Senimar Nasional Pendidikan, Plt. Wali Kota: Pendidikan Memiliki Peran Penting

TEGAL-Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM)-Himpunan Mahasiswa (HIMA) PGSD Tegal FIP UNNES gelar seminar nasional pendidikan, Minggu (17/9) di gedung Adipura Balai Kota Tegal.

Kegiatan yang bertajuk Strategi Pemerataan Kualitas Pendidikan Untuk Menciptakan Sinergi Dalam Menghadapi Globalisasi dan Bonus Demografi dihadiri Plt. Wali Kota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.M.Pd., Koordinator PGSD FIP UNNES Drs. Utoyo, M.Pd., para dosen dan ratusan peserta dari mahasiswa PGSD UNNES, universitas di wilayah Kota Tegal, guru dan masyarakat umum.

Hadir sebagai narasumber Founder Seribu Guru Jemi Ngadiono dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Dr. Johardi, MM.

Plt. Wali Kota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.M.Pd., dalam sambutannya mengatakan pendidikan memiliki peran penting menciptakan pribadi-pribadi yang berkarakter kuat baik secara moral maupun kultural, yaitu mempunyai integritas yang kuat dan mempunyai landasan budaya pribadi dan sosial untuk mencapai kemajuan namun masih berpijak pada karakter masyarakat dan bangsa.

“Sistem pendidikan yang baik juga harus menyediakan pelatihan pendidikan dan keterampilan untuk menghadapi tantangan jaman. Para pendidik dan pembelajar harus sadar dengan kebutuhan pengetahuan dan teknologi masyarakat”, kata Plt. Wali Kota.

Dalam kata lain, Kang Nur (sapaan Plt. Wali Kota) megatakan pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mampu menciptakan sumberdaya manusia yang punya daya saing tinggi, memiliki keinginan kuat untuk melek teknologi.

“Generasi muda khususnya usia pelajar harus diberi pengetahuan dan pembekalan bahwa teknologi sekarang harus digunakan dan dimanfaatkan seoptimal mungkin bukan hanya untuk menghabiskan waktu dan menjadi eksis di dunia maya”, imbuh Kang Nur.

Sementara itu, Koordinator PGSD FIP UNNES Drs. Utoyo, M.Pd. mengapresiasi terselenggaranya seminar ini. Dia mengatakan selama ini telah bersinergi dengan Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal. UNNES selalu menerjunkan mahasiswanya untuk berlatih menjadi calon guru yang profesional.

“Bersinergi pula dengan Kawarcab Kota Tegal melalui keguatan Kursus Mahir Dasar Pramuka yang wajib diikuti oleh mahasiswa PGSD UNNES”, pungkas Utoyo.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Hadir di Tegal, Ini Layanan Yang Diberikan Gojek
Berita 15 Jul, 2017

Hadir di Tegal, Ini Layanan Yang Diberikan Gojek

TEGAL-Vice President PT. Go-Jek Indonesia Dayu Dara Permata mengungkapkan ada 16 layanan yang diberikan Gojek kepada pengguna. Layanan tersebut antara…

Pelaku UMKM Dilatih Pengemasan Produk
Berita 18 Sep, 2018

Pelaku UMKM Dilatih Pengemasan Produk

TEGAL-Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal memberikan pelatihan pengemasan produk bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah, Selasa (18/9)…

Berita 27 Sep, 2017

Selama Sepekan, Ribuan Kendaraan Ditilang Satuan Lalulintas Kota Tegal

TEGAL - Sedikitnya 1.006 kendaraan baik roda dua maupun roda empat ditindak Satuan Lalulintas Polres Tegal Kota selama sepekan, dalam…

Kamis Pagi, Calon Jamaah Haji Kloter 10 Tiba di Donohudan
Berita 19 Jul, 2018

Kamis Pagi, Calon Jamaah Haji Kloter 10 Tiba di Donohudan

Boyolali - Setelah sebelumnya pada rabu malam menyambut dan menyerahkan Jamaah Calon Haji Kota Tegal dan Kota Pekalongan yang tergabung…

5 Karsa Untuk Membangun Sikap Entrepreneur Menurut Prof. Dr. Tri Jaka Kartana
Berita 11 Oct, 2017

5 Karsa Untuk Membangun Sikap Entrepreneur Menurut Prof. Dr. Tri Jaka Kartana

TEGAL - Penyelenggaraan Pelatihan Kewirausahaan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kota Tegal bagi anggota Forum for…

140 Peserta Ikuti Pelatihan Keterampilan yang Digelar Pemkot Tegal
Berita 07 Mar, 2018

140 Peserta Ikuti Pelatihan Keterampilan yang Digelar Pemkot Tegal

TEGAL-Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Tegal Yuswo Waluyo mewakili Pejabat Sementara Wali Kota Tegal, Achmad Rofai secara resmi membuka…

Most from this category