Dorong Minat Baca, BI Corner Diresmikan

TEGAL-Perpustakaan Daerah Mr. Besar Martoekoesoemo Kota Tegal bertambah fasilitas. Bank Indonesia (BI)  Kantor Perwakilan (KPw) Tegal menempatkan BI Corner di perpustakaan tersebut sebagai program sosial untuk mendorong minat baca masyarakat.

BI Corner tersebar di seluruh Indonesia, sedangkan pada Karesidenan Pekalongan, BI Corner fokus sejak tahun 2015, awalnya menyasar dunia pendidikan. Keberadaan BI Corner di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal merupakan langkah awal kerja sama BI dengan Pemerintah Daerah.

“Pemilihan BI Corner di Perpusda ini sebagai langkah awal dan percontohan BI Corner di Karesidenan Pekalongan”, ungkap Assisten Direktur BI Tegal Gunawan Purbowo, mewakili Kepala BI Tegal Joni Marsius, saat peresmian BI Corner, Kamis (12/10).

Selain terdapat koleksi buku bacaan, Kata Gunawan, BI Corner juga menyediakan buku digital. Sedikitnya 1073 buku digital yang dapat diakses oleh pelajar dan masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan. “Mudah-mudahan apa yang kami berikan dapat memberikan manfaat semaksimal mungkin”, imbuh Gunawan.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tegal HM. Nursoleh, M.MPd yang diwakili Plt. Sekda Dyah Kemala Shinta mengapresiasi Bank Indonesia yang berinisiatif membangun sarana untuk menambah pengetahuan serta informasi bagi masyarakat melalui program BI Corner.

“Saya menilai ini langkah yang sangat bagus, ruang baca BI Corner didesain menarik dan nyaman,  menyediakan berbagai buku dan literatur berkualitas. Selain tersaji dalam bentuk cetak, masyarakat dapat menikmati beragam informasi dalam bentuk digital serta audiovisual”, kata Wali Kota.

Menurut Wali Kota keberadaan BI Corner agar dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa. BI Corner harus terbuka untuk dimanfaatkan oleh siapa saja, mulai dari pelajar tingkat sekolah dasar hingga mahasiswa perguruan tinggi serta bagi warga dan masyarakat umum.

“Harapannya adalah akan lebih terbuka wawasan masyarakat setelah banyak membaca buku, serta akan terlahir banyak gagasan dan inovasi. Karena buku adalah jendela dunia dan bukan tidak mungkin pula akan banyak usaha baru yang terinspirasi dari membaca”, pungkas Wali Kota.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal Herviyanto mengatakan keberadaan BI Corner di Perpusda merupakan sumbangsih yang luar biasa dari BI Tegal untuk meningkatkan budaya literasi. Ini sebagai penyemangat dalam rangka mewujudkan budaya baca dimasyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BI Tegal, kami bangga karena BI hadir ditengah masyarakat untuk mengembangkan minat bbaca dan kecerdasan”, papar Herviyanto.

Hervi menambahkan pemahaman BI tidak hanya dalam masalah perbankan tetapi memiliki tanggung jawab moral untuk ikut mengembangkan kegiatan dalam rangka kemaslahatan masyarakat. Tidak perlu sebuah media yang luas untuk menghadirkan ruang baca. “Mudah-mudahan adanya BI Corner dapat menambah pengetahuan untuk masyarakat”, pungkas Hervi.

Sementara itu, turut hadir pada peresmian tersebut Plt. Wali Kota Tegal HM. Nursoleh, M.MPd yang diwakili Plt. Sekda Dyah Kemala Shinta, Assisten Direktur BI Tegal Gunawan Purbowo, mewakili Kepala BI Tegal Joni Marsius, Kepala OPD, Budayawan, Penulis dan lainya.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

 

 

 

 

Berita Lainnya

KM Berkah Agung Meledak, 1 ABK Hilang
Berita 08 Sep, 2017

KM Berkah Agung Meledak, 1 ABK Hilang

TEGAL -  Terjadinya ledakan pada Kapal Motor Berkah Agung  milik salah seorang warga  Kota Tegal, di perairan Kalimantan Barat mengakibatkan…

Jumadi Usulkan “Saka Perhubungan”
Berita 19 Aug, 2019

Jumadi Usulkan “Saka Perhubungan”

Wakil Wali Kota Tegal, sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tegal Muhamad Jumadi mengusulkan dibentuknya Pramuka di dalam Direktorat…

Bersama Menteri Basuki, Walikota Tegal Pantau Proyek Penataan Kawasan Nelayan.
Berita 09 Nov, 2018

Bersama Menteri Basuki, Walikota Tegal Pantau Proyek Penataan Kawasan Nelayan.

TEGAL- Dalam kegiatan rutinya Monitoring Wajah Kota, Walikota Tegal Drs. HM Jursholeh, M.MPd mengunjungi Proyek Penataan Kawasan Nelayan di Kelurahan…

Dinkes Kota Tegal Tinjau Jamban Warga
Berita 02 Nov, 2017

Dinkes Kota Tegal Tinjau Jamban Warga

TEGAL-Pentingnya keberadaan jamban keluarga dalam rangka memenuhi kualitas kesehatan masyarakat menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Kesehatan (Dinkes)…

Wisuda Adalah Awal Dimulainya Tantangan Sesungguhnya.
Berita 10 Oct, 2018

Wisuda Adalah Awal Dimulainya Tantangan Sesungguhnya.

Tegal – Sebanyak 1.442 wisudawan sarjana sains terapan ke 2 dan ahlimadya ke 14 tahun akademik 2017/2018 Politeknik harapan bersama…

Berita 12 Feb, 2018

Pelantikan Jabatan Dan Mutasi Di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal Momentum Penataan Organisasi.

Tegal - Kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas yang berjumlah 151 orang di…

Most from this category