Danlanal Tegal Pimpin Upacara Hari Jadi TNI AL Ke 72

TEGAL-Komandan pangkalan angkatan laut Tegal Letkol Mar. SB Manurung memimpin upacara dalam rangka memperingati hari jadi TNI AL ke 72 thn 2017, Senin (11/9) di lapangan apel Mako Lanal Tegal JalanProklamasi No 1 Kota Tegal.

Upacara tersebut diikuti seluruh prajurit dan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) serta perwira staff Mako Lanal tegal. Selaku perwira upacara Pasintel Lanal Tegal Lttu Laut (T) Judi Wani serta Komandan upacara Dansatma lanal Tegal Ltda Laut (T) Dwi Atmojo.

Peringatan upacara ini juga di hadiri oleh pengurus Jalasenastri Korcab V cabang 7 DJAT, para Persatuan purnawirawan angkatan laut (PPAL) di wilayah kerja mako lanal tegal.Pasukan upacara terdiri dari 1 SST Bintara tinggi lanal tegal,2 SST Bintara lanal tegal,1 SST Tamtama,1 SSR ASN lanal tegal,1 SSR Pengurus Jalasenastri Lanal Tegal.

Letkol Mar. SB Manurung membacakan amanat Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, SE.,MAP. Dalam amanatnya, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. mengatakan pada hakekatnya upacara peringatan hari jadi TNI Angkatan Laut memiliki tiga makna penting yang harus dipahami bersama.

Pertama, makna keimanan dan ketakwaan, sebagai insan yang bertakwa marilah tidak henti hentinya kita panjatkan puja puji syukur kehadirat Tuhan YME. Sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindungan-Nya, selama 72 tahun masa pengabdian TNI Angkatan Laut.

Kedua, makna historis sebagai upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan perjuangan TNI angkatan Laut dalam mengisi kemerdekaan serta menegakkan integritas,kedaulatan bangsa dan negara. Ketiga, makna evaluative sebagai momentum instrokspeksi dan evaluasi diri tentang kekurangan dan kelebihan tugas masa lalu, guna memantapkan penyempurnaan di masa yg akan datang.

Pada kesempatan itu pula, Kasal berpesan tingkatkan terus kualitas diri sebagai prajurit TNI AL yang bermoral professional dan berani serta pedoman dan hormati Hukum,hak azasi manusia dalam setiap pelaksanaan tugas.

“Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab disertai kerelaan berkorban demi terjaganya  keselamatan serta keutuhan bangsa dan Negara”, ungkap Kasal Laksamana TNI Ade Supandi.

Selain itu, Kasal juga mengatakan pelihara segenap alutsita persenjataan dan peralatan yang dipercayakan negara dengan baik agar mendukung keberhasilan tugas secara optimal. Mantapkan kekompakan antar komponen TNI,agar terjalin koordinasi dan kerja sama yang harmonis antar TNI dengan lainnya, sebagai refleksi dari tampilan TNI yang kokoh dan solid serta mantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Tingkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap perkembangan situasi dapat cepat berubah, agar kita tidak terprovokatif dalam mengatasi setiap permasalahan yang dapat merugikan kepentingan masyarakat dan bangsa dan Negara”, pungkas Kasal Laksamana TNI Ade Supandi.

Berita Lainnya

Meriahkan HUT ke 74, Pemerintah Kota Tegal Adakan Jalan Sehat
Berita 18 Aug, 2019

Meriahkan HUT ke 74, Pemerintah Kota Tegal Adakan Jalan Sehat

Tegal - Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M, Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi, ST. MM, PJ Sekretaris…

Senam Massal Hingga Pemeriksaan Kesehatan Warnai Perayaan HALUN Kota Tegal
Berita 24 Aug, 2018

Senam Massal Hingga Pemeriksaan Kesehatan Warnai Perayaan HALUN Kota Tegal

TEGAL – Berbagai kegiatan massal diselenggarakan dalam perayaan Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN) ke 22 Tahun 2018 Tingkat Kota Tegal.…

Herujito dan Sugono Daftar ke KPU
Berita 09 Jan, 2018

Herujito dan Sugono Daftar ke KPU

TEGAL - Nampak iring-iringan becak dan sepeda motor dari Kantor DPC PDI Perjuangan Jalan Setiabudi Kota Tegal menuju KPU di…

Memperkenalkan Cagar Budaya Tegal Melalui Lomba Karya Tulis Ilmiah
Berita 25 Mar, 2019

Memperkenalkan Cagar Budaya Tegal Melalui Lomba Karya Tulis Ilmiah

Tegal – Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal menggelar lomba penulisan sejarah karya tulis ilmiah cagar…

Dewan Kesenian Kota Tegal Gelar MUSDA
Berita 25 Feb, 2018

Dewan Kesenian Kota Tegal Gelar MUSDA

TEGAL - Penyelenggaraan Musyawarah Daerah (MUSDA) Dewan Kesenian Kota Tegal pada Minggu (25/2) di Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balaikota…

Pemkot Berikan Award kepada Atlet dan Pelatih
Berita 14 Dec, 2021

Pemkot Berikan Award kepada Atlet dan Pelatih

TEGAL – Pemerintah Kota Tegal memberikan award kepada atlet dan pelatih Kota Tegal yang berprestasi di tahun 2021. Kepala Dinas…

Most from this category