Pemkot Sosialisasi Perwal Rumah Kost

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Bagian Pemerintahan Setda Kota Tegal gelar sosialisasi Peraturan Wali Kota Tegal (Perwal) Nomor 4 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Usaha Rumah Kost, Selasa (17/10) di ruang rapat Setda lantai II kawasan Balai Kota Tegal.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Kepala Bagian Pemerintahan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Tegal Nunik Pratiwi, Kepala Subbagian Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan Nauli Astomo, para Camat, Lurah, LPMK se-Kota Tegal.

Sebagai narasumber Kepala Bidang Peijinan dan Non Perijinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tegal, Sartono.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Tegal Nunik Pratiwi mengatakan Peraturan Wali Kota ini merupakan aturan perihal rumah kost.  “Adanya Perwal maka penyelenggaraan rumah kost sudah ada aturannya”, kata Nunik.

Sementara itu, dalam paparannya, Kabid Peijinan dan Non Perijinan DPMPTSP Sartono mengatakan setiap usaha rumah kost  harus berizin, menaati kewajiban dan larangan terkait rumah kost. Salah salah satu kewajibannya yaitu pemilik rumah kost wajib memiliki penanggung jawab rumah kost.

“Penanggung jawab bisa pemilik rumah kost itu sendiri atau menunjuk orang lain sebagai penanggung jawab dan wajib bertempat tinggal di tempat usaha rumah kost yang dikelola”, kata Sartono.

Selain itu, penanggung jawab rumah kost, wajib mencegah tindakan asusila, menyediakan ruang ramu, membuat aturan secara tertulis, melaporkan secara tertulis mengenai jumlah dan identitas penghuni kepada lurah setempat yang diketahui ketua RT dan RW setiap tiga bulan.

Lebih lanjut, Sartono mengatakan penanggung jawab rumah kost dilarang menggabungkan penghuni rumah kost laki-laki dan perempuan dalam satu rumah kost. Membiarkan penghuni rumah kost yang melanggar aturan/tata tertib yang berlaku.

Kemudian, melindungi penghuni rumah kost yang terlibat criminal, menampung penghuni rumah kost yang melebihi jumlah kamar yang diizinkan dan menerima penghuni rumah kost yang tidak memiliki identitas.

“Bila penanggung jawab melanggar itu, maka dapat dikenakan sanksi administrative berupa teguran tertulis, penutupan sementara dan penutupan tetap usaha rumah kost”, pungkas Sartono.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

PAI Tegal Terus Berbenah
Berita 24 May, 2017

PAI Tegal Terus Berbenah

TEGAL – Upaya penertiban obyek wisata Pantai Alam Indah terus dilakukan oleh Bidang Pariwisata Dinporapar Kota Tegal. Terbukti beberapa pembenahan…

Dayu Dara Optimis Gojek Berkembang Di Kota Tegal
Berita 15 Jul, 2017

Dayu Dara Optimis Gojek Berkembang Di Kota Tegal

TEGAL-Vice President PT. GO-JEK Indonesia Dayu Dara Permata mengaku optimis keberadaan Gojek di Kota Tegal mampu berkembang sama halnya di…

Panwaslu Kota Tegal Gelar Rakor dengan Stakeholder
Berita 21 Dec, 2017

Panwaslu Kota Tegal Gelar Rakor dengan Stakeholder

TEGAL-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tegal menggelar rapat koordinasi stakeholder dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil…

Sosialisasi Pilkada, KPU Kota Tegal Gandeng Komunitas
Berita 12 Mar, 2018

Sosialisasi Pilkada, KPU Kota Tegal Gandeng Komunitas

BERITA FOTO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal bersama perwakilan komunitas sedang berdiskusi. Kegiatan itu bertajuk Pertemuan Organisasi dan Kelompok Sasaran…

Alat Batik Cap Berbahan Karton Didaulat jadi Alat TTG Terbaik
Berita 04 Nov, 2018

Alat Batik Cap Berbahan Karton Didaulat jadi Alat TTG Terbaik

TEGAL-Gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Kota Tegal yang berlangsung sejak Jumat (2/11) lalu, ditutup oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekda, Yuswo…

Dinkes Gelar Lomba Jingle Hidup Sehat
Berita 06 Nov, 2017

Dinkes Gelar Lomba Jingle Hidup Sehat

TEGAL-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal gelar lomba jingle hidup sehat dalam rangka kampanye kesehatan, Senin (6/11) di aula Dinkes Kota…

Most from this category