KPU Kota Tegal Surati Pimpinan Parpol

TEGAL-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Agus Wijanarko, mengatakan, sampai saat ini baru satu partai politik (parpol) yang mendaftarkan diri menjadi peserta pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019.

Padahal sesuai aturan pendaftaran parpol peserta pemilu 3-16 Oktober 2017. Artinya hanya tersisa tiga hari sebelum waktu pendaftaran ditutup Senin (16/10) pukul 24.00 WIB.

“Partai yang baru mendaftar ke KPU Kota Tegal baru Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan”, ungkap Agus, Jum’at (13/10) di KPU Kota Tegal.

Oleh karena itu, KPU Kota Tegal, Jum’at (13/10) menyurati pimpinan parpol agar segera melakukan pendaftaran. Kata Agus, poin dalam surat tersebut antara lain apabila pengurus parpol tingkat Kota Tegal ada hal-hal yang perlu dikonsultasikan dapat datang di Kantor KPU Kota Tegal setiap hari pada jam kerja (08.00-16.00 WIB).

Kemudian, apabila DPP parpol sudah mendaftar di KPU RI, pengurus parpol tingkat kota agar segera menyerahkan salinan keanggotaan parpol dan salinan KTP-el atau surat keterangan dari Disdukcapil sebelum tanggal 16 Oktober 2017.

“Hal tersebut untuk mengantisipasi pengembalian dokumen karena tidak lengkap sehingga dapat segera dilengkapi dan disusun serta diserahkan kembali kepada KPU Kota Tegal”, kata Agus.

Dia berharap agar parpol tidak mendaftar ke KPU Kota Tegal didetik akhir pendaftaran sebab bilamana dokumen pendaftaran tidak lengkap dan parpol tersebut tidak dapat melengkapi, maka parpol tersebut yang rugi sendiri.

Sementara itu, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Thomas Budiono menjelaskan berkas yang harus dilengkapi parpol pada saat mendaftarkan ke KPU Kota Tegal antara lain surat keterangan penghubung partai dengan KPU Kota Tegal, salinan berkas yang terdaftar di Sipol, menunjukan bukti KTP-el/Suket dari Disdukcapil dan KTA sesuai urutan Sipol.

“KPU Kota Tegal menerima salinan keanggotaan Parpol (KTA) dan KTP dengan jumlah minimal seperseribu dari jumlah penduduk kabupaten/kota. Ini diamanatkan dalam Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” pungkas Thomas.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Kwartir Cabang Kota Tegal Adakan Gladi Widya Satria Hasta Brata
Berita 06 Apr, 2018

Kwartir Cabang Kota Tegal Adakan Gladi Widya Satria Hasta Brata

TEGAL - Penyelenggaraan Kegiatan Gladi Widya Satria Hasta Brata Kwartir Cabang Kota Tegal Tahun 2018 dibuka pada Jum'at (6/4) di…

Menjelang Musim Kemarau Waspadai Kebakaran Lahan
Berita 21 Mar, 2018

Menjelang Musim Kemarau Waspadai Kebakaran Lahan

Menjelang musim kemarau, sesuai dengan prakiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa pulau Jawa akan memasuki musim kemarau…

Menteri Susi Main Paddleboarding di PAI Kota Tegal
Berita 02 Feb, 2018

Menteri Susi Main Paddleboarding di PAI Kota Tegal

TEGAL- Setelah bersepeda bersama Kapolres Tegal Kota AKBP Jon Wesly Arianto dan Dandim 0712/Tegal Letkol KAV Kristiyanto, Menteri Kelautan dan…

Moci Karo Ndopok Bahas Potensi Pariwisata Kota Tegal
Berita 06 Oct, 2017

Moci Karo Ndopok Bahas Potensi Pariwisata Kota Tegal

TEGAL – Diskusi menarik antar asosiasi pariwisata, duta wisata, pokdarwis dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melalui Asisten Deputi Pengembangan Pasar…

Pemkot Tegal Terima Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Kabupaten Majalengka
Berita 22 May, 2018

Pemkot Tegal Terima Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Kabupaten Majalengka

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal menerima kunjungan kerja Komisi IV DPRD Kabupaten Majalengka, Selasa (22/5) di lantai I ruang rapat Setda Kota…

Senimar Nasional Pendidikan, Plt. Wali Kota: Pendidikan Memiliki Peran Penting
Berita 17 Sep, 2017

Senimar Nasional Pendidikan, Plt. Wali Kota: Pendidikan Memiliki Peran Penting

TEGAL-Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM)-Himpunan Mahasiswa (HIMA) PGSD Tegal FIP UNNES gelar seminar nasional pendidikan, Minggu (17/9) di…

Most from this category