KPU Kota Tegal Buka Pendaftaran PPK dan PPS

TEGAL-Jelang Pilkada serentak 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal membuka pendaftaran anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko melalui Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Thomas Budiono  mengatakan bagi masyarakat yang berminat menjadi anggota PPK dan PPS dapat mengirimkan berkas pendaftaran ke KPU Kota Tegal.

Ia mengaku tidak membatasi jumlah pendaftar, selama waktu pendaftran pihaknya akan terus menerima calon pendaftar. “Untuk pendaftaran PPK mulai 13-18 Oktober, sedangkan PPS tanggal 13 Oktober – 1 November”, kata Thomas.

Menurutnya, seleksi administrasi berkas pendaftaran calon anggota PPK akan dilakukan pada 13-18 Oktober. Hasil seleksi tersebut diumumkan pada 19 Oktober, tes tertulis 21 Oktober 2017. Pengumuman hasil tes tertulis  23 Oktober.

Tanggapan masyarakat 23-27 Oktober, tes wawancara dilaksanakan pada 27-30 Oktober. “Pengumuman hasil akhir seleksi tanggal 31 Oktober. kemudian pelantikan anggota PPK dijadwalkan 1 November 2017,” ungkapnya.

Untuk seleksi administrasi berkas pendaftaran calon anggota PPS baru dilaksanakan setelah anggota PPK dilantik atau 2-4 November. Pengumuman hasil seleksi administrasi pada 5 November, dilanjutkan meminta tanggapan masyarakat 5-8 November.

Calon anggota PPS juga akan mengikuti tes wawancara pada 6-8 November. Pengumuman hasil seleksi wawancara 9 November , pengumuman dan penetapan anggota PPS pada 10 November. Disusul pelantikan anggota PPS 11 November.

Adapun untuk persyaratan PPK dan PPS yaitu usia minimal 17 tahun, pendidikan minimal SMA sederajat, tidak menjadi anggota partai politik paling lama lima tahun, tidak pernah dipidana dengan ancaman hukuman lima tahun, berdomisili dalam wilayah kerja PPK dan PPS dan tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU atau DKPP (dewan kehormatan penyelenggara Pemilu).

“Kemudian syarat lainnya adalah mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika. Belum pernah menjadi anggota PPK atau PPS selama dua periode kepemiluan berturut-turut”, pungkas Thomas.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Pemkot Tegal Adakan Lomba Seni Kemasyarakatan
Berita 18 Apr, 2018

Pemkot Tegal Adakan Lomba Seni Kemasyarakatan

TEGAL – Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal mengadakan Lomba Seni Kemasyarakatan Tingkat Kota Tegal tahun…

Warga Bersihkan Saluran Sikembang untuk Hindari Banjir
Berita 21 Feb, 2018

Warga Bersihkan Saluran Sikembang untuk Hindari Banjir

TEGAL - Untuk menghindari banjir yang bisa terjadi setiap saat di Kelurahan Margadana, Kecamatan Margadana, warga bergotong-royong membersihkan saluran sikembang.…

Plt. Walikota Tegal Instruksikan Kepala OPD Pantau Pelaksanaan Capaian Kinerja
Berita 20 Nov, 2017

Plt. Walikota Tegal Instruksikan Kepala OPD Pantau Pelaksanaan Capaian Kinerja

Memasuki bulan kedua di triwulan keempat atau di akhir tahun anggaran 2017 waktu pelaksanaan kegiatan di pemerintah Kota tegal, berdasarkan…

Warga Manfaatkan Lapangan Tegal Selatan untuk Berkumpul dengan Keluarga
Berita 22 May, 2017

Warga Manfaatkan Lapangan Tegal Selatan untuk Berkumpul dengan Keluarga

TEGAL – Bila berkunjung di Lapangan Tegal Selatan dimalam hari, apalagi di waktu malam minggu pasti akan mencumpai keramain. Keramaian…

Pemkot Minta 40 Sertifikat Kios Pasar Pagi Dikembalikan
Berita 11 Jul, 2018

Pemkot Minta 40 Sertifikat Kios Pasar Pagi Dikembalikan

Pemerintah Kota Tegal meminta pihak investor Pasar Pagi, PT. Sinar Permai untuk segera menggembalikan 40 sertifikat kios Pasar Pagi yang…

Dinkes Kota Tegal Gelar Pemicuan STBM
Berita 23 Apr, 2018

Dinkes Kota Tegal Gelar Pemicuan STBM

TEGAL-Dinas Kesehatan Kota Tegal menggelar pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dalam rangka meningkatkan 5 pilar STBM, Senin (23/4) di…

Most from this category