Warga Diajak Hidup Sehat

TEGAL-Puskesmas Bandung Kecamatan Tegal Selatan, Senin (16/10) gelar sosialisasi keluarga sehat. Puluhan kader kesehatan Kelurahan Debong Kidul mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala Puskesmas yang bertagline Heart (Hebat, Empati, Akuntabel, Responsif, Terpercaya) dr. Destina Dyah Astuti melalui drg. Ellia Rosiana mengucapkan terima kasih atas kehadiran para kader kesehatan.

Kegiatan tersebut, para narasumber mengajak untuk hidup sehat. Salah satunya Teti Meiyanti. Perawat Puskesmas tersebut menjelaskan bahaya merokok.

Dikatakan, Teti Meiyanti, secara umum rokok diartikan silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah.

“Jenis perokok itu sendiri ada dua yakni aktif dan pasif. Aktif artinya mereka yang terbiasa dan nyata menghisap rokok”, ungkap Teti.

Kemudian perokok pasif artinya mereka secara tidak langsung merokok karena didekat mereka ada orang lain yang merokok sehingga ia harus ikut menghisap asap rokok. “Perokok pasif lebih berbahaya dari perokok aktif”, imbuh Dia.

Teti memberikan tips agar berhenti merokok. Menurutnya, cara henti merokok antara lain hindari stres, sebab stres biasanya dijadikan alasan utama sesorang merokok. Hindari berkumpul dengan orang orang yang gemar merokok.

“Dukungan teman dan keluarga juga sangat penting untik membantu berhenti merokok”, ujarnya.

Sementata itu, Yuli mengungkapkan Pemerintah saat ini mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Tujuannya menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk.

“Dianjurkan supaya bapak ibu sampai hari tua sehat. Setiap aktifitas dalam kurun waktu 2 jam hendaknya melakukan peregangan”, pungkas Yuli.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Tegas! Walikota dan Forkopimda Kota Tegal Himbau Pengusaha Tak Timbun Sembako
Berita 21 Dec, 2018

Tegas! Walikota dan Forkopimda Kota Tegal Himbau Pengusaha Tak Timbun Sembako

Tegal - Secara Tegas Walikota dan Forkopimda Kota Tegal mengimbau kepada para pengusaha untuk tidak menimbun sembako Jelang Natal 2018…

Pentingnya Sistem Otomasi Perpustakaan
Berita 30 Nov, 2017

Pentingnya Sistem Otomasi Perpustakaan

TEGAL – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tegal menggelar Sosialisasi ‘’Implementasi Aplikasi Perpustakaan’’ Bagi Pengelola Perpustakaan Kelurahan, Sekolah dan Pengelola…

Produk Olahan Ikan Berkurang, Apa Penyebabnya?
Berita 06 Feb, 2018

Produk Olahan Ikan Berkurang, Apa Penyebabnya?

TEGAL - Dewasa ini produk olahan ikan yang mengandalkan hasil tangkapan nelayan semakin berkurang. Hal itu terlihat dengan merosotnya produk…

Pemkot Bakal Renovasi Gedung Wanita
Berita 06 Mar, 2017

Pemkot Bakal Renovasi Gedung Wanita

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal bakal merenovasi Gedung Wanita yang bertempat di jalan dr. Setia Budi Tegal. Rencananya gedung yang biasa dimafaatkan…

Hadi Santoso: Mudah-mudahan Tahun Depan Nelayan Kota Tegal Akan Lebih Baik
Berita 01 Oct, 2017

Hadi Santoso: Mudah-mudahan Tahun Depan Nelayan Kota Tegal Akan Lebih Baik

TEGAL -  Penyelenggaraan Sedekah Laut oleh Nelayan Kota Tegal dengan beberapa rangkaian acara diantaranya pasar malam, malam tasyakuran, pagelaran wayang,…

Pantau Hasil Pembangunan, Walikota Minta Warga Jaga Aset Serta Ketertiban
Berita 07 Aug, 2017

Pantau Hasil Pembangunan, Walikota Minta Warga Jaga Aset Serta Ketertiban

TEGAL- Dalam kegiatannya memonitor wajah kota menggunakan sepeda Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno menyempatkan diri meninjau hasil-hasil  pembangunan…

Most from this category