Dislatan Kota Tegal Gencar Ajak Masyarakat Makan Ikan

TEGAL-Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal gencarkan gerakan Ayo Makan Ikan (Gemarikan) Menuju Generasi Sehat, Cerdas dan Kuat.

Kali ini kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Konsumsi Ikan digelar Kamis (16/11) di aula Kecamatan Tegal Selatan. Sedikitnya 100 siswa sekolah dasar di wilayah Kec. Tegal Selatan hadir mengikuti kegiatan tersebut.

Hadir pula, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal Hj. Endang Nursoleh, Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Ir. Setyo Widardo mewakili Kepala Dislatan Kota Tegal Ir. Noor Fuady, Camat Tegal Selatan Herlien Tjokrowati , Pegiat Kampung Dongeng Tedi Kartino dan undangan lainya.

Dalam sambutannya, Camat Tegal Selatan Herlien Tjokrowati mengatakan anak-anak harus makan ikan sebab ikan mengandung protein hewani. “Kalau di rumah ibu masak ikan jangan menolak, karena ikan menyehatkan dan harus dimakan sampai habis”, kata Herlien.

Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Ir. Setyo Widardo mewakili Kepala Dislatan Kota Tegal Noor Fuady menambahkan anak-anak jangan malu untuk dibuatkan makanan dari olahan ikan. Sebab ikan itu menyehatkan. “Daya tangkap anak lebih mudah kalau gemar mengkonsumsi ikan”, imbuhnya.

Sementara itu, Tim Penggerak PKK Kota Tegal Endang Nursoleh mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan, karena ikan sangat lezat rasanya dan dapat meningkatkan pertumbuhan anak, baik saat masih dalam kandungan maupun sampai generasi pnerus nanti.

“Asupan gizi dari ikan ini dapat mencerdaskan otak kita. Makin banyak makan ikan, maka akan semakin cerdas”, kata Endang.

Endang berharap, masyarakat makan ikan minimal 3 kali salam seminggu. Karena ikan mengandung zat gizi seperti protein, mineral, vitamin, lemak ikan dan omega tiga. Kandungan protein pada ikan sangat mudah dicerna. Selain itu, ikan memiliki kandungan asam amino yang lengkap dibandingkan bahan lainnya. Sehingga dapat merangsang perkembangan otak dan perkembangan tubuh.

“Anak-anak jangan takut makan ikan, sebab dengan makan ikan menyebabkan lebih aktif cerdas, kuat, sehat”, pungkas Endang.

Sementara itu, anak-anak juga berikan memotivasi agar mau makan ikan dari Kampung Dongeng Tegal Tedi Kartino. Nampak anak-anak bergembira mendengarkan dongeng yang dibawakan Kak Tedi sapaan akrab Tedi Kartino. (Sa. Amin/wartabahari.vom)

Berita Lainnya

Walikota Serahkan DPA TA 2017 Kepada OPD
Berita 17 Jan, 2017

Walikota Serahkan DPA TA 2017 Kepada OPD

TEGAL- Guna melaksanakan kegiatan pemerintahan di tahun 2017, Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno menyerahkan DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran)…

Hasil Kejuaraan Pencak Silat dalam POPDA Kota Tegal
Berita 28 Feb, 2017

Hasil Kejuaraan Pencak Silat dalam POPDA Kota Tegal

TEGAL – Cabang olahraga Pencak Silat dalam Popda tingkat Kota Tegal adalah cabang olahraga yang menyediakan kelas yang paling banyak,…

Jelang Pilkada Warga Diminta Jaga Kerukunan
Berita 28 Feb, 2018

Jelang Pilkada Warga Diminta Jaga Kerukunan

TEGAL- Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tegal Tahun 2018, Pjs.Walikota Tegal Drs.Achmad Rofai, M.SI meminta seluruh warga Kota Tegal…

Reni Pilih Kota Tegal Yang Pro Investasi
Berita 04 Aug, 2017

Reni Pilih Kota Tegal Yang Pro Investasi

Tegal – Kota Tegal sebagai kota pro investasi mempunyai daya tarik tersendiri bagi para investor yang ingin melebarkan sayap usahanya…

Cinta NKRI dengan Jalan Kaki
Berita 14 Mar, 2017

Cinta NKRI dengan Jalan Kaki

TEGAL – Rasa cinta terhadap bangsa dapat diekspresikan dengan cara dan gaya masing – masing orang atau kelompok. Itu adalah…

Empat keluarga Asal Kota Tegal Berangkat Transmigrasi ke Kalimantan
Berita 27 Nov, 2017

Empat keluarga Asal Kota Tegal Berangkat Transmigrasi ke Kalimantan

Sebanyak Empat Keluarga asal Kota Tegal berangkat bertransmigrasi ke Kalimantan, Senin (27/11), 4 kepala keluarga transmigran di damping Plt. kepala…

Most from this category