Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku

Tegal – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017 merupakan agenda rutin tahunan nasional bagi seluruh jajaran kesehatan baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat sebagai momentum tahunan untuk membangun kebersamaan dalam menyatukan komitment bersama mewujudkan derajat kesehatan masyarakat lebih baik.

Apel peringatan HKN ke – 53 yang dilaksanakan di depan gedung Dinas Kesehatan Kota Tegal, jalan Proklamasi No. 16 ini dihadiri oleh jajaran Forkompinda, kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Plt. Sekda Kota Tegal, OPD dan Camat Se Kota Tegal, Pimpinan BPJS Kesehatan Kota Tegal, Direktur RS se Kota Tegal, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal, Darma Wanita, Kepala Puskesmas, dan BP4, serta pimpinan organisasi profesi kesehatan.

Bertindak sebagai peserta apel berasal dari pasukan staf Dinas Kesehatan Kota Tegal, perwakilan dari IDI, PDGI, IBI, HAKLI, PESAGI, IAI, PAFI, FATELKI, IAKMI, IKATEMI, Kader Kesehatan, LSM peduli Kesehatan dan dari perguruan tinggi kesehatan yang ada di Kota Tegal.

Sebagaimana disampaikan oleh Plt. Walikota Tegal,  Drs. H.M. Nursholeh, M.M.Pd atau yang akrab dipanggil Kang Nursholeh saat menjadi Inpektur apel peringatan HKN sesaat setelah menyampaikan sambutan secara utuh dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M bahwa kesehatan adalah prioritas dan merupakan pilar utama tercapainya indeks pembangunan manusia dan kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tegal memberikan perhatian penuh untuk terwujudnya derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya melalui berbagai program,” ucap Kang Nursholeh.

“Untuk itu dalam kesempatan yang baik ini saya mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung seluruh peraturan, kebijakan dan program pemerintah demi terwujudnya Kota Tegal yang sejahtera dan bermartabat berbasis pelayanan prima,” tambah Kang Nursholeh.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, DR.dr. Suharjo, MM saat memberikan laporan menyampaikan bahwa tujuan Apel bersama dalam rangkap peringatan HKN ke -53 adalah bertujuan untuk menggalang komitment dari pemerintah, dunia usaha, organisasi profesi kesehatan dan organisasi kemasyarakatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan, mendorong masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat didukung melalui keluarga sehat dan gerakan masyarakat hidup sehat.

“Tema HKN tahun 2017 ini adalah “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Tema tersebut sejalan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat” ucap Suharjo ketika diwawancarai awak media.

Rangkaian kegiatan yang turut memeriahkan HKN adalah lomba yel-yel kesehatan, lomba goyang heboh cuci tangan pakai sabun, lomba cerdas cermat kader kesehatan bagi kader kesehatan, lomba jingle promosi kesehatan bagi siswa SMA sederajat, senam sehat bersama, anjangsana kepada kelompok masyarakat beresiko tinggi di 4 kecamatan se Kota Tegal, dan Apel besar Hari Kesehatan Nasional.

Rangkaian apel juga dilaksanaan pencanangan Germas dengan ditandai penandatanganan komitmen Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kota Tegal yang diawali oleh Kang Nursholeh dan dilanjutkan dengan Forkompinda dan tamu undangan dan dilanjutkan pelepasan balon udara yang mengiringi pencanangan Germas.

Usai apel acara dilanjutkan dengan resepsi yang dimulai dengan pemotongan tumpeng oleh Plt. Walikota.

 

Berita Lainnya

Selamatkan Generasi Muda Kota Tegal dari Narkoba
Berita 11 May, 2017

Selamatkan Generasi Muda Kota Tegal dari Narkoba

Tegal – “Anak-anak harus hati-hati, karena mulanya dari coba-coba, di kasih gratis sampai ketergantungan, sehingga saat kita tidak bisa berfikir…

Gerai Kapal Hasil Ukur Ulang di PPP Tegal hasilkan PNBP lebih dari 5 Milyar
Berita 30 Nov, 2017

Gerai Kapal Hasil Ukur Ulang di PPP Tegal hasilkan PNBP lebih dari 5 Milyar

TEGAL – Pelaksanaan kegiatan gerai perizinan kapal perikanan hasil ukur ulang di tiap sentra perikanan di seluruh Indonesia terus diminati…

PMI Kecamatan  Tegal Barat Gelar Donor Darah
Berita 05 Apr, 2017

PMI Kecamatan Tegal Barat Gelar Donor Darah

TEGAL-Dalam rangka HUT Kota Tegal yang ke-437, Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Tegal Barat bersama Unit Transfusi Darah (UTD) PMI…

Pemerintah Kota Tegal dan Jajaran Forkompinda Siap Memberikan Edukasi Kepada Masyarakat.
Berita 10 Aug, 2017

Pemerintah Kota Tegal dan Jajaran Forkompinda Siap Memberikan Edukasi Kepada Masyarakat.

Tegal – “Pada malam ini sebagai bentuk rasa syukur kita, Alhamdulillah ada silaturahmi yang membahagiakan dengan anggota Forkompinda yang baru,…

Tingkat Kemiskinan Kota Tegal Menurun
Berita 28 Dec, 2017

Tingkat Kemiskinan Kota Tegal Menurun

Tingkat kemiskinan kota Tegal dari tahun ke tahun menunjukan trend terus menurun dari 10,04% pada tahun 2012 menjadi 8,20% di…

Libur Lebaran menjadi Berkah Bagi Penyedia Jasa Sewa Ban
Berita 30 Jun, 2017

Libur Lebaran menjadi Berkah Bagi Penyedia Jasa Sewa Ban

TEGAL – Libur Hari Raya Idul Fitri 1438 H menjadi berkah bagi penyedia jasa sewa ban di lokasi Obyek Wisata…

Most from this category