Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan Menurun

TEGAL-Angka kasus kekerasan pada anak dan perempuan di Kota Tegal, saat ini perlahan menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya. Intensnya kegiatan sosialisasi pencegahan kekerasan pada anak dan perempuan yang dilakukan Pemkot Tegal menjadi salah satu faktor keberhasilan yang menekan angka kasus kekerasan tersebut.

Data Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal mencatat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, angka kekerasan anak dan perempuan terus menurun.

Kepala DPPKBP2PA Diah Trastuti melalui Kabid Perempuan dan Pemberdayaan Anak Sri Gunarto menuturkan, hingga bulan November tahun 2017, tercatat 14 kasus kekerasan, diantaranya 8 kasus kekerasan pada anak dan 6 kasus pada perempuan terutama kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

“Jika dibandingkan tahun 2016, jumlah kekerasan sebanyak 19 kasus, dengan rincian 8 kekerasan pada anak dan 11 kekerasan pada perempuan (KDRT)”, tutur Gunarto, Senin (11/12) di ruang kerjanya.

Gunarto menambahkan, pihaknya terus mengadakan sosialisasi dan melaksanakan berbagai kegiatan untuk mengurangi angka kekerasan pada perempuan dan anak. Pencegahan terhadap kekerasan pada anak terus disosialisasikan melalui jalur pendidikan, mulai dari tingkat PAUD sampai SMA.

Lalu, terjun langsung ke masyarakat dan mengajak masyarakat mencegah tindak kekerasan melalui siaran radio. “Selain itu, kita juga melibatkan Forum Anak Tegal Bahari (Fantri), pembagian leaflet, balon di car free day, berkunjung ke panti dan sebagainya”, imbuh Gunarto.

Gunarto mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan masih terjadinya angka kekerasan. Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk melaporkan bilamana terjadi tindak kekerasan pada anak dan perempuan. Masyarakat dapat melaporkan ke Dinas PPKBP2PA komplek Balai Kota Tegal atau ke Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Penanganan Korban Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak (PPT Puspa).

“Kekerasan pada anak dan perempuan dapat disebabkan banyak faktor, diantaranya ekonomi, emosi belum matang dan sebagainya”, terang Dia.

Pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana yang telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, kata Gunarto, ancaman pelaku tindak kekerasan pada anak yaitu ancaman pidana.

Sedangkan untuk pelaku KDRT, pengaturan hukum mengenai kekerasan dalam rumah tangga diatur dalam Undang-Undang No. 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT). (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Kader Kesehatan Diminta Makin Giat Sebarluaskan Program Kesehatan
Berita 14 Jul, 2017

Kader Kesehatan Diminta Makin Giat Sebarluaskan Program Kesehatan

TEGAL- Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno meminta seluruh Kader Kesehatan di Kota Tegal agar makin giat dan aktif…

Sambut Tahun Baru Islam 1439 Hijriah, Polres Tegal Kota Gelar Doa Bersama
Berita 20 Sep, 2017

Sambut Tahun Baru Islam 1439 Hijriah, Polres Tegal Kota Gelar Doa Bersama

TEGAL –Berbagai cara dilakukan oleh umat Islam dalam menyambut tahun baru islam, 1 Muharram 1439 Hijriah. Tidak terkecuali keluarga besar…

Lulus 100 Persen, Sebuah Prestasi Untuk Kota Tegal.
Berita 24 Apr, 2018

Lulus 100 Persen, Sebuah Prestasi Untuk Kota Tegal.

TEGAL – Pjs Walikota Tegal Drs.  Achmad Rofai, M.Si beserta rombongan dari Dinas Pendidkan Kota Tegal melakukan pantauan pelaksanaan Ujian…

Teater Qi Tegal Akan Pentaskan Rashomon
Berita 27 Oct, 2017

Teater Qi Tegal Akan Pentaskan Rashomon

TEGAL – Jika anda penikmat seni dan budaya tak salah bila anda menyaksikan sebuah pementasan oleh Teater Qi Tegal dengan…

Per 1 Januari 2018, Upah di Kota Tegal Minimal UMK
Berita 02 Jan, 2018

Per 1 Januari 2018, Upah di Kota Tegal Minimal UMK

TEGAL- Mulai 1 Januari 2018, pembayaran upah pegawai (buruh) di Kota Tegal minimal UMK sebesar Rp 1.630.500. Kepala Dinas Tenaga…

Dinas Kesehatan Harus Bisa Meningkatkan Kinerja.
Berita 03 Jul, 2018

Dinas Kesehatan Harus Bisa Meningkatkan Kinerja.

Tegal - Halal Bi Halal keluarga besar Dinas Kesehatan Kota tegal dengan tema Sucikan Hati Menuju Kemenangan Sejati, Selasa 3…

Most from this category