Kampanye Measles Rubella

TEGAL-Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Cabang Kota Tegal memanfaatkan car free day di kawasan Alun-alun Kota Tegal untuk mengkampanyekan imunisasi measles rubella (MR), Minggu (23/7) pagi.

Dengan mebentangkan spanduk bertulisan lindungi anak dan keluarga kita dari bahaya campak dan rubella, campak dan rubella sangat menular, dapat menyebabkan cacat dan kematian, mereka mensosialisasikan kepada ribuan warga yang memadati kawasan tersebut.

Koordinator Aksi, Yuli Prasetyo mengatakan imunisasi merupakan upaya pencegahan untuk melindungi anak-anak dari campak. “Imunisasi diberikan supaya kasus MR di Indonesia dapat tereleminasi”, Kata Yuli.

Pria yang juga Kabid P2P Dinkes Kota Tegal itu mengungkapkan imunisasi MR akan dilakukan pada Agustus dan September mendatang dan diberikan kepada anak usia 9 bulan sampai dengan usia 15 tahun secara gratis.

“Bagi anak pada pendidikan PAUD, TK, SD dan SMP imunisasi akan diberikan di sekolah masing-masing. Sedangkan untuk balita dan anak belum sekolah akan diberikan di Posyandu dan Puskesmas”, ungkap Dia.

Menurut Yuli, campak merupakan penyakit yang mudah menular yang disebabkan oleh virus dengan masa inkubasi 8 -13 hari. Gejala penyakit campak adalah demam, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau kontungtivitis.

Akan tetapi bisa berakibat fatal apabila terjadi komplikasi, misalnya diare berat, radang paru-paru (pneumonia), radang otak (encephalitis), kebutaan bahkan kematian. Campak merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Saat ini target dunia bahkan Indonesia dalam pengendalian campak adalah tercapainya eliminasi campak.

Sedangkan rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai sindroma rubella kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

“Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus guna melengkapi imunisasi dasar lengkap dan menekan angka kesakitan dan kematian anak, maka mulai tahun 2017,” ungkap Yuli.

Dikatakan Yuli, masyarakat diharapkan tidak absen saat imunisasi MR karena imunisasi MR merupakan imunisasi wajib untuk anak usia 9 bulan -15 tahun supaya terhindar dari penyakit MR.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

FEDEP Kota Tegal Raih Juara 2 Stand Terbaik Pemeran Produk Unggulan Jawa Tengah
Berita 11 Sep, 2017

FEDEP Kota Tegal Raih Juara 2 Stand Terbaik Pemeran Produk Unggulan Jawa Tengah

SEMARANG – Adanya forum untuk pengembangan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja pada tingkat Kabupaten/Kota yang berorientasi pada program kemitraan yang terlembaga…

Kemenag Imbau Masyarakat Hati-hati Pilih Travel Umrah
Berita 18 Aug, 2017

Kemenag Imbau Masyarakat Hati-hati Pilih Travel Umrah

TEGAL-Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal Akhmad Farhan melalui Kasi Penyelengara Haji dan Umroh Abdul Ghofir mengimbau masyarakat untuk…

Pesta Siaga Langkah Nyata Bina Generasi Bangsa
Berita 25 Mar, 2017

Pesta Siaga Langkah Nyata Bina Generasi Bangsa

TEGAL-Tak seperti biasanya, halaman Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Kota Tegal mulai pagi dibanjiri anak-anak dengan mengenakan seragam pramuka. Mereka…

Jumadi Minta Kampung Literasi Diduplikasi
Berita 06 Jul, 2019

Jumadi Minta Kampung Literasi Diduplikasi

Festival TBM dan Gramedia Bookfair dilaksanakan di Kampung Literasi, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Sabtu (6/7). Beragam kegiatan digelar pada…

Anggota PMR Wira Ikuti Uji Kecakapan
Berita 21 Apr, 2019

Anggota PMR Wira Ikuti Uji Kecakapan

Tegal - Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan sebagai PMR Wira. Puluhan anggota PMR Wira mengikuti ujian kecakapan. Hal itu untuk menambah…

Kang Nur Undang Ratusan Penyapu Jalan, Tukang Parkir dan Becak ke Rumah Dinas.
Berita 01 Jan, 2018

Kang Nur Undang Ratusan Penyapu Jalan, Tukang Parkir dan Becak ke Rumah Dinas.

TEGAL- Plt. Walikota Tegal Drs.HM Nursholeh.M.Mpd mengundang ratusan penyapu jalan, tukang parkir dan tukang becak ke rumah dinasnya di Jalan…

Most from this category