Warga Diajak Hidup Sehat

TEGAL-Puskesmas Bandung Kecamatan Tegal Selatan, Senin (16/10) gelar sosialisasi keluarga sehat. Puluhan kader kesehatan Kelurahan Debong Kidul mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala Puskesmas yang bertagline Heart (Hebat, Empati, Akuntabel, Responsif, Terpercaya) dr. Destina Dyah Astuti melalui drg. Ellia Rosiana mengucapkan terima kasih atas kehadiran para kader kesehatan.

Kegiatan tersebut, para narasumber mengajak untuk hidup sehat. Salah satunya Teti Meiyanti. Perawat Puskesmas tersebut menjelaskan bahaya merokok.

Dikatakan, Teti Meiyanti, secara umum rokok diartikan silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah.

“Jenis perokok itu sendiri ada dua yakni aktif dan pasif. Aktif artinya mereka yang terbiasa dan nyata menghisap rokok”, ungkap Teti.

Kemudian perokok pasif artinya mereka secara tidak langsung merokok karena didekat mereka ada orang lain yang merokok sehingga ia harus ikut menghisap asap rokok. “Perokok pasif lebih berbahaya dari perokok aktif”, imbuh Dia.

Teti memberikan tips agar berhenti merokok. Menurutnya, cara henti merokok antara lain hindari stres, sebab stres biasanya dijadikan alasan utama sesorang merokok. Hindari berkumpul dengan orang orang yang gemar merokok.

“Dukungan teman dan keluarga juga sangat penting untik membantu berhenti merokok”, ujarnya.

Sementata itu, Yuli mengungkapkan Pemerintah saat ini mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Tujuannya menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk.

“Dianjurkan supaya bapak ibu sampai hari tua sehat. Setiap aktifitas dalam kurun waktu 2 jam hendaknya melakukan peregangan”, pungkas Yuli.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Kirab Budaya dan Pagelaran Seni Anti Narkoba oleh BNNK Tegal
Berita 27 Aug, 2017

Kirab Budaya dan Pagelaran Seni Anti Narkoba oleh BNNK Tegal

TEGAL - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal menggelar Kirab Budaya dan Pagelaran Seni Anti Narkoba dalam rangka peringatan hari…

Ada “Kodok Raksasa” di Pantai Pulo Kodok
Berita 20 Jun, 2018

Ada “Kodok Raksasa” di Pantai Pulo Kodok

TEGAL - Setelah menikmati momen Hari Raya Idul Fitri, banyak masyarakat kita yang menghabiskan waktu bersama keluarga untuk berrekreasi. Tempat…

BOP PAUD Dilarang Dipinjamkan
Berita 08 Dec, 2017

BOP PAUD Dilarang Dipinjamkan

TEGAL – Bertempat di Ruang Eks Samsat Kota Tegal di Komplek Balaikota Tegal sedang berlangsung sosialisasi mengenai Bantuan Oerasional Pendidikan…

Parnell Louis Philander Raih Emas di Kompetisi World Mathematics Invitational 2017
Berita 03 Aug, 2017

Parnell Louis Philander Raih Emas di Kompetisi World Mathematics Invitational 2017

Tegal – Kembali lagi anak Kota Tegal mengharumkan nama Indonesia di dunia khsusunya dalam bidang matematika, ini adalah penghargaan tertinggi…

Ekosistem Buatan Ikuti Krenova Kota Tegal
Berita 08 Mar, 2017

Ekosistem Buatan Ikuti Krenova Kota Tegal

TEGAL – Pelaksanaan Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitaian dan Pengembangan Daerah Kota…

Kepala Sekolah Dapat Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan
Berita 27 Jul, 2017

Kepala Sekolah Dapat Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

TEGAL-BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal menggelar sosialisasi kepada ratusan Kepala Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Selasa (26/7)…

Most from this category