Panwaslu Kota Tegal Gelar Rakor dengan Stakeholder

TEGAL-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tegal menggelar rapat koordinasi stakeholder dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018, Serta Pemilihan Anggota DPR, DPD, DPRD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, Kamis (21/12).

Rapat koordinasi yang berlangsung di Hotel Karlita Tegal itu dihadiri tersebut dihadiri Ketua Panwaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto, SE. dan Komisioner Panwaslu lainnya, ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), ketua PKK Kelurahan, Panwascam, tokoh masyarakat, tokoh agama se-Kota Tegal.

Sebagai narasumber rakor tersebut Ketua Panwaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Joko Sukur Baharudin dan Divisi Organisasi dan SDM Panwas Kota Tegal Nurbaeni, S.Pd. AUD.

Ketua Panwaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto mengatakan sukses pemilu bukan hanya sukses pada penyelenggaranya saja, namun seluruh komponen masyarakat harus ikut terlibat bersinergi untuk menciptakan pemilu yang demokratis.

Kita semua, kata Akbar, memiliki tugas untuk mencerdaskan pemilih pemula. Sebab anak yang sudah berumur 17 tahun akan melakukan pemilihan umum untuk pertama kali. Maka, berilah pemahaman yang baik kepada mereka agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan cerdas.

“Lima menit di tempat pemungutan suara (TPS) akan berpengaruh pada 5 tahun ke depan pemerintahan, baik tingkat kota, provinsi maupun Indonesia pada umumnya”, ungkap sosok yang juga Komisioner Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kota Tegal itu.

Akbar menambahkan, seluruh pegawai negeri sipil (PNS) atau ASN harus bersikap netral. Pada pasal 9 ayat 2 Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara sudah jelas disebutkan bahwa pengawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik.

Dalam pasal 87 ayat 4 huruf C UU ASN dijelaskan PNS diberhentikan tidak dengan hormat karena menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik.

“Kemendagri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sudah mewarning dengan tegas bahwa ASN harus tetap netral”, tegas Akbar.

Oleh karena itu, dalam rangka sukses Pilkada 2018 dan pemilu 2019 maka kita harus menyamakan persepsi antara KPU, Bawaslu, Pemerintah dan Pemerintah Daerah, partai politik, ormas, tokoh masyarakat, akademisi, media massa serta masyarakat dalam koordinasi pelaksanaan pemilihan.

Kemudian, ciptakan stabilitas politik yang kondusif dalam pelaksanaan pemilihan, ciptakan rasa aman bagi masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan. “Kemudian, berikan dukungan kelancaran pemilihan”, pungkas Akbar. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

PCNU Kota Tegal Resmi Dilantik
Berita 29 Dec, 2018

PCNU Kota Tegal Resmi Dilantik

Tegal – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tegal Masa Khidmat 2018-2023 resmi dilantik di Pendopo Ki Gede Sebayu Balai…

Komunitas Paser Mania Tegal Rayakan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI Tahun 2018
Berita 26 Aug, 2018

Komunitas Paser Mania Tegal Rayakan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI Tahun 2018

Tegal –Tidak hanya sekedar hobi mencari ikan, Komunitas Paser Ikan Tegal juga peduli dengan kelestarian alam dan habitatnya, dalam rangka…

Jumadi : Era Teknologi Momentum Bagi Anak Untuk Lebih Maju.  
Berita 22 Jul, 2019

Jumadi : Era Teknologi Momentum Bagi Anak Untuk Lebih Maju.  

TEGAL- Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST. MM mengatakan era teknologi seperti saat ini, banyak peluang dapat dimanfaatkan anak-anak untuk…

Peran Akuntan di Era 4.0
Berita 01 May, 2019

Peran Akuntan di Era 4.0

TEGAL – Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) D3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama mengadakan Seminar Nasional Challenging 4.0 With Skills di…

Peduli Sigi, Donggala dan Palu Dengan Tabuh Drum
Berita 04 Nov, 2018

Peduli Sigi, Donggala dan Palu Dengan Tabuh Drum

Tegal – Wali Kota Tegal, Drs. H.M. Nursholeh M.MPd ikut menabuh Drum pada acara penutupan aksi sosial dan kemanusiaan untuk…

Slamet Ambari Raih Penghargaan Aktor Utama Pilihan Tempo 2017
Berita 28 Nov, 2017

Slamet Ambari Raih Penghargaan Aktor Utama Pilihan Tempo 2017

Jakarta – Jagad perfilman Indonesia nampak menghadirkan wajah-wajah baru terutama dalam bidang keaktoran. Sebut saja Film Turah, film dengan mengusung…

Most from this category