KPU Kota Tegal Surati Pimpinan Parpol

TEGAL-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Agus Wijanarko, mengatakan, sampai saat ini baru satu partai politik (parpol) yang mendaftarkan diri menjadi peserta pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019.

Padahal sesuai aturan pendaftaran parpol peserta pemilu 3-16 Oktober 2017. Artinya hanya tersisa tiga hari sebelum waktu pendaftaran ditutup Senin (16/10) pukul 24.00 WIB.

“Partai yang baru mendaftar ke KPU Kota Tegal baru Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan”, ungkap Agus, Jum’at (13/10) di KPU Kota Tegal.

Oleh karena itu, KPU Kota Tegal, Jum’at (13/10) menyurati pimpinan parpol agar segera melakukan pendaftaran. Kata Agus, poin dalam surat tersebut antara lain apabila pengurus parpol tingkat Kota Tegal ada hal-hal yang perlu dikonsultasikan dapat datang di Kantor KPU Kota Tegal setiap hari pada jam kerja (08.00-16.00 WIB).

Kemudian, apabila DPP parpol sudah mendaftar di KPU RI, pengurus parpol tingkat kota agar segera menyerahkan salinan keanggotaan parpol dan salinan KTP-el atau surat keterangan dari Disdukcapil sebelum tanggal 16 Oktober 2017.

“Hal tersebut untuk mengantisipasi pengembalian dokumen karena tidak lengkap sehingga dapat segera dilengkapi dan disusun serta diserahkan kembali kepada KPU Kota Tegal”, kata Agus.

Dia berharap agar parpol tidak mendaftar ke KPU Kota Tegal didetik akhir pendaftaran sebab bilamana dokumen pendaftaran tidak lengkap dan parpol tersebut tidak dapat melengkapi, maka parpol tersebut yang rugi sendiri.

Sementara itu, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Thomas Budiono menjelaskan berkas yang harus dilengkapi parpol pada saat mendaftarkan ke KPU Kota Tegal antara lain surat keterangan penghubung partai dengan KPU Kota Tegal, salinan berkas yang terdaftar di Sipol, menunjukan bukti KTP-el/Suket dari Disdukcapil dan KTA sesuai urutan Sipol.

“KPU Kota Tegal menerima salinan keanggotaan Parpol (KTA) dan KTP dengan jumlah minimal seperseribu dari jumlah penduduk kabupaten/kota. Ini diamanatkan dalam Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” pungkas Thomas.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Dari Upacara Hingga Lomba-lomba di Sasana Suko Mulyo Tegal
Berita 17 Aug, 2017

Dari Upacara Hingga Lomba-lomba di Sasana Suko Mulyo Tegal

TEGAL-Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah melalui Sasana Pelayanan Sosial Anak Suko Mulyo Tegal, Kamis (17/8) Jalan Dr. Soetomo, No. 50,…

BEM Fakultas Ekonomi UPS Tegal Adakan Seminar Nasional
Berita 16 Sep, 2017

BEM Fakultas Ekonomi UPS Tegal Adakan Seminar Nasional

TEGAL-Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal mengadakan seminar Nasional yang bertema “Kebijakan dan Strategi Pembangunan…

Kapolres Tegal Kota Pimpin Upacara Korps Rapot dan Masa Purna Tugas
Berita 04 Oct, 2017

Kapolres Tegal Kota Pimpin Upacara Korps Rapot dan Masa Purna Tugas

TEGAL- Polres Tegal  Kota  gelar  upacara  pelantikan  kenaikan  pangkat  setingkat  lebih  tinggi  (corp raport)  dan  pelepasan  anggota  memasuki masa purna…

Dayu Dara Optimis Gojek Berkembang Di Kota Tegal
Berita 15 Jul, 2017

Dayu Dara Optimis Gojek Berkembang Di Kota Tegal

TEGAL-Vice President PT. GO-JEK Indonesia Dayu Dara Permata mengaku optimis keberadaan Gojek di Kota Tegal mampu berkembang sama halnya di…

Pastikan Kesiapan Mudik, Mobil Ambulan Dicek
Berita 14 Jun, 2017

Pastikan Kesiapan Mudik, Mobil Ambulan Dicek

TEGAL-Dinas Kesehatan Kota Tegal memastikan 15 armada ambulan dan 2 unit ambulan motor siap digunakan saat musim mudik lebaran tahun…

Relawan BPBD Lakukan Monitoring Detiap Tiga Jam Sekali
Berita 12 Jan, 2018

Relawan BPBD Lakukan Monitoring Detiap Tiga Jam Sekali

TEGAL - Posko penanggulangan banjir dan rob yang merupakan posko 2 berada di Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Kamis (11/1).…

Most from this category