Sosialisasi Empat Pilar di UPS Tegal

TEGAL- MPR RI bersama Universitas Pancasakti (UPS) Tegal gelat sosialisasi empat pilar  Pancasila, UUD RI 1945, Negara Kesatuan RI dan Bhineka Tunggal Ika, Kamis (14/9) di Auditorium kampus UPS Tegal, Jalan Halmahera Kota Tegal.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua MPR RI Mahyudin, ST., MM, Anggota MPR RI H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si, Dra. Popong OtjeDjundjunan, tamu undangan dari TNI, Polri dan undangan lainnya.

Sebelumnya Wakil Ketua MPR RI Mahyudin, ST., MM. dan rombongan disambut Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tegal H.M. Nur Sholeh, Rabu (13/9) malam di stasiun kereta api Kota Tegal. Hadir pula dalam sosialisasi tersebut ratusan mahasiswa UPS Tegal yang mengenakan almamater serba kuning.

Wakil Ketua MPR RI Mahyudin, ST., MM dalam sambutannya mengatakan saat ini  kita semua memiliki tantangan kebangsaan. Bangsa indonesia dijajah Belanda kurang lebih 3,5 abad. Luas wilayah Indonesia yang begitu besar namun oleh negara kecil yang.

“Kita dijajah bukan karena Belanda hebat tapi karena kita lemah, bercerai berai  karena mudah diadu domba, baik oleh Belanda maupun oleh bangsa sendiri”, ungkap Mahyudin.

Wahyudin menegaskan bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Empat pilar bangsa membangun persatuan yang kuat. Tanpa persatuan kita tidak bisa kuat seperti ini”, imbuh Dia.

Empat pilar tersebut, kata Mahyudin meliputi, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD RI 1945, Negara Kesatuan RI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. “Tantangan kita saat ini persatuan. Kita memiliki ratusan suku, etnis, bahsa dan ribuan pulau. Itu sebuah tantangan, bagaimana kita bersatu”, pungkas Mahyudin.

Sementara itu, Rektor UPS Tegal Prof. Dr. Wahyono mengatakan empat pilar sebagai dasar wawasan kebangsaan. Empat pilar lahir dari renungan suci yang dilakukan oleh para ulama dan nasionalis seperti KH. Wahid Hasyim, Agus Salim, Muhammad Nasir, Bung Karno dan Bung Hatta.

“Para tokoh tersebut yang melahirkan empat pilar sebelum kemerdekaan”, ungkap Wahyono.

Usai pembukaan oleh Wakil Ketua MPR RI Mahyudin, ST., MM., acara dilanjutkan dengan pemaparan empat pilar oleh H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si. dan Dra. Popong OtjeDjundjunan.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Gerakan Revolusi Mental Menuju Tegal yang Amanah dan Barokah
Berita 26 Sep, 2017

Gerakan Revolusi Mental Menuju Tegal yang Amanah dan Barokah

TEGAL – Penyelanggaraan Dialog Nasional Pembangunan dengan tema Menuju Tegal yang Amanah dan Barokah di Ruang Adipura Lingkungan Balaikota Tegal…

Dandim 0712/Tegal Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Prajurit
Berita 02 Oct, 2017

Dandim 0712/Tegal Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Prajurit

TEGAL-Komandan Kodim 0712/Tegal, Letkol Kav Kristiyanto, S.Sos, memimpin upacara kenaikan pangkat para Bintara, Tamtama dan ASN di jajaran Kodim 0712/Tegal,…

Pengantar Tugas dan Perkenalan Kapolres Tegal Kota.
Berita 24 Mar, 2017

Pengantar Tugas dan Perkenalan Kapolres Tegal Kota.

TEGAL – Terlihat di Ruang Adipura Balaikota Tegal pada Jum’at (24/3) malam. Walikota Tegal bersama Plt.Sekretaris Daerah Kota Tegal serta…

Wartawan Harus Punya Setifikat Uji Kompetensi.
Berita 16 May, 2018

Wartawan Harus Punya Setifikat Uji Kompetensi.

Tegal - Menjadi wartawan merupakan hak asasi seluruh warga Negara dimana tidak ada ketentuan yang membatasi hak seseorang untuk menjadi…

Kejurnas Gymkhana Putaran Kedua di Kota Tegal Meriah
Berita 21 Apr, 2018

Kejurnas Gymkhana Putaran Kedua di Kota Tegal Meriah

TEGAL-Kejuaraan nasional (Kejurnas) gymkhana atau slalom putaran kedua berlangsung meriah, Sabtu (21/4/2018) di Alun Alun Kota Tegal. Ribuan penonton memadati…

Bioskop CGV Cinemas Hadir di Tegal
Berita 11 Jun, 2017

Bioskop CGV Cinemas Hadir di Tegal

TEGAL-Setelah lama ditunggu, bioskop CGV Cinemas akhirnya hadir di Kota Tegal. CGV dengan kapasitas hampir 700 tempat duduk tersebut berada…

Most from this category