KPU Kota Tegal Buka Pendaftaran PPK dan PPS

TEGAL-Jelang Pilkada serentak 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal membuka pendaftaran anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko melalui Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Thomas Budiono  mengatakan bagi masyarakat yang berminat menjadi anggota PPK dan PPS dapat mengirimkan berkas pendaftaran ke KPU Kota Tegal.

Ia mengaku tidak membatasi jumlah pendaftar, selama waktu pendaftran pihaknya akan terus menerima calon pendaftar. “Untuk pendaftaran PPK mulai 13-18 Oktober, sedangkan PPS tanggal 13 Oktober – 1 November”, kata Thomas.

Menurutnya, seleksi administrasi berkas pendaftaran calon anggota PPK akan dilakukan pada 13-18 Oktober. Hasil seleksi tersebut diumumkan pada 19 Oktober, tes tertulis 21 Oktober 2017. Pengumuman hasil tes tertulis  23 Oktober.

Tanggapan masyarakat 23-27 Oktober, tes wawancara dilaksanakan pada 27-30 Oktober. “Pengumuman hasil akhir seleksi tanggal 31 Oktober. kemudian pelantikan anggota PPK dijadwalkan 1 November 2017,” ungkapnya.

Untuk seleksi administrasi berkas pendaftaran calon anggota PPS baru dilaksanakan setelah anggota PPK dilantik atau 2-4 November. Pengumuman hasil seleksi administrasi pada 5 November, dilanjutkan meminta tanggapan masyarakat 5-8 November.

Calon anggota PPS juga akan mengikuti tes wawancara pada 6-8 November. Pengumuman hasil seleksi wawancara 9 November , pengumuman dan penetapan anggota PPS pada 10 November. Disusul pelantikan anggota PPS 11 November.

Adapun untuk persyaratan PPK dan PPS yaitu usia minimal 17 tahun, pendidikan minimal SMA sederajat, tidak menjadi anggota partai politik paling lama lima tahun, tidak pernah dipidana dengan ancaman hukuman lima tahun, berdomisili dalam wilayah kerja PPK dan PPS dan tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU atau DKPP (dewan kehormatan penyelenggara Pemilu).

“Kemudian syarat lainnya adalah mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika. Belum pernah menjadi anggota PPK atau PPS selama dua periode kepemiluan berturut-turut”, pungkas Thomas.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Senimar Nasional Pendidikan, Plt. Wali Kota: Pendidikan Memiliki Peran Penting
Berita 17 Sep, 2017

Senimar Nasional Pendidikan, Plt. Wali Kota: Pendidikan Memiliki Peran Penting

TEGAL-Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM)-Himpunan Mahasiswa (HIMA) PGSD Tegal FIP UNNES gelar seminar nasional pendidikan, Minggu (17/9) di…

Razia Tempat Kost oleh Satpol PP dan BNN Kota Tegal
Berita 16 Jun, 2017

Razia Tempat Kost oleh Satpol PP dan BNN Kota Tegal

TEGAL – Dalam rangka menertibakan dan memberikan rasa aman dimasyarakat di bulan ramdhan ini, Satuan Pamong Praja (Satpol PP) dan…

Karya Kreatif Lewat Kartun Kapsul
Berita 09 Feb, 2017

Karya Kreatif Lewat Kartun Kapsul

TEGAL – Banyak cara dilakukan untuk mengekspresikan sebuah karya. Hal ini nampak pada Muhammad Mikyal Wafi (20), mahasiswa semester akhir…

Perpusnas RI Kukuhkan Walikota Tegal sebagai Bunda Baca
Berita 02 May, 2017

Perpusnas RI Kukuhkan Walikota Tegal sebagai Bunda Baca

TEGAL- Berbagai prestasi kembali diraih Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno dalam kiprahnya memimpin Kota Tegal. Kali ini Perpustakaan…

Kunjungi Pesurungan Kidul, Walikota Ajak Warga Kembangkan Ekonomi Kerakyatan
Berita 13 Feb, 2017

Kunjungi Pesurungan Kidul, Walikota Ajak Warga Kembangkan Ekonomi Kerakyatan

TEGAL- Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno kembali mengajak warga untuk mengembangkan ekonomi kerakayatan melalui pemanfaatan potensi kuliner dan…

GOW Kota Tegal Peringati Hari Kartini
Berita 25 Apr, 2017

GOW Kota Tegal Peringati Hari Kartini

TEGAL-Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tegal menggelar seminar peringatan hari Kartini Kota Tegal ke-138 yang bertemakan Dengan Semangat Kartini Kita…

Most from this category