Pengusaha Wajib Susun Struktur dan Skala Upah

TEGAL-Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal gelar workshop penyusunan struktur dan skala upah, Rabu (15/11) di Pesona Hotel, Jalan Gajah Mada Kota Tegal.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Disnakerin Kota Tegal Markus Wahyu Priyono, Dewan Pengupahan Provinsi Jawa Tengah, dan perwakilan dari perusahaan di wilayah Kota Tegal.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Umi Pramunarti, mengatakan kegiatan ini untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para pengusaha mengenai penyusunan struktur dan penerapan skala upah.

“Sehingga, para pengusaha memahani struktur dan skala upah dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja buruh guna kemajuan perusahaan”, kata Dewi.

Kepala Disnakerin Kota Tegal Markus Wahyu Priyono mengatakan pembangunan ketenagakerjaan harus diatur, sehingga hak-hak dan perlindungan yang mendasar bagi pekerja atau buruh terpenuhi.

“Perlindungan terhadap tenaga kerja dimaksudkan untuk menjamin hak hak dasar pekerja atau buruh”, kata Markus.

Dikatakan Markus, kebijakan struktur dan skala upah dimaksudkan memberikan rasa nyaman dalam bekerja dan adanya jaminan keadilan bagi pekerja atau buruh dalam memperoleh haknya.

Selain itu, Bersadarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 1 Tahun 2017 tentang Struktur dan Skala Upah mengamanatkan kewajiban bagi pengusaha untuk menyusun struktur dan skala upah dengan memperhatikan golongan, jabatan, masa kerja, pendidikan dan kompetensi.

“Bagi pengusaha yang belum menyusun struktur dan skala upah wajib menyusun dan menetapkan paling lambat tanggal 23 Oktober 2017”, imbuh Markus.

Sedangkan, bagi pengusaha yang sudah menyusun struktur dan skala upah namun belum melaksanakan kewajiban pemberitahuan maka wajib melaksanakan peraturan paling lambat tanggal 23 Oktober 2017.

Sementara itu, sebagai narasumber workshop penyusunan struktur dan skala upah ini Dewan Pengupahan Prov. Jawa Tengah Noerwito, MM.MBA.,(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Rakor Lintas Sektoral, Untuk Menjaga Kondusifitas Tegal Selatan
Berita 25 May, 2018

Rakor Lintas Sektoral, Untuk Menjaga Kondusifitas Tegal Selatan

TEGAL - Rakor lintas sektoral untuk menjaga kondusifitas wilayah Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, dalam rangka bulan ramadhan. Rakor tersebut…

Tekan Biaya Produksi, Pengusaha Lokal Beralih Ke Listrik PLN
Berita 27 Sep, 2018

Tekan Biaya Produksi, Pengusaha Lokal Beralih Ke Listrik PLN

TEGAL - Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, PLN Area Tegal melakukan kunjungan ke beberapa pelanggan di wilayah…

Toko Pakaian Mulai Diserbu Warga
Berita 07 Jun, 2017

Toko Pakaian Mulai Diserbu Warga

TEGAL-Meski Idul Fitri 1438 Hijriyah masih lama, namun warga berbondong-bondong menyerbu toko pakaian di komplek Pasar Pagi Kota Tegal, Rabu…

Strategi Jemput Bola Tukang Jahit Keliling
Berita 29 Jul, 2017

Strategi Jemput Bola Tukang Jahit Keliling

TEGAL – Sering kita jumpai tukang jahit keliling di jalanan, di depan perumahan, perkampungan bahkan ada pula yang di area…

Sekitar 200 Anak Ramaikan Kado Pekan Ceria
Berita 06 Aug, 2017

Sekitar 200 Anak Ramaikan Kado Pekan Ceria

TEGAL- Memperingati Hari Anak dan HUT Kemerdekaan RI ke 72, Forum Anak Tegal Bahari (FANTRI) bekerjasama dengan Kampung Dongeng memberikan…

Plt. Walikota Minta Dibentuk Komunitas Masyarakat Siaga Bencana
Berita 27 Nov, 2017

Plt. Walikota Minta Dibentuk Komunitas Masyarakat Siaga Bencana

Memasuki bulan November, dimana terjadi cuaca yang cukup ekstrim, termasuk  bencana banjir, rob dan angina, perlu di sikapi dengan kesiapsiagaan…

Most from this category