Kampanye Measles Rubella

TEGAL-Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Cabang Kota Tegal memanfaatkan car free day di kawasan Alun-alun Kota Tegal untuk mengkampanyekan imunisasi measles rubella (MR), Minggu (23/7) pagi.

Dengan mebentangkan spanduk bertulisan lindungi anak dan keluarga kita dari bahaya campak dan rubella, campak dan rubella sangat menular, dapat menyebabkan cacat dan kematian, mereka mensosialisasikan kepada ribuan warga yang memadati kawasan tersebut.

Koordinator Aksi, Yuli Prasetyo mengatakan imunisasi merupakan upaya pencegahan untuk melindungi anak-anak dari campak. “Imunisasi diberikan supaya kasus MR di Indonesia dapat tereleminasi”, Kata Yuli.

Pria yang juga Kabid P2P Dinkes Kota Tegal itu mengungkapkan imunisasi MR akan dilakukan pada Agustus dan September mendatang dan diberikan kepada anak usia 9 bulan sampai dengan usia 15 tahun secara gratis.

“Bagi anak pada pendidikan PAUD, TK, SD dan SMP imunisasi akan diberikan di sekolah masing-masing. Sedangkan untuk balita dan anak belum sekolah akan diberikan di Posyandu dan Puskesmas”, ungkap Dia.

Menurut Yuli, campak merupakan penyakit yang mudah menular yang disebabkan oleh virus dengan masa inkubasi 8 -13 hari. Gejala penyakit campak adalah demam, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau kontungtivitis.

Akan tetapi bisa berakibat fatal apabila terjadi komplikasi, misalnya diare berat, radang paru-paru (pneumonia), radang otak (encephalitis), kebutaan bahkan kematian. Campak merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Saat ini target dunia bahkan Indonesia dalam pengendalian campak adalah tercapainya eliminasi campak.

Sedangkan rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai sindroma rubella kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

“Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus guna melengkapi imunisasi dasar lengkap dan menekan angka kesakitan dan kematian anak, maka mulai tahun 2017,” ungkap Yuli.

Dikatakan Yuli, masyarakat diharapkan tidak absen saat imunisasi MR karena imunisasi MR merupakan imunisasi wajib untuk anak usia 9 bulan -15 tahun supaya terhindar dari penyakit MR.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Kemenag Kota Tegal Apresiasi Wisuda Bersama
Berita 18 Jul, 2017

Kemenag Kota Tegal Apresiasi Wisuda Bersama

TEGAL-Kementerian Agama Kota Tegal melalui Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) mengapresiasi kepada semua Taman Pendidikan Quran (TPQ) se-Kota Tegal…

UPS Kerjasama dengan University Malaysia Sabah
Berita 27 Aug, 2017

UPS Kerjasama dengan University Malaysia Sabah

TEGAL – Kehadiran University Malaysia Sabah di Universitas Pancasakti Tegal merupakan langkah untuk bekerjasama. Pertemuan antara dua Universitas tersebut merupakan…

Humas Pemkot Sampaikan Pesan Anti Narkoba Lewat Film Apa Ku Apa
Berita 12 May, 2017

Humas Pemkot Sampaikan Pesan Anti Narkoba Lewat Film Apa Ku Apa

TEGAL – Banyak cara untuk memberikan informasi kepada masyarakat, baik melalui pesan selebaran, poster ataupun media elektonik lainnya. Semua itu…

Ini Dia Manfaat Telur Bebek
Berita 05 Oct, 2017

Ini Dia Manfaat Telur Bebek

TEGAL – Dinas Kelautan dan Perikanan Pertanian dan Pangan Kota Tegal (DKP3 Kota Tegal) mengelar sosialisai Gerakan Minum Susu dan…

SMK Mutu Tegal Gencarkan Gerakan Literasi
Berita 03 Nov, 2017

SMK Mutu Tegal Gencarkan Gerakan Literasi

TEGAL-SMK Muhammadiyah 1 (Mutu) Kota Tegal gencarkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai wujud cinta baca dan menumbuhkan kebiasaan membaca. Selain…

Jalingkut Akan Difungsikan Secara Maksimal
Berita 12 Jun, 2017

Jalingkut Akan Difungsikan Secara Maksimal

TEGAL-Dalam mengantisipasi kemacetan dan mengurai kepadatan kendaraan yang keluar dari pintu tol Brexit, saat arus mudik mendatang. Kepolisian Resor Tegal…

Most from this category