Pengusaha Kos-kosan Badel Akan Disanksi

Bagi para pemilik usaha rumah kos yang tidak mengindahkan aturan yang berlaku, dan berada di kota Tegal, maka akan dikenakan sanksi oleh Pemerintah Kota Tegal, demikian disampaikan oleh Plt. Wali Kota Tegal, M. Nursholeh saat menjawab keluhan warga terkait maraknya rumah kos yang digunakan tidak dengan semestinya, pada acara dialog interaktif Plt. Wali Kota Tegal dengan warga kelurahan Slerok di jalan Anjani, kelurahan Slerok. Senin (18/12)

Sanksi tersebut tentunya diberikan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dan melalui tahapan-tahapan sanksi, apabila setelah diperingati dan terus membandel maka akan dikenakan sanksi berat.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tegal Joko Sukur menyampaikan bahwa pihaknya secara rutin telah melakukan operasi terpadu yang bekerja sama dengan Polres, Kodim dan Denpom dan salah satunya targetnya adalah melakukan razia temat kos-kosan. Selama ini ia mengaku bahwa yang ditindak hanya penghuni kos-kosan itu sendiri, yakni penghuni yang kedapatan menyalahi norma dan aturan perizinan yang ada, seperti temuan pasangan dalam kos-kosan namun merupakan pasangan tidak resmi.

Terkait dengan sanksi yang diberikan kepada pemilik usaha rumah kos, Joko Sukur mengaku pihaknya hanya memberikan rekomendasi kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP), atas dasar temuan dilapangan. Sanksi terberat adalah dengan melakukan penutupan tempat kos-kosan tersebut, namun sanksi inipun menurut Joko Sukur dilakukan manakala sudah memenuhi persyaratan. Sanksi yang diberikan melalui tahapan-tahapan dan tidak serta merta langsung di tutup.

Satpol PP akan memberikan teguran kepada pemilik usaha rumah kos, apabila di lapangan ditemukan penghuni kos tidak sesuai dengan norma dan aturan serta ketentuan yang dikeluarkan oleh pihak perizinan, dan apabila teguran kepada pemilik tidak diindahkan dan kemudian didapati masih terdapat temuan penyimpangan dan tidak sesuai dengan aturan perizinan, Satpol PP akan memberikan rekomendasi kepada DPM PTSP untuk diberikan sanksi.

Joko Sukur menghimbau kepada pengusaha tempat kos-kosan agar dalam mengoperasionalkan tempat kos-kosan tersebut dilakukan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pihak perizinan, dalam hal ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan DPM PTSP kota Tegal Sartono Eko Saputro menyampaikan bahwa sanksi yang diberikan bagi pemilik usaha rumah kos ini mengacu kepada Peraturan Wali Kota (Perwal) nomor 4 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Usaha Rumah Kos.

Saat ini pihaknya telah gencar melakukan sosialisasi terkait Perwal Tersebut, harapannya seluruh pemilik usaha rumah kos itu setelah menerima sosialisasi, mereka akan mempunyai usaha rumah kos. Karena selama ini data pemilik usaha kos ini masih belum semua terdaftar.

Sedangkan untuk tahapan sanksi menurut Sartono, berdasarkan Perwal 4 tahun 2017 secara bertahap dilakukan, dari mulai teguran tertulis, pembekuan usaha sampai pada pencabutan izin.

Berita Lainnya

HUT Bhayangkara ke-73, Sebanyak 24 Anggota Polres Tegal Kota Diganjar Penghargaan
Berita 10 Jul, 2019

HUT Bhayangkara ke-73, Sebanyak 24 Anggota Polres Tegal Kota Diganjar Penghargaan

Pada peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke-73, sebanyak 24 anggota Polres Tegal Kota mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia, secara…

Setelah Komodo, Kelompok Edu Mina Wisata Bangun Patung Dinosaurus
Berita 10 Aug, 2018

Setelah Komodo, Kelompok Edu Mina Wisata Bangun Patung Dinosaurus

TEGAL- Kelompok Edu Mina Wisata, Kelurahan Panggung, Kota Tegal mengusung konsep kampung wisata yang dikelola masyarakat pesisir. Kelompok tersebut berada…

Ketertiban Masyarakat Merupakan Tanggungjawab Bersama
Berita 21 Feb, 2018

Ketertiban Masyarakat Merupakan Tanggungjawab Bersama

TEGAL - Penyelenggaraan Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan yang dilakukan di Pendopo Kecamatan Tegal Barat yang diikuti oleh RT,RW di lingkungan Kecamatan…

Wali Kota Tegal Ajak Masyarakat Hapus Stigma Negatif Penderita HIV/AIDS
Berita 01 Dec, 2018

Wali Kota Tegal Ajak Masyarakat Hapus Stigma Negatif Penderita HIV/AIDS

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal menggelar apel bersama dalam rangka peringatan Hari Aids Sedunia (HAS) di Kota Tegal diadakan di Halaman Pendopo…

Sejumlah Penyair Indonesia Akan Hadir Di Tegal dalam  Launching Buku Antologi Puisi
Berita 31 Oct, 2017

Sejumlah Penyair Indonesia Akan Hadir Di Tegal dalam Launching Buku Antologi Puisi

TEGAL – Sejumlah penyair Indonesia yang tergabung dalam Antologi Puisi Ruang Tak Lagi Ruang tentang Nurngudiono dan Tegal akan hadiri…

Dinkes Kota Tegal Catat, 510 Orang Positif Tuberculosis
Berita 07 Apr, 2018

Dinkes Kota Tegal Catat, 510 Orang Positif Tuberculosis

Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal,  sampai akhir 2017, di Kota Tegal ditemukan 510 orang positif penderita Tuberculosis (TBC),…

Most from this category