Dinkes Kota Tegal Tinjau Jamban Warga

TEGAL-Pentingnya keberadaan jamban keluarga dalam rangka memenuhi kualitas kesehatan masyarakat menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal. Pada tahun ini, Dinkes telah memberikan stimulan sebanyak 150 unit yang bersumber dari APBD II dan 66 unit yang bersumber dari APBD I.

Pembangunan 150 unit jamban yang menyasar masyarakat kurang mampu itu telah rampung. Oleh karena itu, Dinkes Kota Tegal, Kamis (2/11) melakukan peninjauan kepada masyarakat penerima stimulant tersebut.

Secara acak, kegiatan yang dipimpin Kasi  Penyehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja Siti Halamah mewakili Pelaksana Tugas (Plt) Dinkes Kota Tegal dr. Suharjo meninjau 10 rumah di Kelurahan Cabawan, Kel. Kalinyamat Kulon, Kel. Debong Kidul, Kel. Kejambon, Kel. Slerok, dan Kel. Panggung.

Siti Halimah menyampaikan, kegiatan mendatangi rumah bersama tim dari unsur Dinkes, Ekbang, DPU PR untuk memastikan pembuatan jamban sudah sesuai dengan syarat. Idealnya jarak antara closet dengan bak penampungan (septic tank) sejauh 15 meter.

“Namun karena di Kota Tegal terkendala dengan keterbatasan lahan, maka jarak tersebut dapat diantisipasi,  paling tidak jarak antara closet dengan Septic Tank 10 meter”, ungkap Siti Halimah.

Menurut Halimah, dengan jarak tersebut maka bakteri yang kerap menjadi faktor penyebab menularnya berbagai penyakit, seperti TBC, diare dan sejenis penyakit lainnya tidak meresap ke dalam sumur. “Kalaupun jaraknya kurang dari itu, masyarakat dihimbau jangan mengkonsumsi air untuk diminum”, imbuh Halimah.

Halimah menghimbau kepada masyarakat untuk stop buang air besar (bab) sembarangan sehingga memutus mata rantai penyakit yang berbasis sanitasi. Dinkes pun akan terus memberikan stimulan berupa jamban kepada masyarakat kurang mampu.

“Oleh karena itu, Dinkes bakal membuat jejaring kemitraan dengan menggandeng perusahaan dan stakeholder agar memikirkan bagaimana masalah jamban dapat diatasi”, pungkas Halimah.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

 

Berita Lainnya

Aplikasi SIPARDI GOSIP Disosialisasikan
Berita 17 Oct, 2019

Aplikasi SIPARDI GOSIP Disosialisasikan

Tegal - Sebanyak 65 petugas yang menangani surat masuk dan keluar dari semua OPD termasuk Kecamatan dan Kelurahan mengikuti sosialisasi…

PT. Dedy Jaya Lambang Perkasa Resmikan 4 Rumah Sakit dan 1 Hotel.
Berita 04 Sep, 2019

PT. Dedy Jaya Lambang Perkasa Resmikan 4 Rumah Sakit dan 1 Hotel.

Tegal – PT Dedy Jaya Lambang Perkasa meresmikan empat ()4 rumah sakit dan satu (1) hotel. Empat rumah sakit yang…

Tes Kebugaran Kembali dilakukan oleh Dinkes Kota Tegal
Berita 21 Jul, 2017

Tes Kebugaran Kembali dilakukan oleh Dinkes Kota Tegal

TEGAL- Jum’at (21/7) pagi beberapa ASN Pemerintah Kota Tegal berkumpul untuk melakukan tes kebugaran yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota…

Buku Menjadi Cermin Kita Semua.
Berita 28 Jan, 2018

Buku Menjadi Cermin Kita Semua.

Tegal - Plt. Walikota Tegal,  Drs. H.M. Nursholeh, M.M.Pd atau yang akrab dipanggil Kang Nursholeh secara resmi meluncurkan buku “…

Usulkan Tempat Penitipan Anak Di Pemkot
Berita 18 Feb, 2019

Usulkan Tempat Penitipan Anak Di Pemkot

TEGAL -  Para ASN yang memiliki anak balita di Pemerintah Kota Tegal mengusulkan adanya tempat penitipan atau pengasuhan bagi anak…

Musrenbang Krandon Fokus Pada Kegiatan Fisik
Berita 22 Jan, 2018

Musrenbang Krandon Fokus Pada Kegiatan Fisik

TEGAL - Musyawarah Perencanaan Pembangunan kelurahan (Musrenbangkel) yang akan dilaksanakan Rabu (31/01) akan fokus membahas soal pembangunan fisik. Karena pembangunan…

Most from this category