Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku

Tegal – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017 merupakan agenda rutin tahunan nasional bagi seluruh jajaran kesehatan baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat sebagai momentum tahunan untuk membangun kebersamaan dalam menyatukan komitment bersama mewujudkan derajat kesehatan masyarakat lebih baik.

Apel peringatan HKN ke – 53 yang dilaksanakan di depan gedung Dinas Kesehatan Kota Tegal, jalan Proklamasi No. 16 ini dihadiri oleh jajaran Forkompinda, kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Plt. Sekda Kota Tegal, OPD dan Camat Se Kota Tegal, Pimpinan BPJS Kesehatan Kota Tegal, Direktur RS se Kota Tegal, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal, Darma Wanita, Kepala Puskesmas, dan BP4, serta pimpinan organisasi profesi kesehatan.

Bertindak sebagai peserta apel berasal dari pasukan staf Dinas Kesehatan Kota Tegal, perwakilan dari IDI, PDGI, IBI, HAKLI, PESAGI, IAI, PAFI, FATELKI, IAKMI, IKATEMI, Kader Kesehatan, LSM peduli Kesehatan dan dari perguruan tinggi kesehatan yang ada di Kota Tegal.

Sebagaimana disampaikan oleh Plt. Walikota Tegal,  Drs. H.M. Nursholeh, M.M.Pd atau yang akrab dipanggil Kang Nursholeh saat menjadi Inpektur apel peringatan HKN sesaat setelah menyampaikan sambutan secara utuh dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M bahwa kesehatan adalah prioritas dan merupakan pilar utama tercapainya indeks pembangunan manusia dan kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tegal memberikan perhatian penuh untuk terwujudnya derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya melalui berbagai program,” ucap Kang Nursholeh.

“Untuk itu dalam kesempatan yang baik ini saya mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung seluruh peraturan, kebijakan dan program pemerintah demi terwujudnya Kota Tegal yang sejahtera dan bermartabat berbasis pelayanan prima,” tambah Kang Nursholeh.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, DR.dr. Suharjo, MM saat memberikan laporan menyampaikan bahwa tujuan Apel bersama dalam rangkap peringatan HKN ke -53 adalah bertujuan untuk menggalang komitment dari pemerintah, dunia usaha, organisasi profesi kesehatan dan organisasi kemasyarakatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan, mendorong masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat didukung melalui keluarga sehat dan gerakan masyarakat hidup sehat.

“Tema HKN tahun 2017 ini adalah “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Tema tersebut sejalan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat” ucap Suharjo ketika diwawancarai awak media.

Rangkaian kegiatan yang turut memeriahkan HKN adalah lomba yel-yel kesehatan, lomba goyang heboh cuci tangan pakai sabun, lomba cerdas cermat kader kesehatan bagi kader kesehatan, lomba jingle promosi kesehatan bagi siswa SMA sederajat, senam sehat bersama, anjangsana kepada kelompok masyarakat beresiko tinggi di 4 kecamatan se Kota Tegal, dan Apel besar Hari Kesehatan Nasional.

Rangkaian apel juga dilaksanaan pencanangan Germas dengan ditandai penandatanganan komitmen Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kota Tegal yang diawali oleh Kang Nursholeh dan dilanjutkan dengan Forkompinda dan tamu undangan dan dilanjutkan pelepasan balon udara yang mengiringi pencanangan Germas.

Usai apel acara dilanjutkan dengan resepsi yang dimulai dengan pemotongan tumpeng oleh Plt. Walikota.

 

Berita Lainnya

Walikota Tanam Pohon Bidaran Laut di APEKSI XII 2017
Berita 25 Jul, 2017

Walikota Tanam Pohon Bidaran Laut di APEKSI XII 2017

MALANG - Hari terakhir pelaksanaan Apeksi XII 2017, Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno melakukan penanaman pohon Bidaran Laut…

Amir Mirza Divonis 7 Tahun Penjara
Berita 23 Apr, 2018

Amir Mirza Divonis 7 Tahun Penjara

Semarang - Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Antonius Widijantono, S.H memvonis 7 tahun penjara dan denda…

Progdi BPSI UPS Tegal Hadirkan 4 Pementasan Drama
Berita 28 Nov, 2017

Progdi BPSI UPS Tegal Hadirkan 4 Pementasan Drama

TEGAL – Sejumlah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal akan menggelar…

PDPI Cabang Jateng Adakan Simposium Asma dan PPOK
Berita 18 Dec, 2017

PDPI Cabang Jateng Adakan Simposium Asma dan PPOK

TEGAL – Pelaksanaan Simposium Sehari Asma dan PPOK dalam Praktek Pelayanan Primer oleh Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) cabang Jawa…

Tinjau Lokasi TMMD dan Dialog Bersama Warga
Berita 04 May, 2017

Tinjau Lokasi TMMD dan Dialog Bersama Warga

TEGAL- Usai upacara penutupan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2017 di Kelurahan Muarareja Kecamatan Tegal…

Plt. Walikota Beramah Tamah Dengan Gubernur
Berita 25 Jun, 2018

Plt. Walikota Beramah Tamah Dengan Gubernur

Semarang - Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah di dampingi Sekda Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ir. Sri Puryono, MP,…

Most from this category