Kuliner Khas Kota Tegal Berhasil Menarik Pengunjung Untuk Mampir dan Mencicipi

Jakarta – Badan penghubung Provinsi Jawa Tengah bersama Paguyuban Jawa Tengah menyelenggarakan pameran produk unggulan dan potensi daerah Jawa Tengah dan lomba makanan khas Jawa Tengah, dari tanggal 22 Juli sampai dengan 23 Juli 2017 di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah.

Khusus pada pagelaran lomba makanan khas Jawa Tengah yang berbahan dasar jagung, Kota Tegal juga mengirimkan perwakilan stand kulinernya nya, kali ini perwakilan dari Kota Tegal adalah salah satu juara dari salah satu kelurahan yang ada di Kota Tegal pada saat ada pagelaran Tegal Tempo dulu yaitu Kelurahan Mintaragen.

Saat diwawancarai salah satu wartawan dari salah satu TV swasta nasional, Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno menjelaskan semua bahwa semua kreasi kuliner yang dilombakan ini adalah hasil kreasi dari Kelurahan Mintaragen yang pada saat acara Tegal Tempo Dulu berhasil meraih predikat juara.”Semua menggunakan bahan dasar jagung adapun sampai tercipta, rujak teplak, pepes laka-laka, sega mardiyah, tumis kepriben, dan es enyonge merupakan hasil kreasi dan kombinasi dari berbagai macam bahan lainnya. Yang penting bahan dasar utamanya adalah jagung. Sebagaimana di syarat kan oleh panitia lomba.”tuturnya.

Ketika Walikota mempersilahkan Wartawan tersebut untuk mencicipi es enyonge yang memang diciptakan untuk memanjakan lidah pengunjung menyampaikan bahwa es enyonge merupakan salah satu es kombinasi terenak yang pernah dirasakan.

Sesaat sebelum peninjauan stand dilakukan dan untuk memastikan stand kuliner Kota Tegal tertata apik, Walikota Tegal sampai turun tangan sendiri untuk menatanya. Berkat sentuhan Bunda Sitha itulah sampai-sampai banyak peserta dari Kota / Kabupaten lain maupun pengunjung yang menyempatkan diri untuk melihat maupun mencicipi kuliner hasil kreasi tersebut dengan sesekali pengunjung juga berswafoto di depan stand Kota Tegal.

Sementara itu chef Bara Pattiradjawane yang di dapuk menjadi juri di acara ini pada saat melakukan peninjauan ke stand kuliner Kota Tegal yang mendapat no stand 24 tampak mengapresiasi kuliner khas Kota Tegal yang unik dan mempunyai cirri khas tersendiri yaitu dengan nama nama khas Tegal.

“Ada nasi mardiyah, es enyonge rujak teplak dan lainnya yang semuanya berbahan dasar jagung dengan dikombinasikan kreatifitas, ini sajian menu yang sangat menarik ” tuturnya.

Pun demikian pada saat penilaian hasil kreasi kuliner tersebut. Chef Bara dengan sabar memperhatikan dan mencicipi kuliner khas Kota Tegal,  dia menikmati betul kuliner dari Kota Tegal khususnya rujak teplak yang baru kali ini chef bisa merasakan rasanya.
Giliran mencicipi hidangan es enyonge Chef Bara sampai meminta kepada peserta dari Kota Tegal untuk di tinggalkan di meja juri karena sangkin enak dan segarnya es enyonge tersebut “rasa es enyonge ini segar dan nikmat,” tuturnya.

Dalam ajang tersebut Kota Tegal juga menampilkan produk Unggulan khas Kota Tegal seperti Batik Tegalan, Sarung goyor, telor asin dan berbagai produk olahan ikan serta dari UKM yang ada di Kota Tegal.

Dengan semua persiapan dan kerja keras yang telah di tunjukan Kota Tegal dalam ajang tersebut kita semua berharap Kota Tegal memperoleh predikat juara.

Berita Lainnya

Staf Khusus Menristekdikti Menjadi Narasumber dalam Seminar Pendidikan di UPS Tegal
Berita 16 May, 2017

Staf Khusus Menristekdikti Menjadi Narasumber dalam Seminar Pendidikan di UPS Tegal

TEGAL – Penyelenggaraan Seminar Pendidikan yang dilaksanakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal adalah dalam rangka memperingati…

Perpusnas RI Kukuhkan Walikota Tegal sebagai Bunda Baca
Berita 02 May, 2017

Perpusnas RI Kukuhkan Walikota Tegal sebagai Bunda Baca

TEGAL- Berbagai prestasi kembali diraih Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno dalam kiprahnya memimpin Kota Tegal. Kali ini Perpustakaan…

Buku Antologi Puisi ‘’Pendakian’’ Segera Diluncurkan
Berita 29 Aug, 2018

Buku Antologi Puisi ‘’Pendakian’’ Segera Diluncurkan

TEGAL – Buku antologi puisi dengan judul Pendakian akan segera diluncurkan oleh Komite Teater Dewan Kesenian Kota Tegal. Antologi puisi…

Prima Astiawanti Pimpin Unit Transfusi Darah Kota Tegal
Berita 02 May, 2018

Prima Astiawanti Pimpin Unit Transfusi Darah Kota Tegal

TEGAL-Pelaksana Tugas Ketua PMI Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono mengukuhkan Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Tegal periode…

11 PGOT dan 4 Pasangan di Luar Nikah Terjaring Razia Gabungan
Berita 25 Oct, 2018

11 PGOT dan 4 Pasangan di Luar Nikah Terjaring Razia Gabungan

TEGAL- Sedikitnya sebelas (11) orang Pengemis Gelandangan dan Orang-orang Terlantar (PGOT) dan empat (4) pasangan di luar nikah terjaring razia…

Dr. Subiakto Tjakrawerdaja Hadiri Kuliah Umum Ekonomi Pancasila
Berita 24 Nov, 2017

Dr. Subiakto Tjakrawerdaja Hadiri Kuliah Umum Ekonomi Pancasila

TEGAL - Mantan Menteri Koperasi RI di era Presiden Soeharto Dr. Subiakto Tjakrawerdaja menjadi narasumber dalam kuliah umum dengan tema…

Most from this category