Hadi Mulyono: Pengusaha Antusias Ajukan Sertifikasi Halal

TEGAL – Dalam menghadapi persaingan usaha yang ketat khususnya dibidang makanan maupun minuman, banyak pengusaha antusias untuk mengajukan salah satu persyaratan yang dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat.  Selain itu, agar produk yang dihasilkan dapat masuk dan diterima disalah satu atau beberapa perusahaan besar harus memiliki sertifikat halal.

Demikian disampaikan Ketua Tim Verifikasi Produk Halal dari Kemenag Kota Tegal, Hadi Mulyono, Rabu (9/8) di Ruang Penyelenggara Syariah.

Hadi Mulyono mengatakan bahwa pengajuan sertifikat halal akan langsung di proses setelah diadakan survey oleh Tim Verifikasi Produk Halal. Tim tersebut terdiri dari Majelis Ulama Indonesia, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal dan dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tegal serta beberapa staf dari penyelenggara syari’ah untuk pencatatan administrasi.

“Tim Verifikasi tersebut mengecek mulai dari bahan baku, bahan tambahan, penunjang, proses pembuatan sampai produk yang siap saji. Jika sudah memenuhi aturan secara syar’i dan dapat dikatakan halalan thoyyiban maka Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang berwenang untuk mengeluarkan fatwa halal, “ ujar Hadi Mulyono.

Selanjutnya, sertifikat halal akan diterbitkan setelah ada pernyataan dari Tim Verifikasi Produk Halal bahwa produk tersebut setelah melalui beberapa proses, baik pada saat survey langsung di lokasi maupun setelah melalui pemeriksaan di laboratorium tidak terdapat campuran atau bahan yang dapat membahayakan baik bagi karyawan maupun konsumen.

“Jangka waktu penerbitan sertifikat halal paling lama satu minggu setelah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan oleh Tim Verifikasi, bahwa produk tersebut bisa diterima, “tambah Hadi Mulyono.

Hadi menyampaikan sertifikasi halal adalah sebuah produk yang merupakan amanat undang-undang. Perusahaan bukan hanya mengantongi sertifikat halal saja tetapi juga harus membuat sistem jaminan  halal.

“Salah satunya bisa dilakukan dengan memberlakukan kebijakan halal, membentuk tim jaminan halal, memberikan edukasi tentang barang halal. Bahkan nantinya perusahaan harus membentuk auditor halal internal, “pungkas Hadi Mulyono.

Berita Lainnya

Puluhan Penyair  Hadiri Launching Buku Antologi Puisi
Berita 12 Nov, 2017

Puluhan Penyair Hadiri Launching Buku Antologi Puisi

  TEGAL – Sejumlah penyair dari berbagai daerah pada Sabtu (11/11) malam berkumpul di Kampung Seni PAI Tegal, kehadiran mereka…

Randa Keli dan Gemblep hadir di Jalan Pemuda Kota Tegal
Berita 13 May, 2017

Randa Keli dan Gemblep hadir di Jalan Pemuda Kota Tegal

TEGAL – Ada yang berbeda di Jalan Pemuda Kota Tegal atau di depan DPRD lama Kota Tegal, Sabtu (13/5) pagi…

Resolusi Jihad Adalah Salah Satu Produk Ulama untuk Kemerdekaan Indonesia
Berita 23 Aug, 2017

Resolusi Jihad Adalah Salah Satu Produk Ulama untuk Kemerdekaan Indonesia

TEGAL – Kegiatan Dzikir Kemerdekaan dalam rangka Hari Ulang Tahun Indonesia yang ke 72 di Masjid Agung Kota Tegal dihadari…

Bioskop CGV Cinemas Hadir di Tegal
Berita 11 Jun, 2017

Bioskop CGV Cinemas Hadir di Tegal

TEGAL-Setelah lama ditunggu, bioskop CGV Cinemas akhirnya hadir di Kota Tegal. CGV dengan kapasitas hampir 700 tempat duduk tersebut berada…

Murid MAN Diajarkan Networking.
Berita 08 Aug, 2017

Murid MAN Diajarkan Networking.

Tegal – Beruntunglah siswa siswi dari sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Tegal, pasalnya orang nomor satu di Kota Tegal,…

Ops Zebra 2017 Berakhir, 2513 Pelanggar di Kota Tegal Ditindak
Berita 15 Nov, 2017

Ops Zebra 2017 Berakhir, 2513 Pelanggar di Kota Tegal Ditindak

TEGAL-Sejak digelarnya Operasi Zebra Candi-2017 di wilayah Kota Tegal yang dimulai 1 November dan berakhir pada Selasa (14/11) kemarin. Ribuan…

Most from this category

Epaper 12 Jun, 2018

.

Epaper 12 Jun, 2018

.

Epaper 12 Jun, 2018

.

Epaper 11 Jun, 2018

.