Kuliner Khas Kota Tegal Berhasil Menarik Pengunjung Untuk Mampir dan Mencicipi

Jakarta – Badan penghubung Provinsi Jawa Tengah bersama Paguyuban Jawa Tengah menyelenggarakan pameran produk unggulan dan potensi daerah Jawa Tengah dan lomba makanan khas Jawa Tengah, dari tanggal 22 Juli sampai dengan 23 Juli 2017 di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah.

Khusus pada pagelaran lomba makanan khas Jawa Tengah yang berbahan dasar jagung, Kota Tegal juga mengirimkan perwakilan stand kulinernya nya, kali ini perwakilan dari Kota Tegal adalah salah satu juara dari salah satu kelurahan yang ada di Kota Tegal pada saat ada pagelaran Tegal Tempo dulu yaitu Kelurahan Mintaragen.

Saat diwawancarai salah satu wartawan dari salah satu TV swasta nasional, Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno menjelaskan semua bahwa semua kreasi kuliner yang dilombakan ini adalah hasil kreasi dari Kelurahan Mintaragen yang pada saat acara Tegal Tempo Dulu berhasil meraih predikat juara.”Semua menggunakan bahan dasar jagung adapun sampai tercipta, rujak teplak, pepes laka-laka, sega mardiyah, tumis kepriben, dan es enyonge merupakan hasil kreasi dan kombinasi dari berbagai macam bahan lainnya. Yang penting bahan dasar utamanya adalah jagung. Sebagaimana di syarat kan oleh panitia lomba.”tuturnya.

Ketika Walikota mempersilahkan Wartawan tersebut untuk mencicipi es enyonge yang memang diciptakan untuk memanjakan lidah pengunjung menyampaikan bahwa es enyonge merupakan salah satu es kombinasi terenak yang pernah dirasakan.

Sesaat sebelum peninjauan stand dilakukan dan untuk memastikan stand kuliner Kota Tegal tertata apik, Walikota Tegal sampai turun tangan sendiri untuk menatanya. Berkat sentuhan Bunda Sitha itulah sampai-sampai banyak peserta dari Kota / Kabupaten lain maupun pengunjung yang menyempatkan diri untuk melihat maupun mencicipi kuliner hasil kreasi tersebut dengan sesekali pengunjung juga berswafoto di depan stand Kota Tegal.

Sementara itu chef Bara Pattiradjawane yang di dapuk menjadi juri di acara ini pada saat melakukan peninjauan ke stand kuliner Kota Tegal yang mendapat no stand 24 tampak mengapresiasi kuliner khas Kota Tegal yang unik dan mempunyai cirri khas tersendiri yaitu dengan nama nama khas Tegal.

“Ada nasi mardiyah, es enyonge rujak teplak dan lainnya yang semuanya berbahan dasar jagung dengan dikombinasikan kreatifitas, ini sajian menu yang sangat menarik ” tuturnya.

Pun demikian pada saat penilaian hasil kreasi kuliner tersebut. Chef Bara dengan sabar memperhatikan dan mencicipi kuliner khas Kota Tegal,  dia menikmati betul kuliner dari Kota Tegal khususnya rujak teplak yang baru kali ini chef bisa merasakan rasanya.
Giliran mencicipi hidangan es enyonge Chef Bara sampai meminta kepada peserta dari Kota Tegal untuk di tinggalkan di meja juri karena sangkin enak dan segarnya es enyonge tersebut “rasa es enyonge ini segar dan nikmat,” tuturnya.

Dalam ajang tersebut Kota Tegal juga menampilkan produk Unggulan khas Kota Tegal seperti Batik Tegalan, Sarung goyor, telor asin dan berbagai produk olahan ikan serta dari UKM yang ada di Kota Tegal.

Dengan semua persiapan dan kerja keras yang telah di tunjukan Kota Tegal dalam ajang tersebut kita semua berharap Kota Tegal memperoleh predikat juara.

Berita Lainnya

Bersatu dalam Keberagaman Itu Indah
Berita 06 Jun, 2018

Bersatu dalam Keberagaman Itu Indah

TEGAL - Bertempat di Aula Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Tegal berlangsung kegiatan buka puasa bersama. Kegiatan itu mengusung tema…

Siti Aliyah Asal Kota Tegal Mewakili Indonesia Kejuaraaan Gulat Tingkat Asia Tenggara
Berita 05 Apr, 2018

Siti Aliyah Asal Kota Tegal Mewakili Indonesia Kejuaraaan Gulat Tingkat Asia Tenggara

TEGAL - Kota Tegal patut berbangga memiliki generasi muda yang memiliki prestasi di bidang olahraga gulat, pasalnya Siti Aliyah warga…

Ibunda Habib Tohir Alkaff Meninggal Dunia
Berita 01 Mar, 2018

Ibunda Habib Tohir Alkaff Meninggal Dunia

Syarifah Gamar Binti Agil Al Atas ibunda dari Habib Thohir Bin Abdullah Al kaff, meninggal dunia, pada usia ke 83…

Dinkes Kota Tegal Ajak Masyarakat Test HIV-AIDS
Berita 23 Jan, 2017

Dinkes Kota Tegal Ajak Masyarakat Test HIV-AIDS

TEGAL-Dinas Kesehatan Kota Tegal mengajak masyakat untuk test HIV-AIDS. Test ini dimaksudkan untuk mengetahui virus HIV-AIDS yang ada dalam tubuh…

Sosialisasi BOS Digelar
Berita 29 Mar, 2017

Sosialisasi BOS Digelar

TEGAL- Kepala Sekolah dan Bendahara Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tingkat SD dan SMP mengikuti sosialisasi BOS Tahun Anggaran 2017 di…

Akhlakul Karimah Penting Dalam Pergaulan.
Berita 11 Nov, 2017

Akhlakul Karimah Penting Dalam Pergaulan.

Tegal - Sholat Dluha yang diadakan di SMA Ihsaniyah pada hari Sabtu,11 November 2017 terasa sangat spesial karena kedatangan tamu…

Most from this category