KPU Kota Tegal Lounching Tahapan Pilkada

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal  secara resmi meluncurkan tahapan pilkada tahun 2018, Selasa (26/9) di halaman KPU Kota Tegal, Jalan Sumbodro, Slerok, Tegal Timur. KPU Tegal yang pertama kali lounching tahapan pilkada dari 7 Kabupaten/Kota di  Jawa Tengah.

Tujuh Kabupaten/Kota  wilayah Jawa Tengah yaitu Kabupaten Karanganyar, Temanggung, Magelang, Banyumas, Kabupaten Tegal, Kabupaten Kudus dan Kota Tegal.

Hadir dalam peluncuran tersebut Komosioner Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo, Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko berserta komisioner KPU Kota Tegal,Ketua Panwas Kota Tegal Akbar K, jajaran Forkompinda dan hadirin lainnya.

Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko mengatakan kegiatan launching merupakan tahapan pembuka penyelenggaraan pilwalkot. Karenanya, dirinya berharap semua tahapan berjalan lancar dan kondusif. “Pencoblosan dilaksanakan 27 Juni 2018 mendatang. Kami meminta kepada semua warga yang sudah masuk kategori pemilih harus datang ke TPS menggunakan hak pilihnya,” kata Agus.

Plt. Wali Kota Tegal HM. Nursoleh, M.MPd melalui Ka. Bag. Pemerintahan Setda Kota Tegal, Nunik Pratiwi  berharap KPU bisa melakukan sosialisasi secara maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat. Sehingga partisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pilwalkot-Wawalkot  27 juni 2018 bisa meningkat.

“KPU harus memberikan informasi lengkap, terutama tentang waktu pelaksanaan pemilihan, sehingga bagi masyarakat yang memiliki kegiatan di luar kota bisa hadir di TPS untuk memilih. Bagi pemilih pemula, penting bagi KPU untuk melakukan simulasi tata cara memilih, sehingga nantinya bisa berjalan tanpa kendala”, ungkap Plt. Wali Kota.

Selain itu, Plt. Wali Kota juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilih sebaik-baiknya untuk kemajuan Kota Tegal ke depan. Karena pemilihan kepala daerah adalah instrumen demokrasi yang tersedia dalam memilih putra terbaik untuk memimpin Kota Tegal.

“ Partisipasi masyarakat sangat menentukan maju mundurnya Kota Tegal ke depan. 5 menit waktu dalam memilih, akan menentukan nasib Kota Tegal 5 tahun ke depan”, imbuh Plt. Wali Kota.

Oleh karena itu, Plt. Wali Kota berpesan pilihlah putra terbaik yang sesuai dengan hati nurani, tanpa tekanan dari pihak manapun. Karena azas demokrasi kita adalah langsung, umum, bebas, dan rahasia. Jadi tidak dibenarkan adanya tekanan-tekan-an dalam hal memilih.

Sementara itu,  Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo mengecapkan PU Jawa Tengah Joko Purnomo mengucapkan selamat yang sudah memulai tahapan Pilwalkot dan Wawalkot pilkada serentak. Joko mengatakan KPU memiliki kesadaran mendidik generasi muda dan mendidik anak bangsa dalam demokrasi.

“Oleh karena itu, KPU telah menyiapkan rumah pintar pemilu yang dapat digunakan sebagai pembelajaran generasi muda”, ungkap Joko.

Joko menambahkan total anggaran Pilkada serentak yang disiapkan oleh KPU Provinsi Jateng mencapai Rp 1,129 triliun. “Berbagai upaya kini dilakukan untuk persiapan pelaksanaan pilkada serentak. Antara lain, pemutakhiran data pemilih, persiapan sosialisasi dan peningkatan partisipasi pemilih”, pungkas Joko.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Bentuk Karakter Anak melalui Dongeng
Berita 19 Dec, 2017

Bentuk Karakter Anak melalui Dongeng

TEGAL – Tentu kita mengenal Kampung Dongeng Kota Tegal, dimana salah seorang yang konsen dalam bidang dongeng di Tegal adalah…

FORKI Kota Tegal Gelar Muskot untuk Pilih Ketua Baru
Berita 01 May, 2018

FORKI Kota Tegal Gelar Muskot untuk Pilih Ketua Baru

TEGAL-Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) Kota Tegal menggelar Musyawarah Kota (Muskot) untuk memilih ketua baru, Selasa (1/5) di aula YPP…

Tenaga Kebersihan Terima Sejumlah Alat Kebersihan
Berita 24 Jan, 2017

Tenaga Kebersihan Terima Sejumlah Alat Kebersihan

Tegal – Sebanyak 21 tenaga kebersihan yang bertugas di wilayah Kecamatan Tegal Barat terima alat kebersihan. Alat yang diterima berupa…

Siswa TK Hangtuah 16 Tegal Kunjungi Daerah Banjir Kota Tegal.
Berita 16 Feb, 2018

Siswa TK Hangtuah 16 Tegal Kunjungi Daerah Banjir Kota Tegal.

TEGAL-Bertempat di Pos Komando (Posko) Dapur Umum RT 03 RW II Kelurahan Krandon Kecamatan Margadana Kota Tegal, ketua Yayasan Hangtuah…

Di Usianya ke 437 Kota Tegal Terus Raih Prestasi
Berita 13 Apr, 2017

Di Usianya ke 437 Kota Tegal Terus Raih Prestasi

TEGAL – Dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Tegal dengan Acara Memperingati Hari Jadi ke-437 Kota Tegal, Selasa (11/04) di…

Momentum Tahun Baru Hijriah Sebagai Awal Untuk Bertindak Lebih Baik.
Berita 21 Sep, 2017

Momentum Tahun Baru Hijriah Sebagai Awal Untuk Bertindak Lebih Baik.

Lautan manusia memenuhi Alun alun Kota Tegal. Ini terlihat ketika Tabligh Akbar malam 1 Muharram 1439 hijriah, Rabu (20/9/2017) Malam.…

Most from this category