DPRD Akan Tindak Lanjuti LHP BPK-RI

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal, Edy Suripno menyampaikan siap untuk menindak lanjuti Laporan Hasil Pemeriksaa (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah yang sudah diserah terimakan Senin (11/12) di Kantor BPK-RI Persakilan Provinsi Jawa Tengah, Semarang.

Politisi dari PDIP ini menyampaikan, bahwa LHP dari BPK-RI ini akan dijadikan sebagai dasar atas pengawasan DPRD terhadap tata kelola aset di Pemerintah Kota Tegal. Pihaknya akan melihat secara detail hasil LHP BPK-RI ini dan akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tegal.

Dari sekilas hasil LHP tersebut, Edy Suripno menuturkan ada bebrapa hal yang di cermati oleh BPK-RI, Ia mencontohkan terkait pada penataan aset, seperti beberapa aset tanah Pemkot Tegal yang belum disertifikatkan, ini artinya kedepan perlu dianggarkan untuk pembiayaan pembuatan sertifikat aset-aset milik Pemkot Tegal tersebut.

Hal lain yang menjadi temuan BPK-RI adalah ada aset milik Pemkot Tegal yang sudah dilepas namun belum dihilangkan dari neraca aset, contohnya beberapa kendaraan yang sudah dilelang namun masih tercatat pada neraca aset daerah.

Sementara itu Plt. Walikota Tegal M Nursholeh yang juga hadir dalam Penyerahan LHP Atas Manajemen Aset Tahun Anggaran 2016 dan 2017, menyampaikan akan menindak lanjuti serius LHP dari BPK RI tersebut, pihaknya akan memberikan perhatian khusus bagi Kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih menyisakan persoalan aset, dengan dasar LHP BPK-Ri tersebut. dengan selalu berkoordinasi dengan BPK-RI, Nursholeh optimis Pemerintah Kota Tegal akan berhasil menyelesaiakan persoalan-persoalan asset kedepan.

Masih dalam kegiatan yang sama, Kepala perwakilan BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Hery Subowo, didepan beberapa pimpinan daerah yang menerima LHP, Ia menghimbau agar LHP yang diserahkan ini untuk diperhatikan dengan baik, untuk kemudian ditindaklanjuti. Kepada DPRD, Hery Subowo menyampaikan agar LHP ini bisa dijadikan sebagai dasar dalam melakukan pengawasan kepada eksekutif.

Dan bagi Kabupaten/Kota yang masih belum mendapatkan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), pihaknya akan selalu membantu membenahi persoalan yang dihadapai kabupaten /kota, baik dari pengadaan aset, pengelolaan bahkan sampai penghapusan aset, masih ada waktu untuk memperbaiki pada laporan yang akan disampaikan pada semester pertama tahun 2018 mendatang.

Berita Lainnya

Wali Kota Tegal Resmi Buka TMMD Sengkuyung Tahap – III
Berita 15 Oct, 2018

Wali Kota Tegal Resmi Buka TMMD Sengkuyung Tahap – III

Tegal – Wali Kota Tegal, Drs. H.M. Nursholeh M.MPd secara resmi membuka TMMD Sengkuyung tahap – III tahun 2018 yang…

Antara Hobi Dan Rekreasi Fauna
Berita 31 Jan, 2017

Antara Hobi Dan Rekreasi Fauna

TEGAL - Gelaran Latber Yudhistira BC yang dihelat setiap Rabu sore dan Minggu sore adalah merupakan kegiatan rutin gantangan yang…

Panwas Kota Tegal Umumkan Calon Komisioner Panwascam
Berita 25 Sep, 2017

Panwas Kota Tegal Umumkan Calon Komisioner Panwascam

TEGAL-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tegal resmi mengumumkan calon terpilih anggota panitia pengawas pemilihan kecamatan se-Kota Tegal, Senin (25/9). Sebanyak…

TMMD Selesaikan Pembangunan Saluran dan Pavingisasi di Kelurahan Kraton
Berita 03 May, 2018

TMMD Selesaikan Pembangunan Saluran dan Pavingisasi di Kelurahan Kraton

Pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) sengkuyung Tahap I tahun 2018 di Kota Tegal selama 30 hari telah menyelesaikan pekerjaan…

Pemkot akan Siapkan  Tim Pengkaji Sengketa Tanah Senko
Berita 06 Dec, 2017

Pemkot akan Siapkan Tim Pengkaji Sengketa Tanah Senko

Plt. Walikota, M. Nursholeh siap memback Up Warga di wilayah RT 7 dan RT 8 RW 3 Kelurahan Panggung, Kecamatan…

Reni Pilih Kota Tegal Yang Pro Investasi
Berita 04 Aug, 2017

Reni Pilih Kota Tegal Yang Pro Investasi

Tegal – Kota Tegal sebagai kota pro investasi mempunyai daya tarik tersendiri bagi para investor yang ingin melebarkan sayap usahanya…

Most from this category