DLH Kota Tegal Gelar Bintek Pengelolaan Limbah

TEGAL-Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tegal menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis Pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun bagi perusahaan dan fasilitas pelayanan kesehatan, Selasa (21/11) di aula eks Samsat komplek Balai Kota Tegal.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Haryoto dalam laporannya mengatakan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman bagi pelaku usaha tentang kewajiban pengelolaan limbah B3 yang dihaslilkan.

“Adanya kegiatan ini diharapkan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi pelaku usaha dalam pengelolaan limbah”, kata Haryoto.

Kepala DLH Kota Tegal M. Rudy Herstyawan menyampaikan sesuai amanat Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup menyebutkan pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun merupakan tanggung jawab pihak yang menghasilkan limbah tersebut.

Namun, kata  Rudy, pengelolaan limbah ini memerlukan teknologi dan tenaga ahli khusus, sehingga bisa menjadikan beban jika dilakukan sendiri. Oleh sebab itu, pemerintah memberikan kebijakan kepada para penghasil untuk menyerahkan kegiatan pengelolaan limbah B3 kepada pihak lain, yaitu fasilitas jasa pengelolaan limbah yang berbadan hukum dan memiliki izin dari pemerintah.

“Sebab kalau tidak diolah, jenis limbah B3 yang dibuang langsung ke lingkungan merupakan sumber pencemaran dan dapat merusak lingkungan”, kata Rudy.

Rudy menambahkan. untuk menghindari dampak akibat limbah B3 diperlukan suatu sistem pengelolaan yang terintegrasi dan berkesinambungan.”Upaya pengeloaan limbah B3 tersebut merupakan suatu usaha dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkingan hidup”, pungkas Rudy.

Sementara itu, sebagai peserta kegiatan pera pelaku usaha diberbagai sektor, perwakilan fasilitas pelayanan kesehatan dan sebagai narasumber Kepala Sub Direktorat Prasana dan Jasa Direktorat Penilaian Kinerja Pengelolaan Limbah B3 Kementerian LHK Euwis Ekawati, M.S. dan Staf Direktorat Penilaian Kinerja Pengelolaan Limbah B3 Kementerian LHK Kurniawan Akbar. (Sa. Amin/wartabahari.com)

 

Berita Lainnya

Prodi Akuntansi Sektor Publik PHB Dampingi Pembentukan BUMDes
Berita 29 Apr, 2019

Prodi Akuntansi Sektor Publik PHB Dampingi Pembentukan BUMDes

TEGAL - Merujuk pada nawacita yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo untuk pemerataan kesejahteraan masyarakat Indonesia terutama di daerah pedesaan,…

PLN Terjang Hujan dan Banjir untuk Layani Masyarakat
Berita 02 Feb, 2018

PLN Terjang Hujan dan Banjir untuk Layani Masyarakat

Sebagai bagian dari komitmen PLN untuk melayani pelanggan 24 jam, PLN Rayon Comal cepat tanggap hadapi padam yang diakibatkan hujan…

Pengurus PGSI Kota Tegal Dilantik
Berita 09 Aug, 2018

Pengurus PGSI Kota Tegal Dilantik

TEGAL – Pelantikan Pengurus Daerah Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI) Kota Tegal periode 2018 – 2023 berlangsung di Pendopo Ki…

Wali Kota : Kyai Mukhlas Simbol Perjuangan Santri Tegal
Berita 22 Oct, 2018

Wali Kota : Kyai Mukhlas Simbol Perjuangan Santri Tegal

Dalam sambutan memperingati hari Santri Nasional tahun 2018, yang berlangsung di lapangan Alun-alun Kota Tegal, Senin (22/10) Wali Kota Tegal,…

Buka Puasa Bersama PDAM, Wali Kota Himbau Tambah Jaringan Baru
Berita 16 May, 2019

Buka Puasa Bersama PDAM, Wali Kota Himbau Tambah Jaringan Baru

Saat berbuka puasa bersama jajaran PDAM kota Tegal, Kamis (16/5) di kantor PDAM kota Tegal, Wali Kota Tegal Dedy Yon…

Keberadaan PMI Kota Tegal Menjadi Bagian Penting Dalam Pemberdayaan Masyarakat.
Berita 02 Oct, 2018

Keberadaan PMI Kota Tegal Menjadi Bagian Penting Dalam Pemberdayaan Masyarakat.

Tegal – Bulan Dana PMI Tahun 2018 di Kota Tegal secara resmi dinyatakan dimulai oleh Wali Kota Tegal, Drs. H.M.…

Most from this category