Belajar Demokrasi, Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Tegal Seperti Pemilu

TEGAL– SMA Negeri 1 Tegal menggelar pemilihan ketua OSIS masa bakti 2017-2018 dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu), Jum’at (22/9). Kegiatan yang digelar di aula sekolah tujuannya, untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal. Nampak  hadir dalam prosesi tersebut Sekretaris KPU Kota Tegal Soni Sontani beserta anggota KPU lainnya. Sejumlah properti KPU seperti bilik suara dan kotak suara dipinjamkan pada proses pemilu ketua OSIS tersebut.

Sebelum mencoblos, ratusan siswa nampak mengantre untuk menyerahkan undangan pencoblosan yang diterima dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Setelah menyerahkan undangan, para siswa mendapatkan surat suara. Isinya adalah foto kandidat, lalu para siswa pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Setelah mencoblos, siswa melipat surat suara seperti semula. Selanjutnya, surat suara dimasukan ke kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, KPPS memberikan tanda berupa tinta di tangan pemilih agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.

Kepala Sekolah SMAN 1 Tegal, Aziz Iqbal mengatakan pemilihan Ketua OSIS layaknya Pemilu merupakan kegiatan rutin yang sudah digelar kurang lebih 10 tahun di SMAN 1 Tegal. Tujuannya memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu.

“Kegiatan pemilihan ketua OSIS diawali penjaringan calon, seleksi, debat kandidat, pemaparan visi misi dan proses pemilihan”, kata Iqbal Aziz.

Setelah itu, kata Iqbal dilanjutkan dengan penghitungan suara oleh para petugas TPS disaksikan oleh saksi. Setelah surat suara dihitung, hasilnya dapat dilihat hari ini juga.

Sementara itu, Sekretaris KPU Kota Tegal Soni Sontani mengapresiasi pelaksanaan pemilihan ketua OSIS SMAN 1 Tegal. Melalui pemilihan ini maka semua siswa akan terlibat dalam pesta demokrasi tingkat sekolah.

Soni mengatakan kagum, ketika Ia bertanya kepada para siswa, akan memilih yang ganteng atau cantik? Kemudian mereka jawab yang terpenting visi misinya Pak. “Ini lah demokrasi, mudah-mudahan adanya pemilihan seperti ini memberikan pemahaman kepada mereka, apalagi menjelang proses dalam Pilkada”, pungkas Soni.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Koper Calon Jamaah Haji Didistribusikan
Berita 07 Jul, 2017

Koper Calon Jamaah Haji Didistribusikan

TEGAL- Kantor Kementerian Agama Kota Tegal mulai mendistribusikan koper kepada calon jamaah haji. Koper yang berwarna orange tersebut terdiri dari…

OJK Minta Literasi dan Inklusi Perbankan Syariah Ditingkatkan
Berita 14 Nov, 2018

OJK Minta Literasi dan Inklusi Perbankan Syariah Ditingkatkan

TEGAL –Kepala OJK Tegal Ludy Arlianto meminta literasi dan inklusi perbankan syariah perlu ditingkatkan kembali. Sebab sesuai hasil survei nasional…

Kontingen Kota Tegal dalam Porprov Jateng ke XV Resmi Dilepas
Berita 17 Oct, 2018

Kontingen Kota Tegal dalam Porprov Jateng ke XV Resmi Dilepas

TEGAL – Kontingen Kota Tegal resmi dilepas oleh Wali Kota Tegal H.M Nursoleh dalam kegiatan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov)…

Jokowi Janji Rest Area Jual Produk Daerah
Berita 09 Nov, 2018

Jokowi Janji Rest Area Jual Produk Daerah

TEGAL – Untuk menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dengan adanya jalan tol, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar rest area-rest…

Walikota bersama Wakil Ketua Komisi X DPR RI Resmikan MPK Arpusda Kota Tegal
Berita 24 Dec, 2016

Walikota bersama Wakil Ketua Komisi X DPR RI Resmikan MPK Arpusda Kota Tegal

TEGAL- Wakil Ketua Komisi X DPR RI Drs. Abdul Fiqri Faqih, MM didampingi Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan…

Berita 21 Aug, 2017

Meriahkan HUT RI ke-72 Dengan Donor Darah.

Tegal – Banyak ragam dan cara dalam rangka mengisi dan memeriahkan Kemerdekaan HUT RI ke – 72, terlihat pula ketika…

Most from this category