KKBPK Di Kota Tegal Lebih Baik Dibanding Tingkat Nasional.

TEGAL – Pelaksanaan Rapat Koordinasi Pusat Pelatihan Klinik Primer Kesehatan Reproduksi (P2KP KR) pada Rabu (13/9) di RM. Dapoer Tempo Doeloe Tegal dihadirin oleh Plt. Walikota Tegal Drs. HM. Nursoleh, M.M.Pd, Dewan Mitra P2KP KR Kota Tegal, Pengurus P2KP KR Kota Tegal, Dinas Kesehatan Kota Tegal, Bidan dan Tenaga Kesehatan, Dokter dan Bidan.

Ketua P2KP KR Kota Tegal, dr Indrawan Ekomurtomo, SpOG menyampaikan paparan mengenai P2KP KR yakni mengenai Visi Misi, Mitra P2KP KR. ‘’Fungsi P2KP yang utama adalah melaksanakan berbagai pelatihan keterampilan klinik untuk provider, dengan menggunakan modul pelatihan yang telah diakreditasi oleh jaringan’’ papar dr. Indrawan.

Sedangkan Plt. Walikota Tegal Drs. HM. Nursoleh, M.M.Pd dalam sambutannya dalam Rakor tersebut diharapkan  adanya  komitmen dan kesiapan operasional, serta strategi pengelolaan program KB di Kota Tegal. ‘’Karena pemerintah Kota Tegal, beberapa waktu lalu telah mencanangkan kampung KB di empat kecamatan, yang diharapkan program KB semakin massif dan terintegrasi’’ paparnya.

Plt. Walikota juga menyampaikan bahwa salah satu ruang lingkup dalam kesehatan reproduksi adalah Keluarga Berencana. Dimana pelayanan KB yang dilakukan masyarakat bisa dilakukan di rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan atau di posyandu-posyandu yang ada. sebagai salah satu mata rantai pelayanan KB.

‘’Capaian program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) di Kota Tegal lebih baik dibanding tingkat nasional. TFR Kota Tegal 2,113 (DASAR SUSENAS 2015) dan LPP 0,48. Pencapaian tersebut  karena sinergitas pembangunan dan kekompakan pelaksanaan program KB di Kota Tegal. Capaian program KKBPK di Kota Tegal, angka prevalensi penggunaan kontrasepsi (CPR) sebesar 74,28 % dan Unmet Need 18,69 %.’’ papar Plt. Walikota.

Komitmen bersama dalam memantapkan  pembangunan kependudukan dan KB di Kota Tegal pun diserukan oleh Plt. Walikota Tegal. ‘’Pengendalian kependudukan melalui program KB adalah prioritas penanganan di daerah, mengingat proporsi penduduk usia remaja dan produktif masih sangat tinggi, sehingga berpeluang memunculkan ’’baby boom’’di Kota Tegal’’, pungkasnya.

Sedangakan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, Dr. Dr. Suharjo,MM memalui Triyono menyampaikan bahwa Kepengurusan Pusat Pelatihan Klinik Primer Kesehatan Reproduksi Priode 2017 – 2022 telah terbentuk. ‘’Sudah ada 5 orang pengurus telah mengikuti pelatihan CTS, sehingga kegiatan yang berkaitan dengan pelatihan kesehatan reproduksi, APN dan CTU sudah bisa dilakukan di Kota Tegal yang bertujuan untuk menurunkan AKI,AKB, AKABA’’ ungakapnya.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal juga berharap dengan adanya pertemuan tesebut  dapat meningkatkan pengetahuan, kemauan, dan kemampuan dari semua peserta, sehingga memberikan hasil yang maksimal, khususnya yang berkaitan dengan AKI, AKB.

 

Berita Lainnya

Atlet Catur di Bawah Naungan Percasi Kota Tegal Siap Berlaga di Kejurnas Cipayung.
Berita 13 Jul, 2017

Atlet Catur di Bawah Naungan Percasi Kota Tegal Siap Berlaga di Kejurnas Cipayung.

Tegal – Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno atau yang akrab di Bunda Sitha sudah sering menerima Audiensi dari…

BTN Syariah Tegal Tawarkan Pembiayaan Hunian Subsidi Bagi ASN.
Berita 29 Oct, 2018

BTN Syariah Tegal Tawarkan Pembiayaan Hunian Subsidi Bagi ASN.

TEGAL- Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah Kantor Cabang Tegal tawarkan pembiayaan hunian bersubsidi dengan uang muka 1 persen. Hal itu…

Walikota Tegal Sambut Kedatangan Jamaah Haji.
Berita 24 Sep, 2017

Walikota Tegal Sambut Kedatangan Jamaah Haji.

Solo - Rombongan jamaah haji Kota Tegal yang tergabung di kloter 55 tepat pukul 05.00 Minggu (24/ 9/ 2017). Sampai…

Para Ketua RT/RW  Se-Margadana Dibina
Berita 06 Mar, 2018

Para Ketua RT/RW Se-Margadana Dibina

TEGAL-Puluhan ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) se-Kecamatan Margadana Kota Tegal, Jawa Tengah diberi pembinaan pengamanan swakarsa oleh…

Sinergitas Membawa Penegakan Hukum Lebih Baik Lagi
Berita 25 Apr, 2018

Sinergitas Membawa Penegakan Hukum Lebih Baik Lagi

Tegal – Tim Pengawasan Orang Asing Wilayah Kecamatan Kota Tegal di kukuhkan berdasarkan surat keputusan kepala Kantor Imigrasi Kelas 2…

BPJS Gandeng Dinkop UKM Perdagangan Sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
Berita 15 Nov, 2018

BPJS Gandeng Dinkop UKM Perdagangan Sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

TEGAL-BPJS Ketenagakerjaan bersama Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan menggelar sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Kamis (15/11) di Kantor Dinas Koperasi…

Most from this category