Pemkot Sosialisasi Perwal Rumah Kost

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Bagian Pemerintahan Setda Kota Tegal gelar sosialisasi Peraturan Wali Kota Tegal (Perwal) Nomor 4 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Usaha Rumah Kost, Selasa (17/10) di ruang rapat Setda lantai II kawasan Balai Kota Tegal.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Kepala Bagian Pemerintahan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Tegal Nunik Pratiwi, Kepala Subbagian Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan Nauli Astomo, para Camat, Lurah, LPMK se-Kota Tegal.

Sebagai narasumber Kepala Bidang Peijinan dan Non Perijinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tegal, Sartono.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Tegal Nunik Pratiwi mengatakan Peraturan Wali Kota ini merupakan aturan perihal rumah kost.  “Adanya Perwal maka penyelenggaraan rumah kost sudah ada aturannya”, kata Nunik.

Sementara itu, dalam paparannya, Kabid Peijinan dan Non Perijinan DPMPTSP Sartono mengatakan setiap usaha rumah kost  harus berizin, menaati kewajiban dan larangan terkait rumah kost. Salah salah satu kewajibannya yaitu pemilik rumah kost wajib memiliki penanggung jawab rumah kost.

“Penanggung jawab bisa pemilik rumah kost itu sendiri atau menunjuk orang lain sebagai penanggung jawab dan wajib bertempat tinggal di tempat usaha rumah kost yang dikelola”, kata Sartono.

Selain itu, penanggung jawab rumah kost, wajib mencegah tindakan asusila, menyediakan ruang ramu, membuat aturan secara tertulis, melaporkan secara tertulis mengenai jumlah dan identitas penghuni kepada lurah setempat yang diketahui ketua RT dan RW setiap tiga bulan.

Lebih lanjut, Sartono mengatakan penanggung jawab rumah kost dilarang menggabungkan penghuni rumah kost laki-laki dan perempuan dalam satu rumah kost. Membiarkan penghuni rumah kost yang melanggar aturan/tata tertib yang berlaku.

Kemudian, melindungi penghuni rumah kost yang terlibat criminal, menampung penghuni rumah kost yang melebihi jumlah kamar yang diizinkan dan menerima penghuni rumah kost yang tidak memiliki identitas.

“Bila penanggung jawab melanggar itu, maka dapat dikenakan sanksi administrative berupa teguran tertulis, penutupan sementara dan penutupan tetap usaha rumah kost”, pungkas Sartono.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Delapan Kelurahan di Kota Tegal Ikuti Lomba Kelurahan Bersih dan Sehat
Berita 03 Apr, 2018

Delapan Kelurahan di Kota Tegal Ikuti Lomba Kelurahan Bersih dan Sehat

TEGAL - Lomba Kelurahan Bersih dan Sehat menghadirkan delapan Kelurahan di Kota Tegal. Delapan kelurahan tersebut telah terpilih di lomba…

Lulusan SUPM Negeri Tegal dilirik Perusahaan Besar Asal Jepang
Berita 26 Apr, 2017

Lulusan SUPM Negeri Tegal dilirik Perusahaan Besar Asal Jepang

TEGAL – Permintaan kerja sama degan SUPM Negeri Tegal nampak tak surut dan terus mengalir. Terbukti pada Rabu (26/4) kedatanggan…

Almamater Selalu Menunggu Karya Anda
Berita 09 Sep, 2017

Almamater Selalu Menunggu Karya Anda

Tegal - Sejumlah 740 Wisudawan Universitas Pancasakti Tegal mulai dari jenjang pendidikan S 2, S 3 dan D 3 di…

Prima Astiawanti Pimpin Unit Transfusi Darah Kota Tegal
Berita 02 May, 2018

Prima Astiawanti Pimpin Unit Transfusi Darah Kota Tegal

TEGAL-Pelaksana Tugas Ketua PMI Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono mengukuhkan Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Tegal periode…

Pemerintah Kota Tegal Siap Bantu Persoalan Pedagang Pasar Pagi
Berita 07 Feb, 2018

Pemerintah Kota Tegal Siap Bantu Persoalan Pedagang Pasar Pagi

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal siap menjadi mediator kasus pasar pagi. Karena kewajiban Pemkot adalah melindungi warganya. Hal itu diungkapkan Plt.Walikota Tegal…

Es Legen yang Masih Bertahan
Berita 28 Nov, 2017

Es Legen yang Masih Bertahan

TEGAL – Ketika melewati beberapa ruas jalan pada siang yang terasa terik, beberapa orang akan melihat di pinggir jalan untuk…

Most from this category