Sosialisasi Empat Pilar di UPS Tegal

TEGAL- MPR RI bersama Universitas Pancasakti (UPS) Tegal gelat sosialisasi empat pilar  Pancasila, UUD RI 1945, Negara Kesatuan RI dan Bhineka Tunggal Ika, Kamis (14/9) di Auditorium kampus UPS Tegal, Jalan Halmahera Kota Tegal.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua MPR RI Mahyudin, ST., MM, Anggota MPR RI H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si, Dra. Popong OtjeDjundjunan, tamu undangan dari TNI, Polri dan undangan lainnya.

Sebelumnya Wakil Ketua MPR RI Mahyudin, ST., MM. dan rombongan disambut Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tegal H.M. Nur Sholeh, Rabu (13/9) malam di stasiun kereta api Kota Tegal. Hadir pula dalam sosialisasi tersebut ratusan mahasiswa UPS Tegal yang mengenakan almamater serba kuning.

Wakil Ketua MPR RI Mahyudin, ST., MM dalam sambutannya mengatakan saat ini  kita semua memiliki tantangan kebangsaan. Bangsa indonesia dijajah Belanda kurang lebih 3,5 abad. Luas wilayah Indonesia yang begitu besar namun oleh negara kecil yang.

“Kita dijajah bukan karena Belanda hebat tapi karena kita lemah, bercerai berai  karena mudah diadu domba, baik oleh Belanda maupun oleh bangsa sendiri”, ungkap Mahyudin.

Wahyudin menegaskan bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Empat pilar bangsa membangun persatuan yang kuat. Tanpa persatuan kita tidak bisa kuat seperti ini”, imbuh Dia.

Empat pilar tersebut, kata Mahyudin meliputi, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD RI 1945, Negara Kesatuan RI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. “Tantangan kita saat ini persatuan. Kita memiliki ratusan suku, etnis, bahsa dan ribuan pulau. Itu sebuah tantangan, bagaimana kita bersatu”, pungkas Mahyudin.

Sementara itu, Rektor UPS Tegal Prof. Dr. Wahyono mengatakan empat pilar sebagai dasar wawasan kebangsaan. Empat pilar lahir dari renungan suci yang dilakukan oleh para ulama dan nasionalis seperti KH. Wahid Hasyim, Agus Salim, Muhammad Nasir, Bung Karno dan Bung Hatta.

“Para tokoh tersebut yang melahirkan empat pilar sebelum kemerdekaan”, ungkap Wahyono.

Usai pembukaan oleh Wakil Ketua MPR RI Mahyudin, ST., MM., acara dilanjutkan dengan pemaparan empat pilar oleh H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si. dan Dra. Popong OtjeDjundjunan.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Plt. Walikota Tegal Hadiri Khaul Mbah Danadi (Mbah Cleret)
Berita 04 Sep, 2017

Plt. Walikota Tegal Hadiri Khaul Mbah Danadi (Mbah Cleret)

TEGAL – Pelaksanaan Kirab Budaya dan Khaul Mbah Danadi (Mbah Cleret) ke 59 pada Minggu (3/9) malam yang dilakasanakan di…

BNN Tegal Bekuk Pengedar Narkotika Jenis Sabu
Berita 16 Nov, 2017

BNN Tegal Bekuk Pengedar Narkotika Jenis Sabu

TEGAL-Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal berhasil menggagalkan upaya peredaran narkotika di wilayah Kota Tegal, Selasa, 14 November 2017. Dari…

Lomba Baca Puisi Tegalan Ramaikan Peringatan HUT KORPRI
Berita 29 Nov, 2017

Lomba Baca Puisi Tegalan Ramaikan Peringatan HUT KORPRI

TEGAL – Dalam rangka memepriangati Hari Ulang Tahun KORPRI yang ke 46 tahun, Pemerintah Kota Tegal mengadakan bebeapa rangkaian kegiatan…

Rindu Anak dan Keluarga, Siti Masitha Minta Dipindah Ke LP Anak dan Wanita Tangerang.
Berita 09 Apr, 2018

Rindu Anak dan Keluarga, Siti Masitha Minta Dipindah Ke LP Anak dan Wanita Tangerang.

Semarang -  Kepada Majelis Hakim, Siti Masitha minta agar dirinya dapat dipindah ke LP anak dan Perempuan Tangerang jika nanti…

SMA Ihsaniyah Adakan Sosialisasi Bahaya Narkoba
Berita 15 Feb, 2017

SMA Ihsaniyah Adakan Sosialisasi Bahaya Narkoba

TEGAL- Dengan bertemakan “Masa Depan Cerah Tanpa Narkoba”, SMA Ihsaniyah Tegal yang beralamat di Jalan Jalak, Sabtu (11/2) menggandeng BNN…

Harga Anjlok, Bulog Siap Serap Bawang Merah Petani
Berita 12 Jan, 2018

Harga Anjlok, Bulog Siap Serap Bawang Merah Petani

TEGAL-Perum Badan Usaha Logistik (Bulog) menyatakan siap untuk menyerap bawang merah dari petani. Hal itu untuk menyikapi anjloknya harga bawang…

Most from this category