KPU Kota Tegal Buka Pendaftaran PPK dan PPS

TEGAL-Jelang Pilkada serentak 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal membuka pendaftaran anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko melalui Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Thomas Budiono  mengatakan bagi masyarakat yang berminat menjadi anggota PPK dan PPS dapat mengirimkan berkas pendaftaran ke KPU Kota Tegal.

Ia mengaku tidak membatasi jumlah pendaftar, selama waktu pendaftran pihaknya akan terus menerima calon pendaftar. “Untuk pendaftaran PPK mulai 13-18 Oktober, sedangkan PPS tanggal 13 Oktober – 1 November”, kata Thomas.

Menurutnya, seleksi administrasi berkas pendaftaran calon anggota PPK akan dilakukan pada 13-18 Oktober. Hasil seleksi tersebut diumumkan pada 19 Oktober, tes tertulis 21 Oktober 2017. Pengumuman hasil tes tertulis  23 Oktober.

Tanggapan masyarakat 23-27 Oktober, tes wawancara dilaksanakan pada 27-30 Oktober. “Pengumuman hasil akhir seleksi tanggal 31 Oktober. kemudian pelantikan anggota PPK dijadwalkan 1 November 2017,” ungkapnya.

Untuk seleksi administrasi berkas pendaftaran calon anggota PPS baru dilaksanakan setelah anggota PPK dilantik atau 2-4 November. Pengumuman hasil seleksi administrasi pada 5 November, dilanjutkan meminta tanggapan masyarakat 5-8 November.

Calon anggota PPS juga akan mengikuti tes wawancara pada 6-8 November. Pengumuman hasil seleksi wawancara 9 November , pengumuman dan penetapan anggota PPS pada 10 November. Disusul pelantikan anggota PPS 11 November.

Adapun untuk persyaratan PPK dan PPS yaitu usia minimal 17 tahun, pendidikan minimal SMA sederajat, tidak menjadi anggota partai politik paling lama lima tahun, tidak pernah dipidana dengan ancaman hukuman lima tahun, berdomisili dalam wilayah kerja PPK dan PPS dan tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU atau DKPP (dewan kehormatan penyelenggara Pemilu).

“Kemudian syarat lainnya adalah mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika. Belum pernah menjadi anggota PPK atau PPS selama dua periode kepemiluan berturut-turut”, pungkas Thomas.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Warga Berbondong Saksikan Super Blue Blood Moon di PAI Tegal
Berita 31 Jan, 2018

Warga Berbondong Saksikan Super Blue Blood Moon di PAI Tegal

TEGAL - Warga Tegal berbondong menyaksikan Fenomena Super Blue Blood Moon. Nampak di Obyek Wisata Pantai Alam Indah Kota Tegal…

Bolos Dihari Pertama, ASN Pemkot Tegal Bakal Kena Sanksi
Berita 03 Jul, 2017

Bolos Dihari Pertama, ASN Pemkot Tegal Bakal Kena Sanksi

TEGAL-Hai ini semua Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Tegal harus masuk kerja dan memulai aktivitasnya seperti biasa. Tidak ada…

Forkopimda dan Tokoh Lintas Agama Kota Tegal Peduli Rohingya
Berita 14 Sep, 2017

Forkopimda dan Tokoh Lintas Agama Kota Tegal Peduli Rohingya

TEGAL-Dukungan dan perhatian atas krisis kemanusian di Rakhine Myanmar terus digelar di Kota Tegal melalui kegiatan Doa bersama dan Pengalangan…

Berita 30 Jan, 2017

Pelaku Usaha Semakin Mudah, Izin IUMK Langsung Jadi

TEGAL-Bagi pelaku usaha, Izin usaha mikro dan kecil atau yang biasa dikenal IUMK merupakan istilah tidak asing. Pemerintah mengeluarkan kebijakan…

Ezra Auditya,  Atlet Ikuti Dua Cabor POPDA
Berita 20 Feb, 2017

Ezra Auditya, Atlet Ikuti Dua Cabor POPDA

TEGAL-Ada yang spesifik di antara atlet POPDA Kota Tegal 2017. Lazimnya, seorang atlet hanya turun disatu cabang olah raga (cabor),…

TK Hangtuah 16 Tegal Lepas Siswa
Berita 11 May, 2017

TK Hangtuah 16 Tegal Lepas Siswa

TEGAL-Yayasan Taman Kanak-kanak (TK) Hangtuah 16 Tegal melaksanakan pentas seni dan perpisahan tahun ajaran 2016/2017 di Aula Dewi Sri Komplek…

Most from this category