Tingkatkan Akses Permodalan, Bekraf Kembali Ke Tegal

TEGAL-Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali meningkatkan kapasitas pelaku usaha ekonomi kreatif dengan menggelar workshop peningkatan akses permodalan non perbankan, Minggu (15/10) di Bahari Inn Hotel Tegal.

Hadir dalam workshop tersebut 100 pelaku ekonomi kreatif, Kasubdit Modal Ventura, Direktoral Akses Non Perbankan Bekraf Herwanto Sidik Prabowo, Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih, Direktur Utama BMT Beringharjo Yogjakarta Musida Rambe.

Kasubdit Modal Ventura Direktoral Akses Non Perbankan Bekraf Herwanto Sidik Prabowo menyampaikan kegiatan ini adalah tindak lanjut kerjasama Direktirat Akses Non Perbankan Bekraf dengan PBMT Ventura dan Sarana Jateng sebagai perwakilan PMV Daerah untuk memberikan bimbingan teknis kepada pelaku ekraf agar lebih siap untuk akses permodalan non perbankan.

“Kegiatan ini untuk memajukan perekonomian di Tegal raya (Sebutan Kota Tegal, Kab. Tegal dan Brebes)”, ungkap Herwanto Sidiq.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Fakih berharap pasca workshop ini ada progres peningkatan, sehingga workshop ini tidak hanya sekadar pelatihan saja. “Saat ini Bekraf juga telah MoU dengan Kab Tegal. Rencana ke depan dengan Kab. Brebes dan Kota Tegal”, ujar Fikri.

Dijelaskan Fikri, Potensi Tegal, Brebes dan Kab. Tegal sangat luar biasa. Apalagi pada 16 sub sektor ekonomi kreatif seperti aplikasi dan pengembangan game, arsitektur dan desain interior, desain komunikasi visual, desain produk.

Kemudian fashion, film, animasi video, fotografi, kriya (kerajinan tangan), kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni‎ rupa, televisi dan radio .

“Kuliner kita luar biasa. Ada soto, tahu aci, martabak, olos, kupat glabed, kupat bongkok”, ungkap Fikri.

Selain kuliner, kriya juga potensi luar biasa. Tegal di Jepangnya indonesia. “Apapun produknya, orang Tegal pasti bisa”, imbuh Fikri.

Seperti yang diketahui, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah non kementerian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini Kepala Bekraf dijabat oleh Triawan Munaf.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Guru SMP Kota Tegal Ikuti Kegiatan Bengkel Komunitas Bahasa dan Sastra
Berita 14 Mar, 2018

Guru SMP Kota Tegal Ikuti Kegiatan Bengkel Komunitas Bahasa dan Sastra

TEGAL - Balai Bahasa Jawa Tengah mengadakan kegiatan Bengkel Komunitas Bahasa dan Sastra bagi guru SMP Kota Tegal di Hotel…

Usai Dilantik, PPK Diminta Jaga Kode Etik
Berita 04 Nov, 2017

Usai Dilantik, PPK Diminta Jaga Kode Etik

TEGAL-Sedikitnya 20 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Tegal dilantik di Aula Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Jl.…

Tim Pemkot Tegal Raih Juara 1 Lomba Senam Gemu Famire
Berita 08 Apr, 2017

Tim Pemkot Tegal Raih Juara 1 Lomba Senam Gemu Famire

TEGAL – Penyelenggaraaan lomba Senam Gemu Famire yang dilaksanakan oleh Dinporapar Kota Tegal pada 7-8 April 2017 di GOR Wisanggeni…

Daftar Tunggu Jamaah Haji Kota Tegal, Sampai 2043
Berita 04 Sep, 2019

Daftar Tunggu Jamaah Haji Kota Tegal, Sampai 2043

Animo masyarakat Kota Tegal, untuk melaksanakan rukun Islam ke lima begitu besar , sehingga daftar tunggu masyarakat Kota Tegal untuk…

Setelah Komodo, Kelompok Edu Mina Wisata Bangun Patung Dinosaurus
Berita 10 Aug, 2018

Setelah Komodo, Kelompok Edu Mina Wisata Bangun Patung Dinosaurus

TEGAL- Kelompok Edu Mina Wisata, Kelurahan Panggung, Kota Tegal mengusung konsep kampung wisata yang dikelola masyarakat pesisir. Kelompok tersebut berada…

Dalam Mengatasi Korupsi Dibutuhkan Agen-Agen Anti Korupsi Handal.
Berita 27 Sep, 2019

Dalam Mengatasi Korupsi Dibutuhkan Agen-Agen Anti Korupsi Handal.

Surakarta - Road show bus KPK 2019 jelajah negeri bangun anti korupsi kembali dilaksanakan. Dalam kegiatan ini giliran Kota Surakarta…

Most from this category