Senimar Nasional Pendidikan, Plt. Wali Kota: Pendidikan Memiliki Peran Penting

TEGAL-Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM)-Himpunan Mahasiswa (HIMA) PGSD Tegal FIP UNNES gelar seminar nasional pendidikan, Minggu (17/9) di gedung Adipura Balai Kota Tegal.

Kegiatan yang bertajuk Strategi Pemerataan Kualitas Pendidikan Untuk Menciptakan Sinergi Dalam Menghadapi Globalisasi dan Bonus Demografi dihadiri Plt. Wali Kota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.M.Pd., Koordinator PGSD FIP UNNES Drs. Utoyo, M.Pd., para dosen dan ratusan peserta dari mahasiswa PGSD UNNES, universitas di wilayah Kota Tegal, guru dan masyarakat umum.

Hadir sebagai narasumber Founder Seribu Guru Jemi Ngadiono dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Dr. Johardi, MM.

Plt. Wali Kota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.M.Pd., dalam sambutannya mengatakan pendidikan memiliki peran penting menciptakan pribadi-pribadi yang berkarakter kuat baik secara moral maupun kultural, yaitu mempunyai integritas yang kuat dan mempunyai landasan budaya pribadi dan sosial untuk mencapai kemajuan namun masih berpijak pada karakter masyarakat dan bangsa.

“Sistem pendidikan yang baik juga harus menyediakan pelatihan pendidikan dan keterampilan untuk menghadapi tantangan jaman. Para pendidik dan pembelajar harus sadar dengan kebutuhan pengetahuan dan teknologi masyarakat”, kata Plt. Wali Kota.

Dalam kata lain, Kang Nur (sapaan Plt. Wali Kota) megatakan pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mampu menciptakan sumberdaya manusia yang punya daya saing tinggi, memiliki keinginan kuat untuk melek teknologi.

“Generasi muda khususnya usia pelajar harus diberi pengetahuan dan pembekalan bahwa teknologi sekarang harus digunakan dan dimanfaatkan seoptimal mungkin bukan hanya untuk menghabiskan waktu dan menjadi eksis di dunia maya”, imbuh Kang Nur.

Sementara itu, Koordinator PGSD FIP UNNES Drs. Utoyo, M.Pd. mengapresiasi terselenggaranya seminar ini. Dia mengatakan selama ini telah bersinergi dengan Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal. UNNES selalu menerjunkan mahasiswanya untuk berlatih menjadi calon guru yang profesional.

“Bersinergi pula dengan Kawarcab Kota Tegal melalui keguatan Kursus Mahir Dasar Pramuka yang wajib diikuti oleh mahasiswa PGSD UNNES”, pungkas Utoyo.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Peringati HANI, BNN Kota Tegal Ajak Komunitas Pecinta Binatang Perangi Narkoba
Berita 16 Jul, 2018

Peringati HANI, BNN Kota Tegal Ajak Komunitas Pecinta Binatang Perangi Narkoba

Memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun 2018, BNN Kota Tegal menggelar aksi dan sosialisasi kepada masyarakat, Minggu (15/7) pagi…

Pemkot Akan Revitalisasi Alun-Alun Tegal
Berita 24 Apr, 2019

Pemkot Akan Revitalisasi Alun-Alun Tegal

Pemerintah berencana merevitalisasi lapangan Alun-alun Kota Tegal, revitaslisasi tersebut akan dilakukan secara bertahap. Di anggaran murni APBD 2019, pemkot mengalokasikan…

Pohon Literasi Sakila Kerti Diharapkan Wujudkan Cita-cita Anak
Berita 27 May, 2019

Pohon Literasi Sakila Kerti Diharapkan Wujudkan Cita-cita Anak

TEGAL-Program Pohon Literasi yang diinisiasi PAUD Sakila Kerti Kelurahan Panggung, Kota Tegal resmi diluncurkan, Senin (27/5). Peluncuran tersebut ditandai dengan…

Jemaah Calon Haji Pada Lingkungan Disdikbud Dilepas
Berita 03 Aug, 2017

Jemaah Calon Haji Pada Lingkungan Disdikbud Dilepas

TEGAL-Sebanyak 27 calon jemaah haji dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal dilepas, Kamis (3/8) di gedung Adipura kawasan…

Plt. Wali Kota Meminta Tenaga Kesehatan Mengunakan Rasa Dalam Melayani Masyarakat
Berita 17 Sep, 2018

Plt. Wali Kota Meminta Tenaga Kesehatan Mengunakan Rasa Dalam Melayani Masyarakat

Tegal - Sehat adalah keadaan sejahtera seutuhnya baik secara fisik, jiwa maupun sosial, bukan hanya terbebas dari penyakit atau kecacatan.…

Monitoring Wajah Kota Di Kelurahan Pekauman.
Berita 20 May, 2017

Monitoring Wajah Kota Di Kelurahan Pekauman.

Tegal – Untuk mendengar dan melihat kondisi di lapangan secara langsung aspirasi warganya banyak hal yang telah dilakukan oleh Pemerintah…

Most from this category