Kuliner Khas Kota Tegal Berhasil Menarik Pengunjung Untuk Mampir dan Mencicipi

Jakarta – Badan penghubung Provinsi Jawa Tengah bersama Paguyuban Jawa Tengah menyelenggarakan pameran produk unggulan dan potensi daerah Jawa Tengah dan lomba makanan khas Jawa Tengah, dari tanggal 22 Juli sampai dengan 23 Juli 2017 di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah.

Khusus pada pagelaran lomba makanan khas Jawa Tengah yang berbahan dasar jagung, Kota Tegal juga mengirimkan perwakilan stand kulinernya nya, kali ini perwakilan dari Kota Tegal adalah salah satu juara dari salah satu kelurahan yang ada di Kota Tegal pada saat ada pagelaran Tegal Tempo dulu yaitu Kelurahan Mintaragen.

Saat diwawancarai salah satu wartawan dari salah satu TV swasta nasional, Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno menjelaskan semua bahwa semua kreasi kuliner yang dilombakan ini adalah hasil kreasi dari Kelurahan Mintaragen yang pada saat acara Tegal Tempo Dulu berhasil meraih predikat juara.”Semua menggunakan bahan dasar jagung adapun sampai tercipta, rujak teplak, pepes laka-laka, sega mardiyah, tumis kepriben, dan es enyonge merupakan hasil kreasi dan kombinasi dari berbagai macam bahan lainnya. Yang penting bahan dasar utamanya adalah jagung. Sebagaimana di syarat kan oleh panitia lomba.”tuturnya.

Ketika Walikota mempersilahkan Wartawan tersebut untuk mencicipi es enyonge yang memang diciptakan untuk memanjakan lidah pengunjung menyampaikan bahwa es enyonge merupakan salah satu es kombinasi terenak yang pernah dirasakan.

Sesaat sebelum peninjauan stand dilakukan dan untuk memastikan stand kuliner Kota Tegal tertata apik, Walikota Tegal sampai turun tangan sendiri untuk menatanya. Berkat sentuhan Bunda Sitha itulah sampai-sampai banyak peserta dari Kota / Kabupaten lain maupun pengunjung yang menyempatkan diri untuk melihat maupun mencicipi kuliner hasil kreasi tersebut dengan sesekali pengunjung juga berswafoto di depan stand Kota Tegal.

Sementara itu chef Bara Pattiradjawane yang di dapuk menjadi juri di acara ini pada saat melakukan peninjauan ke stand kuliner Kota Tegal yang mendapat no stand 24 tampak mengapresiasi kuliner khas Kota Tegal yang unik dan mempunyai cirri khas tersendiri yaitu dengan nama nama khas Tegal.

“Ada nasi mardiyah, es enyonge rujak teplak dan lainnya yang semuanya berbahan dasar jagung dengan dikombinasikan kreatifitas, ini sajian menu yang sangat menarik ” tuturnya.

Pun demikian pada saat penilaian hasil kreasi kuliner tersebut. Chef Bara dengan sabar memperhatikan dan mencicipi kuliner khas Kota Tegal,  dia menikmati betul kuliner dari Kota Tegal khususnya rujak teplak yang baru kali ini chef bisa merasakan rasanya.
Giliran mencicipi hidangan es enyonge Chef Bara sampai meminta kepada peserta dari Kota Tegal untuk di tinggalkan di meja juri karena sangkin enak dan segarnya es enyonge tersebut “rasa es enyonge ini segar dan nikmat,” tuturnya.

Dalam ajang tersebut Kota Tegal juga menampilkan produk Unggulan khas Kota Tegal seperti Batik Tegalan, Sarung goyor, telor asin dan berbagai produk olahan ikan serta dari UKM yang ada di Kota Tegal.

Dengan semua persiapan dan kerja keras yang telah di tunjukan Kota Tegal dalam ajang tersebut kita semua berharap Kota Tegal memperoleh predikat juara.

Berita Lainnya

Kang Nur Apresiasi Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi
Berita 21 Dec, 2017

Kang Nur Apresiasi Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi

Plt. Wali Kota Tegal, M. Nursholeh mengapresiasi diselenggarakannya Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi, yang diselenggarakan Inspektorat Kota Tegal, Kamis,(21/12) di ruang Adipura…

Penampilan Apik Marching Band SLB Negeri Kota Tegal
Berita 27 Mar, 2017

Penampilan Apik Marching Band SLB Negeri Kota Tegal

TEGAL- Penampilan marching band SLB Negeri Kota Tegal, Gita Mandiri membuat ribuan penonton Bahari Open Marching Band Competition yang diselenggarakan…

Ujian Akhir Semester, PHB Gelar Produk Robot
Berita 24 Jan, 2019

Ujian Akhir Semester, PHB Gelar Produk Robot

TEGAL - Dalam mendukung program pendidikan vokasi, program studi (prodi) D3 Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama (PHB) menerapkan model pembelajaran…

Saat Tukang Urut Menjemput Impian di Tanah Suci
Berita 13 Aug, 2017

Saat Tukang Urut Menjemput Impian di Tanah Suci

Panggilan Haji adalah undangan khusus dari Allah SWT. Dan hanya orang-orang pilihan yang mampu memenuhi rukun islam kelima itu. Tak…

Pokdarwis Muara Indah Melaju ke 15 Besar Pokdarwis Jateng
Berita 02 Aug, 2017

Pokdarwis Muara Indah Melaju ke 15 Besar Pokdarwis Jateng

TEGAL – Kedatangan Tim Penilai dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah tentang Kompetisi Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) menempatkan…

Tindak Pidana Pemilu Bakal Diserahkan ke Gakkumdu
Berita 10 Mar, 2018

Tindak Pidana Pemilu Bakal Diserahkan ke Gakkumdu

TEGAL-Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Tegal Akbar Kusharyanto menegaskan, pihaknya akan menyerahkan tindak pidana pada Pemilihan Walikota dan…

Most from this category