Panwaslu Kota Tegal Gelar Rakor dengan Stakeholder

TEGAL-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tegal menggelar rapat koordinasi stakeholder dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018, Serta Pemilihan Anggota DPR, DPD, DPRD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, Kamis (21/12).

Rapat koordinasi yang berlangsung di Hotel Karlita Tegal itu dihadiri tersebut dihadiri Ketua Panwaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto, SE. dan Komisioner Panwaslu lainnya, ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), ketua PKK Kelurahan, Panwascam, tokoh masyarakat, tokoh agama se-Kota Tegal.

Sebagai narasumber rakor tersebut Ketua Panwaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Joko Sukur Baharudin dan Divisi Organisasi dan SDM Panwas Kota Tegal Nurbaeni, S.Pd. AUD.

Ketua Panwaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto mengatakan sukses pemilu bukan hanya sukses pada penyelenggaranya saja, namun seluruh komponen masyarakat harus ikut terlibat bersinergi untuk menciptakan pemilu yang demokratis.

Kita semua, kata Akbar, memiliki tugas untuk mencerdaskan pemilih pemula. Sebab anak yang sudah berumur 17 tahun akan melakukan pemilihan umum untuk pertama kali. Maka, berilah pemahaman yang baik kepada mereka agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan cerdas.

“Lima menit di tempat pemungutan suara (TPS) akan berpengaruh pada 5 tahun ke depan pemerintahan, baik tingkat kota, provinsi maupun Indonesia pada umumnya”, ungkap sosok yang juga Komisioner Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kota Tegal itu.

Akbar menambahkan, seluruh pegawai negeri sipil (PNS) atau ASN harus bersikap netral. Pada pasal 9 ayat 2 Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara sudah jelas disebutkan bahwa pengawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik.

Dalam pasal 87 ayat 4 huruf C UU ASN dijelaskan PNS diberhentikan tidak dengan hormat karena menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik.

“Kemendagri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sudah mewarning dengan tegas bahwa ASN harus tetap netral”, tegas Akbar.

Oleh karena itu, dalam rangka sukses Pilkada 2018 dan pemilu 2019 maka kita harus menyamakan persepsi antara KPU, Bawaslu, Pemerintah dan Pemerintah Daerah, partai politik, ormas, tokoh masyarakat, akademisi, media massa serta masyarakat dalam koordinasi pelaksanaan pemilihan.

Kemudian, ciptakan stabilitas politik yang kondusif dalam pelaksanaan pemilihan, ciptakan rasa aman bagi masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan. “Kemudian, berikan dukungan kelancaran pemilihan”, pungkas Akbar. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

BI Corner di SMA Negeri 1 Tegal Telah Diresmikan
Berita 09 Dec, 2018

BI Corner di SMA Negeri 1 Tegal Telah Diresmikan

TEGAL – BI Corner yang ada di SMA Negeri 1 Tegal telah diresmikan oleh Kepala KP BI Tegal Joni Marsius…

IPPK Gelar Halal Bi Halal
Berita 15 Jul, 2017

IPPK Gelar Halal Bi Halal

TEGAL-Ikatan Purnakarya Pendidikan dan Kebudayaan (IPPK) Cabang Kota Tegal menggelar halal bi halal yang bertema Dengan Halal Bi Halal Kita…

Masitha Didakwa Terima Suap Rp. 8,8 Miliar
Berita 15 Jan, 2018

Masitha Didakwa Terima Suap Rp. 8,8 Miliar

SEMARANG - Bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jalan Dr. Suratmo No. 147 Semarang Walikota Tegal…

Kapolres Tegal Kota Pimpin Upacara Korps Rapot dan Masa Purna Tugas
Berita 04 Oct, 2017

Kapolres Tegal Kota Pimpin Upacara Korps Rapot dan Masa Purna Tugas

TEGAL- Polres Tegal  Kota  gelar  upacara  pelantikan  kenaikan  pangkat  setingkat  lebih  tinggi  (corp raport)  dan  pelepasan  anggota  memasuki masa purna…

Penilaian Lomba HATINNYA PKK Hari Kedua Berada di Kelurahan Slerok
Berita 30 Aug, 2018

Penilaian Lomba HATINNYA PKK Hari Kedua Berada di Kelurahan Slerok

TEGAL – Hari kedua penilaian Lomba HATINYA PKK (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) oleh Tim Pengerak Pendidikan Kesehatan Keluarga…

Tekan Inflasi Selama Ramadhan, TPID Kota Tegal Siapkan Langkah Antisipasi
Berita 16 May, 2018

Tekan Inflasi Selama Ramadhan, TPID Kota Tegal Siapkan Langkah Antisipasi

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tegal tengah menyiapkan sejumlah langkah antisipatif untuk menekan potensi inflasi yang mungkin terjadi pada…

Most from this category