KPU Kota Tegal Buka Pendaftaran PPK dan PPS

TEGAL-Jelang Pilkada serentak 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal membuka pendaftaran anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko melalui Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Thomas Budiono  mengatakan bagi masyarakat yang berminat menjadi anggota PPK dan PPS dapat mengirimkan berkas pendaftaran ke KPU Kota Tegal.

Ia mengaku tidak membatasi jumlah pendaftar, selama waktu pendaftran pihaknya akan terus menerima calon pendaftar. “Untuk pendaftaran PPK mulai 13-18 Oktober, sedangkan PPS tanggal 13 Oktober – 1 November”, kata Thomas.

Menurutnya, seleksi administrasi berkas pendaftaran calon anggota PPK akan dilakukan pada 13-18 Oktober. Hasil seleksi tersebut diumumkan pada 19 Oktober, tes tertulis 21 Oktober 2017. Pengumuman hasil tes tertulis  23 Oktober.

Tanggapan masyarakat 23-27 Oktober, tes wawancara dilaksanakan pada 27-30 Oktober. “Pengumuman hasil akhir seleksi tanggal 31 Oktober. kemudian pelantikan anggota PPK dijadwalkan 1 November 2017,” ungkapnya.

Untuk seleksi administrasi berkas pendaftaran calon anggota PPS baru dilaksanakan setelah anggota PPK dilantik atau 2-4 November. Pengumuman hasil seleksi administrasi pada 5 November, dilanjutkan meminta tanggapan masyarakat 5-8 November.

Calon anggota PPS juga akan mengikuti tes wawancara pada 6-8 November. Pengumuman hasil seleksi wawancara 9 November , pengumuman dan penetapan anggota PPS pada 10 November. Disusul pelantikan anggota PPS 11 November.

Adapun untuk persyaratan PPK dan PPS yaitu usia minimal 17 tahun, pendidikan minimal SMA sederajat, tidak menjadi anggota partai politik paling lama lima tahun, tidak pernah dipidana dengan ancaman hukuman lima tahun, berdomisili dalam wilayah kerja PPK dan PPS dan tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU atau DKPP (dewan kehormatan penyelenggara Pemilu).

“Kemudian syarat lainnya adalah mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika. Belum pernah menjadi anggota PPK atau PPS selama dua periode kepemiluan berturut-turut”, pungkas Thomas.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Guna Menunjang Kesiapsiagaan Satuan, Prajurit Lanal Tegal Jalani Tes Samapta
Berita 03 Apr, 2018

Guna Menunjang Kesiapsiagaan Satuan, Prajurit Lanal Tegal Jalani Tes Samapta

TEGAL- Sebanyak 192 prajurit Pangkalan TNI AL Tegal melaksanakan tes samapta rutin di Markas Komando Lanal Tegal. Tes Samapta yang…

Catat, Ini Syarat dan Waktu Keberangkatan Mudik Gratis
Berita 02 Jun, 2017

Catat, Ini Syarat dan Waktu Keberangkatan Mudik Gratis

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Perhubungan Kota Tegal menyediakan fasilitas mudik gratis kepada warga Kota Tegal yang berada di Ibu…

Mulyono: Jangan Coba-coba Korupsi
Berita 08 Aug, 2017

Mulyono: Jangan Coba-coba Korupsi

TEGAL-Tim Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (Binmatkum) Kejaksaan Negeri Kota Tegal Mulyono mengatakan ada 10 jenis kegiatan yang rawan untuk praktek…

Plt. Walikota Beramah Tamah Dengan Gubernur
Berita 25 Jun, 2018

Plt. Walikota Beramah Tamah Dengan Gubernur

Semarang - Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah di dampingi Sekda Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ir. Sri Puryono, MP,…

Jelang Lebaran Produksi Olahan Ikan Meningkat
Berita 16 Jun, 2017

Jelang Lebaran Produksi Olahan Ikan Meningkat

TEGAL – Permintaan jenis olahan ikan menjelang hari lebaran makin ada peningkatan. Beberapa olahan ikan terus diminati oleh konsumen. Seperti…

Muhammad Nahrudin Dapat Hadiah Sepeda Motor
Berita 12 Aug, 2018

Muhammad Nahrudin Dapat Hadiah Sepeda Motor

Muhammad Nahrudin (42) warga gang Seruni jalan Kemuning RT.02 RW 06 Kelurahan Kejambon mendapatkan hadiah satu unit sepeda motor sebagai…

Most from this category