Calhaj Ikuti Manasik Haji Massal

TEGAL- Jemaah Calon Haji Kota Tegal mengikuti manasik haji massal yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Senin (24/7). Kegiatan tersebut merupakan puncak kegiatan manasik.

Kegiatan dimulai dari halaman kantor Kemenag Kota Tegal yang diibartkan bandara King Abdul Aziz. Kemudian dilanjutkan ke Masjid Agung Kota Tegal sebagai pemondokan Makkah, lapangan Alun-alun sebagai Masjidil Haram, Lapangan Kecamatan Tegal Selatan sebagai Padang Arofah dan Wukuf, lapangan SMA 1 sebagai Muzdalifah dan Stadion Yos Sudarso untuk melempar Jumroh jemaah.

Kepala Kantor Kementerian Kota Tegal Akhmad Farkhan mengatakan bahwa dasar Kegiatan Undang-undang RI Nomor: 13 Tahun 2008 tentang Penyelengaraan Ibadah Haji, Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 29 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler.

“Kemudian Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Penyelengga n Haji dan Umarah Nomor B-25163/Dj/Dt.II.I/Hj.01/2017 Tentang Pelaksanaan Bimbingan Manasin Haji tingkat Kabupaten/Kota dan Kecamatan serta pembekalan Ketua Regu dan Ketua Rombongan”, kata Farkhan.

Farkhan mengjelaskan peragaan manasik haji untuk memberi bekal pengetahuan tentang manasik haji kepada para jemaah calon haji agar dalam melaksanakan ibadahnya berhasil dengan baik dan sempurna serta diharapkan dapat kembali ke kampung halaman dengan membawa predikat haji mabrur.

“Walaupun ini hanya manasik, saya menghimbau agar jemaah calon haji benar-benar melaksanakan dengan sungguh-sungguh sebab seluruh rangkaian kegiatan ini akan dilakukan jemaah di Tanah Suci”, imbuh Farkhan.

Sementara itu, Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno mengatakan rangkaian bimbingan manasik haji adalah sebagai pembelajaran, bimbingan kepada calon jemaah haji. Dalam bimbingan ini akan diarahkan mana yang rukun, sunah dan wajib dalam pelaksanaan ibadah di tanah suci nanti.

“Hendaknya dalam bimbingan ini jangan ada yant absen. Bimbingan ini merupakan persiapan ke tanah suci agar saat kembali ke tanah air menjadi haji mabrur,” ucap Walikota.

Walikota juga menyampaikan agar calon jemaah haji harus benar-benar mepersiapkan diri secara lahir dan batin serta fisik harus prima. “Tamu Allah harus siap meninggalkan urusan dunia, bahkan orang yang kita cintai harus kita ikhlaskan sebab ibadah kita semata-mata untuk memperoleh ridho Allah,” imbuh Walikota.

Berita Lainnya

Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Literasi Sekolah
Berita 24 Mar, 2017

Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Literasi Sekolah

TEGAL -  Penyelenggaraan Seminar Nasional di Universitas Pancasakti Tegal pada Kamis (23/3) yang diselenggarakan oleh Progdi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia…

Hijaukan Bumi Perkemahan Binalatoeng Dengan Tanam Pohon.
Berita 26 Jul, 2018

Hijaukan Bumi Perkemahan Binalatoeng Dengan Tanam Pohon.

Tarakan, Kalimantan Utara – Penanaman pohon dalam rangkaian acara Rapat Kerja Nasioanal (Rakernas) ke XIII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia…

Hari Pertama Masuk Kerja, Pemkot Gelar Apel Bersama
Berita 21 Jun, 2018

Hari Pertama Masuk Kerja, Pemkot Gelar Apel Bersama

TEGAL – Hari pertama kerja usai cuti panjang libur lebaran, Pemkot Tegal menggelar apel bersama yang dipimpin Pjs. Wali Kota…

Karpet baru untuk Masji Al Hikmah dan Musholla Al Istiqomah ( Langgar Dhuwur )
Berita 25 Jan, 2017

Karpet baru untuk Masji Al Hikmah dan Musholla Al Istiqomah ( Langgar Dhuwur )

Tegal – Perhatian Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno yang juga merupakan Ibunya masyarakat Kota Tegal tidak hanya terbatas…

Kemenag Bekali Karu dan Karom JCH Kota Tegal
Berita 19 Jul, 2017

Kemenag Bekali Karu dan Karom JCH Kota Tegal

TEGAL-Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal memberikan pembinaan dan pemantapan kepada Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) Jemaah Calon Haji…

Komandan Pangkalan TNI-AL Tegal Pimpin Tanam Pohon di Kawasan Monumen ALRI Kalibakung
Berita 28 Aug, 2018

Komandan Pangkalan TNI-AL Tegal Pimpin Tanam Pohon di Kawasan Monumen ALRI Kalibakung

TEGAL-Komandan Pangkalan TNI-AL (LANAL) Tegal Letkol Laut (P) Agus Haryanto SE, M.Tr.Hanla. bersama dengan segenap Prajurit dan anggota Jalasenastri, Selasa…

Most from this category