Pemkot Sosialisasi Perwal Rumah Kost

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Bagian Pemerintahan Setda Kota Tegal gelar sosialisasi Peraturan Wali Kota Tegal (Perwal) Nomor 4 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Usaha Rumah Kost, Selasa (17/10) di ruang rapat Setda lantai II kawasan Balai Kota Tegal.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Kepala Bagian Pemerintahan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Tegal Nunik Pratiwi, Kepala Subbagian Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan Nauli Astomo, para Camat, Lurah, LPMK se-Kota Tegal.

Sebagai narasumber Kepala Bidang Peijinan dan Non Perijinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tegal, Sartono.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Tegal Nunik Pratiwi mengatakan Peraturan Wali Kota ini merupakan aturan perihal rumah kost.  “Adanya Perwal maka penyelenggaraan rumah kost sudah ada aturannya”, kata Nunik.

Sementara itu, dalam paparannya, Kabid Peijinan dan Non Perijinan DPMPTSP Sartono mengatakan setiap usaha rumah kost  harus berizin, menaati kewajiban dan larangan terkait rumah kost. Salah salah satu kewajibannya yaitu pemilik rumah kost wajib memiliki penanggung jawab rumah kost.

“Penanggung jawab bisa pemilik rumah kost itu sendiri atau menunjuk orang lain sebagai penanggung jawab dan wajib bertempat tinggal di tempat usaha rumah kost yang dikelola”, kata Sartono.

Selain itu, penanggung jawab rumah kost, wajib mencegah tindakan asusila, menyediakan ruang ramu, membuat aturan secara tertulis, melaporkan secara tertulis mengenai jumlah dan identitas penghuni kepada lurah setempat yang diketahui ketua RT dan RW setiap tiga bulan.

Lebih lanjut, Sartono mengatakan penanggung jawab rumah kost dilarang menggabungkan penghuni rumah kost laki-laki dan perempuan dalam satu rumah kost. Membiarkan penghuni rumah kost yang melanggar aturan/tata tertib yang berlaku.

Kemudian, melindungi penghuni rumah kost yang terlibat criminal, menampung penghuni rumah kost yang melebihi jumlah kamar yang diizinkan dan menerima penghuni rumah kost yang tidak memiliki identitas.

“Bila penanggung jawab melanggar itu, maka dapat dikenakan sanksi administrative berupa teguran tertulis, penutupan sementara dan penutupan tetap usaha rumah kost”, pungkas Sartono.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Orang Tua Diajak Giatkan Budaya Edukasi
Berita 26 Oct, 2017

Orang Tua Diajak Giatkan Budaya Edukasi

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal mengajak orang tua memberikan waktu untuk bersama anaknya dari pukul…

Koper Calon Jamaah Haji Didistribusikan
Berita 07 Jul, 2017

Koper Calon Jamaah Haji Didistribusikan

TEGAL- Kantor Kementerian Agama Kota Tegal mulai mendistribusikan koper kepada calon jamaah haji. Koper yang berwarna orange tersebut terdiri dari…

GBN Kota Tegal Siap Adakan Seminar Pendidikan Karakter
Berita 02 Mar, 2017

GBN Kota Tegal Siap Adakan Seminar Pendidikan Karakter

GBN Kota Tegal Siap Adakan Seminar Pendidikan Karakter TEGAL- Prihatin dengan kondisi permasalahan pemuda saat ini,  Gerakan Bela Negara (GBN)…

Harga Telur Mengalami Kenaikan Jelang Idul Adha
Berita 25 Aug, 2017

Harga Telur Mengalami Kenaikan Jelang Idul Adha

TEGAL- Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Namun, menjelang Hari Raya Idul Adha, bahan pokok telur di Pasar Pagi…

Berita 30 Jan, 2017

Pelaku Usaha Semakin Mudah, Izin IUMK Langsung Jadi

TEGAL-Bagi pelaku usaha, Izin usaha mikro dan kecil atau yang biasa dikenal IUMK merupakan istilah tidak asing. Pemerintah mengeluarkan kebijakan…

Sportifitas Cabang Olahraga Sepak Takraw Putri dalam Popda Tingkat Kota
Berita 22 Feb, 2017

Sportifitas Cabang Olahraga Sepak Takraw Putri dalam Popda Tingkat Kota

TEGAL – Pelaksanaan Popda cabang sepak takraw tingkat Kota Tegal  yang dilaksanakan pada 20-21 Februari 2017 di GOR Wisanggeni sudah…

Most from this category