Dorong Minat Baca, BI Corner Diresmikan

TEGAL-Perpustakaan Daerah Mr. Besar Martoekoesoemo Kota Tegal bertambah fasilitas. Bank Indonesia (BI)  Kantor Perwakilan (KPw) Tegal menempatkan BI Corner di perpustakaan tersebut sebagai program sosial untuk mendorong minat baca masyarakat.

BI Corner tersebar di seluruh Indonesia, sedangkan pada Karesidenan Pekalongan, BI Corner fokus sejak tahun 2015, awalnya menyasar dunia pendidikan. Keberadaan BI Corner di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal merupakan langkah awal kerja sama BI dengan Pemerintah Daerah.

“Pemilihan BI Corner di Perpusda ini sebagai langkah awal dan percontohan BI Corner di Karesidenan Pekalongan”, ungkap Assisten Direktur BI Tegal Gunawan Purbowo, mewakili Kepala BI Tegal Joni Marsius, saat peresmian BI Corner, Kamis (12/10).

Selain terdapat koleksi buku bacaan, Kata Gunawan, BI Corner juga menyediakan buku digital. Sedikitnya 1073 buku digital yang dapat diakses oleh pelajar dan masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan. “Mudah-mudahan apa yang kami berikan dapat memberikan manfaat semaksimal mungkin”, imbuh Gunawan.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tegal HM. Nursoleh, M.MPd yang diwakili Plt. Sekda Dyah Kemala Shinta mengapresiasi Bank Indonesia yang berinisiatif membangun sarana untuk menambah pengetahuan serta informasi bagi masyarakat melalui program BI Corner.

“Saya menilai ini langkah yang sangat bagus, ruang baca BI Corner didesain menarik dan nyaman,  menyediakan berbagai buku dan literatur berkualitas. Selain tersaji dalam bentuk cetak, masyarakat dapat menikmati beragam informasi dalam bentuk digital serta audiovisual”, kata Wali Kota.

Menurut Wali Kota keberadaan BI Corner agar dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa. BI Corner harus terbuka untuk dimanfaatkan oleh siapa saja, mulai dari pelajar tingkat sekolah dasar hingga mahasiswa perguruan tinggi serta bagi warga dan masyarakat umum.

“Harapannya adalah akan lebih terbuka wawasan masyarakat setelah banyak membaca buku, serta akan terlahir banyak gagasan dan inovasi. Karena buku adalah jendela dunia dan bukan tidak mungkin pula akan banyak usaha baru yang terinspirasi dari membaca”, pungkas Wali Kota.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal Herviyanto mengatakan keberadaan BI Corner di Perpusda merupakan sumbangsih yang luar biasa dari BI Tegal untuk meningkatkan budaya literasi. Ini sebagai penyemangat dalam rangka mewujudkan budaya baca dimasyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BI Tegal, kami bangga karena BI hadir ditengah masyarakat untuk mengembangkan minat bbaca dan kecerdasan”, papar Herviyanto.

Hervi menambahkan pemahaman BI tidak hanya dalam masalah perbankan tetapi memiliki tanggung jawab moral untuk ikut mengembangkan kegiatan dalam rangka kemaslahatan masyarakat. Tidak perlu sebuah media yang luas untuk menghadirkan ruang baca. “Mudah-mudahan adanya BI Corner dapat menambah pengetahuan untuk masyarakat”, pungkas Hervi.

Sementara itu, turut hadir pada peresmian tersebut Plt. Wali Kota Tegal HM. Nursoleh, M.MPd yang diwakili Plt. Sekda Dyah Kemala Shinta, Assisten Direktur BI Tegal Gunawan Purbowo, mewakili Kepala BI Tegal Joni Marsius, Kepala OPD, Budayawan, Penulis dan lainya.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

 

 

 

 

Berita Lainnya

Polres Tegal Kota Wujudkan Kamseltibcar
Berita 02 Mar, 2017

Polres Tegal Kota Wujudkan Kamseltibcar

TEGAL- Kepolisian Resor Tegal Kota menggelar Operasi dengan sandi Ops Simpatik Candi 2017. Operasi tersebut akan digelar selama 21 hari …

Wanita Lansia Mendapatkan Bingkisan dalam Rangka Hari Kartini
Berita 20 Apr, 2017

Wanita Lansia Mendapatkan Bingkisan dalam Rangka Hari Kartini

TEGAL – Dalam rangka memperingati hari Kartini ke 138 tahun, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan…

Komandan Lanal Tegal Pimpin Upacara Ziarah
Berita 25 May, 2017

Komandan Lanal Tegal Pimpin Upacara Ziarah

TEGAL-Bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Jl. Melati Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal dilaksanakan ziarah rombongan…

Lomba Story Telling Digelar Perpusda Kota Tegal
Berita 20 Apr, 2017

Lomba Story Telling Digelar Perpusda Kota Tegal

TEGAL-Perpustakaan Daerah Kota Tegal Mr. Besar Martokoesoemo menggelar lomba story telling siswa Sekolah Dasar se-Kota Tegal, Rabu (19/4) di ruang…

Ini Temuan Penderita Tubercolusis Di Kota Tegal
Berita 09 Apr, 2017

Ini Temuan Penderita Tubercolusis Di Kota Tegal

TEGAL-Sub Sub Recipient (SSR TB) Aisyiyah berkerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tegal telah melaksanakan gerakan ketuk pintu dilakukan tanggal…

Selamat Datang Kepala Kejaksaan Negeri Tegal.
Berita 03 Aug, 2017

Selamat Datang Kepala Kejaksaan Negeri Tegal.

Tegal – Dalam audiensi antara Walikota Tegal,KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno dan Kepala Kejaksaan Negeri Tegal yang baru, Jaenudin berlangsung…

Most from this category