KPU Kota Tegal Surati Pimpinan Parpol

TEGAL-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Agus Wijanarko, mengatakan, sampai saat ini baru satu partai politik (parpol) yang mendaftarkan diri menjadi peserta pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019.

Padahal sesuai aturan pendaftaran parpol peserta pemilu 3-16 Oktober 2017. Artinya hanya tersisa tiga hari sebelum waktu pendaftaran ditutup Senin (16/10) pukul 24.00 WIB.

“Partai yang baru mendaftar ke KPU Kota Tegal baru Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan”, ungkap Agus, Jum’at (13/10) di KPU Kota Tegal.

Oleh karena itu, KPU Kota Tegal, Jum’at (13/10) menyurati pimpinan parpol agar segera melakukan pendaftaran. Kata Agus, poin dalam surat tersebut antara lain apabila pengurus parpol tingkat Kota Tegal ada hal-hal yang perlu dikonsultasikan dapat datang di Kantor KPU Kota Tegal setiap hari pada jam kerja (08.00-16.00 WIB).

Kemudian, apabila DPP parpol sudah mendaftar di KPU RI, pengurus parpol tingkat kota agar segera menyerahkan salinan keanggotaan parpol dan salinan KTP-el atau surat keterangan dari Disdukcapil sebelum tanggal 16 Oktober 2017.

“Hal tersebut untuk mengantisipasi pengembalian dokumen karena tidak lengkap sehingga dapat segera dilengkapi dan disusun serta diserahkan kembali kepada KPU Kota Tegal”, kata Agus.

Dia berharap agar parpol tidak mendaftar ke KPU Kota Tegal didetik akhir pendaftaran sebab bilamana dokumen pendaftaran tidak lengkap dan parpol tersebut tidak dapat melengkapi, maka parpol tersebut yang rugi sendiri.

Sementara itu, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Thomas Budiono menjelaskan berkas yang harus dilengkapi parpol pada saat mendaftarkan ke KPU Kota Tegal antara lain surat keterangan penghubung partai dengan KPU Kota Tegal, salinan berkas yang terdaftar di Sipol, menunjukan bukti KTP-el/Suket dari Disdukcapil dan KTA sesuai urutan Sipol.

“KPU Kota Tegal menerima salinan keanggotaan Parpol (KTA) dan KTP dengan jumlah minimal seperseribu dari jumlah penduduk kabupaten/kota. Ini diamanatkan dalam Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” pungkas Thomas.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Tingkatkan Kedekatan Dengan Anak, Walikota Gagas Gerakan 1821
Berita 09 Apr, 2017

Tingkatkan Kedekatan Dengan Anak, Walikota Gagas Gerakan 1821

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal terus membuat gebrakan untuk mewujudkan anak di Kota Tegal menjadi anak-anak yang cerdas. Salah satu gebrakan Walikota…

Terapkan SOTK Baru, Wewenang Satpoll PP bertambah
Berita 16 Jan, 2017

Terapkan SOTK Baru, Wewenang Satpoll PP bertambah

TEGAL – Melalui tugas pokok dan fungsinya, Satpol PP sekarang ini dituntut untuk lebih menunjukan keberadaannya melalui bentuk sikap totalitas…

Pengelola Pendidikan Non Formal Diajak untuk Maju
Berita 09 Mar, 2018

Pengelola Pendidikan Non Formal Diajak untuk Maju

TEGAL-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal menggelar sosialisasi bagi Pengelola Lembaga Pendidikan Non Formal, Jum’at (9/3/2018) di aula Eks…

Sportifitas Cabang Olahraga Sepak Takraw Putri dalam Popda Tingkat Kota
Berita 22 Feb, 2017

Sportifitas Cabang Olahraga Sepak Takraw Putri dalam Popda Tingkat Kota

TEGAL – Pelaksanaan Popda cabang sepak takraw tingkat Kota Tegal  yang dilaksanakan pada 20-21 Februari 2017 di GOR Wisanggeni sudah…

Cegah Kasus Baru HIV/AIDS
Berita 15 Nov, 2017

Cegah Kasus Baru HIV/AIDS

TEGAL- Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Tegal gelar pertemuan Peer Education dan Pokja, Rabu (15/11) di Aula Eks Samsat Balaikota…

Perpusnas Beri Bantuan Kepada Politeknik Harapan Bersama
Berita 24 Sep, 2018

Perpusnas Beri Bantuan Kepada Politeknik Harapan Bersama

TEGAL - Undang-Undang No.43 Tahun 2017 tentang Perpustakaan mengamanatkan diselenggarakannya layanan perpustakaan secara terpadu melalui pemanfaatan sistem jejaring perpustakaan yang…

Most from this category