KPU Kota Tegal Surati Pimpinan Parpol

TEGAL-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Agus Wijanarko, mengatakan, sampai saat ini baru satu partai politik (parpol) yang mendaftarkan diri menjadi peserta pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019.

Padahal sesuai aturan pendaftaran parpol peserta pemilu 3-16 Oktober 2017. Artinya hanya tersisa tiga hari sebelum waktu pendaftaran ditutup Senin (16/10) pukul 24.00 WIB.

“Partai yang baru mendaftar ke KPU Kota Tegal baru Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan”, ungkap Agus, Jum’at (13/10) di KPU Kota Tegal.

Oleh karena itu, KPU Kota Tegal, Jum’at (13/10) menyurati pimpinan parpol agar segera melakukan pendaftaran. Kata Agus, poin dalam surat tersebut antara lain apabila pengurus parpol tingkat Kota Tegal ada hal-hal yang perlu dikonsultasikan dapat datang di Kantor KPU Kota Tegal setiap hari pada jam kerja (08.00-16.00 WIB).

Kemudian, apabila DPP parpol sudah mendaftar di KPU RI, pengurus parpol tingkat kota agar segera menyerahkan salinan keanggotaan parpol dan salinan KTP-el atau surat keterangan dari Disdukcapil sebelum tanggal 16 Oktober 2017.

“Hal tersebut untuk mengantisipasi pengembalian dokumen karena tidak lengkap sehingga dapat segera dilengkapi dan disusun serta diserahkan kembali kepada KPU Kota Tegal”, kata Agus.

Dia berharap agar parpol tidak mendaftar ke KPU Kota Tegal didetik akhir pendaftaran sebab bilamana dokumen pendaftaran tidak lengkap dan parpol tersebut tidak dapat melengkapi, maka parpol tersebut yang rugi sendiri.

Sementara itu, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Thomas Budiono menjelaskan berkas yang harus dilengkapi parpol pada saat mendaftarkan ke KPU Kota Tegal antara lain surat keterangan penghubung partai dengan KPU Kota Tegal, salinan berkas yang terdaftar di Sipol, menunjukan bukti KTP-el/Suket dari Disdukcapil dan KTA sesuai urutan Sipol.

“KPU Kota Tegal menerima salinan keanggotaan Parpol (KTA) dan KTP dengan jumlah minimal seperseribu dari jumlah penduduk kabupaten/kota. Ini diamanatkan dalam Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” pungkas Thomas.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Besok, APK Paslon akan Ditertibkan
Berita 04 Mar, 2018

Besok, APK Paslon akan Ditertibkan

TEGAL-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tegal bersama KPU Kota Tegal, Satpol PP, Dinas Perhubungan, tim kampanye Pasangan Calon (Paslon) dan…

Pengembangan Destinasi Wisata di Kota Tegal.
Berita 21 Mar, 2017

Pengembangan Destinasi Wisata di Kota Tegal.

Jakarta – Setelah sukses dengan Pencanangan Kota Tegal Sebagai Kota Kuliner, kini saatnya Kota Tegal lebih mengembangkan destinasi wisata yang…

Waspada Vampir Listrik
Berita 22 Jun, 2017

Waspada Vampir Listrik

TEGAL – Dalam kebutuhan rumah tangga tentu tidak luput dengan pemakaian listrik, sudah menjadi kebutuhan wajib dalam keseharian. Semua kebutuhan…

25 Babinsa Dilatih Teknis dan Taktis Teritorial
Berita 19 Mar, 2019

25 Babinsa Dilatih Teknis dan Taktis Teritorial

Tegal - Sebanyak 25 Babinsa dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) dilatih teknis dan taktis teritorial di Koramil Model 01/Tegal Barat,…

Manfaatkan Teknologi, Jumadi Apresiasi Sensus Penduduk Online 2020
Berita 19 Feb, 2020

Manfaatkan Teknologi, Jumadi Apresiasi Sensus Penduduk Online 2020

Tegal – Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, S.T,M.M menghimbau kepada pejabat di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal untuk bekerjasama dan…

Pemudik Ke Kota Tegal Akan Diperiksa Ketat Kesehatannya.
Berita 31 Mar, 2020

Pemudik Ke Kota Tegal Akan Diperiksa Ketat Kesehatannya.

Tegal - Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE.MM meminta Pemudik yang tiba di Kota Tegal agar dapat diperiksa kesehatan…

Most from this category