Hari Pers Nasional, PWI Kota Tegal Gelar Aksi Simpatik

TEGAL-Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tegal gelar aksi simpatik oleh para jurnalis di jalan AR Hakim Kota Tegal, Jum’at (9/2) pagi.

Dalam aksi tersebut, jurnalis media cetak , televisi maupun on line itu membagikan ice cream dan cokelat serta membentangkan spanduk antara lain bertuliskan pers sehat tidak memeras.

Mereka menyerukan sikap bahwa, wartawan Kota Tegal mengecam keras adanya aksi pemerasan yang dilakukan orang-orang yang mengatasnamakan wartawan sehingga merugikan nama baik wartawan di masyarakat.

Seruan sikap selanjutnya yaitu, meminta aparat Polres Tegal Kota untuk mengusut kasus tersebut (pemerasan-red) secara tegas dan tuntas.

Kemudian, menghimbau kepada masyarakat untuk memahami kerja jurnalistik yang sejatinya merupakan perwujudan dari pemenuhan hak masyarakat untuk memperoleh informasi.

Jika ada wartawan yang memeras, hal itu berarti tidak selaras dengan kode etik jurnalistik sebagai mana diatur dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 tengang Pers.

Ketua PWI Kota Tegal Muhammad Sekhun menegaskan pekerja pers itu melakukan pencarian data, verifikasi dan menulis data. “Bukan melakukan aksi pemerasan atau aksi koboi”, pungkas Sekhun.

Pernyataan sikap tersebut, kata Sekhun, dibuat demi tegaknya kebebasan pers dalam mengungkap kebrnaran serta menjaga martabat profesi jurnalis dari orang-orang yang menyalahgunakan profesi wartawan untuk melakukan tindak kejahatan. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Program UKS Diminta Diterapkan Setiap Hari
Berita 27 Nov, 2019

Program UKS Diminta Diterapkan Setiap Hari

Sejumlah guru pembina UKS, kepala sekolah SD/MI/SMP/MTs se Kota Tegal mengikuti Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M), Rabu (27/11)…

Walikota Ajak Warga Kota Tegal Gemar Menabung
Berita 18 Sep, 2019

Walikota Ajak Warga Kota Tegal Gemar Menabung

Tegal-Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono,SE.MM mengajak masyarakat Kota Tegal untuk menyiapkan dana masa depan melalui gemar menabung. Hal itu…

Senam Massal Hingga Pemeriksaan Kesehatan Warnai Perayaan HALUN Kota Tegal
Berita 24 Aug, 2018

Senam Massal Hingga Pemeriksaan Kesehatan Warnai Perayaan HALUN Kota Tegal

TEGAL – Berbagai kegiatan massal diselenggarakan dalam perayaan Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN) ke 22 Tahun 2018 Tingkat Kota Tegal.…

Apik Banget, Wadah Bagi IKM Kota Tegal
Berita 25 May, 2018

Apik Banget, Wadah Bagi IKM Kota Tegal

TEGAL-Pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Tegal kini sudah memiliki wadah. Wadah atau asosiasi ini baru dibentuk semingguan…

PDAM Tindaklanjuti Pengolahan Air Baku
Berita 25 Feb, 2019

PDAM Tindaklanjuti Pengolahan Air Baku

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kota Tegal akan tindak lanjuti Pengolahan Air Baku yang sebelumnya sudah pernah di gagas namun…

Maksimalkan Fungsi PSC 119 Kota Tegal, Pemkot Lakukan Kunjungan Kerja.
Berita 03 Jul, 2019

Maksimalkan Fungsi PSC 119 Kota Tegal, Pemkot Lakukan Kunjungan Kerja.

Jakarta - Untuk memaksimalkan fungsi PSC yang ada di Kota Tegal, Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi, ST. MM yang…

Most from this category