Dinkes Gelar Pertemuan Jejaring Penyakit Tidak Menular

 

TEGAL-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal terus berupaya untuk mengendalikan penyakit tidak menular. Satu diantara terobosan yang dilakukan, menggelar Pengembangan Komitmen dan Jejaring Penyakit Tidak Menular (PTM).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Balai Pengobatan Penyakit Paru Paru (BP4) Tegal, Selasa (13/3) dibuka oleh Kepala Dinkes Kota Tegal dr. Sri Prima Indraswari.

Dalam sambutannya, Kepala Dinkes Kota Tegal dr. Sri Prima Indraswari mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai langkah untuk mengendalikan penyakit tidak menular seperti hipertensi, stroke, kanker, diabetes dan lain-lain.

“Untuk melaksanakan pencegahan penyakit tidak menular, perlu adanya program unggulan yang cerdik, terutama dalam melibatkan Puskesmas, kelurahan dan masyarakat”, kata dr. Prima.

Menurut dr. Prima, perubahan gaya hidup masyarakat ditengarai menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit tidak menular. Oleh karena itu, pihaknya akan melaksanakan lima Standar Pelayanan Minimal (SPM) untuk masyarakat.

“Langkah ini sebagai upaya agar kesehatan masyarakat tercapai sebab program pengendalian PTM merupakan salah satu program prioritas nasional”, imbuh dr. Prima.

Sementara, dalam paparannya Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Yuli Prasetyo menyampaikan penyakit tidak menular memilki dua faktor resiko. Diantaranya faktor resiko yang tidak dapat dirubah misalnya umur dan genetic. Kemudian faktor resiko yang dapat dirubah misal kebiasaan merokok dan latihan olahraga.

Kepala Bidang Yan-Sdk Wiwin A. menambahkan setiap tahun PTM menyebabkan sekitar 60% kematian di Indonesia. Penyakit Tidak Menular sebagian besar terjadi pada kelompok usia produktif, hal ini tentu akan berdampak negatif  pada produktivitas dan pembangunan, serta menyebabkan  kemiskinan karena menghabiskan waktu dan biaya yang besar untuk pengobatannya.

Oleh sebab itu, kata Wiwin, perlu diadakanya  pembentukan jejaring PTM antara lain membentuk  forum komunikasi dan koordinasi  untuk  melakukan aksi bersama seperti meningkatkan komitmen  berbagai pihak dalam  pengendalian  PTM,  sinergitas  dalam  berbagai kegiatan promosi  dan pencegahan PTM,  meningkatkan kualitas  pelayanan kasus PTM di sarana yankes dan masyarakatm. Kemudian meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat dalam Pengendalian PTM.

” Untuk pengedalian PTM dapat melalui lima sub jejaring yaitu kerja bina aktifitas fisik, kerja bina pola makan sehat dan seimbang, kerja bina gaya hidup sehat, bina mental sehat dan pengendalian gangguan akibat kecelakaan dan cedera,” pungkas Wiwin A. (Sa. Amin/wartabahari.com)

 

Berita Lainnya

Pemerintah Kota Tegal dan Jajaran Forkompinda Siap Memberikan Edukasi Kepada Masyarakat.
Berita 10 Aug, 2017

Pemerintah Kota Tegal dan Jajaran Forkompinda Siap Memberikan Edukasi Kepada Masyarakat.

Tegal – “Pada malam ini sebagai bentuk rasa syukur kita, Alhamdulillah ada silaturahmi yang membahagiakan dengan anggota Forkompinda yang baru,…

DIPA Kota Tegal 2019, Rp. 658,6 Miliar
Berita 17 Dec, 2018

DIPA Kota Tegal 2019, Rp. 658,6 Miliar

Semarang-Pemerintah Kota Tegal mendapat DIPA Rp. 659,6 miliar, penyerahan DIPA tersebut aecara simbplis diserahkan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi…

Dishub Telah Siapkan Sarana dan Prasarana Jalur Mudik
Berita 18 Jun, 2017

Dishub Telah Siapkan Sarana dan Prasarana Jalur Mudik

TEGAL-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tegal telah mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung sepanjang jalur mudik. Dari pintu keluar Brexit sampai dengan…

Berikut Daftar Nama Bakal Calon Legislatif dari Partai Garuda
Berita 17 Jul, 2018

Berikut Daftar Nama Bakal Calon Legislatif dari Partai Garuda

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal menutup pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) Duntuk pemilihan umum (Pemilu) 2019 pada Selasa,…

“Amangkurat Mas” Gebrak Balai Kota Tegal
Berita 21 Apr, 2018

“Amangkurat Mas” Gebrak Balai Kota Tegal

Pemerintah Kota Tegal dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkolaborasi dengan sanggar Kethoprak Taruna Abdi Budaya pentaskan kethoprak dengan lakon “Amangkurat…

Potensi Wilayah Dapat Dijadikan Identitas Kampung KB
Berita 03 Oct, 2018

Potensi Wilayah Dapat Dijadikan Identitas Kampung KB

TEGAL-Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal, Diah Triastuti mengatakan potensi wilayah…

Most from this category