Sosialisasi Fasilitas Kepabeanan untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

TEGAL-Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tegal (KPPBC Tegal) mengadakan sosialisasi fasilitas kepabeanan dengan mengusung tema Fasilitas Kepabeanan Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah, Selasa (20/3) di Kantor  KPPBC Tegal.

Sosialisasi ini sebagai pengenalan fasilitas kepabeanan kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha. Kegiatan ini mengundang perwakilan instansi pemerintah daerah, yakni Kab. Brebes, Kota Tegal, Kab. Tegal, Kab. Pemalang, Kota Pekalongan, Kab. Pekalongan dan Kab. Batang.

Fasilitas kepabeanan merupakan salah satu kebijakan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai perwujudan nyata dari tugas dan fungsinya yaitu Trade Facilitator dan Industrial Assistance.  Kebijakan ini dilaksanakan secara menyeluruh pada setiap unit kerja vertikal, termasuk di dalamnya adalah KPPBC Tegal.

Dalam sambutannya, Kepala KPPBC Tegal, Bambang Wikarsono menyampaikan bahwa , sampai saat ini terdapat 11 (Sebelas) perusahaan penerima fasilitas kepabeanan di wilayah kerja KPPBC Tegal, dari Kab. Brebes sampai dengan Kab. Batang.

“Sepuluh perusahaan merupakan penerima fasilitas kawasan berikat dan satu perusahaan penerima fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) IKM”, kata Bambang.

Melalui sosialisasi ini, kata Bambang, diharapkan Pemerintah Daerah dapat menyampaikan informasi tentang fasilitas kepabeanan ini kepada para pelaku industri di wilayah masing-masing, mengingat data dan akses komunikasi yang lebih mudah.

Selain itu, muncul harapan untuk sinergi, koordinasi dan kolaborasi lebih lanjut antara Bea Cukai dengan Pemda secara masif menyampaikan informasi kepada masyarakat industri, sehingga menarik minat berinvestasi dengan memanfaatkan fasilitas kepabeanan yang ada dan berdampak positif pada peningkatan perekonomian daerah.

Dalam sosialisasi ini, disampaikan juga tentang dampak ekonomi atas pemanfaatan fasilitas kepabeanan, antara lain peningkatan investasi, peningkatan pajak daerah, peningkatan jaringan usaha/industri dan penyerapan tenaga kerja.

Salah satu contoh adalah PT. Delta Dunia Textile di wilayah Kab. Pekalongan, yang baru ditetapkan sebagai penerima fasilitas kawasan berikat pada Januari 2018, saat ini telah menyerap tenaga kerja ± 2000 karyawan. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Kang Nur : Ada Sumbangsih Partai Golkar Untuk Kemajuan Kota Tegal
Berita 20 Oct, 2017

Kang Nur : Ada Sumbangsih Partai Golkar Untuk Kemajuan Kota Tegal

Tegal - Plt. Walikota Tegal, Drs, H.M. Nursholeh, M.MPd hadiri malam tasyukuran dan sarasehan dalam rangka HUT Partai Golkar ke…

Kota Tegal Kondusif Berkat Sinergi Ulama dan Umaro.
Berita 04 Mar, 2019

Kota Tegal Kondusif Berkat Sinergi Ulama dan Umaro.

Tegal – Pertemuan ulama dan umaro dimanfaatkan langsung oleh Wali Kota Tegal, Drs. H.M. Nursholeh M.MPd sekaligus untuk pamitan kepada…

Wali Kota : Semangat Pahlawan Perlu Ditiru Dalam Mengabdi
Berita 10 Nov, 2018

Wali Kota : Semangat Pahlawan Perlu Ditiru Dalam Mengabdi

Tegal – Peringaran Hari Pahlawan Ke 73 tahun 2018 dengan tema “Semangat Pahlwan Di Dadaku” dilaksanakan di Halaman Pendopo Ki…

Panwaslu Kota Tegal Gandeng Ketua RT Awasi Pilkada
Berita 25 Jan, 2018

Panwaslu Kota Tegal Gandeng Ketua RT Awasi Pilkada

TEGAL-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tegal kembali menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bagi komponen masyarakat umum dalam pemilihan kepala daerah…

Keliling Kota Tegal, Dedy Yon Cek Kesiapan New Normal
Berita 29 May, 2020

Keliling Kota Tegal, Dedy Yon Cek Kesiapan New Normal

Pemerintah Kota Tegal bakal menerapkan New Normal mulai 30 Mei 2020. Untuk memastikan kesiapan pelaksanaan New Normal, Wali Kota Tegal…

Pengurus BMPS Kota Tegal Dilantik
Berita 17 Apr, 2018

Pengurus BMPS Kota Tegal Dilantik

TEGAL-Ketua BMPS Provinsi Jawa Tengah Widadi melantik pengurus Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Tegal masa bhakti 2018-2023, Selasa (17/4)…

Most from this category