Panwaslu Kota Tegal Gandeng Ketua RT Awasi Pilkada

TEGAL-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tegal kembali menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bagi komponen masyarakat umum dalam pemilihan kepala daerah serentak 2018, Kamis (25/1) di hotel Prime Biz Tegal.

Kali ini, Panwaslu Kota Tegal menggandeng para ketua Rukun Tetangga (RT) untuk ikut bersama-sama terlibat dalam dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal maupun Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Ketua Panwaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto mengatakan keterlibatan dan peran aktif masyarakat untuk ikut mengawasi akan sangat membantu dalam menangkal terjadinya praktek-praktek kecurangan sehingga terwujudnya Pemilu yang jujur dan adil.

Akbar merinci bentuk pengawasan partisipatif masyarakat, antara lain ikut memamtau pelaksanaan pemilu, baik pemantauan saat pemutahiran data pemilih (Mutarlih), pencalonan, masa kampanye, masa tenang dan pemungutan serta perhitungan suara.

“Saat masa kampanye, kita harus keras dengan lantang tolak money politic. Pada masa tenang ada istilah yang dikenal dengan serangan fajar, sampaikan informasi bila terjadi agar kami segera menindaklanjuti”, kata Akbar.

Akbar menjelaskan kembali, misalnya pemantauan pada saat pemungutan dan perhitungan suara. Maka masyarakat dituntut peran aktif sebab terdapat potensi dugaan pelanggaran. Kalau banyak pasang mata yang mengawasi, kejadian yang sudah didesain oleh oknum untuk berbuat curang tidak terjadi.

“Misal oknum ketua PPS pada saat perhitungan suara, seharusnya nomor sekian tetapi yang ditulis nomer berbeda”, papar Akbar.

Selain paparan dari Akbar Kusharyanto, narasumber lain kegiatan tersebut Sat Reskrim Polres Tegal Kota, Aiptu Aris Budi dengan materi tugas Kepolisian dalam hal pengamanan dan penanganan pelanggaran dalam Pemilu dan Komisioner Panwaslu Imam Tofani yang menyampaikan kebutuhan keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Kampanye Terbuka, Pasangan Nursoleh-Wartono Minta Doa Restu
Berita 19 Jun, 2018

Kampanye Terbuka, Pasangan Nursoleh-Wartono Minta Doa Restu

TEGAL-Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal, Drs. H.M. Nursholeh, M.MPd - H. Wartono mengawali Kampanye Terbuka pada…

Jangan Pernah Berhenti Dalam Mengisi Kemerdekaan.
Berita 28 Aug, 2017

Jangan Pernah Berhenti Dalam Mengisi Kemerdekaan.

Tegal – Perayaan HUT RI ke – 72 Di perumahan Citra Bahari Residence benar benar meriah, hampir seluruh warganya ikut…

Kang Nur Apresiasi Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi
Berita 21 Dec, 2017

Kang Nur Apresiasi Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi

Plt. Wali Kota Tegal, M. Nursholeh mengapresiasi diselenggarakannya Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi, yang diselenggarakan Inspektorat Kota Tegal, Kamis,(21/12) di ruang Adipura…

Memilih Kosmetik Aman Untuk Kulit Cantik dan Sehat
Berita 28 Jul, 2018

Memilih Kosmetik Aman Untuk Kulit Cantik dan Sehat

TEGAL – Produk kecantikan terus memotivasi kaum hawa agar dapat tampil cantik, memiliki kulit yang cerah, bersih dan cemerlang. Namun…

Walikota Serahkan Jasa Tenaga Keagamaan Masyarakat Rohaniawan
Berita 27 Dec, 2018

Walikota Serahkan Jasa Tenaga Keagamaan Masyarakat Rohaniawan

TEGAL – Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.MPd menyerahkan bantuan jasa tenaga keagamaan masyarakat Rohaniawan dari agama Kristen, Protestan, Budha,…

Warga Berbondong Saksikan Super Blue Blood Moon di PAI Tegal
Berita 31 Jan, 2018

Warga Berbondong Saksikan Super Blue Blood Moon di PAI Tegal

TEGAL - Warga Tegal berbondong menyaksikan Fenomena Super Blue Blood Moon. Nampak di Obyek Wisata Pantai Alam Indah Kota Tegal…

Most from this category