratusan WNA Didata Jelang Libur Panjang
Berita 20 Dec, 2017

Ratusan WNA Didata Jelang Libur Panjang

TEGAL - Menghadapi libur panjang yang akan jatuh sebentar lagi, WNA yang terdapat di 27 kelurahan  di Kota Tegal dilakukan…

Lestarikan Budaya Tegal dengan Wayang Orang-orangan (WOO)
Berita 22 May, 2017

Lestarikan Budaya Tegal dengan Wayang Orang-orangan (WOO)

TEGAL – Banyak ragam untuk berekspresi agar menghasilkan sebuah karya dalam bidang seni. Nampak terlihat pada peserta didik SMA Negeri…

60 Relawan Dilatih Hadapi Banjir
Berita 30 Oct, 2017

60 Relawan Dilatih Hadapi Banjir

TEGAL-Sedikitnya 60 relawan mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas manajemen penanggulangan bencana bagi aparatur pemerintah Kelurahan/Kecamatan dan masyarakat Kota Tegal.  Relawan terdiri…

Polres Tegal Kota Siap Gelar Ops Zebra Candi 2017
Berita 01 Nov, 2017

Polres Tegal Kota Siap Gelar Ops Zebra Candi 2017

TEGAL-Kepolisian Resor Tegal Kota bersama jajaran Kepolisian lainnya secara serentak, mulai hari ini (01/11) hingga dua pekan mendatang (14/11) menggelar…

Danlanal Beri Arahan Jalasenastri Cabang 7 Tegal
Berita 22 Aug, 2017

Danlanal Beri Arahan Jalasenastri Cabang 7 Tegal

TEGAL-Komandan Lanal Tegal Letkol SB Manurung didampingi Ketua Cabang 7 Jalasenastri Tegal Ny. Arisay Manurung memberikan pengarahan dalam Tatap Muka…

Most from this category