Pemkot Sosialisasi Perwal Rumah Kost

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Bagian Pemerintahan Setda Kota Tegal gelar sosialisasi Peraturan Wali Kota Tegal (Perwal) Nomor 4 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Usaha Rumah Kost, Selasa (17/10) di ruang rapat Setda lantai II kawasan Balai Kota Tegal.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Kepala Bagian Pemerintahan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Tegal Nunik Pratiwi, Kepala Subbagian Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan Nauli Astomo, para Camat, Lurah, LPMK se-Kota Tegal.

Sebagai narasumber Kepala Bidang Peijinan dan Non Perijinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tegal, Sartono.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Tegal Nunik Pratiwi mengatakan Peraturan Wali Kota ini merupakan aturan perihal rumah kost.  “Adanya Perwal maka penyelenggaraan rumah kost sudah ada aturannya”, kata Nunik.

Sementara itu, dalam paparannya, Kabid Peijinan dan Non Perijinan DPMPTSP Sartono mengatakan setiap usaha rumah kost  harus berizin, menaati kewajiban dan larangan terkait rumah kost. Salah salah satu kewajibannya yaitu pemilik rumah kost wajib memiliki penanggung jawab rumah kost.

“Penanggung jawab bisa pemilik rumah kost itu sendiri atau menunjuk orang lain sebagai penanggung jawab dan wajib bertempat tinggal di tempat usaha rumah kost yang dikelola”, kata Sartono.

Selain itu, penanggung jawab rumah kost, wajib mencegah tindakan asusila, menyediakan ruang ramu, membuat aturan secara tertulis, melaporkan secara tertulis mengenai jumlah dan identitas penghuni kepada lurah setempat yang diketahui ketua RT dan RW setiap tiga bulan.

Lebih lanjut, Sartono mengatakan penanggung jawab rumah kost dilarang menggabungkan penghuni rumah kost laki-laki dan perempuan dalam satu rumah kost. Membiarkan penghuni rumah kost yang melanggar aturan/tata tertib yang berlaku.

Kemudian, melindungi penghuni rumah kost yang terlibat criminal, menampung penghuni rumah kost yang melebihi jumlah kamar yang diizinkan dan menerima penghuni rumah kost yang tidak memiliki identitas.

“Bila penanggung jawab melanggar itu, maka dapat dikenakan sanksi administrative berupa teguran tertulis, penutupan sementara dan penutupan tetap usaha rumah kost”, pungkas Sartono.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Teater Gemblong Akan Pentas di Lanjong Art Festival Kalimantan Timur
Berita 13 Jun, 2017

Teater Gemblong Akan Pentas di Lanjong Art Festival Kalimantan Timur

TEGAL – Jagad perteateran di Tegal semakin gempar, tentu hal yang membuat gempar karena sebuah prestasi yang sangat luar biasa.…

Ngabuburit SMAN 1 Tegal
Berita 09 Jun, 2017

Ngabuburit SMAN 1 Tegal

TEGAL-Banyak cara yang dilakukan untuk mengisi waktu jelang berbuka puasa atau dikenal dengan istilah ngabuburit. Ada yang sekedar menonton televisi,…

Persit Gelar Senam Bersama
Berita 25 Oct, 2017

Persit Gelar Senam Bersama

TEGAL - Persatuan istri prajurit yang selanjutnya disingkat Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXII Kodim 0712/Tegal gelar senam dan olahraga…

Bekraf  Adakan Workshop Film
Berita 08 Jan, 2018

Bekraf Adakan Workshop Film

TEGAL - Penyelenggaraan workshop film yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif ( BEKRAF) pada tanggal 7-8 Januari 2018 melibatkan senias…

GP Ansor Kota Tegal Peringati Hari Santri Nasional dan Sumpah Pemuda dengan Bersholawat
Berita 28 Oct, 2017

GP Ansor Kota Tegal Peringati Hari Santri Nasional dan Sumpah Pemuda dengan Bersholawat

TEGAL – Terlihat di Lapangan Tegal Selatan Kota Tegal sebuah kegiatan dalam takjub Ansor Bersholawat. Kegiatan tesebut merupakan kegiatan yang…

Jaga Kedamaian Pilkada 2018, Polres Tegal Kota Gelar Tabligh Akbar
Berita 20 Apr, 2018

Jaga Kedamaian Pilkada 2018, Polres Tegal Kota Gelar Tabligh Akbar

TEGAL-Ribuan warga masyarakat Kota Tegal menghadiri Tabligh Akbar dan Doa Bersama yang digelar Polres Tegal Kota dalam rangka cipta kondisi…

Most from this category