KPU Kota Tegal Lounching Tahapan Pilkada

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal  secara resmi meluncurkan tahapan pilkada tahun 2018, Selasa (26/9) di halaman KPU Kota Tegal, Jalan Sumbodro, Slerok, Tegal Timur. KPU Tegal yang pertama kali lounching tahapan pilkada dari 7 Kabupaten/Kota di  Jawa Tengah.

Tujuh Kabupaten/Kota  wilayah Jawa Tengah yaitu Kabupaten Karanganyar, Temanggung, Magelang, Banyumas, Kabupaten Tegal, Kabupaten Kudus dan Kota Tegal.

Hadir dalam peluncuran tersebut Komosioner Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo, Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko berserta komisioner KPU Kota Tegal,Ketua Panwas Kota Tegal Akbar K, jajaran Forkompinda dan hadirin lainnya.

Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko mengatakan kegiatan launching merupakan tahapan pembuka penyelenggaraan pilwalkot. Karenanya, dirinya berharap semua tahapan berjalan lancar dan kondusif. “Pencoblosan dilaksanakan 27 Juni 2018 mendatang. Kami meminta kepada semua warga yang sudah masuk kategori pemilih harus datang ke TPS menggunakan hak pilihnya,” kata Agus.

Plt. Wali Kota Tegal HM. Nursoleh, M.MPd melalui Ka. Bag. Pemerintahan Setda Kota Tegal, Nunik Pratiwi  berharap KPU bisa melakukan sosialisasi secara maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat. Sehingga partisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pilwalkot-Wawalkot  27 juni 2018 bisa meningkat.

“KPU harus memberikan informasi lengkap, terutama tentang waktu pelaksanaan pemilihan, sehingga bagi masyarakat yang memiliki kegiatan di luar kota bisa hadir di TPS untuk memilih. Bagi pemilih pemula, penting bagi KPU untuk melakukan simulasi tata cara memilih, sehingga nantinya bisa berjalan tanpa kendala”, ungkap Plt. Wali Kota.

Selain itu, Plt. Wali Kota juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilih sebaik-baiknya untuk kemajuan Kota Tegal ke depan. Karena pemilihan kepala daerah adalah instrumen demokrasi yang tersedia dalam memilih putra terbaik untuk memimpin Kota Tegal.

“ Partisipasi masyarakat sangat menentukan maju mundurnya Kota Tegal ke depan. 5 menit waktu dalam memilih, akan menentukan nasib Kota Tegal 5 tahun ke depan”, imbuh Plt. Wali Kota.

Oleh karena itu, Plt. Wali Kota berpesan pilihlah putra terbaik yang sesuai dengan hati nurani, tanpa tekanan dari pihak manapun. Karena azas demokrasi kita adalah langsung, umum, bebas, dan rahasia. Jadi tidak dibenarkan adanya tekanan-tekan-an dalam hal memilih.

Sementara itu,  Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo mengecapkan PU Jawa Tengah Joko Purnomo mengucapkan selamat yang sudah memulai tahapan Pilwalkot dan Wawalkot pilkada serentak. Joko mengatakan KPU memiliki kesadaran mendidik generasi muda dan mendidik anak bangsa dalam demokrasi.

“Oleh karena itu, KPU telah menyiapkan rumah pintar pemilu yang dapat digunakan sebagai pembelajaran generasi muda”, ungkap Joko.

Joko menambahkan total anggaran Pilkada serentak yang disiapkan oleh KPU Provinsi Jateng mencapai Rp 1,129 triliun. “Berbagai upaya kini dilakukan untuk persiapan pelaksanaan pilkada serentak. Antara lain, pemutakhiran data pemilih, persiapan sosialisasi dan peningkatan partisipasi pemilih”, pungkas Joko.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Mahasiswa UPS Demo, Sodorkan Surat Pernyataan Dukungan
Berita 21 Nov, 2017

Mahasiswa UPS Demo, Sodorkan Surat Pernyataan Dukungan

TEGAL - Ratusan mahasiswa dari BEM Universitas, Fakultas dan UKM Universitas Pancasakti Tegal berjalan menuju ruang dekan di tiap-tiap fakultas…

Catat, Ini Jadwal Kas Keliling BI untuk Tukar Uang Pecahan Kecil
Berita 24 May, 2018

Catat, Ini Jadwal Kas Keliling BI untuk Tukar Uang Pecahan Kecil

TEGAL- Kabar baik bagi Anda yang ingin menukarkan uang pecahan kecil jelang Idul Fitri 1439 H ini. Kantor Perwakilan Bank…

Hari Kesiapsiagaan Bencana, PMI Kota Tegal Latihan Evakuasi Bencana
Berita 26 Apr, 2018

Hari Kesiapsiagaan Bencana, PMI Kota Tegal Latihan Evakuasi Bencana

TEGAL-Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal menggelar apel dan pelatihan evakuasi bencana dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2018, Kamis…

Pernyataan Sikap Forum Umat Islam Peduli Tegal untuk Muslim Rohingya
Berita 10 Sep, 2017

Pernyataan Sikap Forum Umat Islam Peduli Tegal untuk Muslim Rohingya

TEGAL – Nampak di depan Masjid Agung Tegal ribuan Umat Islam Kota Tegal berkumpul setelah shalat Jum’at. Mereka berkumpul untuk…

Nelayan Cantrang Menunggu Gerai Pengurusn Izin dari Pusat buka di Kota Tegal
Berita 26 Jan, 2018

Nelayan Cantrang Menunggu Gerai Pengurusn Izin dari Pusat buka di Kota Tegal

Masih belum jelasnya izin melaut nelayan cantrang menjadi persoalan yang menjadi perhatian bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, hal tersebut menginisiatif…

Kirab Sepeda Onthel IVCA Anyer-Bali Singgah di Kota Tegal
Berita 27 Mar, 2018

Kirab Sepeda Onthel IVCA Anyer-Bali Singgah di Kota Tegal

Rombongan Kirab Sepeda Onthel International Veteran Cycle Association (IVCA) 2018 yang menempuh Anyer-Bali, Selasa (27/3) singgah di Kota Tegal. Rombongan…

Most from this category