Dorong Minat Baca, BI Corner Diresmikan

TEGAL-Perpustakaan Daerah Mr. Besar Martoekoesoemo Kota Tegal bertambah fasilitas. Bank Indonesia (BI)  Kantor Perwakilan (KPw) Tegal menempatkan BI Corner di perpustakaan tersebut sebagai program sosial untuk mendorong minat baca masyarakat.

BI Corner tersebar di seluruh Indonesia, sedangkan pada Karesidenan Pekalongan, BI Corner fokus sejak tahun 2015, awalnya menyasar dunia pendidikan. Keberadaan BI Corner di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal merupakan langkah awal kerja sama BI dengan Pemerintah Daerah.

“Pemilihan BI Corner di Perpusda ini sebagai langkah awal dan percontohan BI Corner di Karesidenan Pekalongan”, ungkap Assisten Direktur BI Tegal Gunawan Purbowo, mewakili Kepala BI Tegal Joni Marsius, saat peresmian BI Corner, Kamis (12/10).

Selain terdapat koleksi buku bacaan, Kata Gunawan, BI Corner juga menyediakan buku digital. Sedikitnya 1073 buku digital yang dapat diakses oleh pelajar dan masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan. “Mudah-mudahan apa yang kami berikan dapat memberikan manfaat semaksimal mungkin”, imbuh Gunawan.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tegal HM. Nursoleh, M.MPd yang diwakili Plt. Sekda Dyah Kemala Shinta mengapresiasi Bank Indonesia yang berinisiatif membangun sarana untuk menambah pengetahuan serta informasi bagi masyarakat melalui program BI Corner.

“Saya menilai ini langkah yang sangat bagus, ruang baca BI Corner didesain menarik dan nyaman,  menyediakan berbagai buku dan literatur berkualitas. Selain tersaji dalam bentuk cetak, masyarakat dapat menikmati beragam informasi dalam bentuk digital serta audiovisual”, kata Wali Kota.

Menurut Wali Kota keberadaan BI Corner agar dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa. BI Corner harus terbuka untuk dimanfaatkan oleh siapa saja, mulai dari pelajar tingkat sekolah dasar hingga mahasiswa perguruan tinggi serta bagi warga dan masyarakat umum.

“Harapannya adalah akan lebih terbuka wawasan masyarakat setelah banyak membaca buku, serta akan terlahir banyak gagasan dan inovasi. Karena buku adalah jendela dunia dan bukan tidak mungkin pula akan banyak usaha baru yang terinspirasi dari membaca”, pungkas Wali Kota.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal Herviyanto mengatakan keberadaan BI Corner di Perpusda merupakan sumbangsih yang luar biasa dari BI Tegal untuk meningkatkan budaya literasi. Ini sebagai penyemangat dalam rangka mewujudkan budaya baca dimasyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BI Tegal, kami bangga karena BI hadir ditengah masyarakat untuk mengembangkan minat bbaca dan kecerdasan”, papar Herviyanto.

Hervi menambahkan pemahaman BI tidak hanya dalam masalah perbankan tetapi memiliki tanggung jawab moral untuk ikut mengembangkan kegiatan dalam rangka kemaslahatan masyarakat. Tidak perlu sebuah media yang luas untuk menghadirkan ruang baca. “Mudah-mudahan adanya BI Corner dapat menambah pengetahuan untuk masyarakat”, pungkas Hervi.

Sementara itu, turut hadir pada peresmian tersebut Plt. Wali Kota Tegal HM. Nursoleh, M.MPd yang diwakili Plt. Sekda Dyah Kemala Shinta, Assisten Direktur BI Tegal Gunawan Purbowo, mewakili Kepala BI Tegal Joni Marsius, Kepala OPD, Budayawan, Penulis dan lainya.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

 

 

 

 

Berita Lainnya

Tim Verifikasi Calon Peserta Didik Baru di SMA 1 Tegal yang Menggunakan SKTM Rampung, Ini Hasilnya
Berita 09 Jul, 2018

Tim Verifikasi Calon Peserta Didik Baru di SMA 1 Tegal yang Menggunakan SKTM Rampung, Ini Hasilnya

TEGAL-Tim Verifikasi PPDB SMA Negeri 1 Tegal selah memverifikasi 26 calon peserta didik yang mendaftar dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak…

Walikota Buka Festival Anak Raudlatul Athfal.
Berita 30 Apr, 2017

Walikota Buka Festival Anak Raudlatul Athfal.

Tegal - Festival Anak Raudlatul Athfal (FARA) yang di inisiasi oleh Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) pertama kali diadakan di…

DPPKBP2PA Gelar Pemilihan Duta Genre 2018
Berita 07 May, 2018

DPPKBP2PA Gelar Pemilihan Duta Genre 2018

TEGAL-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal kembali menggelar pemilihan Duta  Generasi Berencana…

352 Ahli Madya Farmasi Angkat Sumpah
Berita 03 Nov, 2018

352 Ahli Madya Farmasi Angkat Sumpah

TEGAL – Politeknik Harapan Bersama (PHB) menggelar Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) D3 Farmasi Koordinator Wilayah (Korwil)…

KKN UPS Tegal, Seribuan Mahasiswa Bakal Kuatkan Ideologi Pancasila pada Masyarakat
Berita 03 Jul, 2018

KKN UPS Tegal, Seribuan Mahasiswa Bakal Kuatkan Ideologi Pancasila pada Masyarakat

TEGAL – Lembaga Pengabdian dan Penelitian bagi Masyarakat (LPPM) Universitas Pancasakti Tegal mengadakan pembekalan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun…

Batas Waktu Habis, Pemkot  Eksekusi  Alat Berat BRD.
Berita 02 Feb, 2017

Batas Waktu Habis, Pemkot Eksekusi Alat Berat BRD.

TEGAL - Pemerintah Kota Tegal akhirnya mengeksekusi pengosongan lahan milik pemkot dari alat-alat berat milik PT. Bumirejo, hari ini Kamis…

Most from this category