Sosialisasi Fasilitas Kepabeanan untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

TEGAL-Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tegal (KPPBC Tegal) mengadakan sosialisasi fasilitas kepabeanan dengan mengusung tema Fasilitas Kepabeanan Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah, Selasa (20/3) di Kantor  KPPBC Tegal.

Sosialisasi ini sebagai pengenalan fasilitas kepabeanan kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha. Kegiatan ini mengundang perwakilan instansi pemerintah daerah, yakni Kab. Brebes, Kota Tegal, Kab. Tegal, Kab. Pemalang, Kota Pekalongan, Kab. Pekalongan dan Kab. Batang.

Fasilitas kepabeanan merupakan salah satu kebijakan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai perwujudan nyata dari tugas dan fungsinya yaitu Trade Facilitator dan Industrial Assistance.  Kebijakan ini dilaksanakan secara menyeluruh pada setiap unit kerja vertikal, termasuk di dalamnya adalah KPPBC Tegal.

Dalam sambutannya, Kepala KPPBC Tegal, Bambang Wikarsono menyampaikan bahwa , sampai saat ini terdapat 11 (Sebelas) perusahaan penerima fasilitas kepabeanan di wilayah kerja KPPBC Tegal, dari Kab. Brebes sampai dengan Kab. Batang.

“Sepuluh perusahaan merupakan penerima fasilitas kawasan berikat dan satu perusahaan penerima fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) IKM”, kata Bambang.

Melalui sosialisasi ini, kata Bambang, diharapkan Pemerintah Daerah dapat menyampaikan informasi tentang fasilitas kepabeanan ini kepada para pelaku industri di wilayah masing-masing, mengingat data dan akses komunikasi yang lebih mudah.

Selain itu, muncul harapan untuk sinergi, koordinasi dan kolaborasi lebih lanjut antara Bea Cukai dengan Pemda secara masif menyampaikan informasi kepada masyarakat industri, sehingga menarik minat berinvestasi dengan memanfaatkan fasilitas kepabeanan yang ada dan berdampak positif pada peningkatan perekonomian daerah.

Dalam sosialisasi ini, disampaikan juga tentang dampak ekonomi atas pemanfaatan fasilitas kepabeanan, antara lain peningkatan investasi, peningkatan pajak daerah, peningkatan jaringan usaha/industri dan penyerapan tenaga kerja.

Salah satu contoh adalah PT. Delta Dunia Textile di wilayah Kab. Pekalongan, yang baru ditetapkan sebagai penerima fasilitas kawasan berikat pada Januari 2018, saat ini telah menyerap tenaga kerja ± 2000 karyawan. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Kang Nur Sambut Kyai Ma’ruf Amin
Berita 24 Sep, 2018

Kang Nur Sambut Kyai Ma’ruf Amin

Wali Kota Tegal, M Nursholeh sambut kedatangan Calon Wakil Presiden Republik Indonesia Kyai Ma’ruf Amin, di Stasiun Besar Kota Tegal,…

Jamda XV Jateng, Kontingen Kota Tegal Raih Juara Terbaik Robotik dan E-sport
Berita 31 Aug, 2019

Jamda XV Jateng, Kontingen Kota Tegal Raih Juara Terbaik Robotik dan E-sport

BLORA-Jambore Daerah (Jamda) Gerakan Pramuka Kwarda di Bumi Perkemahan Mustika Kabupaten Blora resmi ditutup, Sabtu (31/8). Upacara penutupan dipimpin oleh…

Bukan Hanya Bermusik, N Plus Juga Lakukan Kegiatan Sosial
Berita 22 Feb, 2018

Bukan Hanya Bermusik, N Plus Juga Lakukan Kegiatan Sosial

TEGAL – Kreativitas tak mengenal usia dan tak mengenal dari mana kreativitas itu berasal. Banyak orang berfikiran bahwa kreativitas hanya…

Bimtek Agar Menghasilkan Nilai Jabatan dan Kelas Jabatan Yang Valid
Berita 19 Apr, 2018

Bimtek Agar Menghasilkan Nilai Jabatan dan Kelas Jabatan Yang Valid

Tegal – Pembukaan Bimbingan Teknis Evaluasi Jabatan Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, secara resmi di buka oleh…

Pelaku Bullying akan di Tindak Tegas oleh Disdik Kota Tegal
Berita 28 Jul, 2017

Pelaku Bullying akan di Tindak Tegas oleh Disdik Kota Tegal

TEGAL- Dewasa ini sangat marak pemberitaan bullying di lingkungan sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal akan menindak tegas pelaku…

UPS Gelar Pasar Murah
Berita 20 Jun, 2017

UPS Gelar Pasar Murah

TEGAL-Siang itu kampus Universitas Pancasakti Tegal menggelar pasar murah, berjajar tenda-tenda kecil ukuran 3x3 meter yang menbentuk sudut U, Senin…

Most from this category