Dinkes Kota Tegal Tinjau Jamban Warga

TEGAL-Pentingnya keberadaan jamban keluarga dalam rangka memenuhi kualitas kesehatan masyarakat menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal. Pada tahun ini, Dinkes telah memberikan stimulan sebanyak 150 unit yang bersumber dari APBD II dan 66 unit yang bersumber dari APBD I.

Pembangunan 150 unit jamban yang menyasar masyarakat kurang mampu itu telah rampung. Oleh karena itu, Dinkes Kota Tegal, Kamis (2/11) melakukan peninjauan kepada masyarakat penerima stimulant tersebut.

Secara acak, kegiatan yang dipimpin Kasi  Penyehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja Siti Halamah mewakili Pelaksana Tugas (Plt) Dinkes Kota Tegal dr. Suharjo meninjau 10 rumah di Kelurahan Cabawan, Kel. Kalinyamat Kulon, Kel. Debong Kidul, Kel. Kejambon, Kel. Slerok, dan Kel. Panggung.

Siti Halimah menyampaikan, kegiatan mendatangi rumah bersama tim dari unsur Dinkes, Ekbang, DPU PR untuk memastikan pembuatan jamban sudah sesuai dengan syarat. Idealnya jarak antara closet dengan bak penampungan (septic tank) sejauh 15 meter.

“Namun karena di Kota Tegal terkendala dengan keterbatasan lahan, maka jarak tersebut dapat diantisipasi,  paling tidak jarak antara closet dengan Septic Tank 10 meter”, ungkap Siti Halimah.

Menurut Halimah, dengan jarak tersebut maka bakteri yang kerap menjadi faktor penyebab menularnya berbagai penyakit, seperti TBC, diare dan sejenis penyakit lainnya tidak meresap ke dalam sumur. “Kalaupun jaraknya kurang dari itu, masyarakat dihimbau jangan mengkonsumsi air untuk diminum”, imbuh Halimah.

Halimah menghimbau kepada masyarakat untuk stop buang air besar (bab) sembarangan sehingga memutus mata rantai penyakit yang berbasis sanitasi. Dinkes pun akan terus memberikan stimulan berupa jamban kepada masyarakat kurang mampu.

“Oleh karena itu, Dinkes bakal membuat jejaring kemitraan dengan menggandeng perusahaan dan stakeholder agar memikirkan bagaimana masalah jamban dapat diatasi”, pungkas Halimah.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

 

Berita Lainnya

Dalam Rangka Hari Jadi Kota Tegal, Pemkot Tegal Adakan Khotmil Qur’an
Berita 10 Apr, 2018

Dalam Rangka Hari Jadi Kota Tegal, Pemkot Tegal Adakan Khotmil Qur’an

TEGAL - Khotmil Qur'an dalam rangka hari jadi ke 438 Kota Tegal di gelar di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota…

Forum Anak Berharap Ada  Zona Sekolah
Berita 17 Mar, 2017

Forum Anak Berharap Ada Zona Sekolah

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal menggelar Musrenbangkot, Kamis 17 Maret 2017 di Gedung Adipura Komplek Balaikota Tegal. Dalam kegiatan tersebut banyak sekali…

Tuntaskan Program 35.000 MW, PLN Gandeng Kejaksaan Agung
Berita 12 Apr, 2018

Tuntaskan Program 35.000 MW, PLN Gandeng Kejaksaan Agung

SEMARANG- PT PLN (Persero) dan Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung RI menandatangani kesepakatan bersama tentang Penanganan Masalah…

Walikota : Perencanaan Pembangunan Daerah Harus Sesuai Target Pembangunan Nasional
Berita 16 Mar, 2017

Walikota : Perencanaan Pembangunan Daerah Harus Sesuai Target Pembangunan Nasional

TEGAL – Perencanaan pembangunan daerah harus sesuai dengan target pembangunan nasional. Hal diungkapkan walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno…

Sat Sabhara Polres Tegal Kota Internsifkan Patroli Toko Emas dan Perbankan
Berita 06 Jun, 2017

Sat Sabhara Polres Tegal Kota Internsifkan Patroli Toko Emas dan Perbankan

TEGAL-Guna mencegah adanya tindak kejahatan diwilayah Kota Tegal selama bulan suci Ramadhan dan menjelang hari raya idul fitri, jajaran anggota…

Panen Udang Vaname Libatkan Siswa SUPM Negeri Sorong
Berita 05 Mar, 2017

Panen Udang Vaname Libatkan Siswa SUPM Negeri Sorong

TEGAL – Nampak beberapa orang sedang berada di tambak milik SUPM Negeri Tegal pada Jumat (3/3) sore. Mereka berkumpul dalam…

Most from this category