Tambak Udang di Tegal Jadi Tempat Wisata Edukasi

TEGAL– Kota Tegal memang memiliki segudang potensi. Kota terkenal dengan sebutan Kota Bahari ini memang identik dengan hasil laut yang melimpah. Salah satunya, udang vannamei yang dibudi dayakan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Gulamah Kota Tegal, Kelurahan Panggung.

Ketua KUBE Gulamah Kota Tegal Teguh Sapari mengatakan kelompok bersama ini dibentuk sejak 2007 silam. Sebenarnya, mayoritas disini itu nelayan tradisional dengan perahu kecil. Budi daya udang hanya memanfaatkan waktu dikala paceklik agar dapur tetap ngebul.

“Ternyata, hasilnya sangat menguntungkan dan waktu panen udang sangat cepat”, kata Teguh saat ditemui Warta Bahari sembari memperbaiki jala ikan, Kamis (23/11) siang.

Menurut Teguh, udang mudah beradaptasi sehingga resiko udang mati sangat kecil. Selain itu, udang vannamei juga memiliki laju pertumbuhan yang cepat sehingga tidak perlu menunggu panen terlalu lama.

“Setelah panen parsial pertama, dalam 10 hari kedepan akan panen parsial yang kedua dan 10 hari selanjutnya untuk panen parsial yang ke tiga sebelum panen raya”, imbuh Dia.

Sejak itu, selain sebagai nelayan, 20 anggota kelompok ini mulai menekuni budi daya udang, terutama udang vannamei. Ayah dari sembilan anak itu menceritakan saat ini lahan tambak miliknya seluas 2000 meter persegi dan 1600 meter persegi untuk lahan tandon.

“Tandon artinya, air laut diamkan selama lima hari dalam lahan tersebut sebelum ditebar benih. Yen wis lima dina nembe bisa dinggo (Kalau sudah lima hari, baru bisa dimanfaatkan-red)”, imbuh Teguh.

KUBE Gulamah sering dijadikan study banding dan wisata edukasi, baik instansi pemerintahan, universitas, kelompok budidaya udang, sekolah dan sebagainya. Dalam buku tamu milik kelompok tersebut, tercatat kunjungan dari berbagai daerah seperti Politeknik Perikanan Negeri Tual Maluku, UNPAD Bandung.

Ada pula nelayan ABG Pontianak, instansi pemerintah, Otoritas Jasa Keungan, Perbankan dan sebagainya. “Mereka kesini untuk belajar bagaimana budi daya udang vannamei”, pungkas Teguh Sapari.

Sementara itu, rute untuk menuju ke lokasi KUBE Gulamah tidak jauh dari pusat kota. Akan lebih mudah jika melintas kawasan pantura Kota Tegal menemukan gerbang wisata Pantai Alam Indah (PAI), masih ke timur sampai menemukan papan SUPM Kota Tegal.

Setelah menjumpai papan nama tersebut, rute selanjutnya masuk Jalan Raya Martoloyo. Ikuti jalan tersebut maka akan sampai ke lokasi. Selama perjalanan, mata kita akan menikmati panorama tambak udang yang khas dengan kincirnya.

Dilokasi, kita juga dapat mandi di pantai. Tak hanya sekedar mandi saja, di pantai tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti stroke dan asam urat. Pantai tersebut dikenal oleh masyarakat dengan sebutan pantai Kodok. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Wasekjen DPP Hanura: Kader Partai Harus Tegak Lurus Ikuti Keputusan DPP
Berita 09 Jan, 2018

Wasekjen DPP Hanura: Kader Partai Harus Tegak Lurus Ikuti Keputusan DPP

TEGAL-Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Hanura Afifudin memerintahkan seluruh kader partai Hanura, tidak ada satupun kader partai yang…

Pemkot Tingkatkan Kerja Sama dengan Suara Merdeka
Berita 26 Jan, 2018

Pemkot Tingkatkan Kerja Sama dengan Suara Merdeka

Pemerintah Kota Tegal akan meningkatkan kerja sama dengan media dalam rangka hubungan kemitraan dalam membantu menginformasikan kepada khalayak tentang program-program…

Berita 16 Jan, 2018

Fasilitas Digratiskan, Penumpang Tidak Ada Peningkatan

TEGAL - Sudah genap satu tahun fasilitas yang berada di Terminal Kota Tegal digratiskan untuk penumpang.  Fasilitas tersebut sudah digratiskan…

Berita 03 Feb, 2018

Jadilah Generasi Yang Mampu Menyongsong Kompetisi Global

Tegal - Moment wisuda bagi mahasiswa yang diwisuda benar-benar saat yang sangat membanggakan sekaligus membahagiakan, setelah sekian lama merek menempuh…

Aktivitas Nelayan Cantrang Kembali Normal, Jaring Mulai di Perbaiki
Berita 26 Jul, 2017

Aktivitas Nelayan Cantrang Kembali Normal, Jaring Mulai di Perbaiki

TEGAL- Setelah mengantongi Surat Layak Operasional (SLO) dan surat izin yang lainnya, aktivitas nelayan cantrang Kota Tegal di Pelabuhan Perikanan…

Walikota Ajak Anggota MBC Indonesia Menikmati Kuliner Kota Tegal
Berita 23 Jan, 2017

Walikota Ajak Anggota MBC Indonesia Menikmati Kuliner Kota Tegal

TEGAL- Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno mengajak para anggota Motor Besar Club Indonesia (MBCI) untuk menikmati berbagai kuliner…

Most from this category