KPU Kota Tegal Surati Pimpinan Parpol

TEGAL-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Agus Wijanarko, mengatakan, sampai saat ini baru satu partai politik (parpol) yang mendaftarkan diri menjadi peserta pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019.

Padahal sesuai aturan pendaftaran parpol peserta pemilu 3-16 Oktober 2017. Artinya hanya tersisa tiga hari sebelum waktu pendaftaran ditutup Senin (16/10) pukul 24.00 WIB.

“Partai yang baru mendaftar ke KPU Kota Tegal baru Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan”, ungkap Agus, Jum’at (13/10) di KPU Kota Tegal.

Oleh karena itu, KPU Kota Tegal, Jum’at (13/10) menyurati pimpinan parpol agar segera melakukan pendaftaran. Kata Agus, poin dalam surat tersebut antara lain apabila pengurus parpol tingkat Kota Tegal ada hal-hal yang perlu dikonsultasikan dapat datang di Kantor KPU Kota Tegal setiap hari pada jam kerja (08.00-16.00 WIB).

Kemudian, apabila DPP parpol sudah mendaftar di KPU RI, pengurus parpol tingkat kota agar segera menyerahkan salinan keanggotaan parpol dan salinan KTP-el atau surat keterangan dari Disdukcapil sebelum tanggal 16 Oktober 2017.

“Hal tersebut untuk mengantisipasi pengembalian dokumen karena tidak lengkap sehingga dapat segera dilengkapi dan disusun serta diserahkan kembali kepada KPU Kota Tegal”, kata Agus.

Dia berharap agar parpol tidak mendaftar ke KPU Kota Tegal didetik akhir pendaftaran sebab bilamana dokumen pendaftaran tidak lengkap dan parpol tersebut tidak dapat melengkapi, maka parpol tersebut yang rugi sendiri.

Sementara itu, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Thomas Budiono menjelaskan berkas yang harus dilengkapi parpol pada saat mendaftarkan ke KPU Kota Tegal antara lain surat keterangan penghubung partai dengan KPU Kota Tegal, salinan berkas yang terdaftar di Sipol, menunjukan bukti KTP-el/Suket dari Disdukcapil dan KTA sesuai urutan Sipol.

“KPU Kota Tegal menerima salinan keanggotaan Parpol (KTA) dan KTP dengan jumlah minimal seperseribu dari jumlah penduduk kabupaten/kota. Ini diamanatkan dalam Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” pungkas Thomas.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

LPPM UPS Tegal Gelar Sosialisasi Online Learning Berstandar Internasional
Berita 05 Sep, 2018

LPPM UPS Tegal Gelar Sosialisasi Online Learning Berstandar Internasional

TEGAL-UPS Tegal melaksanakan sosialisasi pembelajaran daring (Online learning) bestrandar internasional di Aula YPP UPS Tegal, Selasa (5/9). Hadir dalam kegiatan…

Begini Suasana Pengamanan Kantor  KPU Kota Tegal Jelang Pendaftaran Balon Walikota
Berita 08 Jan, 2018

Begini Suasana Pengamanan Kantor KPU Kota Tegal Jelang Pendaftaran Balon Walikota

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal mulai membuka pendaftaran bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal, Senin (8/1). Selama tiga…

P2MKP Ulam Sari berbagi Ilmu dengan Siswa SMK Negeri 1 Pangandaran
Berita 12 May, 2017

P2MKP Ulam Sari berbagi Ilmu dengan Siswa SMK Negeri 1 Pangandaran

TEGAL – Pelaksanaan program kerja nyata didalam dunia SMK menawarkan tempat industri seseui dengan program bidang studi yang diampu oleh…

Fasilitas Kesehatan di Puskesmas Akan di Seterakan Rumah Sakit
Berita 14 Jul, 2017

Fasilitas Kesehatan di Puskesmas Akan di Seterakan Rumah Sakit

TEGAL-Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno menegaskan bahwa kader kesehatan adalah pahlawan yang menyampaikan semua terkait tentang kesehatan. Sebagai…

Usai Rehab, Ruang Kelas SD Negeri Panggung 13 Diresmikan
Berita 19 Apr, 2018

Usai Rehab, Ruang Kelas SD Negeri Panggung 13 Diresmikan

TEGAL-Pejabat Sementara Wali Kota Tegal Drs. Achmad Rofai, M.Si yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Dr. Johardi…

HUT Kota Tegal, Pemkot Tegal Gelar Lomba Permainan Tradisional
Berita 23 Apr, 2018

HUT Kota Tegal, Pemkot Tegal Gelar Lomba Permainan Tradisional

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal menggelar lomba permainan tradisional, Senin (23/4/2018) di alun-alun Kota Tegal. Lomba permainan tradisional itu dalam rangka Hari…

Most from this category