Tambak Udang di Tegal Jadi Tempat Wisata Edukasi

TEGAL– Kota Tegal memang memiliki segudang potensi. Kota terkenal dengan sebutan Kota Bahari ini memang identik dengan hasil laut yang melimpah. Salah satunya, udang vannamei yang dibudi dayakan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Gulamah Kota Tegal, Kelurahan Panggung.

Ketua KUBE Gulamah Kota Tegal Teguh Sapari mengatakan kelompok bersama ini dibentuk sejak 2007 silam. Sebenarnya, mayoritas disini itu nelayan tradisional dengan perahu kecil. Budi daya udang hanya memanfaatkan waktu dikala paceklik agar dapur tetap ngebul.

“Ternyata, hasilnya sangat menguntungkan dan waktu panen udang sangat cepat”, kata Teguh saat ditemui Warta Bahari sembari memperbaiki jala ikan, Kamis (23/11) siang.

Menurut Teguh, udang mudah beradaptasi sehingga resiko udang mati sangat kecil. Selain itu, udang vannamei juga memiliki laju pertumbuhan yang cepat sehingga tidak perlu menunggu panen terlalu lama.

“Setelah panen parsial pertama, dalam 10 hari kedepan akan panen parsial yang kedua dan 10 hari selanjutnya untuk panen parsial yang ke tiga sebelum panen raya”, imbuh Dia.

Sejak itu, selain sebagai nelayan, 20 anggota kelompok ini mulai menekuni budi daya udang, terutama udang vannamei. Ayah dari sembilan anak itu menceritakan saat ini lahan tambak miliknya seluas 2000 meter persegi dan 1600 meter persegi untuk lahan tandon.

“Tandon artinya, air laut diamkan selama lima hari dalam lahan tersebut sebelum ditebar benih. Yen wis lima dina nembe bisa dinggo (Kalau sudah lima hari, baru bisa dimanfaatkan-red)”, imbuh Teguh.

KUBE Gulamah sering dijadikan study banding dan wisata edukasi, baik instansi pemerintahan, universitas, kelompok budidaya udang, sekolah dan sebagainya. Dalam buku tamu milik kelompok tersebut, tercatat kunjungan dari berbagai daerah seperti Politeknik Perikanan Negeri Tual Maluku, UNPAD Bandung.

Ada pula nelayan ABG Pontianak, instansi pemerintah, Otoritas Jasa Keungan, Perbankan dan sebagainya. “Mereka kesini untuk belajar bagaimana budi daya udang vannamei”, pungkas Teguh Sapari.

Sementara itu, rute untuk menuju ke lokasi KUBE Gulamah tidak jauh dari pusat kota. Akan lebih mudah jika melintas kawasan pantura Kota Tegal menemukan gerbang wisata Pantai Alam Indah (PAI), masih ke timur sampai menemukan papan SUPM Kota Tegal.

Setelah menjumpai papan nama tersebut, rute selanjutnya masuk Jalan Raya Martoloyo. Ikuti jalan tersebut maka akan sampai ke lokasi. Selama perjalanan, mata kita akan menikmati panorama tambak udang yang khas dengan kincirnya.

Dilokasi, kita juga dapat mandi di pantai. Tak hanya sekedar mandi saja, di pantai tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti stroke dan asam urat. Pantai tersebut dikenal oleh masyarakat dengan sebutan pantai Kodok. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

64 orang Tim Teknis OPD ikuti Workshop LKjIP tahun 2017
Berita 14 Feb, 2017

64 orang Tim Teknis OPD ikuti Workshop LKjIP tahun 2017

TEGAL - Dalam upayanya meningkatkan kinerja serta membekali ilmu pengetahuan bagi Tim Teknis penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2016…

Berita 26 Sep, 2017

KPU Kota Tegal Lounching Tahapan Pilkada

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal  secara resmi meluncurkan tahapan pilkada tahun 2018, Selasa (26/9) di halaman KPU Kota Tegal,…

FEDEP Kota Tegal Raih Juara 2 Stand Terbaik Pemeran Produk Unggulan Jawa Tengah
Berita 11 Sep, 2017

FEDEP Kota Tegal Raih Juara 2 Stand Terbaik Pemeran Produk Unggulan Jawa Tengah

SEMARANG – Adanya forum untuk pengembangan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja pada tingkat Kabupaten/Kota yang berorientasi pada program kemitraan yang terlembaga…

TMMD Sasar Saluran dan Pavingisasi Kelurahan Kraton
Berita 04 Apr, 2018

TMMD Sasar Saluran dan Pavingisasi Kelurahan Kraton

Pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) sengkuyung Tahap I tahun 2018 di Kota tegal menyasar pembangunan saluran dan pavingisasai di…

Kenang Jasa Pahlawan, Jalasenastri Cab. 7 Korcab V Lanal Tegal Ziarah di TMP Pura Kusuma Negara
Berita 24 Aug, 2018

Kenang Jasa Pahlawan, Jalasenastri Cab. 7 Korcab V Lanal Tegal Ziarah di TMP Pura Kusuma Negara

TEGAL-Jalasenastri Cab. 7 Korcab V Pangkalan TNI-AL (LANAL) Tegal, melaksanakan Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura…

Salah Seorang Transmigran Asal Kota Tegal Meninggal
Berita 04 Dec, 2017

Salah Seorang Transmigran Asal Kota Tegal Meninggal

Salah satu kepala keluarga transmigran, Bambang Sugiono (47) warga warga Rt 10, RW 03 kelurahan Mangkukusuman, meninggal dunia di Tegal,…

Most from this category