Plt. Walikota Tegal: Saya Tekankan tidak Ada Permainan Fee Proyek

TEGAL – Pelaksanaan upacara Tujuhbelasan Pemerintah Kota Tegal diawal tahun 2018 berlangsung di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal. Rabu (17/1). Dalam upacara tersebut turut menjadi peserta upacara adalah Aparutur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Sekretariat Pemerintah Kota Tegal, Staf Ahli Walikota, Para Asisten, Kepala Dinas, Camat di Lingkungan Pemkot Tegal.

Plt. Walikota Tegal Drs. H.M Nursoleh, M.M.Pd menyampaikan diawal tahun 2018 dibuka dengan kegiatan penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) OPD untuk pembangunan tahun 2018.

‘’Penyerahan DPA ini merupakan tahap awal dalam mempercepat proses penyelesaian pelaksanaan program atau kegiatan pembangunan di tahun 2018. Selain itu, penyerahan DPA ini secara langsung diberikan kepada setiap OPD sebagai bukti dari sebuah proses keterbukaan informasi publik.’’ Ungkap Plt. Walikota Tegal.

 

DPA merupakan dokumen  yang digunakan sebagai dasar pelaksanaan anggaran oleh masing – masing OPD, hari ini diserahterimakan.  Penetapan belanja tahun 2018 menggunakan pendekatan money follow program yaitu, pendekatan penganggaran yang lebih fokus pada program atau kegiatan yang terkait langsung dengan prioritas, serta berdampak langsung bagi masyarakat.

Dengan diserahkan DPA tersebut, Plt. Walikota Tegal berharap semua OPD segera merealisasikan program atau kegiatan dengan tetap mengedepankan prinsip – prinsip efesiensi dan sesuai target capaian yang telah ditetapkan.

‘’Dengan diserahkannya DPA-OPD pada hari ini segera laksanakan program kegiatan seperti RTLH, betonisasi. Kegiatan lelang juga segera lakukan sehingga bulan Oktober diharapkan selesai. Apabila terjadi perpanjangan paling lambat tanggal 10 Desember pelaksanaan pekerjaan fisik sudah mencapai 100 persen.’’ Ujar Plt. Walikota Tegal.

Untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan pembangunan hal penting pun di tegaskan oleh Plt. Walikota Tegal khususnya pada faktor pengendalian dan pengawasan pelaksanaan kegiatan. ‘’Kepada seluruh pimpinan OPD saya menekankan agar benar – benar secara proaktif melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan pada unit kerjanya masing – masing agar tetap konsisten dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian pelaporan serta penye-rahan kegiatan,  tepat waktu serta tepat mutu.’’ ungkapnya.

Kepatuhan terhadap aturan dan ketentuan hukum yang berlaku pun ditegaskan oleh Plt. Walikota Tegal selaku Instektur Upacara. ‘’Saya tekankan tidak ada permainan fee proyek, kongkalikong dengan rekanan, dan laku – laku korup seperti yang sudah – sudah !’’ tegasnya.

Himbauan bagi pengguna anggaran, PPK, PPTK, bendaharawan dan panitia lelang pun disampaikan oleh Plt. Walikota, agar benar-benar mencermati dan memahami dengan baik, serrta melaksanakan semua kegiatan berdasarkan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Empat poin yang menjadi perhatian khusus bagi pengguna anggaran, PPTK, serta bendahara OPD disampikan langsung oleh Plt Walikota dihadapan peserta upacara, yakni :

  1. Segera mempersiapkan pelaksanaan kegiatan yang menjadi tangungjawab OPD masing – masing. laksanakan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.
  2. Membuat petunjuk operasional kegiatan pada setiap kegiatan agar mudah dilakukan evaluasi terhadap keberhasilan pelaksanaan program dan kegiatan.
  3. Melaksanakan dan mengendali-kan kegiatan pembangunan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan pada tahun anggaran berjalan.
  4. Setiap kegiatan yang akan dilaksanakan harus sesuai dengan persyaratan kualifikasi dan spesifikasi teknis, gambar, serta ketentuan lain yang sudah diatur dalam kontrak/SPK.

‘’Yang lebih penting lagi outcome dari program, serta kegiatan harus sesuai dengan sasaran yang telah ditentukan dalam perencanaan, serta dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi kesejahteraan dan kemajuan Kota Tegal.’’ Imbuh Plt. Walikota.

Selain itu Plt. Walikota juga menyampaikan bahwa tidak akan adanya mutasi dan rotasi di lingkungan Pemerintah Kota Tegal.  ‘’Kewenangan mutasi ada di tangan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dan saya tegaskan kedapan tidak ada lagi kebijakan non job pejabat di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal.’’ Pungkasnya.

 

 

Berita Lainnya

Kota Tegal Siap Gelar Pemilu 2019
Berita 16 Apr, 2019

Kota Tegal Siap Gelar Pemilu 2019

Sesaat setelah melakukan pantauan malam menjelang pemilihan umum 2019, Wali Kota berserta Forum Koordinnasi Perangkat Daerah (Forkopimda),di empat kecamatan, Selasa…

Usai Rehab, Ruang Kelas SD Negeri Panggung 13 Diresmikan
Berita 19 Apr, 2018

Usai Rehab, Ruang Kelas SD Negeri Panggung 13 Diresmikan

TEGAL-Pejabat Sementara Wali Kota Tegal Drs. Achmad Rofai, M.Si yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Dr. Johardi…

Dr. Subiakto Tjakrawerdaja Hadiri Kuliah Umum Ekonomi Pancasila
Berita 24 Nov, 2017

Dr. Subiakto Tjakrawerdaja Hadiri Kuliah Umum Ekonomi Pancasila

TEGAL - Mantan Menteri Koperasi RI di era Presiden Soeharto Dr. Subiakto Tjakrawerdaja menjadi narasumber dalam kuliah umum dengan tema…

2230 Guru Ikuti Pembinaan dan Sosiliasi Persiapan Ujian Nasional
Berita 02 Mar, 2017

2230 Guru Ikuti Pembinaan dan Sosiliasi Persiapan Ujian Nasional

TEGAL – Sebanyak 2230 guru dari tingkat PAUD hingga SMA se Kota Tegal mengikuti kegiatan Pembinaan Guru dan Sosialisasi Persiapan…

IBI Kota Tegal Inginkan Masyarakat Kota Tegal Jadi Kota MKJP se Jateng
Berita 31 Jul, 2017

IBI Kota Tegal Inginkan Masyarakat Kota Tegal Jadi Kota MKJP se Jateng

TEGAL- Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang ke 66 Tahun, IBI Kota Tegal memberikan pelayanan…

Upaya Membangun Ekonomi Kreatif di Jawa Tengah
Berita 28 May, 2019

Upaya Membangun Ekonomi Kreatif di Jawa Tengah

Tegal - Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah menggelar Kegiatan Pendampingan dan Penguatan Kabupaten/Kota Kreatif di Kota Tegal,…

Most from this category