Orang Tua Diajak Giatkan Budaya Edukasi

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal mengajak orang tua memberikan waktu untuk bersama anaknya dari pukul 18.00-21.00 WIB. Pemberian jam khusus itu dapat dimanfaatkan untuk mendampingi anak belajar, bercerita, mengaji dan aktifitas lainnya.

“Manfaatkan waktu tersebut untuk bersama anak agar kegiatan-kegiatan yang ada pada jam tersebut menjadi budaya edukasi”, ungkap Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non-Formal Nuril Syamsiyah mewakili Kepala Disdikbud Dr. Johardi, Kamis (26/10) pada rakor evaluasi buta aksara dan budaya edukasi.

Kegiatan yang digelar di lantai II ruang rapat Setda Kota Tegal tersebut, hadir pula Kepala Subbagian Umum dan Program Disdik Nur Vera Zenina, puluhan relawan pendidikan, perwakilan unsur kecamatan dan kelurahan.

Nuril menambahkan selama ini kita terlena dengan kemajuan teknologi. Oleh karena itu, kita harus perkuat karakter agar anak  kita menjadi anak yang siap memghadapi kemajuan. Dengan budaya edukasi, paling tidak dapat menekan angka Anak Usia Sekolah Yang Tidak Sekolah (ATS).

“Data Disdikbud Kota Tegal mencatat dari 2010 anak ATS, baru 573 yang telah kembali bersekolah, baik di SKB maupun PKBM”, imbuh Nuril.

Dari data tersebut, kata Nuril, 1473 anak terus dimotivasi agar kembali bersekolah. Mereka mayoritas sudah bekerja, sudah nyaman mencari nafkah akhirnya berdampak mereka tidak mau belajar. “Padahal semakin tinggi pendidikan, maka cara berpikir dan wawasannya akan bertambah”, ujar Nuril.

Sementara itu, Kepala Subbagian Umum dan Program Disdik Nur Vera Zenina menghimbau agar anak-anak pada usia sekolah tidak dilibatkan untuk bekerja. Sebab, sudah semestinya tanggung jawab orang tua.

Apalagi pemerintah sudah mengucurkan dana untuk pendidikan melalui Bantuan Operasional Sekolah, PIP dan sebagainya. “Jadi, tidak ada alasan untuk tidak bersekolah”, pungas Vera.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Pembukaan Apeksi XII, Seluruh Walikota Lepas Balon Bersamaan
Berita 21 Jul, 2017

Pembukaan Apeksi XII, Seluruh Walikota Lepas Balon Bersamaan

MALANG - Gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dibuka dengan diwarnai pelepasan balon oleh seluruh…

Plt.Walikota Tegal Serahkan Nota Keuangan APBD 2018 Ke DPRD
Berita 20 Nov, 2017

Plt.Walikota Tegal Serahkan Nota Keuangan APBD 2018 Ke DPRD

TEGAL – Pemerintah Kota Tegal menyerahkan Nota Keuangan Raperda APBD 2018 kepada DPRD Kota Tegal. Penyerahan dilakukan oleh Plt.Walikota Tegal…

Persiapan Menyambut Tahun Baru Imlek
Berita 25 Jan, 2017

Persiapan Menyambut Tahun Baru Imlek

Tegal – Siang itu, suasana di Kelenteng Tek Hay Kiong Jl. Gurami Tegal, terlihat tak begitu ramai. Asap hio pun…

Gubernur Tunjuk Wakil Walikota HM.Nursoleh Jadi Plt Walikota Tegal
Berita 31 Aug, 2017

Gubernur Tunjuk Wakil Walikota HM.Nursoleh Jadi Plt Walikota Tegal

TEGAL- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akhirnya menunjuk Wakil Walikota HM. Nusholeh, M.MPd menjadi Plt Walikota Tegal. Penunjukan tersebut dilakukan…

Satpol PP Lakukan Penataan PKL Depan RSUD Kardinah
Berita 07 Mar, 2017

Satpol PP Lakukan Penataan PKL Depan RSUD Kardinah

TEGAL-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) lakukan penataan sejumlah pedagang kali lima (PKL) di depan RSUD Kardinah, Jalan Sultan Agung…

Puisi Tegalan Dilombakan dalam Pekan Seni Tingkat Kota Tegal
Berita 28 Apr, 2018

Puisi Tegalan Dilombakan dalam Pekan Seni Tingkat Kota Tegal

TEGAL - Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal mengadakan lomba baca puisi Tegalan SMP dalam rangka…

Most from this category