Tindak Pidana Pemilu Bakal Diserahkan ke Gakkumdu

TEGAL-Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Tegal Akbar Kusharyanto menegaskan, pihaknya akan menyerahkan tindak pidana pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tegal tahun 2018 kepada Sentra Penegakkan Hukum Terpadu  (Gakkumdu).

“Kami akan menyerahkan semua bentuk pidana Pemilu seperti money politic, penghinaan, penggunaan fasilitas negara, pendidikan, tempat ibadah dan lainnya ke Sentra Gakkumdu”, ungkap Akbar, usai rakor dengan KPU Kota Tegal, kemarin (9/3).

Akbar menyampaikan , Pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, sanksi untuk pelaku potitik uang sudah jelas. Seperti halnya, money politic.

Menurut Akbar, Pasal 187A menjelaskan bahwa, (1) Setiap orang yang dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sebagai imbalan kepada warga negara Indonesia baik secara langsung ataupun tidak langsung untuk mempengaruhi pemilih agar tidak menggunakan hak pilih, menggunakan hak pilih dengan cara tertentu sehingga suara menjadi tidak sah, memilih calon tertentu, atau tidak memilih calon tertentu sebagaimana dimaksud pada Pasal 73 Ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling singkat 36 (tiga puluh enam) bulan dan paling lama 72 (tujuh puluh dua) bulan dan denda paling sedikit Rp 200.000.000 (dua ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp 1.000.000.000 (satu miliar rupiah).

(2) Pidana yang sama diterapkan kepada pemilih yang dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum menerima pemberian atau janji sebagaimana dimaksud pada Ayat (1)

“Bukah hanya yang menerima saja yang akan dijerat dengan UU tersebut, pemberinya pun akan kami jerat pula”, pungkas Akbar. (Sa. Amin/wartabahari.com)

 

Berita Lainnya

Mengolahragakan Masyarakat Melalui Lomba Catur
Berita 13 Aug, 2017

Mengolahragakan Masyarakat Melalui Lomba Catur

TEGAL – Pelaksanaan Lomba Catur tingkat umum se Kota Tegal pada Jum’at (11/8) di Ruang Eks. Samsat Kota Tegal dibuka…

Penilaian Lomba PHBS Tingkat Kota Tegal
Berita 07 May, 2018

Penilaian Lomba PHBS Tingkat Kota Tegal

TEGAL - Penilaian Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kota Tegal . Penilaian tersebut dilakukan di posyandu Kelurahan…

Perpusda Mr. Martokoesoemo Bentuk Komunitas Pemustaka.
Berita 02 Mar, 2017

Perpusda Mr. Martokoesoemo Bentuk Komunitas Pemustaka.

TEGAL-Perpustakaan Daerah Kota Tegal Mr. Besar Martokoesoemo terus menggeliatkan diri dengan berbagai aktifitas dan inovasi. Setelah beberapa waktu lalu menyuntikkan…

Pemkot akan Siapkan  Tim Pengkaji Sengketa Tanah Senko
Berita 06 Dec, 2017

Pemkot akan Siapkan Tim Pengkaji Sengketa Tanah Senko

Plt. Walikota, M. Nursholeh siap memback Up Warga di wilayah RT 7 dan RT 8 RW 3 Kelurahan Panggung, Kecamatan…

Doa Istri Terkabul, Imam dapat Hadiah Motor jalan Sehat KORPRI
Berita 26 Nov, 2017

Doa Istri Terkabul, Imam dapat Hadiah Motor jalan Sehat KORPRI

Seperti dikabulkan doa istrinya, Imam Sugiarto (35), warga kelurahan Slerok mendapatkan hadiah sebuah sepeda motor Vario, dalam acara jalan sehat…

Uri-uri Budaya melalui Festival Budaya Tegal
Berita 29 Jan, 2018

Uri-uri Budaya melalui Festival Budaya Tegal

TEGAL - Banyak ragam untuk melestarikan sebuah kebudayaan. Melalui diskusi budaya, wisata budaya atau dengan penyelenggraan kegiatan perlombaan. Tentu upaya…

Most from this category

Gallery 22 Jun, 2018

.

Gallery 22 Jun, 2018

.

Gallery 22 Jun, 2018

.