Kampanye Measles Rubella

TEGAL-Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Cabang Kota Tegal memanfaatkan car free day di kawasan Alun-alun Kota Tegal untuk mengkampanyekan imunisasi measles rubella (MR), Minggu (23/7) pagi.

Dengan mebentangkan spanduk bertulisan lindungi anak dan keluarga kita dari bahaya campak dan rubella, campak dan rubella sangat menular, dapat menyebabkan cacat dan kematian, mereka mensosialisasikan kepada ribuan warga yang memadati kawasan tersebut.

Koordinator Aksi, Yuli Prasetyo mengatakan imunisasi merupakan upaya pencegahan untuk melindungi anak-anak dari campak. “Imunisasi diberikan supaya kasus MR di Indonesia dapat tereleminasi”, Kata Yuli.

Pria yang juga Kabid P2P Dinkes Kota Tegal itu mengungkapkan imunisasi MR akan dilakukan pada Agustus dan September mendatang dan diberikan kepada anak usia 9 bulan sampai dengan usia 15 tahun secara gratis.

“Bagi anak pada pendidikan PAUD, TK, SD dan SMP imunisasi akan diberikan di sekolah masing-masing. Sedangkan untuk balita dan anak belum sekolah akan diberikan di Posyandu dan Puskesmas”, ungkap Dia.

Menurut Yuli, campak merupakan penyakit yang mudah menular yang disebabkan oleh virus dengan masa inkubasi 8 -13 hari. Gejala penyakit campak adalah demam, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau kontungtivitis.

Akan tetapi bisa berakibat fatal apabila terjadi komplikasi, misalnya diare berat, radang paru-paru (pneumonia), radang otak (encephalitis), kebutaan bahkan kematian. Campak merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Saat ini target dunia bahkan Indonesia dalam pengendalian campak adalah tercapainya eliminasi campak.

Sedangkan rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai sindroma rubella kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

“Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus guna melengkapi imunisasi dasar lengkap dan menekan angka kesakitan dan kematian anak, maka mulai tahun 2017,” ungkap Yuli.

Dikatakan Yuli, masyarakat diharapkan tidak absen saat imunisasi MR karena imunisasi MR merupakan imunisasi wajib untuk anak usia 9 bulan -15 tahun supaya terhindar dari penyakit MR.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Ada Kasus Kekerasan Pada Pengenalan Lingkungan Sekolah, Harap Lapor
Berita 18 Jul, 2017

Ada Kasus Kekerasan Pada Pengenalan Lingkungan Sekolah, Harap Lapor

TEGAL- Kepala Disdikbud Kota Tegal Dr. Johardi melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dikdas M. Mashar menghimbau masyarakat bilamana menemukan kekerasan…

Lomba Krenova Kembali Digelar
Berita 02 Feb, 2017

Lomba Krenova Kembali Digelar

TEGAL- Pengembangan kreativitas dan kemampuan inovasi terbukti dapat menghasilkan berbagai produk industri/rekayasa yang potensial sehingga sangat berguna untuk masyarakat. Oleh…

Plt.Walikota serahkan satu ekor sapi kurban kepada Yayasan Masjid Agung Kota Tegal.
Berita 01 Sep, 2017

Plt.Walikota serahkan satu ekor sapi kurban kepada Yayasan Masjid Agung Kota Tegal.

TEGAL-Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1438 H, Pl.t Walikota Tegal Drs. HM. Nur Soleh, M.MPd menyerahkan satu ekor…

Musrenbang Kelurahan Panggung
Berita 24 Jan, 2017

Musrenbang Kelurahan Panggung

Tegal – Masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan. Artinya, peran pemerintah lebih berperan sebagai fasilitator dan katalisator dari dinamika pembangunan, sehingga…

Kreasi Tanpa Batas Bersama Sinema Pantura
Berita 25 Oct, 2017

Kreasi Tanpa Batas Bersama Sinema Pantura

TEGAL – Sinema Pantura saat ini sedang bersemangat meningkatkan gairah Komunitas Seni Sepantura yakni Pemalang, Tegal, Brebes, dan Bumiayu. Kalau…

Dinkes Kota Tegal Ajak Masyarakat Test HIV-AIDS
Berita 23 Jan, 2017

Dinkes Kota Tegal Ajak Masyarakat Test HIV-AIDS

TEGAL-Dinas Kesehatan Kota Tegal mengajak masyakat untuk test HIV-AIDS. Test ini dimaksudkan untuk mengetahui virus HIV-AIDS yang ada dalam tubuh…

Most from this category