Dorong Minat Baca, BI Corner Diresmikan

TEGAL-Perpustakaan Daerah Mr. Besar Martoekoesoemo Kota Tegal bertambah fasilitas. Bank Indonesia (BI)  Kantor Perwakilan (KPw) Tegal menempatkan BI Corner di perpustakaan tersebut sebagai program sosial untuk mendorong minat baca masyarakat.

BI Corner tersebar di seluruh Indonesia, sedangkan pada Karesidenan Pekalongan, BI Corner fokus sejak tahun 2015, awalnya menyasar dunia pendidikan. Keberadaan BI Corner di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal merupakan langkah awal kerja sama BI dengan Pemerintah Daerah.

“Pemilihan BI Corner di Perpusda ini sebagai langkah awal dan percontohan BI Corner di Karesidenan Pekalongan”, ungkap Assisten Direktur BI Tegal Gunawan Purbowo, mewakili Kepala BI Tegal Joni Marsius, saat peresmian BI Corner, Kamis (12/10).

Selain terdapat koleksi buku bacaan, Kata Gunawan, BI Corner juga menyediakan buku digital. Sedikitnya 1073 buku digital yang dapat diakses oleh pelajar dan masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan. “Mudah-mudahan apa yang kami berikan dapat memberikan manfaat semaksimal mungkin”, imbuh Gunawan.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tegal HM. Nursoleh, M.MPd yang diwakili Plt. Sekda Dyah Kemala Shinta mengapresiasi Bank Indonesia yang berinisiatif membangun sarana untuk menambah pengetahuan serta informasi bagi masyarakat melalui program BI Corner.

“Saya menilai ini langkah yang sangat bagus, ruang baca BI Corner didesain menarik dan nyaman,  menyediakan berbagai buku dan literatur berkualitas. Selain tersaji dalam bentuk cetak, masyarakat dapat menikmati beragam informasi dalam bentuk digital serta audiovisual”, kata Wali Kota.

Menurut Wali Kota keberadaan BI Corner agar dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa. BI Corner harus terbuka untuk dimanfaatkan oleh siapa saja, mulai dari pelajar tingkat sekolah dasar hingga mahasiswa perguruan tinggi serta bagi warga dan masyarakat umum.

“Harapannya adalah akan lebih terbuka wawasan masyarakat setelah banyak membaca buku, serta akan terlahir banyak gagasan dan inovasi. Karena buku adalah jendela dunia dan bukan tidak mungkin pula akan banyak usaha baru yang terinspirasi dari membaca”, pungkas Wali Kota.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal Herviyanto mengatakan keberadaan BI Corner di Perpusda merupakan sumbangsih yang luar biasa dari BI Tegal untuk meningkatkan budaya literasi. Ini sebagai penyemangat dalam rangka mewujudkan budaya baca dimasyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BI Tegal, kami bangga karena BI hadir ditengah masyarakat untuk mengembangkan minat bbaca dan kecerdasan”, papar Herviyanto.

Hervi menambahkan pemahaman BI tidak hanya dalam masalah perbankan tetapi memiliki tanggung jawab moral untuk ikut mengembangkan kegiatan dalam rangka kemaslahatan masyarakat. Tidak perlu sebuah media yang luas untuk menghadirkan ruang baca. “Mudah-mudahan adanya BI Corner dapat menambah pengetahuan untuk masyarakat”, pungkas Hervi.

Sementara itu, turut hadir pada peresmian tersebut Plt. Wali Kota Tegal HM. Nursoleh, M.MPd yang diwakili Plt. Sekda Dyah Kemala Shinta, Assisten Direktur BI Tegal Gunawan Purbowo, mewakili Kepala BI Tegal Joni Marsius, Kepala OPD, Budayawan, Penulis dan lainya.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

 

 

 

 

Berita Lainnya

Gerakan Revolusi Mental Menuju Tegal yang Amanah dan Barokah
Berita 26 Sep, 2017

Gerakan Revolusi Mental Menuju Tegal yang Amanah dan Barokah

TEGAL – Penyelanggaraan Dialog Nasional Pembangunan dengan tema Menuju Tegal yang Amanah dan Barokah di Ruang Adipura Lingkungan Balaikota Tegal…

PLN Salurkan Air Bersih, Soliha: Bantuan Air Meringankan Beban
Berita 18 Sep, 2017

PLN Salurkan Air Bersih, Soliha: Bantuan Air Meringankan Beban

TEGAL-PT. PLN (Persero) Area Tegal menyalurkan bantuan air bersih kepada warga. Pagi itu, Senin (18/9) puluhan ibu berbondong-bondong membawa dirigen…

Apel Hari Pertama Masuk Kerja Usai Cuti Bersama.
Berita 03 Jul, 2017

Apel Hari Pertama Masuk Kerja Usai Cuti Bersama.

Tegal – Memasuki hari pertama kerja usai cuti bersama lebaran 1438 Hijriah/2017, Pemerintah Kota Tegal melakukan Apel bersama di halaman…

PAUD Kartini Meriahkan Silaturahmi dengan Tarian Jaranan
Berita 16 Apr, 2017

PAUD Kartini Meriahkan Silaturahmi dengan Tarian Jaranan

TEGAL – Pelaksanaan Silaturahmi Walikota Tegal dengan tokoh masyarkat dan tokoh agama se Kecamatan Tegal Timur yang di gelar pada…

Firasat Harus Bawa KTP dan Beri Makan Kucing, Dua Orang Ibu Raih Sepeda Motor
Berita 20 Aug, 2017

Firasat Harus Bawa KTP dan Beri Makan Kucing, Dua Orang Ibu Raih Sepeda Motor

TEGAL- Tidak menyangka dan hanya berbekal firasat untuk membawa KTP menjadi pertanda Istiqomah meraih satu dari dua hadiah utama sepeda…

Merger Jadi Pilihan Untuk Masa Depan Akper.
Berita 24 Mar, 2017

Merger Jadi Pilihan Untuk Masa Depan Akper.

Tegal – Rapat Dengar Pendapat antara Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Kota Tegal dengan sejumlah anggota DPRD Kota Tegal…

Most from this category