Kampanye Measles Rubella

TEGAL-Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Cabang Kota Tegal memanfaatkan car free day di kawasan Alun-alun Kota Tegal untuk mengkampanyekan imunisasi measles rubella (MR), Minggu (23/7) pagi.

Dengan mebentangkan spanduk bertulisan lindungi anak dan keluarga kita dari bahaya campak dan rubella, campak dan rubella sangat menular, dapat menyebabkan cacat dan kematian, mereka mensosialisasikan kepada ribuan warga yang memadati kawasan tersebut.

Koordinator Aksi, Yuli Prasetyo mengatakan imunisasi merupakan upaya pencegahan untuk melindungi anak-anak dari campak. “Imunisasi diberikan supaya kasus MR di Indonesia dapat tereleminasi”, Kata Yuli.

Pria yang juga Kabid P2P Dinkes Kota Tegal itu mengungkapkan imunisasi MR akan dilakukan pada Agustus dan September mendatang dan diberikan kepada anak usia 9 bulan sampai dengan usia 15 tahun secara gratis.

“Bagi anak pada pendidikan PAUD, TK, SD dan SMP imunisasi akan diberikan di sekolah masing-masing. Sedangkan untuk balita dan anak belum sekolah akan diberikan di Posyandu dan Puskesmas”, ungkap Dia.

Menurut Yuli, campak merupakan penyakit yang mudah menular yang disebabkan oleh virus dengan masa inkubasi 8 -13 hari. Gejala penyakit campak adalah demam, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau kontungtivitis.

Akan tetapi bisa berakibat fatal apabila terjadi komplikasi, misalnya diare berat, radang paru-paru (pneumonia), radang otak (encephalitis), kebutaan bahkan kematian. Campak merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Saat ini target dunia bahkan Indonesia dalam pengendalian campak adalah tercapainya eliminasi campak.

Sedangkan rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai sindroma rubella kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

“Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus guna melengkapi imunisasi dasar lengkap dan menekan angka kesakitan dan kematian anak, maka mulai tahun 2017,” ungkap Yuli.

Dikatakan Yuli, masyarakat diharapkan tidak absen saat imunisasi MR karena imunisasi MR merupakan imunisasi wajib untuk anak usia 9 bulan -15 tahun supaya terhindar dari penyakit MR.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Setelah Menunggu Selama 40 Tahun, Akhirnya Mushola Al Hidayah Menjadi Masjid Al Hidayah
Berita 04 Aug, 2017

Setelah Menunggu Selama 40 Tahun, Akhirnya Mushola Al Hidayah Menjadi Masjid Al Hidayah

TEGAL – Penyelanggaraan Tasyakuran Mushola Al Hidyah menjadi Masjid Al Hidayah di RW8 Keluarhan Randugunting pada Kamis (3/8) malam berjalan…

Wujudkan Masyarakat Gemar Baca Tulis, FTBM Kota Tegal Adakan Kemah Literasi
Berita 30 Jan, 2018

Wujudkan Masyarakat Gemar Baca Tulis, FTBM Kota Tegal Adakan Kemah Literasi

TEGAL- Dalam upayanya menciptakan masyarakat yang gemar membaca dan menulis Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kota Tegal bekerjasama dengan Pemerintah…

Disdukcapil Kota Tegal Jemput Bola Perekaman KTP El ke Sekolah
Berita 13 Mar, 2018

Disdukcapil Kota Tegal Jemput Bola Perekaman KTP El ke Sekolah

TEGAL-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal melakukan pelayanan jemput bola perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik ke sekolah.…

Berikut Pemenang Kontes Vespa 2017
Berita 27 Nov, 2017

Berikut Pemenang Kontes Vespa 2017

TEGAL - Tegal Vespa Indonesia (TVI) dalam kegiatan “Bervespa ke Negeri Poci 3” pada hari Sabtu dan Minggu (25-26/11) di Pantai…

BOP PAUD Dilarang Dipinjamkan
Berita 08 Dec, 2017

BOP PAUD Dilarang Dipinjamkan

TEGAL – Bertempat di Ruang Eks Samsat Kota Tegal di Komplek Balaikota Tegal sedang berlangsung sosialisasi mengenai Bantuan Oerasional Pendidikan…

Walikota Hadiri Rakernas JKPI ke VI di Gianyar Bali.
Berita 16 Apr, 2017

Walikota Hadiri Rakernas JKPI ke VI di Gianyar Bali.

Gianyar, Bali – Jaringan Kota Pusaka Indonesia ( JKPI ) adalah wadah koordinasi antar semua Kota/Kabupaten pusaka di Indonesia. Kini…

Most from this category