Sinergi BPJS Kesehatan, KPK, dan Kementerian Kesehatan Perangi Kecurangan

JAKARTA- Sebagai badan penyelenggara program jaminan kesehatan terbesar di dunia, salah satu upaya yang senantiasa dilaksanakan BPJS Kesehatan adalah mencegahpotensi kecurangan alias fraud.

Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan No. 36 Tahun 2015, terdapat berbagai pihak yang berpotensi melakukan kecurangan dalam program JKN-KIS, mulai dari peserta, fasilitas kesehatan, hingga penyedia obat dan alat kesehatan.

Oleh karena itu, BPJS Kesehatan berkomitmen memperkuat sinergi dengan Pemerintah dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan membentuk tim pengawas bersama.

”Tim pengawas tersebut terdiri atas Koordinator, Kelompok Kerja Pencegahan Kecurangan dalam JKN, Kelompok Kerja Deteksi Kecurangan dalam JKN, dan Kelompok Kerja Penyelesaian Kecurangan dalam JKN,“ kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris usai menandatangani Surat Keputusan Bersama tentang Tim Bersama Penanganan Kecurangan dalam Program JKN, bersama Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek dan Ketua KPK Agus Rahardjo, Rabu (19/07).

Koordinator bertugas melakukan review atas pedoman yang disusun Kelompok Kerja, melakukan koordinasi penyusunan dan pembentukan peraturan perundang-undangan, melakukan koordinasi pelaksanakan sosialisasi pedoman, melakukan piloting atas pelaksanaan pedoman dan pelaksanaan analisis data yang berpotensi kecurangan dalam JKN, dan mengevaluasi progress kinerja masing-masing Kelompok Kerja.

Kelompok Kerja Pencegahan Kecurangan dalam JKN bertugas menyusun Pedoman Pencegahan Kecurangan JKN yang harus dilakukan fasilitas kesehatan, serta mengkoordinasikan pakar/ahli dan/atau instansi terkait yang diperlukan dalam penyusunan pedoman tersebut.

Kelompok Kerja Deteksi Kecurangan dalam JKN bertugas menyusun Pedoman Deteksi Kecurangan dalam JKN yang mencakup tata cara pertukaran data, menganalisis data yang berpotensi kecurangan dalam JKN, serta melakukan deteksi awal atas data yang berpotensi kecurangan dalam JKN sebagai dasar pelaksanaan piloting.

Kelompok Kerja Penyelesaian Kecurangan dalam JKN bertugas menyusun Pedoman Penyelesaian Kecurangan dalam JKN yang mencakup tingkatan kecurangan, tata cara penyelesaian dan sanksi yang akan diterapkan, serta melakukan koordinasi dengan pakar/ahli dan/atau instansi terkait yang diperlukan dalam penyusunan pedoman penyelesaian kecurangan dalam JKN.

“Prinsipnya, kami sangat fokus dalam menjalankan good governance. BPJS Kesehatan tidak berjalan sendiri dalam mengelola program JKN-KIS, melainkan diawasi oleh banyak pihak, mulai dari tingkat Satuan Pengawas Internal (SPI), Dewan Pengawas, Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Pengawas Keuangan (BPK), hingga KPK. Tiap tahun kami juga diaudit oleh Kantor Akuntan Publik independen dan telah 25 kali mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) jika dihitung sejak PT Askes (Persero),” kata Fachmi.

Khusus dalam hal memproses klaim fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan telah membentuk Tim Anti Fraud serta mengembangkan sistem teknologi informasi yang dapat mencegah dan mendeteksi berbagai indikasi potensi kecurangan. BPJS Kesehatan juga aktif berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk mendorong rumah sakit membentuk Tim Anti Fraud internal.

Di sisi lain, menurut Fachmi, standar kendali mutu dan kendali biaya sangat membantu pencegahan kecurangan, sebab dari standar tersebut dapat ditelusuri tindakan mana yang mengarah pada potensi kecurangan. Oleh karena itu, jika kendali mutu dan kendali biaya berjalan baik, risiko potensi kecurangan pun bisa menurun.

Berita Lainnya

Gita Kencana Siap Menangkan Bahari Open Marching Band Competition 2017.
Berita 24 Mar, 2017

Gita Kencana Siap Menangkan Bahari Open Marching Band Competition 2017.

Tegal – Prestasi demi prestasi berhasil diraih oleh Tim Drum Band Gita Kencana SMPN 6 Kota Tegal, sebut saja piala…

Jajaran PLN APJ Tegal Simulasi Kebakaran
Berita 16 Jun, 2017

Jajaran PLN APJ Tegal Simulasi Kebakaran

TEGAL- PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Tegal menggelar Simulasi Bahaya Kebakaran, yang diikuti oleh pegawai PLN  APJ Tegal dan juga…

Sebanyak 3.000 Paket Daging Kurban Dibagikan
Berita 04 Sep, 2017

Sebanyak 3.000 Paket Daging Kurban Dibagikan

TEGAL-  Pembagian daging kurban di Masjid Agung Kota Tegal, Sabtu (2/9/17) berjalan lancar dan tertib. Hal itu terbukti dengan tertibnya…

Polres Tegal Kota Wujudkan Kamseltibcar
Berita 02 Mar, 2017

Polres Tegal Kota Wujudkan Kamseltibcar

TEGAL- Kepolisian Resor Tegal Kota menggelar Operasi dengan sandi Ops Simpatik Candi 2017. Operasi tersebut akan digelar selama 21 hari …

Ribuan Siswa Ikuti Lomba Gerak Jalan
Berita 15 Aug, 2017

Ribuan Siswa Ikuti Lomba Gerak Jalan

TEGAL-Ribuan siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kota Tegal mengikuti lomba gerak jalan di Alun-alun Kota Tegal, Senin (15/8). Lomba gerak…

Bekerja untuk Kaum Muda, Mewariskan yang Terbaik Bagi Bangsa
Berita 15 Aug, 2017

Bekerja untuk Kaum Muda, Mewariskan yang Terbaik Bagi Bangsa

TEGAL- Dalam rangka peringatan HUT Pramuka ke 56, Kwarcab Kota Tegal mengadakan upacara peringatan HUT Pramuka di Halaman Kantor Kwarcab…

Most from this category

Gallery 22 Jun, 2018

.

Gallery 22 Jun, 2018

.

Gallery 22 Jun, 2018

.