Jelang Pemilu 2019 KPU Gelar Rapat Penyusunan Dapil

TEGAL-Jelang Pemilihan Umum tahun 2019 mendatang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal melaksanakan rapat Penataan Dapil dan Simulasi Penghitungan Alokasi Kursi DPRD Kota Tegal.

Rapat  ini digelar KPU Kota Tegal di Jasmine Room Riez Palace Hotel Jl. Gajah Mada Jasmine Room Riez Palace Hotel Jl. Gajahmada Kel. Mintaragen Kec. Tegal Timur Kota Tegal Tegal, Jum’at (22/12) pagi.

Hadir pada rapat tersebut Ketua KPU Kota Tegal  Agus Wijanarko, SH bersama komisioner lainnya, Sekretaris KPU Soni Sontani, Komisioner Panwaslu Kota Tegal Imam Tofani, Ketua PPK se-Kota Tegal dan perwakilan partai politik.

Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko mengatakan perhitungan kursi didasarkan pada hasil pemilu 2014. Jumlah kursi di DPRD Kota Tegal pada Pemilu 2019 mendatang masih sama, yakni 30 kursi. Namun, penyebarannya di empat kecamatan yang ada akan berubah dari pemilu sebelumnya.

Agus mengungkapkan adanya penambahan jumlah penduduk di Margadana dibanding pemilu 2014 menyebabkan distribusi kursi juga berubah. Diwilayah tersebut mengalami penambahan sebanyak 1 kursi.  “Karena jumlah kursinya tetap, maka di Kecamatan lain yakni Tegal Barat mengalami pengurangan 1 kursi”, ungkap Agus.

Untuk daerah pemilihan (Dapil). Kata Agus, ada empat, yakni Tegal Barat, Tegal Timur, Tegal Selatan, dan Margadana namun sebarannya berubah. Penyebaran jumlah kursi mengalami perubahan. Yakni untuk Kecamatan Margadana dari 6 menjadi 7 kursi.

Sementara di Tegal Barat pada Pemilu 2014 lalu jumlah kursi 8 berubah menjadi 7. “Ini nanti kita usulkan ke pusat. Karena memang usulannya dari kita”, terang Agus.

Komisioner KPU Kota Tegal Arisandi Kurniawan menambahkan perubahan penyebaran ini berdasarkan pada jumlah penduduk terakhir di Juni 2017 atau Daftar Agregad Kependudukan (DAK) II.  Adapun penataan jumlah kursi tiap dapil yakni Kecamatan Tegal Barat jumlah penduduk 67.510, jumlah sebanyak 7 kursi. Kecamatan Margadana jumlah penduduk 63.230, jumlah 7 kursi.

Lalu, Kecamatan Tegal Selatan jumlah penduduk 68.087 jumlah 7 kursi dan Kecamatan Tegal Timur jumlah penduduk 82.113 jumlah 9 kursi. (Sa. Amin/wartabahari.com)

 

 

Berita Lainnya

Manusia Juga Makhluk Sosial.
Berita 23 May, 2018

Manusia Juga Makhluk Sosial.

Tegal- Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini dimanfaakan oleh Pjs. Walikota Tegal Drs. Acmad Rofai, M.Si untuk lebih mendekatkan diri…

Verifikasi Dokumen Kapal Cantrang Sempat Ricuh
Berita 01 Feb, 2018

Verifikasi Dokumen Kapal Cantrang Sempat Ricuh

TEGAL – Sejumlah nelayan cantrang sejak pagi memenuhi kantor Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari untuk melakukan verifikasi data kapal cantang…

Sepuluh Pelajar Presentasi  Sejarah dan Cagar Budaya Kota Tegal
Berita 20 Mar, 2018

Sepuluh Pelajar Presentasi Sejarah dan Cagar Budaya Kota Tegal

TEGAL - Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal mengelar Lomba Penulisan Sejarah dan Cagar Budaya Tingkat…

Kreativitas Lewat Skateboard
Berita 16 Feb, 2017

Kreativitas Lewat Skateboard

TEGAL – Berlokasi di alun-alun Kota Tegal beberapa pemuda asik berkumpul dengan skateboardnya Rabu (15/2) pagi. Terlihat pula mereka sedang beraksi…

Kang Nur Ziarah ke Tempat Wali Allah SWT.
Berita 06 Oct, 2017

Kang Nur Ziarah ke Tempat Wali Allah SWT.

Tegal – Plt. Walikota Tegal, Drs, H.M. Nursholeh, M.MPd bersama rombongan OPD Pemerintah Kota Tegal melakukan Ziarah ke 3 tempat…

Tahapan Lengkap Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Tahun 2018
Berita 01 Jan, 2018

Tahapan Lengkap Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Tahun 2018

TEGAL- Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 akan digelar serentak di 171 daerah di Indonesia. Pilkada…

Most from this category

Gallery 23 Jun, 2018

.

Gallery 22 Jun, 2018

.

Gallery 22 Jun, 2018

.