Kampanye Measles Rubella

TEGAL-Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Cabang Kota Tegal memanfaatkan car free day di kawasan Alun-alun Kota Tegal untuk mengkampanyekan imunisasi measles rubella (MR), Minggu (23/7) pagi.

Dengan mebentangkan spanduk bertulisan lindungi anak dan keluarga kita dari bahaya campak dan rubella, campak dan rubella sangat menular, dapat menyebabkan cacat dan kematian, mereka mensosialisasikan kepada ribuan warga yang memadati kawasan tersebut.

Koordinator Aksi, Yuli Prasetyo mengatakan imunisasi merupakan upaya pencegahan untuk melindungi anak-anak dari campak. “Imunisasi diberikan supaya kasus MR di Indonesia dapat tereleminasi”, Kata Yuli.

Pria yang juga Kabid P2P Dinkes Kota Tegal itu mengungkapkan imunisasi MR akan dilakukan pada Agustus dan September mendatang dan diberikan kepada anak usia 9 bulan sampai dengan usia 15 tahun secara gratis.

“Bagi anak pada pendidikan PAUD, TK, SD dan SMP imunisasi akan diberikan di sekolah masing-masing. Sedangkan untuk balita dan anak belum sekolah akan diberikan di Posyandu dan Puskesmas”, ungkap Dia.

Menurut Yuli, campak merupakan penyakit yang mudah menular yang disebabkan oleh virus dengan masa inkubasi 8 -13 hari. Gejala penyakit campak adalah demam, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau kontungtivitis.

Akan tetapi bisa berakibat fatal apabila terjadi komplikasi, misalnya diare berat, radang paru-paru (pneumonia), radang otak (encephalitis), kebutaan bahkan kematian. Campak merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Saat ini target dunia bahkan Indonesia dalam pengendalian campak adalah tercapainya eliminasi campak.

Sedangkan rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai sindroma rubella kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

“Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus guna melengkapi imunisasi dasar lengkap dan menekan angka kesakitan dan kematian anak, maka mulai tahun 2017,” ungkap Yuli.

Dikatakan Yuli, masyarakat diharapkan tidak absen saat imunisasi MR karena imunisasi MR merupakan imunisasi wajib untuk anak usia 9 bulan -15 tahun supaya terhindar dari penyakit MR.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

MAN 1 Tegal Raih Juara I Singer Putri
Berita 21 Jul, 2017

MAN 1 Tegal Raih Juara I Singer Putri

TEGAL-Setelah melalui perhelatan yang cukup panjang Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Tegal tampil meraih juara 1 untuk Singer Putri pada…

Kota Tegal Menjadi Barometer Bagi Daerah Lain Dalam Segala Hal.
Berita 28 Aug, 2017

Kota Tegal Menjadi Barometer Bagi Daerah Lain Dalam Segala Hal.

Tegal – Padatnya rangkaian kegiatan dalam rangka mengisi dan memeriah HUT RI Kota Tegal di hampir setiap kelurahan yang ada…

Ratusan Pelajar Madrasah Ikuti Sekeksi Aksioma dan KSM
Berita 07 May, 2017

Ratusan Pelajar Madrasah Ikuti Sekeksi Aksioma dan KSM

TEGAL-Ratusan pelajar madrasah ikuti sekeksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) tingkat Kota Tegal,…

Apik Banget, Wadah Bagi IKM Kota Tegal
Berita 25 May, 2018

Apik Banget, Wadah Bagi IKM Kota Tegal

TEGAL-Pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Tegal kini sudah memiliki wadah. Wadah atau asosiasi ini baru dibentuk semingguan…

Penulisan Ijazah Harus Teliti
Berita 06 Jul, 2017

Penulisan Ijazah Harus Teliti

TEGAL-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal melaksanakan sosialisasi pengisian ijasah, yang diikuti oleh seluruh kepala SD baik negeri maupun…

PDAM Kota Tegal Bidik 8000 Pelanggan Baru
Berita 20 Jan, 2017

PDAM Kota Tegal Bidik 8000 Pelanggan Baru

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tegal membidik  pelanggan regular sebanyak 8000 sambungan rumah tangga baru tahun 2017. Untuk tahun…

Most from this category