Tingkatkan Akses Permodalan, Bekraf Kembali Ke Tegal

TEGAL-Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali meningkatkan kapasitas pelaku usaha ekonomi kreatif dengan menggelar workshop peningkatan akses permodalan non perbankan, Minggu (15/10) di Bahari Inn Hotel Tegal.

Hadir dalam workshop tersebut 100 pelaku ekonomi kreatif, Kasubdit Modal Ventura, Direktoral Akses Non Perbankan Bekraf Herwanto Sidik Prabowo, Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih, Direktur Utama BMT Beringharjo Yogjakarta Musida Rambe.

Kasubdit Modal Ventura Direktoral Akses Non Perbankan Bekraf Herwanto Sidik Prabowo menyampaikan kegiatan ini adalah tindak lanjut kerjasama Direktirat Akses Non Perbankan Bekraf dengan PBMT Ventura dan Sarana Jateng sebagai perwakilan PMV Daerah untuk memberikan bimbingan teknis kepada pelaku ekraf agar lebih siap untuk akses permodalan non perbankan.

“Kegiatan ini untuk memajukan perekonomian di Tegal raya (Sebutan Kota Tegal, Kab. Tegal dan Brebes)”, ungkap Herwanto Sidiq.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Fakih berharap pasca workshop ini ada progres peningkatan, sehingga workshop ini tidak hanya sekadar pelatihan saja. “Saat ini Bekraf juga telah MoU dengan Kab Tegal. Rencana ke depan dengan Kab. Brebes dan Kota Tegal”, ujar Fikri.

Dijelaskan Fikri, Potensi Tegal, Brebes dan Kab. Tegal sangat luar biasa. Apalagi pada 16 sub sektor ekonomi kreatif seperti aplikasi dan pengembangan game, arsitektur dan desain interior, desain komunikasi visual, desain produk.

Kemudian fashion, film, animasi video, fotografi, kriya (kerajinan tangan), kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni‎ rupa, televisi dan radio .

“Kuliner kita luar biasa. Ada soto, tahu aci, martabak, olos, kupat glabed, kupat bongkok”, ungkap Fikri.

Selain kuliner, kriya juga potensi luar biasa. Tegal di Jepangnya indonesia. “Apapun produknya, orang Tegal pasti bisa”, imbuh Fikri.

Seperti yang diketahui, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah non kementerian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini Kepala Bekraf dijabat oleh Triawan Munaf.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Puisi Tegalan Dilombakan dalam Pekan Seni Tingkat Kota Tegal
Berita 28 Apr, 2018

Puisi Tegalan Dilombakan dalam Pekan Seni Tingkat Kota Tegal

TEGAL - Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal mengadakan lomba baca puisi Tegalan SMP dalam rangka…

Disdikbud Gelar Lomba Apresiasi PTK
Berita 24 May, 2017

Disdikbud Gelar Lomba Apresiasi PTK

TEGAL-Sedikiynya 21 peserta mengikuti Lomba Apresiasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  PAUDNI dan Dikmas Berprestasi Tingkat Kota Tegal Tahun 2017, Selasa…

Wali Kota Serahkan Mou Penyaluran Dana UMKM kepada Bank Jateng
Berita 01 Dec, 2016

Wali Kota Serahkan Mou Penyaluran Dana UMKM kepada Bank Jateng

TEGAL - Sebagai wujud nyata penyaluran dana untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Tegal, Bank Jateng bersama…

UPS Gelar Pasar Murah
Berita 20 Jun, 2017

UPS Gelar Pasar Murah

TEGAL-Siang itu kampus Universitas Pancasakti Tegal menggelar pasar murah, berjajar tenda-tenda kecil ukuran 3x3 meter yang menbentuk sudut U, Senin…

Tulisan Pantai Alam Indah Menjadi Favorit dalam Berfoto
Berita 16 May, 2017

Tulisan Pantai Alam Indah Menjadi Favorit dalam Berfoto

TEGAL – Ada kalanya untuk mendapatkan gambar dalam berfoto ada yang rela merogoh kocek dengan berkunjung ke obyek-obyek foto diluar…

POPDA Cabang Sepak Bola Sudah Berjalan
Berita 09 Feb, 2017

POPDA Cabang Sepak Bola Sudah Berjalan

TEGAL – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) cabang olahraga Sepakbola tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK sudah digelar dari mulai tanggl 6…

Most from this category