Orang Tua Diajak Giatkan Budaya Edukasi

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal mengajak orang tua memberikan waktu untuk bersama anaknya dari pukul 18.00-21.00 WIB. Pemberian jam khusus itu dapat dimanfaatkan untuk mendampingi anak belajar, bercerita, mengaji dan aktifitas lainnya.

“Manfaatkan waktu tersebut untuk bersama anak agar kegiatan-kegiatan yang ada pada jam tersebut menjadi budaya edukasi”, ungkap Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non-Formal Nuril Syamsiyah mewakili Kepala Disdikbud Dr. Johardi, Kamis (26/10) pada rakor evaluasi buta aksara dan budaya edukasi.

Kegiatan yang digelar di lantai II ruang rapat Setda Kota Tegal tersebut, hadir pula Kepala Subbagian Umum dan Program Disdik Nur Vera Zenina, puluhan relawan pendidikan, perwakilan unsur kecamatan dan kelurahan.

Nuril menambahkan selama ini kita terlena dengan kemajuan teknologi. Oleh karena itu, kita harus perkuat karakter agar anak  kita menjadi anak yang siap memghadapi kemajuan. Dengan budaya edukasi, paling tidak dapat menekan angka Anak Usia Sekolah Yang Tidak Sekolah (ATS).

“Data Disdikbud Kota Tegal mencatat dari 2010 anak ATS, baru 573 yang telah kembali bersekolah, baik di SKB maupun PKBM”, imbuh Nuril.

Dari data tersebut, kata Nuril, 1473 anak terus dimotivasi agar kembali bersekolah. Mereka mayoritas sudah bekerja, sudah nyaman mencari nafkah akhirnya berdampak mereka tidak mau belajar. “Padahal semakin tinggi pendidikan, maka cara berpikir dan wawasannya akan bertambah”, ujar Nuril.

Sementara itu, Kepala Subbagian Umum dan Program Disdik Nur Vera Zenina menghimbau agar anak-anak pada usia sekolah tidak dilibatkan untuk bekerja. Sebab, sudah semestinya tanggung jawab orang tua.

Apalagi pemerintah sudah mengucurkan dana untuk pendidikan melalui Bantuan Operasional Sekolah, PIP dan sebagainya. “Jadi, tidak ada alasan untuk tidak bersekolah”, pungas Vera.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Saatnya Kita Lebur Dosa Dosa Kita Dengan Saling Memaafkan
Berita 25 Jul, 2017

Saatnya Kita Lebur Dosa Dosa Kita Dengan Saling Memaafkan

Tegal – Acara halal bi halal forum silaturahmi Majelis Ta’lim Kota Tegal diadakan di Ruang pertemuan RSI Harapan Anda Kota…

Sidak, Dinkes Kota Tegal Temukan Makanan Kadaluarsa
Berita 13 Dec, 2017

Sidak, Dinkes Kota Tegal Temukan Makanan Kadaluarsa

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Kesehatan Kota Tegal menggelar inspeksi mendadak (Sidak), Rabu (13/12) pagi. Sidak tersebut digelar jelang perayaan…

Sedikitnya 18,72 Persen Anak Telah Imunisasi Measleas Rubella
Berita 07 Aug, 2017

Sedikitnya 18,72 Persen Anak Telah Imunisasi Measleas Rubella

TEGAL- Data Dinas Kesehatan Kota Tegal sampai dengan Sabtu (5/8) telah mencatat 11.323 anak telah melakukan imunisasi Measleas Rubella dari…

Sebagian Wilayah di Pantura Mengalami Gangguan Pasokan Listrik
Berita 31 May, 2017

Sebagian Wilayah di Pantura Mengalami Gangguan Pasokan Listrik

TEGAL – Saat ini sedang terjadi gangguan di PLTU Cilacap unit 1 dan 2 sejak pukul 08.52 WIB sehingga menyebabkan…

Teater SiAnak Unsoed Purwokerto Pentaskan Negeri Suatempa
Berita 27 May, 2017

Teater SiAnak Unsoed Purwokerto Pentaskan Negeri Suatempa

TEGAL – ‘’Beberapa bulan yang lalu api melahap seluruh penjuru negeri. Apakah kestabilan sedang menunjukan batang hidungnya?. Atau barangkali rakyat…

MAN Tegal Melaju ke Babak Final Cabang Sepakbola
Berita 16 Feb, 2017

MAN Tegal Melaju ke Babak Final Cabang Sepakbola

TEGAL – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Kota Tegal cabang sepakbola SMA/ SMK/ MA akan memasuki babak final.…

Most from this category