Pengusaha Wajib Susun Struktur dan Skala Upah

TEGAL-Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal gelar workshop penyusunan struktur dan skala upah, Rabu (15/11) di Pesona Hotel, Jalan Gajah Mada Kota Tegal.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Disnakerin Kota Tegal Markus Wahyu Priyono, Dewan Pengupahan Provinsi Jawa Tengah, dan perwakilan dari perusahaan di wilayah Kota Tegal.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Umi Pramunarti, mengatakan kegiatan ini untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para pengusaha mengenai penyusunan struktur dan penerapan skala upah.

“Sehingga, para pengusaha memahani struktur dan skala upah dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja buruh guna kemajuan perusahaan”, kata Dewi.

Kepala Disnakerin Kota Tegal Markus Wahyu Priyono mengatakan pembangunan ketenagakerjaan harus diatur, sehingga hak-hak dan perlindungan yang mendasar bagi pekerja atau buruh terpenuhi.

“Perlindungan terhadap tenaga kerja dimaksudkan untuk menjamin hak hak dasar pekerja atau buruh”, kata Markus.

Dikatakan Markus, kebijakan struktur dan skala upah dimaksudkan memberikan rasa nyaman dalam bekerja dan adanya jaminan keadilan bagi pekerja atau buruh dalam memperoleh haknya.

Selain itu, Bersadarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 1 Tahun 2017 tentang Struktur dan Skala Upah mengamanatkan kewajiban bagi pengusaha untuk menyusun struktur dan skala upah dengan memperhatikan golongan, jabatan, masa kerja, pendidikan dan kompetensi.

“Bagi pengusaha yang belum menyusun struktur dan skala upah wajib menyusun dan menetapkan paling lambat tanggal 23 Oktober 2017”, imbuh Markus.

Sedangkan, bagi pengusaha yang sudah menyusun struktur dan skala upah namun belum melaksanakan kewajiban pemberitahuan maka wajib melaksanakan peraturan paling lambat tanggal 23 Oktober 2017.

Sementara itu, sebagai narasumber workshop penyusunan struktur dan skala upah ini Dewan Pengupahan Prov. Jawa Tengah Noerwito, MM.MBA.,(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Siswa Kejar Paket C Siap UNBK
Berita 19 Mar, 2017

Siswa Kejar Paket C Siap UNBK

TEGAL-Sebanyak 95 siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sarana Maju yang mengikuti program kejar paket C tahun ini tahun ini…

Didepan Ribuan Umat Kapolres Tegal Kota Serukan Lawan Terorisme
Berita 14 May, 2018

Didepan Ribuan Umat Kapolres Tegal Kota Serukan Lawan Terorisme

Menyikapi kejadian beberapa waktu terakhir dimana aksi teror begitu masif terjadi di Mako Brimob dan Surabaya, Kapolres Tegal Kota AKBP.…

Peluang Usaha Bersama Barbershop Harmonis
Berita 19 Jan, 2019

Peluang Usaha Bersama Barbershop Harmonis

Tegal – Bertempat di Hotel Priemer, sejumlah peserta didik kursus Barbershop Harmonis diberikan sertifikat, setelah berhasil melalukan pelatihan memotong rambut,…

Teater RSPD Kota Tegal Ikuti Parade Teater Daerah
Berita 21 Jun, 2019

Teater RSPD Kota Tegal Ikuti Parade Teater Daerah

Jakarta – Teater RSPD Kota Tegal mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam Parade Teater Daerah ke 8 di Sasono Langgen Budaya…

Turnament Balap Sepeda Wali Kota Cup akan digelar 23 Desember Mendatang
Berita 18 Dec, 2017

Turnament Balap Sepeda Wali Kota Cup akan digelar 23 Desember Mendatang

Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kota Tegal akan menggelar lomba balap sepedaWali Kota Cup,  Creterium dan Individual Road Race (IRR)yang…

Hari Ini, Pemkot Canangkan Tegal Kota Kuliner
Berita 17 Mar, 2017

Hari Ini, Pemkot Canangkan Tegal Kota Kuliner

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal bakal mencanangkan sebagai Kota Kuliner, Kamis, 17 Maret 2017 di Jalan Veteran Kota Tegal pukul 14.00 WIB.…

Most from this category