Calhaj Ikuti Manasik Haji Massal

TEGAL- Jemaah Calon Haji Kota Tegal mengikuti manasik haji massal yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Senin (24/7). Kegiatan tersebut merupakan puncak kegiatan manasik.

Kegiatan dimulai dari halaman kantor Kemenag Kota Tegal yang diibartkan bandara King Abdul Aziz. Kemudian dilanjutkan ke Masjid Agung Kota Tegal sebagai pemondokan Makkah, lapangan Alun-alun sebagai Masjidil Haram, Lapangan Kecamatan Tegal Selatan sebagai Padang Arofah dan Wukuf, lapangan SMA 1 sebagai Muzdalifah dan Stadion Yos Sudarso untuk melempar Jumroh jemaah.

Kepala Kantor Kementerian Kota Tegal Akhmad Farkhan mengatakan bahwa dasar Kegiatan Undang-undang RI Nomor: 13 Tahun 2008 tentang Penyelengaraan Ibadah Haji, Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 29 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler.

“Kemudian Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Penyelengga n Haji dan Umarah Nomor B-25163/Dj/Dt.II.I/Hj.01/2017 Tentang Pelaksanaan Bimbingan Manasin Haji tingkat Kabupaten/Kota dan Kecamatan serta pembekalan Ketua Regu dan Ketua Rombongan”, kata Farkhan.

Farkhan mengjelaskan peragaan manasik haji untuk memberi bekal pengetahuan tentang manasik haji kepada para jemaah calon haji agar dalam melaksanakan ibadahnya berhasil dengan baik dan sempurna serta diharapkan dapat kembali ke kampung halaman dengan membawa predikat haji mabrur.

“Walaupun ini hanya manasik, saya menghimbau agar jemaah calon haji benar-benar melaksanakan dengan sungguh-sungguh sebab seluruh rangkaian kegiatan ini akan dilakukan jemaah di Tanah Suci”, imbuh Farkhan.

Sementara itu, Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno mengatakan rangkaian bimbingan manasik haji adalah sebagai pembelajaran, bimbingan kepada calon jemaah haji. Dalam bimbingan ini akan diarahkan mana yang rukun, sunah dan wajib dalam pelaksanaan ibadah di tanah suci nanti.

“Hendaknya dalam bimbingan ini jangan ada yant absen. Bimbingan ini merupakan persiapan ke tanah suci agar saat kembali ke tanah air menjadi haji mabrur,” ucap Walikota.

Walikota juga menyampaikan agar calon jemaah haji harus benar-benar mepersiapkan diri secara lahir dan batin serta fisik harus prima. “Tamu Allah harus siap meninggalkan urusan dunia, bahkan orang yang kita cintai harus kita ikhlaskan sebab ibadah kita semata-mata untuk memperoleh ridho Allah,” imbuh Walikota.

Berita Lainnya

Kelompok Nelayan Tirang Jaya Manfaatkan Sumber Daya Alam
Berita 19 Jan, 2017

Kelompok Nelayan Tirang Jaya Manfaatkan Sumber Daya Alam

TEGAL - Laut merupakan sumberdaya air yang apa bila dimanfaatkan dan dikelola secara maksimal, memberi keuntungan besar baik secara ekonomi…

Satpol PP Razia Pelajar Bolos
Berita 22 Nov, 2017

Satpol PP Razia Pelajar Bolos

TEGAL-Sejumlah pelajar terjaring razia tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tegal beserta jajaran Kepolisian, Rabu (22/11) pagi.…

Bulan Ramadhan Sebanyak 25 Warung Pulo Kodok Tutup
Berita 22 May, 2018

Bulan Ramadhan Sebanyak 25 Warung Pulo Kodok Tutup

TEGAL - Ketua Kelompok Sadara Wisata (Pokdarwis) Pulo Kodok, Kasiran mengatakan bahwa selama Bulan Ramadhan, warung-warung di kawasan Pantai Martoloyo,…

Awali Tahun 2018 dengan Nonton Teater
Berita 19 Dec, 2017

Awali Tahun 2018 dengan Nonton Teater

TEGAL – Nafas kesenian di Kota Tegal seakan tidak pernah putus, baik dari generasi muda hingga generasi tua saling menghasilkan…

Penulisan Ijazah Harus Teliti
Berita 06 Jul, 2017

Penulisan Ijazah Harus Teliti

TEGAL-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal melaksanakan sosialisasi pengisian ijasah, yang diikuti oleh seluruh kepala SD baik negeri maupun…

KPU Kota Tegal Kukuhkan Relawan Demokrasi
Berita 22 Jan, 2019

KPU Kota Tegal Kukuhkan Relawan Demokrasi

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal mengukuhan 52 Relawan Demokrasi, Selasa (22/1) di Hotel Bahari In, Kota Tegal. Relawan Demokrasi…

Most from this category