Panwaslu Kota Tegal Gelar Rakor dengan Stakeholder

TEGAL-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tegal menggelar rapat koordinasi stakeholder dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018, Serta Pemilihan Anggota DPR, DPD, DPRD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, Kamis (21/12).

Rapat koordinasi yang berlangsung di Hotel Karlita Tegal itu dihadiri tersebut dihadiri Ketua Panwaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto, SE. dan Komisioner Panwaslu lainnya, ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), ketua PKK Kelurahan, Panwascam, tokoh masyarakat, tokoh agama se-Kota Tegal.

Sebagai narasumber rakor tersebut Ketua Panwaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Joko Sukur Baharudin dan Divisi Organisasi dan SDM Panwas Kota Tegal Nurbaeni, S.Pd. AUD.

Ketua Panwaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto mengatakan sukses pemilu bukan hanya sukses pada penyelenggaranya saja, namun seluruh komponen masyarakat harus ikut terlibat bersinergi untuk menciptakan pemilu yang demokratis.

Kita semua, kata Akbar, memiliki tugas untuk mencerdaskan pemilih pemula. Sebab anak yang sudah berumur 17 tahun akan melakukan pemilihan umum untuk pertama kali. Maka, berilah pemahaman yang baik kepada mereka agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan cerdas.

“Lima menit di tempat pemungutan suara (TPS) akan berpengaruh pada 5 tahun ke depan pemerintahan, baik tingkat kota, provinsi maupun Indonesia pada umumnya”, ungkap sosok yang juga Komisioner Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kota Tegal itu.

Akbar menambahkan, seluruh pegawai negeri sipil (PNS) atau ASN harus bersikap netral. Pada pasal 9 ayat 2 Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara sudah jelas disebutkan bahwa pengawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik.

Dalam pasal 87 ayat 4 huruf C UU ASN dijelaskan PNS diberhentikan tidak dengan hormat karena menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik.

“Kemendagri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sudah mewarning dengan tegas bahwa ASN harus tetap netral”, tegas Akbar.

Oleh karena itu, dalam rangka sukses Pilkada 2018 dan pemilu 2019 maka kita harus menyamakan persepsi antara KPU, Bawaslu, Pemerintah dan Pemerintah Daerah, partai politik, ormas, tokoh masyarakat, akademisi, media massa serta masyarakat dalam koordinasi pelaksanaan pemilihan.

Kemudian, ciptakan stabilitas politik yang kondusif dalam pelaksanaan pemilihan, ciptakan rasa aman bagi masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan. “Kemudian, berikan dukungan kelancaran pemilihan”, pungkas Akbar. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Program Yang Bersentuhan Dengan Masyarakat Di Gencarkan.
Berita 09 Jan, 2018

Program Yang Bersentuhan Dengan Masyarakat Di Gencarkan.

Tegal – Pengukuhan pengurus RT/RW se - Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal yang bertempat di ruang pertemuan Kantor Kecamatan Tegal…

KPU Kota Tegal Kupas Tuntas UU Pemilu
Berita 27 Nov, 2017

KPU Kota Tegal Kupas Tuntas UU Pemilu

TEGAL-KPU Kota Tegal gelar seminar bertajuk Kupas Tuntas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Senin (27/11) di hotel…

20 Tim Drum Band Ikuti Kejuaraan Bahari Marching Band Competition (BOMC) IV Tahun 2017
Berita 27 Mar, 2017

20 Tim Drum Band Ikuti Kejuaraan Bahari Marching Band Competition (BOMC) IV Tahun 2017

TEGAL-Sebanyak 20 Tim Marching Band tingkat SD dan SMP mengikuti Kejuaraan  Bahari Marching Band Competition (BOMC) IV tahun 2017. Acara…

Berbagai Produk UMKM Unggulan Kota Tegal di Pasarkan di Lombok
Berita 07 Dec, 2016

Berbagai Produk UMKM Unggulan Kota Tegal di Pasarkan di Lombok

Mataram  - Berbagai produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan Kota Tegal dipasarkan dalam Pameran Gebyar Wisata Perdagangan dan…

Peringati Hari Nusantara Pemkot Tegal Beri Asuransi kepada 520 Nelayan
Berita 12 Dec, 2016

Peringati Hari Nusantara Pemkot Tegal Beri Asuransi kepada 520 Nelayan

TEGAL- Dalam rangka memperingati Hari Nusantara yang jatuh pada tanggal 13 Desember lalu Pemerintah Kota Tegal memberikan asuransi kepada 520…

PLN Genjot Pelanggan Pra Bayar: Listrik Pintar Lebih Menguntungkan
Berita 11 Jul, 2017

PLN Genjot Pelanggan Pra Bayar: Listrik Pintar Lebih Menguntungkan

YOGYAKARTA- PT PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIY terus menggenjot jumlah pelanggan listrik Pra Bayar di wilayahnya. Pada tahun ini, pelanggan sektor…

Most from this category