KPU Kota Tegal Lounching Tahapan Pilkada

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal  secara resmi meluncurkan tahapan pilkada tahun 2018, Selasa (26/9) di halaman KPU Kota Tegal, Jalan Sumbodro, Slerok, Tegal Timur. KPU Tegal yang pertama kali lounching tahapan pilkada dari 7 Kabupaten/Kota di  Jawa Tengah.

Tujuh Kabupaten/Kota  wilayah Jawa Tengah yaitu Kabupaten Karanganyar, Temanggung, Magelang, Banyumas, Kabupaten Tegal, Kabupaten Kudus dan Kota Tegal.

Hadir dalam peluncuran tersebut Komosioner Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo, Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko berserta komisioner KPU Kota Tegal,Ketua Panwas Kota Tegal Akbar K, jajaran Forkompinda dan hadirin lainnya.

Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko mengatakan kegiatan launching merupakan tahapan pembuka penyelenggaraan pilwalkot. Karenanya, dirinya berharap semua tahapan berjalan lancar dan kondusif. “Pencoblosan dilaksanakan 27 Juni 2018 mendatang. Kami meminta kepada semua warga yang sudah masuk kategori pemilih harus datang ke TPS menggunakan hak pilihnya,” kata Agus.

Plt. Wali Kota Tegal HM. Nursoleh, M.MPd melalui Ka. Bag. Pemerintahan Setda Kota Tegal, Nunik Pratiwi  berharap KPU bisa melakukan sosialisasi secara maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat. Sehingga partisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pilwalkot-Wawalkot  27 juni 2018 bisa meningkat.

“KPU harus memberikan informasi lengkap, terutama tentang waktu pelaksanaan pemilihan, sehingga bagi masyarakat yang memiliki kegiatan di luar kota bisa hadir di TPS untuk memilih. Bagi pemilih pemula, penting bagi KPU untuk melakukan simulasi tata cara memilih, sehingga nantinya bisa berjalan tanpa kendala”, ungkap Plt. Wali Kota.

Selain itu, Plt. Wali Kota juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilih sebaik-baiknya untuk kemajuan Kota Tegal ke depan. Karena pemilihan kepala daerah adalah instrumen demokrasi yang tersedia dalam memilih putra terbaik untuk memimpin Kota Tegal.

“ Partisipasi masyarakat sangat menentukan maju mundurnya Kota Tegal ke depan. 5 menit waktu dalam memilih, akan menentukan nasib Kota Tegal 5 tahun ke depan”, imbuh Plt. Wali Kota.

Oleh karena itu, Plt. Wali Kota berpesan pilihlah putra terbaik yang sesuai dengan hati nurani, tanpa tekanan dari pihak manapun. Karena azas demokrasi kita adalah langsung, umum, bebas, dan rahasia. Jadi tidak dibenarkan adanya tekanan-tekan-an dalam hal memilih.

Sementara itu,  Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo mengecapkan PU Jawa Tengah Joko Purnomo mengucapkan selamat yang sudah memulai tahapan Pilwalkot dan Wawalkot pilkada serentak. Joko mengatakan KPU memiliki kesadaran mendidik generasi muda dan mendidik anak bangsa dalam demokrasi.

“Oleh karena itu, KPU telah menyiapkan rumah pintar pemilu yang dapat digunakan sebagai pembelajaran generasi muda”, ungkap Joko.

Joko menambahkan total anggaran Pilkada serentak yang disiapkan oleh KPU Provinsi Jateng mencapai Rp 1,129 triliun. “Berbagai upaya kini dilakukan untuk persiapan pelaksanaan pilkada serentak. Antara lain, pemutakhiran data pemilih, persiapan sosialisasi dan peningkatan partisipasi pemilih”, pungkas Joko.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Jalan Sehat Bersama Walikota Sebagai puncak Acara Hut PGRI ke 71
Berita 03 Dec, 2016

Jalan Sehat Bersama Walikota Sebagai puncak Acara Hut PGRI ke 71

HUT PGRI ke 71 tahun 2016 Serangkaian kegiatan dalam rangka HUT PGRI ke 71 tingkat Kota Tegal dilaksanakan mulai dari…

Ngabuburit SMAN 1 Tegal
Berita 09 Jun, 2017

Ngabuburit SMAN 1 Tegal

TEGAL-Banyak cara yang dilakukan untuk mengisi waktu jelang berbuka puasa atau dikenal dengan istilah ngabuburit. Ada yang sekedar menonton televisi,…

Dinporapar Gelar Lomba Pidato
Berita 24 Oct, 2017

Dinporapar Gelar Lomba Pidato

TEGAL-Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kota Tegal gelar lomba pidato tingkat SD/MI-MTs/SMP-SMA/SMK sederajat di aula SMK Negeri 2 Tegal.…

Aktivitas Nelayan Cantrang Kembali Normal, Jaring Mulai di Perbaiki
Berita 26 Jul, 2017

Aktivitas Nelayan Cantrang Kembali Normal, Jaring Mulai di Perbaiki

TEGAL- Setelah mengantongi Surat Layak Operasional (SLO) dan surat izin yang lainnya, aktivitas nelayan cantrang Kota Tegal di Pelabuhan Perikanan…

Persiapan Menyambut Tahun Baru Imlek
Berita 25 Jan, 2017

Persiapan Menyambut Tahun Baru Imlek

Tegal – Siang itu, suasana di Kelenteng Tek Hay Kiong Jl. Gurami Tegal, terlihat tak begitu ramai. Asap hio pun…

Pedagang Pasar Kejambon Mulai Tempati Pasar Sementara
Berita 22 Apr, 2017

Pedagang Pasar Kejambon Mulai Tempati Pasar Sementara

TEGAL- Ratusan pedagang mulai menempati pasar sementara, Sabtu (22/4) sebagai dampak bakal direnovasinya pasar kejambon di Jalan Sultan Agung Kejambon.…

Most from this category