Pendaftaran Peserta Pemilu 2019 Wajib Gunakan Sipol

TEGAL-KPU Kota Tegal gelar sosialisasi berkas persyaratan partai politik calon peserta pemilu 2019, Senin (2/10) di Pesona Hotel, Jalan Gajah Mada Tegal.

43 perwakilan partai politik hadir dalam sosialisasi terebut. Nampak juga Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko beserta komisioner KPU lainnya, Sekretaris KPU Soni Sontani,  Komisioner Panwas Kota Tegal Nur Baeni.

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Tegal Thomas Budiono menyampaikan sosialisasi itu sebagai upaya KPU untuk menjelaskan tentang syarat dan dokumen yang harus dipersiapkan ketika parpol mendaftar ke KPU. Materi yang akan disampaikan menyangkut soal pendaftaran dan penerimaan berkas persyaratan partai politik sebagai peserta pemilu tahun 2019.

“KPU juga memberikan materi tentang seluk beluk Sistem Informasi Politik (Sipol). Sebab seluruh proses pedaftaran parpol di tingkat pusat akan menggunakan sistem online tersebut”, ungkap Thomas.

Selain itu, kata Thomas, para peserta akan dijelasskan tentang proses dan tahapan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.  “Jika dokumen administrasi yang salah atau kurang, maka KPU akan memberikan catatan agat partai yang bersangkutan menperbaikinya”, tegas Thomas Budiono.

Divisi Hukum KPU Kota Tegal Evi Yuniani, SH mengatakan dokumen persyaratan sebagai peserta pemilu diantara surat pendaftaran yang ditandatangani oleh partai politik tingkat pusat rangkap asli yang dibubuhi cap basah.

Lalu, surat keterangan yang menyatakan partai politik tingkat pusat telah terdaftar sebagai badan hukum, memiliki kepengurusan partai politik di seluruh provinsi, tingkat Kab/Kota dan Kecamatan.

“Kemudian surat pernyataan dari Pimpinan Partai Politik tingkat pusat tentang penyertaan keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen kepengurusan partai politik tingkat pusat dan memperhatikan 30 persen keterwakilan perempuan pada kepengurusan parpol tingkat provinsi dan Kab/Kota”, ungkap Elvi.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko mengatakan dari 43 partai politik yang terdaftar ada tiga partai baru yaitu Perindo, Partai Berkarya dan PSI, lainnya adalah partai peserta pemilu 2014.

”Partai baru wajib melampirkan dokumen berupa salinan KTA dan KTP El atau Surat Keterangan pada saat pendaftaran di KPU. Dokumen yang diberikan parpol juga harus sama dengan sata Sipol”, papar Agus.

Selain pendaftaran dan kelengkapan administrasi, Agus mengatakan partai baru akan di verifikasi secara faktual dengan metode sampling.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Jamaah Padati Alun-alun, Hadiri Tabligh Akbar
Berita 25 Apr, 2018

Jamaah Padati Alun-alun, Hadiri Tabligh Akbar

Lapangan Alun-alun Kota Tegal dipadati pengunjung Tabligh Akbar yang di gelar Pemerintah Kota Tegal, sebagai rangkaian peringatan Hati Jadi Ke-438…

Film Turah Raih Skenario Tebaik dalam Festival Film Tempo 2017
Berita 28 Nov, 2017

Film Turah Raih Skenario Tebaik dalam Festival Film Tempo 2017

TEGAL -  Skenario terbaik dalam ajang Festival Film Tempo 2017 diraih oleh Film Turah yang ditulis oleh Wicaksono Wisnu Legowo…

Badan Kesbangpol Concern Terhadap Stabilitas Ekonomi
Berita 05 Mar, 2018

Badan Kesbangpol Concern Terhadap Stabilitas Ekonomi

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) saat ini bukan hanya sekedar memperhatikan masalah oraganisasi kemasyarakatn saja melainkan juga concern terhadap…

Promo Gebyar Kemerdekaan 2017, PLN Beri Diskon Biaya Penyambungan Baru
Berita 09 Aug, 2017

Promo Gebyar Kemerdekaan 2017, PLN Beri Diskon Biaya Penyambungan Baru

JAKARTA - Merayakan hari kemerdekaan Indonesia ke-72, PLN memberikan kado istimewa bagi pelanggan dan calon pelanggan di seluruh Indonesia melalui…

Dirgahayu Polri yang ke 72 Semakin Jaya
Berita 01 Jul, 2018

Dirgahayu Polri yang ke 72 Semakin Jaya

Tegal - Fun Bike Bhayangkara dalam rangka hari Bhayangkara ke 72 Polres Tegal Kota, Minggu (1/7/2018) sangat meriah. Kegiatan yang…

Pjs.Walikota Tegal Drs. Achmad Rofai,M.Si Tinjau Pelaksanaan UABN di 3 MDTA Berbeda.
Berita 11 Apr, 2018

Pjs.Walikota Tegal Drs. Achmad Rofai,M.Si Tinjau Pelaksanaan UABN di 3 MDTA Berbeda.

TEGAL- Pantau kesiapan pelaksanaan Ujian Akhir Bersama Nasional (UABN) bagi siswa Madrasah Diniyah Takwiliyah Awaliyah (MDTA) di Kota Tegal, Pjs.Walikota…

Most from this category