Dorong Minat Baca, BI Corner Diresmikan

TEGAL-Perpustakaan Daerah Mr. Besar Martoekoesoemo Kota Tegal bertambah fasilitas. Bank Indonesia (BI)  Kantor Perwakilan (KPw) Tegal menempatkan BI Corner di perpustakaan tersebut sebagai program sosial untuk mendorong minat baca masyarakat.

BI Corner tersebar di seluruh Indonesia, sedangkan pada Karesidenan Pekalongan, BI Corner fokus sejak tahun 2015, awalnya menyasar dunia pendidikan. Keberadaan BI Corner di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal merupakan langkah awal kerja sama BI dengan Pemerintah Daerah.

“Pemilihan BI Corner di Perpusda ini sebagai langkah awal dan percontohan BI Corner di Karesidenan Pekalongan”, ungkap Assisten Direktur BI Tegal Gunawan Purbowo, mewakili Kepala BI Tegal Joni Marsius, saat peresmian BI Corner, Kamis (12/10).

Selain terdapat koleksi buku bacaan, Kata Gunawan, BI Corner juga menyediakan buku digital. Sedikitnya 1073 buku digital yang dapat diakses oleh pelajar dan masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan. “Mudah-mudahan apa yang kami berikan dapat memberikan manfaat semaksimal mungkin”, imbuh Gunawan.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tegal HM. Nursoleh, M.MPd yang diwakili Plt. Sekda Dyah Kemala Shinta mengapresiasi Bank Indonesia yang berinisiatif membangun sarana untuk menambah pengetahuan serta informasi bagi masyarakat melalui program BI Corner.

“Saya menilai ini langkah yang sangat bagus, ruang baca BI Corner didesain menarik dan nyaman,  menyediakan berbagai buku dan literatur berkualitas. Selain tersaji dalam bentuk cetak, masyarakat dapat menikmati beragam informasi dalam bentuk digital serta audiovisual”, kata Wali Kota.

Menurut Wali Kota keberadaan BI Corner agar dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa. BI Corner harus terbuka untuk dimanfaatkan oleh siapa saja, mulai dari pelajar tingkat sekolah dasar hingga mahasiswa perguruan tinggi serta bagi warga dan masyarakat umum.

“Harapannya adalah akan lebih terbuka wawasan masyarakat setelah banyak membaca buku, serta akan terlahir banyak gagasan dan inovasi. Karena buku adalah jendela dunia dan bukan tidak mungkin pula akan banyak usaha baru yang terinspirasi dari membaca”, pungkas Wali Kota.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal Herviyanto mengatakan keberadaan BI Corner di Perpusda merupakan sumbangsih yang luar biasa dari BI Tegal untuk meningkatkan budaya literasi. Ini sebagai penyemangat dalam rangka mewujudkan budaya baca dimasyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BI Tegal, kami bangga karena BI hadir ditengah masyarakat untuk mengembangkan minat bbaca dan kecerdasan”, papar Herviyanto.

Hervi menambahkan pemahaman BI tidak hanya dalam masalah perbankan tetapi memiliki tanggung jawab moral untuk ikut mengembangkan kegiatan dalam rangka kemaslahatan masyarakat. Tidak perlu sebuah media yang luas untuk menghadirkan ruang baca. “Mudah-mudahan adanya BI Corner dapat menambah pengetahuan untuk masyarakat”, pungkas Hervi.

Sementara itu, turut hadir pada peresmian tersebut Plt. Wali Kota Tegal HM. Nursoleh, M.MPd yang diwakili Plt. Sekda Dyah Kemala Shinta, Assisten Direktur BI Tegal Gunawan Purbowo, mewakili Kepala BI Tegal Joni Marsius, Kepala OPD, Budayawan, Penulis dan lainya.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

 

 

 

 

Berita Lainnya

Berita 30 Jan, 2017

Pelaku Usaha Semakin Mudah, Izin IUMK Langsung Jadi

TEGAL-Bagi pelaku usaha, Izin usaha mikro dan kecil atau yang biasa dikenal IUMK merupakan istilah tidak asing. Pemerintah mengeluarkan kebijakan…

Dialog Interaktif Peserta Lomba Penulisan Artikel Ilmiah
Berita 19 Mar, 2017

Dialog Interaktif Peserta Lomba Penulisan Artikel Ilmiah

TEGAL-“Tulis satu kata, selanjutnya biarkan Tuhan menyelesaikanya”, itulah kalimat Budayawan Kota Tegal, Eko Tunas yang dikutip Wiluyo, Kasi Pelayanan dan…

Begini Cara RSUD Kardinah Antisipasi Ransomware WannaCry
Berita 17 May, 2017

Begini Cara RSUD Kardinah Antisipasi Ransomware WannaCry

TEGAL-Beberapa hari ini diberbagai Rumah Sakit digegerkan oleh teror virus Ransomware WannaCry yang mengunci data yang dimiliki oleh rumah sakit…

Beberapa Hasil Tangkapan Ikan di Pelabuhan Tegalsari belum di Bongkar
Berita 08 Jul, 2017

Beberapa Hasil Tangkapan Ikan di Pelabuhan Tegalsari belum di Bongkar

TEGAL – Nampak kapal-kapal di Pelabuhan Tegalsari pada Sabtu (8/7) berjajar memadati Pelabuhan Tegalsari. Kapal tersebut merupakan kapal cantrang yang…

Dies Natalies Politeknik Harapan Bersama Dihadiri Menristekdikti
Berita 06 May, 2018

Dies Natalies Politeknik Harapan Bersama Dihadiri Menristekdikti

TEGAL - Dies Natalis ke 16 tahun Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal yand diselenggarakan Sabtu (dihadiri oleh Prof. H. Mohammad…

Kecamatan Margadana Adakan Musrembang
Berita 21 Feb, 2018

Kecamatan Margadana Adakan Musrembang

TEGAL – Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Margadana Kota Tegal yang diselenggarakan pada Rabu (21/2) bertempat di Aula Lantai 2…

Most from this category