Dikdukcapil Kota Tegal Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Data Kependudukan

TEGAL– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal berkomitmen untuk meningkatkan kualitas data kependudukan. Berdasarkan Data Konsolidasi Bersih (DKB) semester genap 2017, jumlah warga Kota Tegal sebanyak 281.809.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disdukcapil, Diah Triastuti melalui Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk, Budi Saptaji, Jum’at (9/3/2018) di Kantor Disdukcapil Kota Tegal.

Budi mengatakan, jumlah tersebut meningkat 900 jiwa jika dibandingkan dengan semester ganjil sebesar 280.940.  Secara rinci DKB semester genap 2017 terbagi dua yakni 141.625 laki-laki dan 140.184 perempuan. Berdasarkan sebaran di empat kecamatan yaitu Tegal Barat 68.140 jiwa, Tegal Timur 82.628 jiwa, Tegal Selatan 68.308 jiwa, dan Margadana 62.733 jiwa.

“Dari DKB tersebut, data wajib KTP El ada, 205.237 jiwa. Sedangkan 13.405 jiwa belum melakukan perekaman KTP Elektronik”, tutur Budi.

Menurutnya, warga yang belum melakukan perekaman diantaranya sebagai wajib KTP El pemula yang usianya baru 17 tahun.  Selain itu, sebagian mereka para pedagang yang bekerja diluar daerah seperti warteg, pekerja asal egal yang bekerja  di luar negeri dan para nelayan.

Ada pula data penduduk yang data ganda, artinya mereka yang sudah melakukan perekaman didaerah lain tetapi datanya masih ada didatabase. Selama warga yang memiliki data ganda tidak dihapus , maka data tersebut akan terus ada, dan masuk dalam penduduk wajib KTP yang belum melakukan perekaman.

“Kami berharap, masyarakat Kota Tegal yang belum melakukan perekaman KTP el agar tertib untuk segera melakukan perekaman”, imbuh Budi.

Sementara itu, terkait perekaman KTP Pemula, Disdukcapil juga akan merekam data kepada siswa yang pada 27 Juni 2018 sudah berusia 17 tahun. Budi mengatakan bahwa, Disdukcapil sudah diberikan akses untuk merekam siswa berusia 16 tahun. Langkah ini diterapkan untuk persiapan Pilkada serentak 2018.

“Secara teknis, nanti dibuktikan dengan Kartu Keluarga dan kami akan mencocokan dengan sistem database”, pungkas Budi. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Dinas Kesehatan Kota Tegal Ajak Semua Pihak Terapkan 5 Pilar Pokok STBM
Berita 12 Jul, 2018

Dinas Kesehatan Kota Tegal Ajak Semua Pihak Terapkan 5 Pilar Pokok STBM

TEGAL- Dinas Kesehatan berkomitmen mewujudkan Open Defecation Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan pada 27 kelurahan di Kota…

Wali Kota: Idul Fitri Momen Saling Memaafkan
Berita 04 Jul, 2017

Wali Kota: Idul Fitri Momen Saling Memaafkan

TEGAL-Wali Kota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno menghadiri Halal Bi Halal yang diadakan oleh masyarakat Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal…

DRD Diminta Langsung Bergerak Dan Berproduksi.
Berita 27 Dec, 2017

DRD Diminta Langsung Bergerak Dan Berproduksi.

TEGAL - Plt. Walikota Tegal,  Drs. H.M. Nursholeh, M.M.Pd atau yang akrab dipanggil Kang Nursholeh kukuhkan Dewan Riset Daerah Kota…

PMI Kota Tegal Lepas Kontingen Jumbara
Berita 17 Jul, 2017

PMI Kota Tegal Lepas Kontingen Jumbara

TEGAL-Sebanyak 60 personil Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal dilepas oleh Walikota Tegal yang diwakili Wakil Ketua I PMI Kota…

Rutiningsih : Tidak Disangka Saya Mendapatkan Hadiah Umroh Gratis
Berita 25 Apr, 2017

Rutiningsih : Tidak Disangka Saya Mendapatkan Hadiah Umroh Gratis

TEGAL – Penyelenggraan Jalan Sehat yang diadakan oleh Pemerintah Kota Tegal dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Tegal ke 437…

Walikota Membuka Turnamen Tenis Meja KW 09 Cup III
Berita 14 May, 2017

Walikota Membuka Turnamen Tenis Meja KW 09 Cup III

TEGAL – Penyelenggaraan Turnamen Tenis Meja KW 09 Cup III se Eks Karisedenan Pekalongan yang dilaksanakan oleh Komunitas Warga 9…

Most from this category