Sosialisasi Fasilitas Kepabeanan untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

TEGAL-Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tegal (KPPBC Tegal) mengadakan sosialisasi fasilitas kepabeanan dengan mengusung tema Fasilitas Kepabeanan Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah, Selasa (20/3) di Kantor  KPPBC Tegal.

Sosialisasi ini sebagai pengenalan fasilitas kepabeanan kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha. Kegiatan ini mengundang perwakilan instansi pemerintah daerah, yakni Kab. Brebes, Kota Tegal, Kab. Tegal, Kab. Pemalang, Kota Pekalongan, Kab. Pekalongan dan Kab. Batang.

Fasilitas kepabeanan merupakan salah satu kebijakan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai perwujudan nyata dari tugas dan fungsinya yaitu Trade Facilitator dan Industrial Assistance.  Kebijakan ini dilaksanakan secara menyeluruh pada setiap unit kerja vertikal, termasuk di dalamnya adalah KPPBC Tegal.

Dalam sambutannya, Kepala KPPBC Tegal, Bambang Wikarsono menyampaikan bahwa , sampai saat ini terdapat 11 (Sebelas) perusahaan penerima fasilitas kepabeanan di wilayah kerja KPPBC Tegal, dari Kab. Brebes sampai dengan Kab. Batang.

“Sepuluh perusahaan merupakan penerima fasilitas kawasan berikat dan satu perusahaan penerima fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) IKM”, kata Bambang.

Melalui sosialisasi ini, kata Bambang, diharapkan Pemerintah Daerah dapat menyampaikan informasi tentang fasilitas kepabeanan ini kepada para pelaku industri di wilayah masing-masing, mengingat data dan akses komunikasi yang lebih mudah.

Selain itu, muncul harapan untuk sinergi, koordinasi dan kolaborasi lebih lanjut antara Bea Cukai dengan Pemda secara masif menyampaikan informasi kepada masyarakat industri, sehingga menarik minat berinvestasi dengan memanfaatkan fasilitas kepabeanan yang ada dan berdampak positif pada peningkatan perekonomian daerah.

Dalam sosialisasi ini, disampaikan juga tentang dampak ekonomi atas pemanfaatan fasilitas kepabeanan, antara lain peningkatan investasi, peningkatan pajak daerah, peningkatan jaringan usaha/industri dan penyerapan tenaga kerja.

Salah satu contoh adalah PT. Delta Dunia Textile di wilayah Kab. Pekalongan, yang baru ditetapkan sebagai penerima fasilitas kawasan berikat pada Januari 2018, saat ini telah menyerap tenaga kerja ± 2000 karyawan. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Satpol PP Tertibkan Calung
Berita 18 Jul, 2017

Satpol PP Tertibkan Calung

TEGAL-Semakin banyak dan tidak terkendalinya calung di Kota Tegal membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tegal kembali mengadakan…

UPS Tegal Terjunkan Mahasiswa KKN
Berita 17 Jul, 2017

UPS Tegal Terjunkan Mahasiswa KKN

TEGAL-Universitas Pancasakti Tegal menerjunkan 205 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan 8 orang dosen pembimbing yang ditempatkan   di…

Resmi, Wadir Pelayanan RSUD Kardinah Jabat Plt. Direktur RSUD Kardinah.
Berita 02 Jul, 2018

Resmi, Wadir Pelayanan RSUD Kardinah Jabat Plt. Direktur RSUD Kardinah.

TEGAL- Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan RSUD Kardinah dr.Hery Susanto.Sp.A per 1 Juli 2018 secara resmi menjabat sebagai Plt. Direktur RSUD…

PDAM Melayani Masyarakat
Berita 15 Jan, 2018

PDAM Melayani Masyarakat

Tegal – Puncak acara HUT PDAM Kota Tegal yang ke 42 di tutup dengan malam resepsi yang kali ini mengambil…

Pekan Film Pantura Diikuti Puluhan Peserta
Berita 04 May, 2018

Pekan Film Pantura Diikuti Puluhan Peserta

TEGAL - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan Pelan Raya Film Pantura. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Premiere Kota Tegal diikuti…

Ini Temuan Penderita Tubercolusis Di Kota Tegal
Berita 09 Apr, 2017

Ini Temuan Penderita Tubercolusis Di Kota Tegal

TEGAL-Sub Sub Recipient (SSR TB) Aisyiyah berkerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tegal telah melaksanakan gerakan ketuk pintu dilakukan tanggal…

Most from this category