Tingkatkan Akses Permodalan, Bekraf Kembali Ke Tegal

TEGAL-Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali meningkatkan kapasitas pelaku usaha ekonomi kreatif dengan menggelar workshop peningkatan akses permodalan non perbankan, Minggu (15/10) di Bahari Inn Hotel Tegal.

Hadir dalam workshop tersebut 100 pelaku ekonomi kreatif, Kasubdit Modal Ventura, Direktoral Akses Non Perbankan Bekraf Herwanto Sidik Prabowo, Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih, Direktur Utama BMT Beringharjo Yogjakarta Musida Rambe.

Kasubdit Modal Ventura Direktoral Akses Non Perbankan Bekraf Herwanto Sidik Prabowo menyampaikan kegiatan ini adalah tindak lanjut kerjasama Direktirat Akses Non Perbankan Bekraf dengan PBMT Ventura dan Sarana Jateng sebagai perwakilan PMV Daerah untuk memberikan bimbingan teknis kepada pelaku ekraf agar lebih siap untuk akses permodalan non perbankan.

“Kegiatan ini untuk memajukan perekonomian di Tegal raya (Sebutan Kota Tegal, Kab. Tegal dan Brebes)”, ungkap Herwanto Sidiq.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Fakih berharap pasca workshop ini ada progres peningkatan, sehingga workshop ini tidak hanya sekadar pelatihan saja. “Saat ini Bekraf juga telah MoU dengan Kab Tegal. Rencana ke depan dengan Kab. Brebes dan Kota Tegal”, ujar Fikri.

Dijelaskan Fikri, Potensi Tegal, Brebes dan Kab. Tegal sangat luar biasa. Apalagi pada 16 sub sektor ekonomi kreatif seperti aplikasi dan pengembangan game, arsitektur dan desain interior, desain komunikasi visual, desain produk.

Kemudian fashion, film, animasi video, fotografi, kriya (kerajinan tangan), kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni‎ rupa, televisi dan radio .

“Kuliner kita luar biasa. Ada soto, tahu aci, martabak, olos, kupat glabed, kupat bongkok”, ungkap Fikri.

Selain kuliner, kriya juga potensi luar biasa. Tegal di Jepangnya indonesia. “Apapun produknya, orang Tegal pasti bisa”, imbuh Fikri.

Seperti yang diketahui, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah non kementerian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini Kepala Bekraf dijabat oleh Triawan Munaf.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

BNN Jateng Sidak Tempat Hiburan
Berita 30 Nov, 2017

BNN Jateng Sidak Tempat Hiburan

TEGAL - Puluhan petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah mendatangi sejumlah tempat hiburan malam di Kota Tegal Kamis…

Kelurahan Debong Kidul Gelar Tasyakuran
Berita 23 Apr, 2018

Kelurahan Debong Kidul Gelar Tasyakuran

TEGAL- Kelurahan Debong Kidul menggelar tasyakuran atas keberhasilan warga menuntaskan buang air besar (BAB) sembarangan atau Open Defecation Free (ODF),…

Panwaslu Minta Masyarakat Aktif dalam Pengawasan Pemilu
Berita 09 Dec, 2017

Panwaslu Minta Masyarakat Aktif dalam Pengawasan Pemilu

TEGAL-Panitia Pengawas Pemillihan Umum (Panwaslu) Kota Tegal menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Hotel Pesona Tegal, Jalan Gajah Mada Tegal,…

Revitalisasi Pasar Kejambon dilakukan 2017
Berita 06 Mar, 2017

Revitalisasi Pasar Kejambon dilakukan 2017

TEGAL- Berbagai langkah nyata pembenahan infrastruktur terus dilakukan Pemerintah Kota Tegal, tidak terkecuali terhadap pasar-pasar tradiosional yang ada di Kota…

Plt. Walikota Himbau Orang Tua Kontrol Penggunaan Gadget Anak
Berita 14 Nov, 2017

Plt. Walikota Himbau Orang Tua Kontrol Penggunaan Gadget Anak

Dalam peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kota Tegal tahun  2017, Plt. Walikota Tegal M Nursholeh menyoroti pentingnya peran orang tua…

“Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi, Berprestasi”
Berita 01 Jun, 2018

“Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi, Berprestasi”

Tegal -Upacara dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila kembali di gelar di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu, Jumat (1/6/2018). Dalam…

Most from this category

Epaper 12 Jun, 2018

.

Epaper 12 Jun, 2018

.

Epaper 12 Jun, 2018

.

Epaper 11 Jun, 2018

.