KPU Kota Tegal Surati Pimpinan Parpol

TEGAL-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Agus Wijanarko, mengatakan, sampai saat ini baru satu partai politik (parpol) yang mendaftarkan diri menjadi peserta pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019.

Padahal sesuai aturan pendaftaran parpol peserta pemilu 3-16 Oktober 2017. Artinya hanya tersisa tiga hari sebelum waktu pendaftaran ditutup Senin (16/10) pukul 24.00 WIB.

“Partai yang baru mendaftar ke KPU Kota Tegal baru Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan”, ungkap Agus, Jum’at (13/10) di KPU Kota Tegal.

Oleh karena itu, KPU Kota Tegal, Jum’at (13/10) menyurati pimpinan parpol agar segera melakukan pendaftaran. Kata Agus, poin dalam surat tersebut antara lain apabila pengurus parpol tingkat Kota Tegal ada hal-hal yang perlu dikonsultasikan dapat datang di Kantor KPU Kota Tegal setiap hari pada jam kerja (08.00-16.00 WIB).

Kemudian, apabila DPP parpol sudah mendaftar di KPU RI, pengurus parpol tingkat kota agar segera menyerahkan salinan keanggotaan parpol dan salinan KTP-el atau surat keterangan dari Disdukcapil sebelum tanggal 16 Oktober 2017.

“Hal tersebut untuk mengantisipasi pengembalian dokumen karena tidak lengkap sehingga dapat segera dilengkapi dan disusun serta diserahkan kembali kepada KPU Kota Tegal”, kata Agus.

Dia berharap agar parpol tidak mendaftar ke KPU Kota Tegal didetik akhir pendaftaran sebab bilamana dokumen pendaftaran tidak lengkap dan parpol tersebut tidak dapat melengkapi, maka parpol tersebut yang rugi sendiri.

Sementara itu, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Thomas Budiono menjelaskan berkas yang harus dilengkapi parpol pada saat mendaftarkan ke KPU Kota Tegal antara lain surat keterangan penghubung partai dengan KPU Kota Tegal, salinan berkas yang terdaftar di Sipol, menunjukan bukti KTP-el/Suket dari Disdukcapil dan KTA sesuai urutan Sipol.

“KPU Kota Tegal menerima salinan keanggotaan Parpol (KTA) dan KTP dengan jumlah minimal seperseribu dari jumlah penduduk kabupaten/kota. Ini diamanatkan dalam Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” pungkas Thomas.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

UPS Tegal Terjunkan Mahasiswa KKN
Berita 17 Jul, 2017

UPS Tegal Terjunkan Mahasiswa KKN

TEGAL-Universitas Pancasakti Tegal menerjunkan 205 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan 8 orang dosen pembimbing yang ditempatkan   di…

Penanaman 10.000 Mangrove dan Cemara Laut
Berita 18 Mar, 2017

Penanaman 10.000 Mangrove dan Cemara Laut

TEGAL – Kesadaran manusia untuk melestarikan lingkungan dapat dilakukan banyak ragam. Ada yang menggunakan pola kebersihan di lingkungannya, ada pula…

Pedagang Pasar Kejambon Mulai Tempati Pasar Sementara
Berita 22 Apr, 2017

Pedagang Pasar Kejambon Mulai Tempati Pasar Sementara

TEGAL- Ratusan pedagang mulai menempati pasar sementara, Sabtu (22/4) sebagai dampak bakal direnovasinya pasar kejambon di Jalan Sultan Agung Kejambon.…

Jamkes Cover 101.806 Masyarakat Kota Tegal
Berita 07 Sep, 2017

Jamkes Cover 101.806 Masyarakat Kota Tegal

TEGAL- Berdasarkan Basis Data Terpadu (BTT), Dinas Kesehatan Kota Tegal mencatat 101.806 masyarakat miskin di Kota Tegal sudah tercover Jaminan…

Pemkot Tegal Gelar Temu Bisnis Pengusaha Besar dan Mikro
Berita 23 Aug, 2017

Pemkot Tegal Gelar Temu Bisnis Pengusaha Besar dan Mikro

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Tegal gelar temu bisnis (Matchmaking) peningkatan…

KONI Kota Tegal Gelar Musorkot
Berita 30 Jan, 2017

KONI Kota Tegal Gelar Musorkot

TEGAL - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tegal menggelar Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) dalam rangka pertanggungjawaban pengurus KONI periode…

Most from this category