KPU Kota Tegal Surati Pimpinan Parpol

TEGAL-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Agus Wijanarko, mengatakan, sampai saat ini baru satu partai politik (parpol) yang mendaftarkan diri menjadi peserta pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019.

Padahal sesuai aturan pendaftaran parpol peserta pemilu 3-16 Oktober 2017. Artinya hanya tersisa tiga hari sebelum waktu pendaftaran ditutup Senin (16/10) pukul 24.00 WIB.

“Partai yang baru mendaftar ke KPU Kota Tegal baru Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan”, ungkap Agus, Jum’at (13/10) di KPU Kota Tegal.

Oleh karena itu, KPU Kota Tegal, Jum’at (13/10) menyurati pimpinan parpol agar segera melakukan pendaftaran. Kata Agus, poin dalam surat tersebut antara lain apabila pengurus parpol tingkat Kota Tegal ada hal-hal yang perlu dikonsultasikan dapat datang di Kantor KPU Kota Tegal setiap hari pada jam kerja (08.00-16.00 WIB).

Kemudian, apabila DPP parpol sudah mendaftar di KPU RI, pengurus parpol tingkat kota agar segera menyerahkan salinan keanggotaan parpol dan salinan KTP-el atau surat keterangan dari Disdukcapil sebelum tanggal 16 Oktober 2017.

“Hal tersebut untuk mengantisipasi pengembalian dokumen karena tidak lengkap sehingga dapat segera dilengkapi dan disusun serta diserahkan kembali kepada KPU Kota Tegal”, kata Agus.

Dia berharap agar parpol tidak mendaftar ke KPU Kota Tegal didetik akhir pendaftaran sebab bilamana dokumen pendaftaran tidak lengkap dan parpol tersebut tidak dapat melengkapi, maka parpol tersebut yang rugi sendiri.

Sementara itu, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Thomas Budiono menjelaskan berkas yang harus dilengkapi parpol pada saat mendaftarkan ke KPU Kota Tegal antara lain surat keterangan penghubung partai dengan KPU Kota Tegal, salinan berkas yang terdaftar di Sipol, menunjukan bukti KTP-el/Suket dari Disdukcapil dan KTA sesuai urutan Sipol.

“KPU Kota Tegal menerima salinan keanggotaan Parpol (KTA) dan KTP dengan jumlah minimal seperseribu dari jumlah penduduk kabupaten/kota. Ini diamanatkan dalam Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” pungkas Thomas.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Peringati Hari Peduli Sampah dengan Aksi Bersih Pantai
Berita 13 Apr, 2018

Peringati Hari Peduli Sampah dengan Aksi Bersih Pantai

Sejumlah Komponen, baik dari Pemerintahan, TNI, Polri dan Masyarakat kota Tegal mengadakan aksi bersih pantai, yang dilaksanakan Jum’at (13/4) di…

Plt. Walikota Beramah Tamah Dengan Gubernur
Berita 25 Jun, 2018

Plt. Walikota Beramah Tamah Dengan Gubernur

Semarang - Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah di dampingi Sekda Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ir. Sri Puryono, MP,…

Hebat! Plt. Wali Kota Tegal Bacakan Puisi ‘’Tegal Loh Jinawi’’
Berita 01 Sep, 2018

Hebat! Plt. Wali Kota Tegal Bacakan Puisi ‘’Tegal Loh Jinawi’’

TEGAL – Plt. Wali Kota Tegal H. M Nursoleh berhasil memukai tamu undangan dalam pembacaan puisi dalam acara Peluncuran Buku…

Babinsa Heroik Pesurungan Kidul Dipindah Tugaskan
Berita 06 Mar, 2018

Babinsa Heroik Pesurungan Kidul Dipindah Tugaskan

TEGAL - Babinsa Kelurahan Pesurungan Kidul, Kecamatan Tegal Barat, akan berpindah tugas ke tempat yang baru. Banyak bimbingan dan arahan…

Berdayakan Startup Lokal, Bekraf Dukung Gelaran SWC Fenox VC
Berita 19 Jul, 2017

Berdayakan Startup Lokal, Bekraf Dukung Gelaran SWC Fenox VC

Bandung -  Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerjasama dengan perusahaan modal ventura asal Silicon Valley, Fenox Venture Capital (VC) untuk kembali…

Didepan Ribuan Umat Kapolres Tegal Kota Serukan Lawan Terorisme
Berita 14 May, 2018

Didepan Ribuan Umat Kapolres Tegal Kota Serukan Lawan Terorisme

Menyikapi kejadian beberapa waktu terakhir dimana aksi teror begitu masif terjadi di Mako Brimob dan Surabaya, Kapolres Tegal Kota AKBP.…

Most from this category