KPU Kota Tegal Surati Pimpinan Parpol

TEGAL-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Agus Wijanarko, mengatakan, sampai saat ini baru satu partai politik (parpol) yang mendaftarkan diri menjadi peserta pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019.

Padahal sesuai aturan pendaftaran parpol peserta pemilu 3-16 Oktober 2017. Artinya hanya tersisa tiga hari sebelum waktu pendaftaran ditutup Senin (16/10) pukul 24.00 WIB.

“Partai yang baru mendaftar ke KPU Kota Tegal baru Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan”, ungkap Agus, Jum’at (13/10) di KPU Kota Tegal.

Oleh karena itu, KPU Kota Tegal, Jum’at (13/10) menyurati pimpinan parpol agar segera melakukan pendaftaran. Kata Agus, poin dalam surat tersebut antara lain apabila pengurus parpol tingkat Kota Tegal ada hal-hal yang perlu dikonsultasikan dapat datang di Kantor KPU Kota Tegal setiap hari pada jam kerja (08.00-16.00 WIB).

Kemudian, apabila DPP parpol sudah mendaftar di KPU RI, pengurus parpol tingkat kota agar segera menyerahkan salinan keanggotaan parpol dan salinan KTP-el atau surat keterangan dari Disdukcapil sebelum tanggal 16 Oktober 2017.

“Hal tersebut untuk mengantisipasi pengembalian dokumen karena tidak lengkap sehingga dapat segera dilengkapi dan disusun serta diserahkan kembali kepada KPU Kota Tegal”, kata Agus.

Dia berharap agar parpol tidak mendaftar ke KPU Kota Tegal didetik akhir pendaftaran sebab bilamana dokumen pendaftaran tidak lengkap dan parpol tersebut tidak dapat melengkapi, maka parpol tersebut yang rugi sendiri.

Sementara itu, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Thomas Budiono menjelaskan berkas yang harus dilengkapi parpol pada saat mendaftarkan ke KPU Kota Tegal antara lain surat keterangan penghubung partai dengan KPU Kota Tegal, salinan berkas yang terdaftar di Sipol, menunjukan bukti KTP-el/Suket dari Disdukcapil dan KTA sesuai urutan Sipol.

“KPU Kota Tegal menerima salinan keanggotaan Parpol (KTA) dan KTP dengan jumlah minimal seperseribu dari jumlah penduduk kabupaten/kota. Ini diamanatkan dalam Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” pungkas Thomas.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

SMK Al Iklash Tegal Adakan Lomba Baca Puisi
Berita 17 Nov, 2017

SMK Al Iklash Tegal Adakan Lomba Baca Puisi

TEGAL – Banyak cara dilakukan untuk memperingati sesuatu momen, seperti yang dilakukan oleh SMK Al Iklash Kota Tegal, dalam rangka…

Walikota Tegal : Tertib Lalu Lintas Harus Ditanamkan Sejak Usia Dini
Berita 19 Nov, 2018

Walikota Tegal : Tertib Lalu Lintas Harus Ditanamkan Sejak Usia Dini

TEGAL - Penanaman tertib berlalu lalu lintas harus dilakukan sejak usia dini. Hal itu seperti yang diungkapkan Walikota Tegal Drs.HM…

Berikut Harapan Kepala SUPM Negeri Tegal yang Baru.
Berita 12 Oct, 2017

Berikut Harapan Kepala SUPM Negeri Tegal yang Baru.

TEGAL – Setelah bertugas selama 1 tahun 9 bulan sebagai Kepala SUPM Negeri Sorong kini Maskuri, S.Pi,M.Si kembali menahkodai SUPM…

KONI Jateng Lantik Pengurus KONI Kota Tegal
Berita 08 Aug, 2018

KONI Jateng Lantik Pengurus KONI Kota Tegal

TEGAL – Rapat Anggota Tahunan dan Pengukuhan Pengurus KONI Kota Tegal masa bhakti 2018-2022 berlangsung di Gedung Adipura Balaikota Tegal.…

Walikota Serahkan Bantuan Peralatan Kerja untuk Mustahik
Berita 28 Nov, 2018

Walikota Serahkan Bantuan Peralatan Kerja untuk Mustahik

TEGAL – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal mengawali kegiatan pentasharufan Zakat Infaq dan Sadaqah (ZIS) dengan penyerahan bantuan…

Walikota akan Presentasikan Tegal Yekan Park
Berita 12 Feb, 2019

Walikota akan Presentasikan Tegal Yekan Park

TEGAL- Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.MPd akan mempresentasikan Tegal Yekan Park dihadapan Forum Koridor Ekonomi Perdagangan, Investasi dan Pariwisata…

Most from this category