Orang Tua Diajak Giatkan Budaya Edukasi

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal mengajak orang tua memberikan waktu untuk bersama anaknya dari pukul 18.00-21.00 WIB. Pemberian jam khusus itu dapat dimanfaatkan untuk mendampingi anak belajar, bercerita, mengaji dan aktifitas lainnya.

“Manfaatkan waktu tersebut untuk bersama anak agar kegiatan-kegiatan yang ada pada jam tersebut menjadi budaya edukasi”, ungkap Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non-Formal Nuril Syamsiyah mewakili Kepala Disdikbud Dr. Johardi, Kamis (26/10) pada rakor evaluasi buta aksara dan budaya edukasi.

Kegiatan yang digelar di lantai II ruang rapat Setda Kota Tegal tersebut, hadir pula Kepala Subbagian Umum dan Program Disdik Nur Vera Zenina, puluhan relawan pendidikan, perwakilan unsur kecamatan dan kelurahan.

Nuril menambahkan selama ini kita terlena dengan kemajuan teknologi. Oleh karena itu, kita harus perkuat karakter agar anak  kita menjadi anak yang siap memghadapi kemajuan. Dengan budaya edukasi, paling tidak dapat menekan angka Anak Usia Sekolah Yang Tidak Sekolah (ATS).

“Data Disdikbud Kota Tegal mencatat dari 2010 anak ATS, baru 573 yang telah kembali bersekolah, baik di SKB maupun PKBM”, imbuh Nuril.

Dari data tersebut, kata Nuril, 1473 anak terus dimotivasi agar kembali bersekolah. Mereka mayoritas sudah bekerja, sudah nyaman mencari nafkah akhirnya berdampak mereka tidak mau belajar. “Padahal semakin tinggi pendidikan, maka cara berpikir dan wawasannya akan bertambah”, ujar Nuril.

Sementara itu, Kepala Subbagian Umum dan Program Disdik Nur Vera Zenina menghimbau agar anak-anak pada usia sekolah tidak dilibatkan untuk bekerja. Sebab, sudah semestinya tanggung jawab orang tua.

Apalagi pemerintah sudah mengucurkan dana untuk pendidikan melalui Bantuan Operasional Sekolah, PIP dan sebagainya. “Jadi, tidak ada alasan untuk tidak bersekolah”, pungas Vera.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Nelayan Urus Kembali Ijin Cantrang
Berita 23 Jan, 2017

Nelayan Urus Kembali Ijin Cantrang

TEGAL – Enam bulan sejak 12 Juli 2016, batas akhir bagi pemilik kapal untuk mengurus izin baru. Apabila tidak mengurus…

Menyuarakan Hak Anak melalui FANTRI
Berita 13 Mar, 2017

Menyuarakan Hak Anak melalui FANTRI

TEGAL – Minggu (12/3) pagi di area Pantai Alam Indah (PAI) Tegal berkumpul anak-anak dari Forum Anak Tegal Bahari (FANTRI)…

Wali Kota Tegal Non Aktif Siti Masitha Divonis 5 Tahun Penjara
Berita 23 Apr, 2018

Wali Kota Tegal Non Aktif Siti Masitha Divonis 5 Tahun Penjara

Semarang - Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Antonius Widijantono, S.H memvonis 5 tahun penjara dan denda…

Pramuka Purna Kemah Budaya Bagikan Takjil
Berita 06 Jun, 2018

Pramuka Purna Kemah Budaya Bagikan Takjil

TEGAL – Sore itu bertempat di kawasan Alun-alun Kota Tegal terlihat anak remaja berseragam pramuka. Mereka adalah adik-adik pramuka purna…

Dinkes Kota Tegal Gelar Sosialisasi Measles Rubella
Berita 22 May, 2017

Dinkes Kota Tegal Gelar Sosialisasi Measles Rubella

TEGAL-Dinas Kesehatan Kota Tegal mengadakan Sosialisasi Kampanye Measles Rubella (MR) kepada Tokoh Masyarakat dan kader posyandu se-Kecamatan Margadana, Senin (22/5)…

Kang Nur, Ajak Warga Muhammadiyah Teladani KH. Ahmad Dahlan
Berita 19 Nov, 2017

Kang Nur, Ajak Warga Muhammadiyah Teladani KH. Ahmad Dahlan

Plt. Walikota Tegal, M Nursholeh yang sering disapa dengan Kang Nur mengajak warga Muhammadiyah Kota Tegal untuk meneladani Tokoh besar…

Most from this category