KPU Kota Tegal Buka Pendaftaran PPK dan PPS

TEGAL-Jelang Pilkada serentak 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal membuka pendaftaran anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko melalui Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Thomas Budiono  mengatakan bagi masyarakat yang berminat menjadi anggota PPK dan PPS dapat mengirimkan berkas pendaftaran ke KPU Kota Tegal.

Ia mengaku tidak membatasi jumlah pendaftar, selama waktu pendaftran pihaknya akan terus menerima calon pendaftar. “Untuk pendaftaran PPK mulai 13-18 Oktober, sedangkan PPS tanggal 13 Oktober – 1 November”, kata Thomas.

Menurutnya, seleksi administrasi berkas pendaftaran calon anggota PPK akan dilakukan pada 13-18 Oktober. Hasil seleksi tersebut diumumkan pada 19 Oktober, tes tertulis 21 Oktober 2017. Pengumuman hasil tes tertulis  23 Oktober.

Tanggapan masyarakat 23-27 Oktober, tes wawancara dilaksanakan pada 27-30 Oktober. “Pengumuman hasil akhir seleksi tanggal 31 Oktober. kemudian pelantikan anggota PPK dijadwalkan 1 November 2017,” ungkapnya.

Untuk seleksi administrasi berkas pendaftaran calon anggota PPS baru dilaksanakan setelah anggota PPK dilantik atau 2-4 November. Pengumuman hasil seleksi administrasi pada 5 November, dilanjutkan meminta tanggapan masyarakat 5-8 November.

Calon anggota PPS juga akan mengikuti tes wawancara pada 6-8 November. Pengumuman hasil seleksi wawancara 9 November , pengumuman dan penetapan anggota PPS pada 10 November. Disusul pelantikan anggota PPS 11 November.

Adapun untuk persyaratan PPK dan PPS yaitu usia minimal 17 tahun, pendidikan minimal SMA sederajat, tidak menjadi anggota partai politik paling lama lima tahun, tidak pernah dipidana dengan ancaman hukuman lima tahun, berdomisili dalam wilayah kerja PPK dan PPS dan tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU atau DKPP (dewan kehormatan penyelenggara Pemilu).

“Kemudian syarat lainnya adalah mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika. Belum pernah menjadi anggota PPK atau PPS selama dua periode kepemiluan berturut-turut”, pungkas Thomas.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Ketua Cabang 7 Korcab.V DJAT Serahkan Dana Pendidikan Anak Yatim
Berita 31 Oct, 2017

Ketua Cabang 7 Korcab.V DJAT Serahkan Dana Pendidikan Anak Yatim

TEGAL-Bertempat di ruang kepengurusan Jalasenastri Lanal Tegal jl.Proklamasi No.1 Kota Tegal, Selasa (31/10), ketua cabang 7 Korcab.V DJAT Ny.Arisay SB.Manurung…

Wali Kota: Idul Fitri Momen Saling Memaafkan
Berita 04 Jul, 2017

Wali Kota: Idul Fitri Momen Saling Memaafkan

TEGAL-Wali Kota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno menghadiri Halal Bi Halal yang diadakan oleh masyarakat Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal…

DPRD Akan Tindak Lanjuti LHP BPK-RI
Berita 11 Dec, 2017

DPRD Akan Tindak Lanjuti LHP BPK-RI

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal, Edy Suripno menyampaikan siap untuk menindak lanjuti Laporan Hasil Pemeriksaa (LHP) Badan…

Doa Istri Terkabul, Imam dapat Hadiah Motor jalan Sehat KORPRI
Berita 26 Nov, 2017

Doa Istri Terkabul, Imam dapat Hadiah Motor jalan Sehat KORPRI

Seperti dikabulkan doa istrinya, Imam Sugiarto (35), warga kelurahan Slerok mendapatkan hadiah sebuah sepeda motor Vario, dalam acara jalan sehat…

Para Sastrawan Hadiri Malam Peluncuran Antologi Puisi Negeri Poci 7
Berita 26 Mar, 2017

Para Sastrawan Hadiri Malam Peluncuran Antologi Puisi Negeri Poci 7

TEGAL  – Terlihat di Ruang Paripurna Gedung DPRD Kota Tegal pada Sabtu (25/3) malam, para sastrawan yang tergabung dalam Negeri…

Agar Kapal Cantrang Segera Melaut, KKP Lakukan Ini
Berita 09 Feb, 2018

Agar Kapal Cantrang Segera Melaut, KKP Lakukan Ini

TEGAL - Sesuai arahan Presiden Republik Indonesia di istana negara pada tanggal 17 Januari 2018 pemerintah tidak akan mencabut Peraturan…

Most from this category