Danlanal Tegal Pimpin Upacara Hari Jadi TNI AL Ke 72

TEGAL-Komandan pangkalan angkatan laut Tegal Letkol Mar. SB Manurung memimpin upacara dalam rangka memperingati hari jadi TNI AL ke 72 thn 2017, Senin (11/9) di lapangan apel Mako Lanal Tegal JalanProklamasi No 1 Kota Tegal.

Upacara tersebut diikuti seluruh prajurit dan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) serta perwira staff Mako Lanal tegal. Selaku perwira upacara Pasintel Lanal Tegal Lttu Laut (T) Judi Wani serta Komandan upacara Dansatma lanal Tegal Ltda Laut (T) Dwi Atmojo.

Peringatan upacara ini juga di hadiri oleh pengurus Jalasenastri Korcab V cabang 7 DJAT, para Persatuan purnawirawan angkatan laut (PPAL) di wilayah kerja mako lanal tegal.Pasukan upacara terdiri dari 1 SST Bintara tinggi lanal tegal,2 SST Bintara lanal tegal,1 SST Tamtama,1 SSR ASN lanal tegal,1 SSR Pengurus Jalasenastri Lanal Tegal.

Letkol Mar. SB Manurung membacakan amanat Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, SE.,MAP. Dalam amanatnya, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. mengatakan pada hakekatnya upacara peringatan hari jadi TNI Angkatan Laut memiliki tiga makna penting yang harus dipahami bersama.

Pertama, makna keimanan dan ketakwaan, sebagai insan yang bertakwa marilah tidak henti hentinya kita panjatkan puja puji syukur kehadirat Tuhan YME. Sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindungan-Nya, selama 72 tahun masa pengabdian TNI Angkatan Laut.

Kedua, makna historis sebagai upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan perjuangan TNI angkatan Laut dalam mengisi kemerdekaan serta menegakkan integritas,kedaulatan bangsa dan negara. Ketiga, makna evaluative sebagai momentum instrokspeksi dan evaluasi diri tentang kekurangan dan kelebihan tugas masa lalu, guna memantapkan penyempurnaan di masa yg akan datang.

Pada kesempatan itu pula, Kasal berpesan tingkatkan terus kualitas diri sebagai prajurit TNI AL yang bermoral professional dan berani serta pedoman dan hormati Hukum,hak azasi manusia dalam setiap pelaksanaan tugas.

“Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab disertai kerelaan berkorban demi terjaganya  keselamatan serta keutuhan bangsa dan Negara”, ungkap Kasal Laksamana TNI Ade Supandi.

Selain itu, Kasal juga mengatakan pelihara segenap alutsita persenjataan dan peralatan yang dipercayakan negara dengan baik agar mendukung keberhasilan tugas secara optimal. Mantapkan kekompakan antar komponen TNI,agar terjalin koordinasi dan kerja sama yang harmonis antar TNI dengan lainnya, sebagai refleksi dari tampilan TNI yang kokoh dan solid serta mantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Tingkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap perkembangan situasi dapat cepat berubah, agar kita tidak terprovokatif dalam mengatasi setiap permasalahan yang dapat merugikan kepentingan masyarakat dan bangsa dan Negara”, pungkas Kasal Laksamana TNI Ade Supandi.

Berita Lainnya

MUI Keluarkan Fatwa Bermuamalah Melalui Medsos, Ini Pertimbangannya
Berita 22 Nov, 2017

MUI Keluarkan Fatwa Bermuamalah Melalui Medsos, Ini Pertimbangannya

TEGAL-Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa perihal berperilaku di media sosial. Fatwa bernomor 24 tahun 2017 itu hadir salah satu…

Jumadi Paparkan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi
Berita 02 Sep, 2020

Jumadi Paparkan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi

TEGAL – Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, S.T., M.M., memaparkan berbagai langkah dan inovasi pembelajaran yang dilakukan Pemerintah Kota…

Kunjungi Kota Tegal, Menteri Sofyan Jalil Kagumi Aspal Limbah Plastik di Balaikota.
Berita 12 Aug, 2020

Kunjungi Kota Tegal, Menteri Sofyan Jalil Kagumi Aspal Limbah Plastik di Balaikota.

Tegal - Dalam agendanya berkunjung ke Kota Tegal, Menteri Agraria dan Tata Ruang /Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Jalil memuji…

Jelang Peringati Hari Santri, PCNU Kota Tegal Baca Shalawat Nariyah
Berita 22 Oct, 2018

Jelang Peringati Hari Santri, PCNU Kota Tegal Baca Shalawat Nariyah

Tegal – Pembacaan Shalawat Nariyah Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional ke 3 tahun 2018 dilakukan di Pendopo Ki Gede…

Pengenalan Lingkungan Sekolah Tidak Ada Atribut Aneh-Aneh
Berita 17 Jul, 2017

Pengenalan Lingkungan Sekolah Tidak Ada Atribut Aneh-Aneh

TEGAL-Kepala SMA Negeri 1 Tegal Aziz Iqbal menegaskan pengenalan lingkungan sekolah (PLS) tidak ada kegiatan perpeloncohan dan siswa baru diperintahkan…

Jaga Kedamaian Pilkada 2018, Polres Tegal Kota Gelar Tabligh Akbar
Berita 20 Apr, 2018

Jaga Kedamaian Pilkada 2018, Polres Tegal Kota Gelar Tabligh Akbar

TEGAL-Ribuan warga masyarakat Kota Tegal menghadiri Tabligh Akbar dan Doa Bersama yang digelar Polres Tegal Kota dalam rangka cipta kondisi…

Most from this category