Sosialisasi Fasilitas Kepabeanan untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

TEGAL-Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tegal (KPPBC Tegal) mengadakan sosialisasi fasilitas kepabeanan dengan mengusung tema Fasilitas Kepabeanan Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah, Selasa (20/3) di Kantor  KPPBC Tegal.

Sosialisasi ini sebagai pengenalan fasilitas kepabeanan kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha. Kegiatan ini mengundang perwakilan instansi pemerintah daerah, yakni Kab. Brebes, Kota Tegal, Kab. Tegal, Kab. Pemalang, Kota Pekalongan, Kab. Pekalongan dan Kab. Batang.

Fasilitas kepabeanan merupakan salah satu kebijakan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai perwujudan nyata dari tugas dan fungsinya yaitu Trade Facilitator dan Industrial Assistance.  Kebijakan ini dilaksanakan secara menyeluruh pada setiap unit kerja vertikal, termasuk di dalamnya adalah KPPBC Tegal.

Dalam sambutannya, Kepala KPPBC Tegal, Bambang Wikarsono menyampaikan bahwa , sampai saat ini terdapat 11 (Sebelas) perusahaan penerima fasilitas kepabeanan di wilayah kerja KPPBC Tegal, dari Kab. Brebes sampai dengan Kab. Batang.

“Sepuluh perusahaan merupakan penerima fasilitas kawasan berikat dan satu perusahaan penerima fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) IKM”, kata Bambang.

Melalui sosialisasi ini, kata Bambang, diharapkan Pemerintah Daerah dapat menyampaikan informasi tentang fasilitas kepabeanan ini kepada para pelaku industri di wilayah masing-masing, mengingat data dan akses komunikasi yang lebih mudah.

Selain itu, muncul harapan untuk sinergi, koordinasi dan kolaborasi lebih lanjut antara Bea Cukai dengan Pemda secara masif menyampaikan informasi kepada masyarakat industri, sehingga menarik minat berinvestasi dengan memanfaatkan fasilitas kepabeanan yang ada dan berdampak positif pada peningkatan perekonomian daerah.

Dalam sosialisasi ini, disampaikan juga tentang dampak ekonomi atas pemanfaatan fasilitas kepabeanan, antara lain peningkatan investasi, peningkatan pajak daerah, peningkatan jaringan usaha/industri dan penyerapan tenaga kerja.

Salah satu contoh adalah PT. Delta Dunia Textile di wilayah Kab. Pekalongan, yang baru ditetapkan sebagai penerima fasilitas kawasan berikat pada Januari 2018, saat ini telah menyerap tenaga kerja ± 2000 karyawan. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Bintek Wira Usaha Baru IKM Ditutup
Berita 24 Jan, 2019

Bintek Wira Usaha Baru IKM Ditutup

TEGAL-Kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan Wira Usaha Baru (WUB) Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Tegal resmi ditutup, Kamis (24/1) di…

Sidak, Dinkes Kota Tegal Temukan Makanan Kadaluarsa
Berita 13 Dec, 2017

Sidak, Dinkes Kota Tegal Temukan Makanan Kadaluarsa

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Kesehatan Kota Tegal menggelar inspeksi mendadak (Sidak), Rabu (13/12) pagi. Sidak tersebut digelar jelang perayaan…

Prajurit Lanal Tegal Naik Pangkat
Berita 05 Apr, 2018

Prajurit Lanal Tegal Naik Pangkat

TEGAL- Sebanyak 31 Personil yang terdiri dari 1 Perwira, 19 Bintara, 6 Tamtama dan 5 PNS Lanal Tegal mendapatkan kenaikan…

Prodi DIII Teknik Komputer PHB Gelar Pelatihan PTK
Berita 12 Mar, 2019

Prodi DIII Teknik Komputer PHB Gelar Pelatihan PTK

TEGAL - Sebagai bentuk pengabadian kepada masyarakat, Politeknik Harapan Bersama (PHB), Sabtu (9/3) kemarin, menggelar pelatihan mengenai Penelitian Tindakan Kelas…

Pemkot Tingkatkan Kerja Sama dengan Suara Merdeka
Berita 26 Jan, 2018

Pemkot Tingkatkan Kerja Sama dengan Suara Merdeka

Pemerintah Kota Tegal akan meningkatkan kerja sama dengan media dalam rangka hubungan kemitraan dalam membantu menginformasikan kepada khalayak tentang program-program…

BP4D Gelar Sosialisasi Revisi Renstra OPD Kota Tegal
Berita 30 May, 2017

BP4D Gelar Sosialisasi Revisi Renstra OPD Kota Tegal

TEGAL- Badan Pengembangan, Penelitian, dan Perencanaan Pembangunan Daerah (BP4D) Kota Tegal menggelar sosialisasi penyusunan revisi rencana strategis (renstra) pada organisasi…

Most from this category