KPU Kota Tegal Buka Pendaftaran PPK dan PPS

TEGAL-Jelang Pilkada serentak 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal membuka pendaftaran anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko melalui Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Thomas Budiono  mengatakan bagi masyarakat yang berminat menjadi anggota PPK dan PPS dapat mengirimkan berkas pendaftaran ke KPU Kota Tegal.

Ia mengaku tidak membatasi jumlah pendaftar, selama waktu pendaftran pihaknya akan terus menerima calon pendaftar. “Untuk pendaftaran PPK mulai 13-18 Oktober, sedangkan PPS tanggal 13 Oktober – 1 November”, kata Thomas.

Menurutnya, seleksi administrasi berkas pendaftaran calon anggota PPK akan dilakukan pada 13-18 Oktober. Hasil seleksi tersebut diumumkan pada 19 Oktober, tes tertulis 21 Oktober 2017. Pengumuman hasil tes tertulis  23 Oktober.

Tanggapan masyarakat 23-27 Oktober, tes wawancara dilaksanakan pada 27-30 Oktober. “Pengumuman hasil akhir seleksi tanggal 31 Oktober. kemudian pelantikan anggota PPK dijadwalkan 1 November 2017,” ungkapnya.

Untuk seleksi administrasi berkas pendaftaran calon anggota PPS baru dilaksanakan setelah anggota PPK dilantik atau 2-4 November. Pengumuman hasil seleksi administrasi pada 5 November, dilanjutkan meminta tanggapan masyarakat 5-8 November.

Calon anggota PPS juga akan mengikuti tes wawancara pada 6-8 November. Pengumuman hasil seleksi wawancara 9 November , pengumuman dan penetapan anggota PPS pada 10 November. Disusul pelantikan anggota PPS 11 November.

Adapun untuk persyaratan PPK dan PPS yaitu usia minimal 17 tahun, pendidikan minimal SMA sederajat, tidak menjadi anggota partai politik paling lama lima tahun, tidak pernah dipidana dengan ancaman hukuman lima tahun, berdomisili dalam wilayah kerja PPK dan PPS dan tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU atau DKPP (dewan kehormatan penyelenggara Pemilu).

“Kemudian syarat lainnya adalah mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika. Belum pernah menjadi anggota PPK atau PPS selama dua periode kepemiluan berturut-turut”, pungkas Thomas.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

PLN Menghimbau Agar Tidak Tertipu dengan Alat Penghemat Listrik
Berita 07 Sep, 2017

PLN Menghimbau Agar Tidak Tertipu dengan Alat Penghemat Listrik

TEGAL – Adanya sales yang saat-saat ini banyak dijumpai memperjual belikan alat  yang dapat menghemat listrik. Hal itu membuat Perusahaan…

Walikota Hadiri Pelantikan HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia)
Berita 08 May, 2017

Walikota Hadiri Pelantikan HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia)

Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno hadir dalam pelantikan  HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) cabang Kota Tegal, Sabtu (6/5/2017)…

Sebanyak 60 Guru SD Negeri di Kota Tegal Ikuti Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Berita 08 Aug, 2017

Sebanyak 60 Guru SD Negeri di Kota Tegal Ikuti Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

TEGAL- Sedikitnya, 60 Guru SD se Kota Tegal mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Sekolah Dasar yang…

Pemkot Targetkan Rehab 622 Unit RTLH tahun 2018
Berita 17 Nov, 2017

Pemkot Targetkan Rehab 622 Unit RTLH tahun 2018

Pemerintah Kota Tegal menargetkan rehab 622 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di tahun 2018, hal ini disampikan oleh Plt.…

Happy Sunday bersama Perpusling
Berita 20 Feb, 2017

Happy Sunday bersama Perpusling

TEGAL- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tegal yang mengayomi Perpustakaan Daerah Mr. Besar Martokoesoemo, terhitung Pebruari 2017 menambah jam pelayanan…

Puluhan Lansia Ikuti Senam Diabet
Berita 02 May, 2017

Puluhan Lansia Ikuti Senam Diabet

TEGAL-Puluhan warga lanjut usia (lansia) Kota Tegal mengikuti berbagai lomba yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Tegal, Selasa (2/5) di…

Most from this category